Syarat dan Cara Ekspor Daun Ketapang ke Jepang

Syarat dan Cara Ekspor Daun Ketapang ke Jepang

Halo Titipers! Punya ide bisnis untuk ekspor ke luar negeri seperti Jepang? Ekspor daun ketapang bisa menjadi salah satu pilihan karena memiliki peluang yang sangat besar untuk memperoleh keuntungan.

Seperti yang diketahui, ketapang adalah jenis tumbuhan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya sebagai antibiotik alami. Manfaat inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa daun ketapang memiliki nilai harga tinggi di pasar global.

Peluang Ekspor Daun Ketapang

Peluang Ekspor Daun Ketapang
Sumber: Flickr.com

Pohon ketapang cukup banyak tumbuh di berbagai penjuru daerah di Indonesia terutama area pesisir pantai. Memiliki kemampuan adaptasi yang baik, tanaman ini juga dapat tumbuh di sekitar pekarangan, taman, dan ruang terbuka lainnya.

Daun dan buah dari pohon ketapang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat buah ketapang sendiri dapat meredakan peradangan, menyembuhkan luka, hingga bisa menjadi sumber makanan yang kaya akan gizi.

Sementara itu, daun ketapang memiliki kelebihan utama seperti mampu mengubah pH air sehingga banyak dibutuhkan untuk budidaya ikan cupang dan udang. Selain itu, kandungan metanol dari daun ketapang juga memiliki khasiat dalam pengobatan luka, jamur, dan alergi.

Kelebihan ini membuat harga daun ketapang sangat tinggi yakni berkisar Rp1 juta per kilo. Bahkan Indonesia telah banyak melakukan langkah cara mengekspor daun ketapang ke beberapa negara besar seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Jepang.

Baca Juga: Syarat Ekspor Daun Pisang, Negara Tujuan dan Harga Lengkap

Syarat Ekspor Daun Ketapang

Syarat Ekspor Daun Ketapang
Sumber: Freepik.com

Jika kamu tertarik untuk memanfaatkan peluang bisnis daun ketapang kering ekspor ke luar negeri, tentu ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi sebagai penyedia produk. Berikut beberapa syarat atau dokumen yang harus penyedia produk lengkapi saat melakukan ekspor daun ketapang.

1. Invoice Pesanan

Jenis dokumen pertama ini merupakan bukti permintaan atau pesanan barang dari pembeli daun ketapang kering ekspor. Dokumen ini nantinya akan menjadi syarat penerbitan faktur untuk pembeli.

2. Sertifikat Kesehatan Barang Ekspor

Dokumen selanjutnya adalah memperoleh sertifikat kesehatan dari otoritas kesehatan yang bersangkutan. Hal ini untuk menjamin bahwa daun ketapang kering ekspor telah bebas dari hama, penyakit, atau kontaminan yang bisa membahayakan kesehatan.

3. Pengemasan Barang

Berbagai jenis ekspor tentu memiliki standar pengemasan tersendiri sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Maka dari itu, pastikan kamu memerhatikan proses pengemasan mulai dari penggunaan label, jenis kemasan, hingga informasi barang yang sesuai dengan peraturan negara tujuan.

4. Dokumen Pendukung Ekspor

Syarat selanjutnya adalah menyiapkan kelengkapan berkas pendukung khusus pengiriman barang ekspor. Daftar dokumennya  meliputi:

  • Invoice pemesanan atau bukti transaksi pembelian.
  • Packing list yang memuat informasi spesifikasi barang sesuai dengan invoice pemesanan.
  • Bill of Lading atau bukti pengiriman barang sebagai tanda terima dari perusahaan pengiriman.
  • Polis asuransi untuk jaminan keamanan dan keselamatan barang.
  • Shipping instruction, dokumen untuk pemesanan container atau ruang di dalam pesawat dan kapal.
  • Surat Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) yang ditujukan ke kantor Bea Cukai sebelum proses ekspor.

Cara Ekspor Daun Ketapang ke Jepang

Cara Ekspor Daun Ketapang
Sumber: Freepik.com

Jepang merupakan salah satu negara dengan permintaan pasar daun ketapang yang cukup tinggi. Tentu cara mengekspor daun ketapang ke Jepang bisa kamu lakukan dengan beberapa langkah berikut ini!

1. Tentukan Buyer

Setiap aktivitas ekspor, tentu harus memiliki buyer yang menjadi target pasar dari pembelian daun ketapang ini. Tentunya, kamu harus melakukan market research terlebih dahulu dengan memahami permintaan, tren, dan analisis pasar.

Teknologi digital seperti media sosial atau platform komersial sangat berperan penting untuk menemukan calon pelanggan dalam bisnis kamu. Melalui langkah ini, kamu bisa mengidentifikasi seperti apa calon pembeli serta harga yang sesuai dengan permintaan pasar.

2. Miliki Izin Usaha dan Ekspor

Setelah melakukan analisis pasar, kamu juga harus memiliki lisensi berupa izin usaha dan izin ekspor, misalnya dengan mendaftarkan perusahaan berbentuk Commanditaire Vennootschap (CV) atau Perseroan Terbatas (PT) ke badan hukum.

Dengan memiliki izin usaha, maka akan lebih mudah untuk melakukan transaksi jual beli hingga ke luar negeri. Sementara izin ekspor dapat memudahkan pihak Bea Cukai untuk mengetahui bahwa perusahaan yang terdaftar telah memenuhi standar untuk ekspor daun ketapang berkualitas.

3. Cari Mitra Ekspedisi Terpercaya

Cari Mitra Ekspedisi Terpercaya
Sumber: Freepik.com

Ingin proses pengiriman barang aman sampai tujuan? Tentu kamu harus memilih mitra ekspedisi yang handal dan terpercaya. Sebab, hal ini juga akan mempengaruhi kepuasan konsumen bahkan untuk jangka waktu panjang.

Carilah mitra yang memiliki jenis layanan dengan fasilitas pengiriman terlengkap seperti menyediakan beberapa pilihan container berkualitas. Selain itu, pilihlah jenis ekspedisi yang menawarkan berbagai pilihan transportasi dengan estimasi waktu pengiriman yang cepat.

4. Tentukan Layanan Pengiriman

Mitra pengiriman dengan layanan terlengkap, akan menawarkan beberapa pilihan yang memungkinkan pengiriman berjalan lancar. Misalnya menggunakan layanan Port to Port, yaitu pengiriman antar pelabuhan keberangkatan ke pelabuhan negara tujuan.

Alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan Door to Door, yaitu layanan pengirimannya akan sampai langsung ke gudang pembeli di negara tujuan. Jenis layanan ini tentunya harus ada kesepakatan antara pembeli dengan eksportir yang melakukan cara ekspor daun ketapang ke Jepang maupun ke negara lain.

Baca Juga: 10+ Jenis Komoditas Ekspor Perkebunan Indonesia Terbaik

Tertarik Bergelut di Bisnis Ekspor Impor?

Jual Beli Barang Aman dari Luar Negeri Bersama Titipbeli.com
Sumber: Freepik.com

Itu dia penjelasan terkait apa saja syarat dan cara ekspor daun ketapang ke Jepang, maupun negara lainnya. Prosesnya sangat mudah, bukan?

Apalagi, transaksi jual beli barang di luar negeri sudah semakin dipermudah berkat adanya layanan digital. Untuk urusan impor, kini ada platform titipbeliin.com yang memungkikan kamu untuk bisa mencari barang impor dan prosesnya akan ditangani langsung oleh tim profesional.

Hingga saat ini, titipbeliin.com telah melayani pembelian barang dari Amerika Serikat, China, Inggris, Hongkong, Singapura, hingga Jepang. Platform end to end ini dapat membantu kamu melakukan pembelian barang dari luar negeri serta akan mengirimkannya ke lokasi tujuan dengan mudah, cepat, dan transparan. 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.