7+ Kebijakan Pemerintah untuk Mendorong Ekspor

7+ Kebijakan Pemerintah untuk Mendorong Ekspor

Kegiatan pengiriman logistik menuju ke luar negeri merupakan salah satu cara yang bisa meningkatkan devisa negara. Oleh sebab itu, terdapat kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor agar kegiatan ini dapat dilakukan secara efisien dan tepat.

Lantas, seperti apa peraturan tersebut? Perhatikan contoh kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor pada poin di bawah ini. 

7+ Kebijakan Pemerintah untuk Mendorong Ekspor

Di bawah ini adalah peraturan yang dibuat oleh pemerintah sebagai sistem pengaturan kegiatan kirim barang menuju luar negeri. Lalu, apa saja usaha pemerintah untuk meningkatkan kualitas ekspor barang dari Indonesia sehingga dapat bersaing di pasar luar? Simak penjelasan lengkapnya pada poin di bawah ini.

1. Memperbanyak Jenis Barang

Memperbanyak Jenis Barang
Sumber: Pexels

Pemerintah berusaha mencari solusi untuk meningkatkan kualitas pengiriman barang menuju luar negeri dengan diversifikasi ekspor. Diversifikasi ekspor merupakan kegiatan pengadaan barang kiriman menjadi lebih beraneka ragam dengan banyak macam dan jenis barang. 

Indonesia awalnya berfokus untuk mengirimkan karet dan tekstil menuju luar negeri. Namun, dengan diversifikasi, negara Indonesia mulai merambah komoditas lain seperti kayu lapis dan rumput laut. 

Kegiatan pengadaan ini terbagi menjadi dua, yaitu secara horizontal dan vertikal. Pengadaan horizontal merupakan penambahan macam barang, sedangkan secara vertikal merupakan penambahan jenis variasi barang. Contohnya, mengolah karet untuk menjadi ban motor atau mobil terlebih dahulu sebelum pengiriman barang.

Baca Juga: Kebijakan Pemerintah untuk Mendorong Ekspor Adalah: Beri Kemudahan hingga Premi Ekspor

2. Menambahkan Intensitas Promosi

 Menambahkan Intensitas Promosi
Sumber: Rakyat Merdeka

Kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor produk Indonesia adalah dengan meningkatkan daya promosi. Kegiatan promosi ini dinilai sebagai strategi yang sangat tepat untuk memperkenalkan produk lokal Indonesia ke beberapa negara lainnya. Cara promosi dapat dengan mengadakan pameran dagang internasional.

Contohnya, pada saat ARLI (Asosiasi Rumput Laut Indonesia), negara ini bekerjasama dengan KBRI Washington DC untuk mengadakan promosi komoditas rumput laut. Tujuan dari promosi ini adalah untuk memperkenalkan rumput laut kepada para pengusaha dan warga lokal Amerika Serikat.

3. Premi Ekspor

Premi Ekspor
Sumber: Pexels

Pemerintah juga menyiapkan sebuah premi bagi eksportir dan produsen agar lebih termotivasi untuk melakukan bisnis pengiriman luar negeri. Penghargaan atas kualitas barang merupakan salah satu cara pemerintah memberikan premi ekspor. Besar kecilnya angka premi sangat bervariasi untuk para pengusaha.

Indonesia Eximbank telah sebutkan kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor dengan memberikan presi sebesar 0,25% hingga 4%. Besar angka premi diambil dari keseluruhan transaksi perdagangan luar negeri berdasarkan beberapa klasifikasi risiko dari masing-masing negara tujuan pengiriman. 

4. Menjaga Kestabilan Nilai Tukar Mata Uang Rupiah

Menjaga Kestabilan Nilai Tukar Mata Uang Rupiah
Sumber: Universitas Airlangga

Selanjutnya, pemerintah terus berusaha untuk menjaga dan memantau perubahan nilai tukar mata uang Rupiah terhadap kurs dunia. Nilai tukar mata uang yang stabil dapat memudahkan para pengusaha untuk melakukan perhitungan biaya produksi selama pengiriman luar negeri. 

Selain itu, dengan nilai tukar Rupiah yang tidak mudah turun atau naik, para pengusaha dapat dengan mudah menentukan harga produk untuk pasar internasional. Solusi ini dapat menghindarkan pengusaha dari kerugian yang besar terkait pengiriman barang menuju luar negeri.

Alasan lainnya dari kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor dengan menjaga kurs Rupiah tetap terjaga adalah mengantisipasi kenaikan nilai tukar mata uang asing yang terlalu tinggi. Tingginya nilai tukar mata uang asing akan menghambat para pengusaha dalam melakukan pengadaan bahan baku dari luar negeri.

5. Membuat Perjanjian Dagang Internasional 

Membuat Perjanjian Dagang Internasional
Sumber: Aktual.com

Di samping itu, pemerintah juga telah membuat perjanjian dagang internasional untuk mencapai sebuah kesepakatan bisnis internasional. Adanya perjanjian dagang internasional ini diyakini dapat membantu pengusaha untuk memperluas pasar dagangnya hingga luar negeri.

Melalui perjanjian dagang tersebut, pemerintah menjadi jembatan bagi pengusaha dan negara asing untuk menjalin kerja sama dalam mempromosikan produk lokal. Selain mendapat bantuan dari pemerintah, Titipers juga akan mendapatkan perlindungan usaha dari pemerintah untuk memperjualbelikan produk lokal.

6. Perjanjian Ekonomi dan Ekspansi Pasar Internasional

Perjanjian Ekonomi dan Ekspansi Pasar Internasional
Sumber: Bola.com

Selain perjanjian dagang internasional, kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor Indonesia adalah dengan mengadakan perjanjian ekonomi internasional dan ekspansi pasar. Perjanjian ekonomi internasional meliputi kerja sama bisnis mulai dari kegiatan impor dan ekspor, investasi, hingga pinjaman internasional. 

Melalui kerja sama ini, kamu bisa menikmati keuntungan dari peningkatan akses ke pasar internasional untuk kegiatan pengiriman barang ke luar negeri. Selama perjanjian ekonomi dilakukan, pemerintah akan membantu menyelesaikan sengketa dagang, mengatur tarif preferensi, dan menguatkan market intelligence.

7. Memberikan Kemudahan Bagi Pengusaha Ekspor

Memberikan Kemudahan Bagi Pengusaha Ekspor
Sumber: Freepik

Perhatikan contoh kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor Indonesia berikut. Adakah yang menurutmu penting untuk diperhatikan? Tentunya, ada. Salah satu hal penting yang harus menjadi perhatian untuk mendorong bisnis internasional adalah kemudahan bagi pengusaha barang ekspor dari Indonesia.

Kemudahan untuk para produsen dapat mempermudah pengusaha dalam memenuhi permintaan pasar internasional terhadap barang produksi lokal. Kemudahan tersebut meliputi pengurusan izin bagi produsen barang ekspor, kemudahan teknologi, inovasi produk, dan kredit dengan bunga rendah.

Baca Juga: Contoh Surat Izin Ekspor, Syarat, Biaya dan Cara Mengurusnya

8. Membantu Menyediakan Komoditas Ekspor Terbaik

Membantu Menyediakan Komoditas Ekspor Terbaik
Sumber: Freightsight

Sudah menjadi rahasia umum jika kelapa sawit merupakan komoditas ekspor terbesar dari Indonesia. Pemerintah membantu para pengusaha sawit untuk mengembangkan bisnis mereka dan melakukan pengiriman menuju luar negeri. Selain itu, ada komoditas lainnya seperti makanan dan minuman hingga otomotif.

Baca Juga: 13 Komoditas Ekspor Indonesia Terbaik dan Negara Tujuannya

Tingkatkan Devisa Negara dengan Kegiatan Ekspor!

Pemerintah sebagai pihak yang memegang kendali atas semua kebijakan teruntuk masyarakat terus berusaha mengembangkan peraturan yang ada. Berdasarkan kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor, kamu bisa tahu bagaimana pemerintah ingin menyukseskan usaha ekspor dari Indonesia ke pasar internasional.

Selain kegiatan pengiriman menuju luar negeri, pemerintah Indonesia juga berusaha untuk mempermudah kegiatan impor dengan perjanjian ekonomi internasional. Dengan kebijakan tersebut, Titipers bisa membeli barang dari luar negeri dengan mudah, terutama jika menggunakan jasa dari titipbeliin.com

Kamu bisa secara mudah membeli barang dari luar negeri dengan hanya menyalin tautan barang yang kamu inginkan di situs titipbeliin.com. Jasa titipbeliin sangat cocok untuk kamu yang membuka jasa titip barang dari e-commerce luar negeri. Tunggu apa lagi? Rasakan kemudahan berbelanja dengan titipbeliin.com!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.