Rahasia Bisnis Ala Orang China

6 Rahasia Bisnis Ala Orang China yang Wajib Dicontek!

Tidak sedikit pengusaha di Indonesia, berasal dari keturunan Tionghoa. Penasaran nggak sih dengan rahasia bisnis ala orang China, yang selalu bisa mengukir kesuksesannya dalam berbisnis?

Orang keturunan Tionghoa yang tinggal di Indonesia, memang lebih dikenal sebagai pebisnis. Sehingga, mereka enggan untuk berkarir di perusahaan orang lain. Walaupun mereka bekerja di sebuah perusahaan, besar kemungkinan perusahaan tersebut adalah perusahaan keluarga.

Selain itu, perusahaan atau bisnis yang dijalankan oleh orang keturunan China, sepertinya pun jarang ada yang mengalami kebangkrutan. Hal tersebut tentu karena memiliki rahasia bisnis ala orang China, yang bisa membuat kesuksesan besar, bahkan hingga bisa dikenal di seluruh dunia.

Bagaimana? Mau sukses juga seperti kenapa bisnis orang Tionghoa bisa sukses, berikut rahasia yang perlu Anda ketahui dan bisa dijadikan inspirasi:

6 Rahasia Bisnis Ala Orang China

1. Strategi pembaca pasar dan kebutuhan konsumen

Strategi pembaca pasar

Rahasia bisnis ala orang China yang pertama adalah bisa membaca pasar dan kebutuhan konsumen. Intinya, mereka akan membuat perencanaan dengan matang sebelum membangun bisnis, salah satunya membaca pasar.
Membaca pasar, targeting, hingga peluang, memang bisa dijadikan kunci penting dalam berbisnis. Sehingga, apapun peluang yang ada, akan dimanfaatkan oleh orang keturunan China.

Baca juga: Cara Belanja di Marketplace China Alibaba Buat Buka Usaha

Dengan begitu, bisnis yang dijalankan pun lebih terperinci, lebih, jelas, sehingga potensi untuk mendatangkan keuntungan atau kesuksesan lebih besar. Hal tersebut meminimalisir kerugian serta mempermudah analisis.
Tanpa disadari, bisnis-bisnis yang dibangun orang China adalah bisnis yang selalu berusaha menyediakan apa yang dibutuhkan konsumen. Para pemula, mungkin akan sedikit kesulitan, untuk menemukan hal-hal yang memang dibutuhkan konsumen.

2. Pekerja Keras

Pekerja Keras Ala Orang China

Rahasia bisnis ala orang China yang selanjutnya adalah sifat pekerja keras. Tidak hanya soal pendidikan, orang keturunan China juga dikenal sangat pekerja keras, untuk soal bisnis. Maka, tak heran jika banyak orang China yang bercita-cita jadi pengusaha.

Bahkan, ada filosofi tentang hidup yang sangat melekat di dalam diri mereka yakni “kerja-untung-makan”. Di mana filosofi tersebut memiliki arti sebagai manusia kita harus bekerja keras, agar bisa mendapatkan keuntungan, lalu dari keuntungan tersebut, kita bisa tetap makan untuk hidup.

Tidak hanya itu, ada arti lain dari filosofi tersebut yakni jika seseorang tidak bekerja keras, maka ia tidak boleh makan. Selain filosofi hidup tersebut, ada juga pepatah lain yang masih dipegang teguh para kaum keturunan China, yang berbunyi “jika kamu ingin lebih berhasil dari orang lain, dan pada saat itu kamu tidak punya pilihan lain, maka coba untuk bekerjalah dengan lebih keras dan rajin”.

Sepertinya masih ada banyak pepatah orang keturunan China, yang selalu mereka ingat. Intinya dari semua pepatah tersebut adalah kunci dari sebuah kesuksesan adalah dengan bekerja keras.

3. Hemat

Hemat Ala Orang China

Salah satu rahasia bisnis ala orang China yang mungkin sulit diterapkan adalah hemat. Bahkan, hemat menjadi sebuah anjuran yang harus diterapkan, sehingga pengeluaran kamu tidak lebih besar dari pendapatan.

Tidak hanya itu, ada sebuah buku China klasik berjudul Dao De Jing, yang menjelaskan bahwa ada tiga harta terbesar yang dapat dimiliki oleh manusia, diantaranya adalah cinta, berhemat, dan kemurahan hati.

Dengan menghemat kesejahteraan seseorang akan lebih baik, karena ada ajaran Konfusius juga, yang mengatakan bahwa orang yang tidak ekonomis atau tidak memikirkan kecukupan ekonominya, (pada akhirnya) akan menderita.

Yuk, mulai hidup hemat namun bukan pelit, karena penerapan hemat juga menjadi salah satu rahasia bisnis mereka, lebih berhasil. Hemat juga menjadikan kaum Tionghoa menjadi kaya.

4. Ciptakan Peluang

Ciptakan Peluang Bisnis Ala China

Tidak hanya sebagai pekerja yang pekerja keras, orang keturunan China juga sering menjadi orang yang menciptakan peluang kerja atau bisnis. Hal ini juga menjadi salah satu rahasia bisnis ala orang China, yang patut dicontek para pebisnis di Indonesia.

Pasalnya mereka punya prinsip untuk yang memiliki bisnis hingga untuk yang menjadi bos. Maka dari itu, mereka juga yang harus menciptakan peluang, sehingga orang keturunan China memang sudah terbiasa untuk melihat peluang dari suatu kondisi, dan akhirnya terciptalah sebuah bisnis dari peluang tersebut.

Contohnya, ketika musim hujan datang mungkin kita akan malas untuk membuka usaha, karena ribet. Tapi, tidak untuk para kaum Tionghoa, yang menjadi musim hujan sebagai peluang usaha, di saat yang lainnya malas untuk memulai.

Misalnya dengan bisnis jas hujan, jamu-jamuan, sandal jelly, jasa laundry, jasa cuci sepatu, dan lainnya. Bahkan mereka juga punya konsep berbisnis terkait peluang, yang berbunyi “Jangan tunggu peluang datang, tapi justru kita yang harus ciptakan peluang itu. Itu konsep yang harus selalu kita pikirkan.

5. Rajin Menabung dan Investasi

Rajin Menabung dan Investasi

Rahasia bisnis ala orang China yang berikutnya adalah mereka sangat rajin menabung dan berinvestasi untuk masa depan. Bahkan, ketika mereka punya pendapatan yang lebih,mereka akan alokasikan jumlah yang lebih besar untuk dimasukan ke dalam tabungan atau investasi.

Hal tersebut juga bisa dibuktikan di negara asalnya, bahwa rasio tabungan nasional di China memperlihatkan angka yang tinggi.

Dilansir dari laman idxchannel.com, pada Desember 2018 ada sebuah Laporan International Monetary Fund (IMF) berjudul China’s High Savings: Drivers, Prospects, and Policies, menyebutkan bahwa China sebagai salah satu negara, yang mempunyai rasio tabungan nasional tertinggi di dunia.

Baca Juga:

Jika dilihat secara historis, rasio tabungan nasional di China telah tercatat tinggi sejak tahun 1980-an, yakni mencapai 35%-40%, terhadap nilai Produk Domestik Bruto (PDB). Selain tabungan, kaum keturunan China juga memiliki konsep hidup untuk selalu investasi.

Informasi terkait kebiasaan investasi di China, Noah Research pun mencatat investor daratan China menempatkan hartanya, lebih banyak ke real estate yaitu 65%, sedangkan 20%nya dalam bentuk uang tunai dan deposito bank. Lalu sisanya, bisa masuk ke asuransi kesehatan, hingga pensiun, lalu saham dan reksadana.

6. Disiplin

Disiplin Ala Orang China

Rahasia bisnis ala orang China yang terakhir adalah disiplin dan tepat waktu. Jika dibandingkan dengan orang pribumi, mungkin akan terlihat perbedaannya soal penerapan disiplin.

Kamu bisa perhatikan, bahwa orang keturunan China bisa membuat dan memiliki rutinitas yang sudah dijadwalkan dengan baik. Contohnya jam tidur, bangun tidur, makan pagi, berangkat kerja, hingga aktivitas lainnya dalam satu hari penuh.

Mereka akan merasa bahwa setiap waktu sangat berharga, dan waktu adalah uang. Adapun, jadwal rutinitas yang dibuat tersebut, sifatnya tetap dan tidak berubah. Di mana hal tersebut, bisa membuat aktivitas sehari-hari berjalan dengan baik dan tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

Maka tak heran, jika orang China selalu datang lebih awal ketika bekerja. Mereka sangat cocok sebagai pemilik bisnis, atau perusahaan dari sifat disiplinnya. Nah, untuk pebisnis wajib contek sifat disiplin para kaum Tionghoa ini, untuk membentuk diri sebagai entrepreneur.

Bicara soal rahasia bisnis ala orang China, kualitas produk-produk asal China juga patut diacungi jempol, karena bisa dijadikan sebagai bisnis yang sangat menjanjikan. Mereka sangat unggul dalam memproduksi suatu barang, maka tak heran jika produk-produk China di Indonesia sangat laku.

Baca Juga: Cara Buka Toko di Shopee. Jadi Seller, Reseller, atau Dropshipper

Nah, sebagai pribumi kita juga bisa memanfaatkan produk-produk China berkualitas, untuk dijadikan bisnis menjanjikan. Agar lebih murah, kamu bisa beli langsung produk impor China dari negara asalnya. Tapi di mana belinya

Beli Produk Impor dari China Murah via Titipbeliin.com Aja!

Bagaimana cara mendapatkan barang-barangnya? Tenang! Kamu bisa dapatkan produk-produk impor China murah berkualitas, untuk jualan melalui Titipbeliin.com.

Belanja produk impor China murah melalui Titipbeliin.com, sangat mudah dan simple. Bahkan, kamu bisa mendapatkan barang bagus dari supplier terbaik dari berbagai marketplace populer di China, yang menjual barang impor murah berkualitas.

Tapi beneran, belanja barang impor China murah via Titipbeliin.com lebih praktis? Mengapa? Karena, kamu tidak perlu repot mengurus segala biaya-biaya, seperti pajak dan bea cukai.

Pasalnya, titip barang impor via Titipbeliin.com bisa sekaligus mengurus terkait hal tersebut.
Dengan cara ordernya yang mudah juga, tim Titipbeliin.com siap mencarikan barang yang kamu mau, dan akan segera memprosesnya.

Barang impor juga akan dikirim dengan dua jenis pilihan pengiriman, yakni via laut dan udara. Buat kamu yang ingin coba untuk bisnis barang impor, bisa coba membeli barang dari beberapa negara, seperti US, UK, China, dan Australia, via Titipbeliin.com.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.