8 Rekomendasi Aksesoris Sepeda Gunung yang Wajib Kamu Miliki

8 Rekomendasi Aksesoris Sepeda Gunung yang Wajib Kamu Miliki

Aksesoris sepeda gunung bukan hanya menjadi tambahan atau pelengkap yang berfokus pada nilai estetika, tetapi juga memiliki beragam manfaat fungsional. Dengan kata lain, aksesoris-aksesoris ini perlu kamu miliki jika akan melakukan mountain biking. Apa saja aksesorisnya? Ketahui daftarnya lewat artikel di bawah ini!

8 Aksesoris Sepeda Gunung, Wajib Punya

Di bawah ini adalah beberapa aksesoris yang perlu kamu punya, jika akan melakukan mountain biking, antara lain:

1. Sarung Tangan (Dakine Cross X)

Sarung Tangan (Dakine Cross X)

Amazon

Aksesoris sepeda gunung pertama dan wajib kamu miliki adalah sarung tangan. Pasalnya aksesoris ini berfungsi untuk melindungi tangan dari goresan, benturan dan menghindari luka-luka di tangan ketika bersepeda di medan yang kasar. Sarung tangan juga melindungi tangan dari risiko akibat bersentuhan dengan batu, tanah, dan lainnya.

Untuk itu, titipers bisa menggunakan sarung tangan Dakine Cross X saat bersepeda, terutama di gunung. Sarung tangan ini memiliki pelindung buku jari dan bantalan busa 3 mm di telapak tangan untuk meredam vibrasi ketika bersepeda.

Perlengkapan sepeda gunung murah ini juga memiliki fitur untuk menyerap lembab, agar tangan tetap sejuk. Selain itu, telapak tangannya menggunakan silikon, sehingga memberikan cengkraman yang kuat untuk mengendalikan arah sepeda,

2. Saddle Cover (Zacro Gel Bike Seat Cover)

Saddle Cover (Zacro Gel Bike Seat Cover)

Amazon

Aksesoris sepeda gunung berikutnya adalah pelindung jok/saddle cover/seat cover. Aksesoris ini akan memberikan kenyamanan ketika bersepeda. Sebab, biasanya seat cover memiliki lapisan tambahan yang tebal dan empuk. Hal ini akan membuat guncangan yang kamu alami berkurang di medan yang bergelombang.

Selain itu, seat cover juga dapat mengurangi tekanan pada daerah panggul, sehingga mengurangi kelelahan. Salah satu seat cover yang bisa Titipers pakai adalah Zacro Gel Bike Seat Cover.

Aksesoris sepeda gunung ini memiliki dimensi 11 x 10,4 inci yang bisa kamu gunakan untuk bersepeda santai sampai mountain biking. Selain itu, seat cover ini terbuat dari 100% polyester dan terdapat gel yang membuat berkendara semakin nyaman.

3.  Pelindung Mata (ROCKBROS Sports Polarized Sunglasses)

Pelindung Mata (ROCKBROS Sports Polarized Sunglasses)

Amazon

Perlengkapan sepeda gunung murah berikutnya adalah kacamata khusus bersepeda. Sebab, aksesoris ini berfungsi untuk melindungi mata dari debu, kerikil, serangga, dan benda lain yang berpotensi terlempar ketika kamu bersepeda di gunung.dengan permukaan berbatu. Hasilnya, kamu akan terhindar dari cedera pada mata.

Salah satu pelindung mata terbaik adalah ROCKBROS Sports Polarized Sunglasses. Kacamata ini memiliki kejernihan optik yang sangat baik dengan ketajaman dan kontras pas untuk para pemakainya. 

Lebih lanjut, terdapat 3 lensa yakni warna biru, ungu, dan merah yang membuatnya bisa kamu gunakan di berbagai kondisi, baik cerah atau gelap. Selain itu, stabilitas dari aksesoris sepeda gunung ini sangat baik, karena tidak akan bergerak karena goncangan, bahkan pada jalur yang kasar.

4. Helm (Fox Speedframe Pro)

Helm (Fox Speedframe Pro)

Amazon

Aksesoris sepeda gunung berikutnya adalah helm. Dalam mountain biking, fungsi helm tidak jauh berbeda, yakni memberi perlindungan bagi pengendara dari cedera serius ketika terjatuh atau kecelakaan, terutama pada bagian kepala. Jadi, dengan memakai helm, kamu bisa mengurangi risiko serius, seperti cedera otak atau tengkorak.

Salah satu helm terbaik untuk mountain biking adalah Fox Speedframe Pro. Aksesoris sepeda gunung ini sangat nyaman dan lapang, sehingga tidak akan terasa gerah. Selain itu, desainnya yang dibuat untuk para atlet sepeda gunung, membuatnya semakin gagah.

Terdapat fitur-fitur seperti sistem perlindungan tambahan MIPS untuk mengurangi gerakan rotasi helm. Selain itu, terdapat dual-density varizorb EPS yang memberi perlindungan kepala dari benturan dengan menyebarkan kekuatan tumbuhan ke berbagai area helm.

5. Lampu LED Sepeda (KASLIGHT 8 LED 10000mAh)

Lampu LED Sepeda (KASLIGHT 8 LED 10000mAh)

Amazon

Selain di hari yang cerah, mountain biking juga dapat dilakukan ketika malam hari atau pada kondisi cahaya yang rendah. Untuk itu, Titipers perlu menggunakan lampu LED di sepedanya. Sebab, aksesoris sepeda gunung ini akan membantu kamu terlihat oleh pesepeda lain.

Alat sepeda gunung murah ini juga berfungsi untuk meningkatkan visibilitas kamu ketika berada di medan yang terjal, bergelombang, berbatu, dan berkabut. Alhasil, kamu bisa melihat beberapa rintangan, seperti lubang, pohon, atau hal yang berpotensi menimbulkan bahaya. 

Salah satu lampu LED sepeda terbaik, yakni KASLIGHT 8 LED 10000mAh yang terdiri dari 8 LED dan memberikan output sampai 8.000 lumens. Sehingga, lampu ini mampu beroperasi lebih dari 30 jam dan mampu menyorot benda sejauh 1640ft/500M.

6. Pedal (Wolf Tooth Waveform)

Pedal (Wolf Tooth Waveform)

Amazon

Pada dasarnya, aksesoris sepeda gunung ini berfungsi sebagai titik kontak antara kaki kamu dengan sepeda, supaya bisa berjalan. Pedal juga menjadi tempat kaki bekerja untuk mentransfer tenaga. Dalam mountain biking, pedal harus dapat mencengkram dengan baik sepatu, agar tidak tergelincir saat berada di medan yang kasar.

Jadi, jika pedal bagus, maka kontrol yang kamu miliki akan baik. Untuk itu, perlu pedal yang memadai untuk sepeda gunung, salah satunya Wolf Tooth Waveform. Aksesoris sepeda gunung ini memiliki cengkraman kuat dengan berat hanya 373-384g saja.

Bahannya terbuat 6061-T6 Aluminum dengan platform cekung ganda sehingga nyaman di kaki. Pedal ini juga cukup hebat dalam menahan kaki pada tanjakan dan turunan.

7. Pompa Mini (Lezyne Sport Drive HV)

Pompa Mini (Lezyne Sport Drive HV)

Amazon

Selain menjadi peralatan sepeda gunung murah, pompa mini juga menjadi tools krusial. Pompa mini dinilai lebih baik untuk mountain biking, karena ukurannya yang kecil dan portable. Oleh karena itu, pompa ini bisa di bawa menggunakan kantong atau tas sepeda.

Pompa mini juga berguna dalam keadaan darurat, ketika berada di gunung, misalnya saat ban mengalami kurang angin atau kebocoran. Dengan begitu, aksesoris sepeda gunung ini bisa kamu andalkan. Salah satu pompa mini yang cukup baik, yakni Lezyne Sport Drive HV.

Pompa ini memiliki panjang 191 mm dan diameter poros 27 mm. Selain itu, beratnya hanya 99 gram, sehingga bisa kamu bawa di saku belakang.

8. Tempat Minum Fleksibel (Camelbak Podium Dirt)

Tempat Minum Fleksibel (Camelbak Podium Dirt)

Amazon

Aksesoris sepeda gunung terakhir adalah tempat minum. Fungsinya jelas, agar kamu dapat dengan mudah meminum air ketika bersepeda. Terlebih, cukup jarang untuk kamu menemukan sumber air di gunung. Tempat minum yang bisa kamu gunakan adalah Camelbak Podium Dirt.

Aksesoris sepeda gunung ini memiliki berat 89 gram dan muat air hingga 620 ml. Cara menggunakannya hanya dipencet dan bisa disimpan di berbagai tempat, seperti kantong sepeda. Selain itu, terdapat katup pengunci yang membuat air tidak akan tumpah ketika bersepeda.

Mana Aksesoris Sepeda Gunung yang Kamu Inginkan?

pihak ke-3 terbaik

Itulah beberapa peralatan yang menjadi penunjang Titipers dalam melakukan mountain biking, supaya lebih nyaman dan aman. Semua rekomendasi di atas bisa kamu beli melalui e-commerce Amazon. 

Jika tertarik dan tak mau repot dengan prosedur import barang, kamu bisa memesan aksesoris di atas melalui Titipbeliin.com.  Titipbeliin adalah jasa impor dan titip produk apa saja dari online shop luar negeri, salah satunya Amazon.

Jadi, Titipbeliin akan membantumu untuk mendapatkan barang yang kamu suka secara legal di luar negeri dengan cara copy link produk yang kamu hendak beli di platform Amazon, kemudian paste di kolom pencarian Titipbeliin, lalu ikuti instruksi selanjutnya. Bahkan, bukan hanya peralatannya, kamu juga dapat membeli sepeda gunung murah.  Untuk pemesanan, Titipers dapat pergi ke halaman utama dan menulis produk favorit kamu ke kolom pencarian yang ada di Titipbeliin.com.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.