Apa itu Manifest? Kenali Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Apa itu Manifest? Kenali Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Bagi beberapa orang yang bekerja di bidang logistik mungkin sudah tidak asing dengan apa itu manifest. Istilah ini sering kita gunakan pada penggunaan gudang untuk logistik. Selain jasa pengiriman, data muatan juga sering digunakan di bidang transportasi.

Namun, sudahkah kamu paham betul tentang pengertian, jenis, dan manfaat data manifest? Jadi, mari baca artikel ini untuk memperdalam pengetahuan Titipers di bidang logistik!

Apa itu Data Manifest?

Istilah manifest sendiri sering dipakai untuk umum. Namun, kata ini memiliki arti khusus dalam bidang logistik. Manifest atau yang biasa disebut daftar muatan adalah sebuah dokumen informasi tentang muatan. Bisanya, muatan tersebut menggunakan berbagai jasa pengiriman, baik kargo, kapal, pesawat, dan lainnya.

Sebagai tambahan, data manifes ini akan mencantumkan status pengiriman logistik. Contohnya, menunjukkan apakah paket telah tiba di kantor ekspedisi di wilayah penerima dan status lainnya. Ibaratnya, data manifest adalah paspor untuk barang, karena data tersebut mencantumkan semua informasi terperinci tentang angkutan.

Baca Juga: Pahami Apa itu KIR dan Cara Mudah Mendapatkannya

Di dalam bidang transportasi seperti pesawat, biasanya, data muatan ini berisikan semua informasi tentang siapa yang berada di dalam pesawat. Contohnya, awak kapal, penumpang, dan barang yang berada di bagasi pesawat. Jadi, bisa kamu bayangkan seberapa penting data muatan ini untuk sebuah proses logistik.

Sedangkan data muatan adalah dokumen yang dibuat oleh pihak layanan transportasi umum atau jasa pengiriman. 

Data ini biasanya berdasarkan surat tanda terima yang berisikan daftar muatan, spesifikasi, jumlah muatan, dan lain sebagainya. Contohnya, Titipers pasti pernah mengirimkan paket barang melalui jasa pengiriman dan menerima resi.

Resi tersebut adalah data awal yang akan dicantumkan dalam manifest. Kemudian, kumpulan data dari berbagai muatan ini akan berguna untuk yang berkepentingan. Fungsinya adalah agar pengirim memastikan semua barang yang tercatat aman hingga tujuan atau destinasi akhir.

Jenis-Jenis Manifest

jenis manifest dalam pengiriman

Dokumen manifest sangatlah penting untuk jasa pengiriman dan industri lain seperti bea cukai dan transportasi. Berikut adalah beberapa macam manifes yang perlu kamu ketahui:

1. Manifes Kargo

Data manifes kargo ini mencakup semua informasi dan daftar barang yang berada di kargo. Namun, data ini tidak termasuk biaya pengiriman.

2. Freight Manifest

Freight manifest sebenarnya hampir sama dengan cargo manifest, tetapi data ini akan mencangkup biaya pengiriman. Terlebih lagi, semua biaya akan dicantumkan harus dibayar oleh penerima atau pengirim barang.

3. Out of Gauge Manifest

Data muatan ini memiliki daftar barang khusus yang melebihi ukuran atau berukuran tidak normal. Barang yang tercantum adalah rincian barang atau kargo yang tidak terukur.

4. Reefer Manifest

Hampir sama dengan jenis sebelumnya, reefer manifest ini akan mencantumkan untuk barang khusus perlu pendingin. Selain itu, data ini akan memiliki rincian atas pengaturan suhu, kelembaban, dan kontainer mana yang perlu perhatian khusus.

5. Manifes Kargo Berbahaya

Data muatan dangerous goods ini merupakan data khusus untuk barang yang berbahaya. Sehingga, pihak logistik tahu tentang barang mana yang memiliki resiko tinggi.

Isi dalam Data Manifest

contoh manifest

Perlu Titipers ketahui bahwa setiap data manifest berbeda-beda, tergantung jenis dan bidangnya. Contohnya, dalam beberapa jenis manifest di atas yang memiliki detil tersendiri.

Selain itu, data muatan logistik kargo dan pesawat juga berbeda. Jika kapal memiliki data yang lebih banyak karena kapasitas yang besar, data manifest pesawat memiliki jumlah yang lebih sedikit namun mencantumkan semua data tentang individu dan barang.

Namun, terdapat beberapa isi yang kadang tidak jauh berbeda. Hal ini karena pada dasarnya data ini berisikan dokumen angkutan. Berikut adalah beberapa isi data manifes:

  1. Nomor dokumen
  2. Jumlah dan jenis paket yang diangkut
  3. Deskripsi barang datang
  4. Jumlah barang yang diserahkan
  5. Informasi lengkap tentang penerima
  6. Operator transportasi atau yang bertanggung jawab
  7. Rute pengiriman barang
  8. Informasi lengkap tentang pengirim paket

Manfaat Data Manifest dalam Industri Logistik

Dari beberapa bagian sebelumnya, kamu sudah mengetahui apa itu manifest dan macam-macam data manifes. Namun sudahkah kamu tahu tentang manfaatnya? Berikut adalah berbagai manfaat data muatan yang akan sangat berguna di bidang logistik.

1. Melancarkan Pengiriman Barang

Salah satu manfaat data manifes yang utama adalah berjalannya proses pengiriman lebih mulus dan teratur. Seperti yang kamu ketahui, data ini berisi tentang pengiriman setiap barang. Jadi, jika data tersebut disusun dan dicatat dengan baik, arus pengiriman akan lebih lancar dan terkendali.

2. Menghindari Masalah Pengiriman Barang

Pendataan yang terperinci tentang logistik akan bermanfaat bagi jasa pengiriman untuk mengecek barang. Sehingga, proses pengiriman barang akan selalu dicek melalui data yang mereka terima. Oleh karena itu, hal ini akan mengurangi kesalahan dalam proses pengiriman.

3. Menjadikan Proses Inbound Warehouse Lebih Mudah

Proses pengiriman barang tidak hanya untuk perorangan, tetapi juga terdapat jumlah besar untuk perusahaan. Biasanya, barang tersebut akan ditempatkan sebagai stok gudang. Oleh sebab itu, data manifes akan membantu inbound warehouse, karena semua data yang penting sudah ada.

Manfaatkan Data Manifes untuk Industri Logistik!

Manifest adalah

Apakah kamu sudah paham betul apa itu manifest? Seperti yang Titipers tahu, data muatan adalah salah satu data terpenting dalam pengiriman barang. Terlebih lagi, dokumen tersebut dapat menjamin keabsahan berbagai barang yang berada di dalam kargo. Titipbeliin.id memanfaatkan data manifes dengan sangat baik, sehingga informasi tentang paket titip beli tetap aman. Apabila kamu sedang mencari barang incaran, segera gunakan jasanya sekarang juga! Dengan data manifes yang aman, data titipers akan terjamin keamanannya dalam proses pengiriman dan penerimaan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.