pengiriman dari china ke indonesia

Berapa Lama Pengiriman dari China ke Indonesia via Udara Maupun Laut?

Pebisnis impor, pasti perlu mengetahui informasi terkait berapa lama pengiriman dari China ke Indonesia, baik via udara maupun laut. Estimasi waktu pengiriman barang ini, menjadi penting, karena menyangkut perkembangan bisnisnya.

Estimasi pengiriman barang dari China ke Indonesia berapa lama? Hal tersebut sangat penting diketahui apalagi untuk para pebisnis. Karena semakin cepat barang datang, maka bisnis akan cepat berkembang.

Namun, apabila barang sampai di waktu yang cukup lama, atau tidak sesuai dengan harapan estimasi waktu, maka akan berakibat pada perkembangan bisnis kamu.

Baca Juga: Cara Bisnis Impor Modal Kecil Cuannya Gokil!

Namun, jangan khawatir karena estimasi hingga status pengiriman dari China ke Indonesia, bisa diketahui dengan baik. Dengan catatan, dokumen barang dan identitas lainnya diberikan secara lengkap, oleh supplier.

Seperti yang kita ketahui juga, bahwa saat ini peluang bisnis barang impor cukup diminati. Maka tak heran jika banyak orang yang ingin terjun ke bisnis ini, sampai mencoba belajar bagaimana cara import barang dari China.

Pasalnya, peluang bisnis impor ini cuannya yang cukup besar, terlebih barang impor yang sumbernya dari China. Tidak hanya mencari tahu bagaimana cara membeli, tapi juga mencari tahu berapa lama pengiriman dari China ke Indonesia.

Ada Banyak Marketplace China Terbaik yang Jadi Tujuan

Selain cari tahu berapa pengiriman dari China ke Indonesia, pilihan marketplace China terbaik juga wajib diketahui. Nah, dalam hal ini marketplace seperti Alibaba, Taobao, 1688, aliexpress menjadi pilihan terbaik, dari platform belanja online yang menjadi tujuan.

Pasalnya, marketplace tersebut menjadi pilihan marketplace China terbaik dan terbesar di China, bahkan dunia. Maka tak heran, banyak pebisnis mancanegara juga menjadikan marketplace tersebut tujuan mereka.

Nah, saatnya kembali lagi ke pertanyaan awal, terkait estimasi berapa lama pengiriman dari China ke Indonesia. Berikut beberapa penjelasan dan informasi yang bisa diambil, untuk kepentingan bisnis kamu.

Metode Pengiriman Barang dari China ke Indonesia

Secara garis besar, metode pengiriman barang dari China ke Indonesia terdapat dua metode. Terlebih, dua metode ini menjadi yang paling banyak dilakukan orang, yaitu:

Metode pengiriman langsung

Metode pengiriman dari china ke indonesia

Metode pengiriman yang pertama adalah metode pengiriman langsung, di mana dalam skema ini, pihak seller akan mengirimkan barang secara langsung dari tempatnya, ke alamat pembeli di Indonesia.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa dalam metode pengiriman langsung ini, nantinya pembeli Indonesia atau negara lain, masih harus dibebankan dengan kewajiban pembayaran. Kewajiban tersebut adalah beban membayar pajak, ketika barang sampai di gudang Indonesia.

Dalam metode pengiriman langsung ini, juga dibagi lagi menjadi dua metode, yaitu:

  • Pengiriman menggunakan jasa Kantor Pos

Maksud dari metode pengiriman menggunakan jasa kantor pos adalah pengiriman yang akhirnya, akan bermuara di kantor pos Indonesia. Contoh pengirimannya adalah menggunakan : EMS, Registered Mail, Aliexpress Standard shipping, dan lain-lain.

  • Pengiriman menggunakan jasa selain Kantor Pos

Sedangkan untuk metode pengiriman selain dari jasa kantor pos, artinya pengiriman biasanya akan menggunakan jasa pengiriman express seperti DHL, Fedex, TNT, UPS, Aramex, dll

Metode pengiriman menggunakan Skema forwarder

pengiriman forwarder china

Metode pengiriman yang kedua selain pengiriman langsung adalah pengiriman menggunakan skema forwarder. Apa itu forwarder? Jasa forwarder atau jasa import borongan adalah jasa pengiriman logistik China Indonesia atau dari luar negeri ke Indonesia.

Jasa ini, sangat membantu para importir dalam melakukan proses impor barang, di mana semua sudah ditanggung oleh pihak forwarder, bukan pihak seller yang ada di China. Kabar baiknya, jika kamu menggunakan metode pengiriman ini adalah kamu tidak perlu pusing mengurus surat perizinan atau izin impor.

Tidak hanya itu, kamu juga tidak perlu repot-repot untuk mengurusi pembayaran bea cukai dan pajak, karena semuanya sudah menjadi tanggung jawab pihak jasa forwarder.

Selain transparan, biaya yang kamu bayarkan pada jasa forwarder ini, merupakan biaya yang sudah bersih atau all in. Sehingga, kamu tidak ada ditagih pembayaran tambahan lainnya, di mana harga all in tersebut, juga sudah termasuk pengurusan pajak dan bea cukai.

Metode Forwarder Biasa Digunakan Untuk Pengiriman dalam Jumlah Besar

Pengiriman dalam Jumlah Besar

Metode pengiriman menggunakan jasa forwarder, biasanya digunakan oleh banyak orang untuk mengirim barang dari China ke Indonesia, dalam jumlah yang relatif besar.

Jika kamu juga ingin coba menggunakan jasa ini, berikut informasi terkait skema pengiriman melalui forwarder:

  • Barang merupakan pembelian dari China, lalu kamu meminta seller dari marketplace China mengirimkan ke Gudang forwarder di China (Guangzhou, Yiwu, Shenzhen, dan lain-lain).
  • Setelah barang sampai di gudang forwarder Indonesia di China, maka barang akan dikirim oleh agen forwarder ke Indonesia.
  • Barang yang dikirim agen juga akan diurus masalah bea cukai nya (izin impor, pajak, dan lain-lain).
  • Setelah barang sudah selesai diurus segala pajaknya, maka barang bisa langsung dikirim ke alamat penerima di Indonesia.

Kelebihan Pengiriman Jasa Forwarder

Seseorang bisa membeli dan mengirimkan barang impor terutama dari China, dengan lebih mudah, praktis dan ekonomis. Sehingga, kamu tidak perlu ribet memiliki perusahaan, izin impor, dan lain lain. Terlebih bagi kamu yang baru pemula, atau belum pernah membeli barang impor sebelumnya.

Cari Tahu Berapa Lama Pengiriman dari China ke Indonesia dari Metode Jalur Pengirimannya

Metode pengiriman jasa forwarder, secara umum juga dibagi menjadi dua, yakni jalur udara dan laut. Karena, dari hal inilah berapa lama pengiriman dari China ke Indonesia bisa diketahui.

1. Forwarder Jalur Udara

Metode pengiriman yang pertama adalah pengiriman jalur udara, yang juga dibagi lagi menjadi dua, yakni forwarder udara express dan forwarder udara standar. Umumnya, jalur ini cocok digunakan untuk pengiriman barang yang sedikit dan bersifat urgent.

Namun, untuk soal biaya jalur udara memang lebih mahal. Karena, tarifnya juga dibebankan berdasarkan perhitungan kubikasi atau volumetrik atau m3. Jadi, walaupun barangnya ringan, tapi volumenya besar, tetap akan dikenakan tarif dari besar barangnya.

Untuk estimasi waktu sampai, pengiriman jalur udara tentu lebih cepat. Maka tak heran jika tarifnya lebih mahal, dan cocok untuk pengiriman yang urgent.

2. Forwarder Jalur Laut

Metode pengiriman yang kedua adalah jalur laut, yang juga dibagi lagi menjadi dua, yakni forwarder laut Jalur Direct dan forwarder laut jalur transit. Jika jalur udara cocok untuk barang sedikit, maka jalur laut cocok untuk pengiriman barang impor dalam jumlah besar.

Selain itu, jika dilihat dari segi biaya, pengiriman jalur laut juga lebih murah dari jalur udara. Karena, biaya yang dibebankan adalah berdasarkan perhitungan CBM atau cubic meter yang dihitung berdasarkan per satu CBM (satu CBM: (1Mx1Mx1M)).

Bagaimana estimasi waktu sampainya? Jika dibandingkan dengan jalur udara, pengiriman jalur laut tentu lebih lama. Maka tak heran jika tarifnya lebih murah, ketimbang pengiriman jalur udara.

Lantas, Berapa Hari Pengiriman Barang dari China ke Indonesia ?

Untuk menjawab pertanyaan yang sering muncul ini, sebenarnya estimasi waktu sampai, tidak bisa dihitung secara pasti. Namun, hal tersebut bisa diketahui dengan mengambil waktu rata-rata dari pengalaman yang pernah dilakukan, sebagai berikut:

Baca Juga: Cara Import Barang dari China Bagi Pemula, Terlengkap

  • Perkiraan pengiriman jasa kantor pos express (EMS): Untuk estimasi berupa lama pengiriman dari China ke Indonesia rata rata adalah 2-3 mingguan sejak barang dikirim seller ke gudang.
  • Estimasi pengiriman Registered Mail dan Aliexpress standard Mail: Lama pengiriman dari China ke Indonesia rata-rata memakan waktu sekitar 3-4 mingguan.
  • Pengiriman Express seperti DHL, Fedex, UPS, TNT dan sejenisnya: Estimasi pengirimannya rata-rata memakan waktu 5-7 harian.
  • Pengiriman Forwarder Udara Express; Umumnya memakan waktu mulai 5-8 Harian (Jika metode jalur udara standar bisa memakan 14-20 harian)
  • Pengiriman Forwarder Laut Direct: Umumnya memakan waktu 3-4 Mingguan (Sedangkan jika menggunakan metode laut jalur transit memakan waktu 5-7 mingguan).

Nah, itu dia beberapa informasi terkait jawaban dari berapa lama pengiriman dari China ke Indonesia. Namun, seperti yang sudah diberitahu sebelumnya, bahwa perhitungan angka-angka hari atau minggu di atas, bukanlah perhitungan secara matematis atau hitungan pasti.

Estimasi Waktu Pengiriman Bisa Berubah Karena Banyak Faktor

Adapun, estimasi waktu pengiriman dihitung berdasarkan pengalaman rata-rata, yang pernah terjadi saat ini. Sehingga, estimasi waktu pengiriman dari berbagai metode pengiriman, waktunya pun bisa berubah.

Terlebih, jika di perjalanan terjadi beberapa hambatan, salah satunya seperti cuaca buruk. Pasalnya, hal tersebut bisa sangat berpengaruh pada perjalanan cargo.

Terlebih juga, di situasi pandemic seperti ini ada banyak kebijakan dari berbagai negara seperti pengetatan di pabean (redline). Tidak hanya itu, adanya kemungkinan libur panjang pada hari-hari tertentu (imlek, lebaran, nataru, dll) juga bisa mempengaruhi pengiriman.

Bagaimana? Setelah mengetahui perkiraan estimasi, berapa lama pengiriman dari China ke Indonesia, apakah membuat kamu ingin coba berbisnis impor melalui China?

Jika ia, kamu bisa mencoba beberapa metode pengiriman yang sudah disebutkan di atas tadi. Namun, jika tujuannya untuk berbisnis, maka disarankan untuk menggunakan metode pengiriman forwarder melalui jalur laut.

Titipbeliin.com Solusi Beli dan Kirim Barang Impor dari China ke Indonesia 

Jika kamu belum tahu, perusahaan forwarder terbaik di Indonesia yang bisa membantu kamu, di sini Titipbeliin.com juga bisa membantu proses pemesanan dan pengiriman barang kamu, dari China ke Indonesia.

Dengan menggunakan jasa layanan dari Titipbeliin.com, kamu tidak perlu lagi repot-repot urus perpajakan, pembayaran yang sulit, hingga pengirimannya. Karena, mulai dari pemesanan barang, kamu akan dibantu dipilihkan seller terbaik.

Begitu pun untuk proses pembayarannya, karena kamu tidak perlu memiliki AliPay atau PayPal. Beli barang impor China via Titipbeliin.com bisa bayar menggunakan metode transfer bank lokal, virtual account, OVO, hingga Alfamart pakai rupiah.

Pengiriman juga tinggal pilih, mau jalur udara atau laut. Namun jika pengiriman dari China, otomatis, akan menggunakan jalur laut. Semua estimasi ongkos kirim juga sudah tertera secara secara transparan.

Setelah itu, barang akan dikirim melalui agen Titipbeliin.com, sampai barang tiba di alamat tujuan kamu di Indonesia. Untuk informasi lengkapnya terkait pembelian barang dari China, kamu bisa bergabung dan daftar ke “Join Komunitas” bersama Titipbeliin.com, melalui website kami.

Artikel Terkait

7 Model Baju Couple keluarga Modern Terbaik 2023

7 Model Baju Couple keluarga Modern Terbaik 2023

Untuk menghadiri acara tertentu, kamu pasti memerlukan model baju couple keluarga modern yang pas. Misalnya kamu ingin menghadiri acara wisuda, merayakan momen lebaran, Natal, menghadiri

Begini Cara Menghitung Harga Jual yang Benar

Begini Cara Menghitung Harga Jual yang Benar

Cara Menghitung Harga Jual – Supaya bisnis tetap bertumbuh, pebisnis wajib memiliki pendapatan dari bisnis yang mereka jalankan. Adapun cara memiliki pendapatan pada suatu bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.