Cara Belanja di Alibaba Indonesia Mudah

Cara Belanja di Alibaba Indonesia Mudah & Bisa Pakai Rupiah

Cara belanja di Alibaba Indonesia, ternyata tidak sesulit yang dikira, dan hampir sama seperti cara belanja di berbagai marketplace lokal Indonesia. 

Buat kamu yang belum tahu apa itu Alibaba, yuk, simak informasinya di sini. Sama seperti Amazon atau e-Bay, Alibaba merupakan salah satu e-commerce raksasa, yang berpusat di China, namun sudah memiliki banyak customer, bahkan dari seluruh dunia. 

Meski begitu, keberadaan perusahaan raksasa ini, ternyata masih belum banyak diketahui oleh beberapa kalangan. Sehingga, masih banyak juga yang belum paham bagaimana cara belanja di Alibaba Indonesia, terutama soal proses pembayarannya.

Hal tersebut dikarenakan Alibaba masuk ke jenis marketplace barang impor atau toko online khusus barang dari luar negeri. Sehingga, ada perbedaan mata uang hingga pajak bea cukai, tidak seperti marketplace di Indonesia yang tersedia pembayaran dengan rupiah. 

Tapi jangan khawatir, karena cara belanja di Alibaba Indonesia, kamu juga bisa belanja pakai rupiah. Sambil mengenal Alibaba, yuk ketahui dulu hal-hal apa saja, yang harus dipahami, sebelum belanja di Alibaba. 

Hal-hal yang Harus Dipahami Sebelum Belanja di Alibaba

Kebanyakan Penjual Menjual Barang Skala Besar

Hal yang harus dipahami sebelum memulai cara belanja di Alibaba Indonesia yang pertama adalah ketahui bahwa penjualan barang di Alibaba, biasanya kebanyakan penjual-penjual berskala besar.

Sehingga, para penjual tersebut biasanya hanya menyediakan produk berkuantitas besar, atau tidak biasa melayani pembelian barang satuan atau eceran. 

Selain itu, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa kebanyakan penjual di Alibaba berasal dari China. Jadi, jika kamu ingin beli produk impor satuan, disarankan untuk beralih ke Aliexpress.

Tidak Sediakan Order di Website Secara Langsung

Berbeda di proses order, cara belanja di Alibaba Indonesia memang tidak menyediakan layanan order di website langsung. 

Sehingga, untuk proses order atau transaksi, pembeli harus lebih dahulu menghubungi si penjual, melalui fitur chat atau bahkan langsung telepon.

Di sini, mungkin kamu harus bisa sedikit menguasai bahasa asing, agar komunikasi kamu dan penjual di Alibaba, bisa lancar dan transparan. 

Bisa Melakukan Pembayaran Pakai Kartu Kredit hingga Transfer Bank International

Untuk soal pembayaran, cara belanja di Alibaba Indonesia, hampir sama dengan marketplace di Indonesia. Yakni bisa melalui kartu kredit, transfer bank, Western Union, atau PayPal. 

Nah, sudah mengenal dan memahami marketplace raksasa Alibaba ini? Jika sudah, yuk langsung saja, intip informasi utama terkait cara belanja di Alibaba Indonesia. 

Cara Belanja di Alibaba Indonesia

1. Membuat Akun Alibaba

Membuat akun belanja di alibaba

Cara belanja di Alibaba Indonesia yang pertama adalah pastinya dengan mengunjungi situs resminya terlebih dahulu. 

Untuk mengakses situs tersebut, kamu bisa buka melalui PC, laptop, maupun smartphone. Setelah buka, kamu bisa langsung buat akun baru, atau login dengan akun yang sudah kamu miliki. Begini langkah-langkahnya:

– Masuk ke situs alibaba.com.

– Pilih menu ‘join free’

– Isi informasi data diri, secara lengkap, lalu klik agree and register.

– Selanjutnya, masukkan ‘kode verifikasi’ pada kolom yang tersedia, lalu klik submit.

– Selesai, dan akun Alibaba akmu, sudah bisa digunakan.

2. Cari Produk yang Ingin Dibeli

Mencari produk belanja di alibaba

Ada beberapa cara untuk mencari dan memilih produk yang diinginkan, yakni melalui:

  • Menu Category: Pilih menu categories, lalu pilih produk sesuai yang kamu inginkan. Misalnya, pilih menu categories gadget, untuk mencari produk seperti smartphone, tab, hingga monitor. 
  • Menu My Market: Kamu bisa cari barang dengan pilih menu My Market di halaman depan website Alibaba.
  • Search Box: Cara cari barang juga bisa menggunakan Search Box, di mana kamu bisa tulis barang apa yang diinginkan di kolom search box. Maka semua jenis barang terkait akan muncul. 

Dalam mencari barang, disarankan jangan terburu-buru, karena kamu bisa membandingkannya terlebih dulu, dengan barang lain atau penjual lainnya. Tidak hanya soal kualitas atau merk, bandingkan juga soal harga, detail barang, hingga ulasan atau review, dari konsumen lain terkait barang tersebut.

3. Membuat Kesepakatan dengan Supplier & Hindari Penjual yang Tidak Pakai Email Bisnis

Membuat kesepakatan supplier belanja di alibaba

Teknik dan cara belanja di Alibaba Indonesia selanjutnya, adalah membuat kesepakatan, setelah menentukan barang atau produk yang diinginkan.

Kesepatakan bisa dilakukan dengan kontak atau mengirim pesan secara langsung ke supplier, pada kolom di bawah produk. 

Seperti menanyakan ketersediaan barang, kamu bisa juga tanyakan hal yang berkaitan dengan transaksi yang digunakan, hingga harga dan jasa pengiriman yang digunakan. 

Karena ini marketplace luar negeri, di sini kamu disarankan untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris atau Bahasa Mandarin.

Bahkan, komunikasi tersebut bisa dimanfaatkan juga untuk negosiasi dan membuat kesepakatan, sampai deal transaksi antara kedua belah pihak (penjual dan pembeli). 

Selain itu, kamu juga bisa cantumkan nomor kontak seperti WhatsApp, agar penjual atau supplier bisa langsung hubungi untuk transaksi di luar sistem Alibaba, secara personal.

Tidak hanya itu, hal penting berikut ini juga perlu diwaspadai, yakni cek akun bisnis penjual. Karena, meski Alibaba telah menjadi e-commerce internasional, tapi tetap masih ada penjual nakal yang berkeliaran di situs tersebut. Sehingga, jika tidak ingin terjebak, kamu bisa cek beberapa hal seperti ulasan dan jumlah barang yang telah dijual di toko tersebut. 

4. Pilih Metode Pengiriman Barang

Metode pengiriman barang belanja di alibaba

Cara belanja di Alibaba Indonesia selanjutnya adalah pilih metode pengiriman barang. Bagaimana kita bisa tau pilihan pengiriman barangnya? Seperti yang sudah dibahas, kamu bisa komunikasikan terkait hal pengiriman juga ke penjual. 

Untuk dapatkan pengiriman yang cocok dan murah, kamu juga bisa negosiasi dengan penjual tersebut. 

Selanjutnya, Alibaba sendiri menyediakan beberapa macam jasa ekspedisi untuk mengirim barang seperti DHL, Fedex, dan Express Mail Service (EMS). 

Baca Juga: Solusi Jasa Titip Korea Mudah dan Terpercaya

Nah, untuk pengiriman ke Indonesia, disarankan menggunakan jasa DHL atau EMS. Mengapa? Karena ekspedisi tersebut sudah banyak dipakai dan sudah terkenal di Indonesia cukup lama. Jika marketplace lokal mungkin biasa menggunakan JNE atau Sicepat.

5. Melakukan Proses Pembayaran

Proses pembayaran belanja di alibaba

Sudah bernegosiasi terkait jenis pengiriman barang beserta harga ongkos kirimnya, cara belanja di Alibaba berikutnya adalah melakukan pembayaran. Sebelumnya pastikan kamu dan penjual telah memiliki kesepakatan. 

Untuk detail metode pembayarannya sendiri, akan tercantum pada detail produknya. Ada banyak metode pembayaran yang disediakan oleh penjual di Alibaba. Bisa bayar pakai rupiah? Bisa!

Nah, jika kamu ingin membayarnya dengan rupiah, disarankan untuk melakukan pembayaran menggunakan Western Union. Pembayaran ini bisa dilakukan dengan bantuan kantor POS Indonesia, Indomaret, Alfamart, dan pegadaian.

6.Lakukan Konfirmasi dan Menunggu Pesanan Sampai Tujuan

Konfirmasi pesanan belanja di alibaba

Cara belanja di Alibaba Indonesia yang terakhir adalah lakukan konfirmasi dan menunggu pesanan kamu sampai di alamat tujuan. Dengan syarat, jika semua proses di atas sudah berhasil kamu lakukan. Sehingga, selanjutnya kamu hanya perlu melakukan konfirmasi. 

Setelah konfirmasi, kamu tinggal menunggu barang yang kamu pesan atau kamu beli di Alibaba, sampai ke alamat pengiriman yang dicantumkan. Meski begitu, jangan samakan waktu sampai barang, sama dengan belanja di marketplace Indonesia, karena jika kamu belanja barang impor, pastikan kamu memiliki sedikit kesabaran, karena memang waktunya akan lebih lama. 

Berapa lama estimasi barang sampai? Setidaknya, dibutuhkan waktu paling lambat selama dua minggu hingga dua bulan, hal tersebut tergantung dari jasa pengiriman juga yang sebelumnya kamu pilih. 

Bagaimana jika barang tak kunjung tiba? Hal tersebut biasanya terjadi karena beberapa faktor, seperti tertahan di bagian pajak atau bea cukai. Jika iya, maka yang harus kamu lakukan adalah mengurus pajaknya yang membuat barang itu tertahan.

Belanja di marketplace luar negeri memang memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri, terlebih buat kamu yang suka barang-barang impor, memang cocok untuk belanja melalui marketplace seperti Alibaba ini. Tapi, jika kamu bingung dengan segala prosesnya, terlebih tidak bisa dan mengerti dengan pajak bea cukai. 

Namun, jangan khawatir! Karena kamu bisa beli barang-barang impor keinginanmu tanpa harus mengurusi proses panjang tersebut, yakni dengan belanja melalui Titipbeliin.com. Di mana Titipbeliin.com ini, akan membantumu untuk bisa mendapatkan barang impor yang ada di berbagai marketplace seperti Amazon atau 1688. 

Kamu hanya tinggal copy link barang yang kamu inginkan, dan cari melalui situs Titipbeliin.com. Setelah itu, Titipbeliin.com akan mengakumulasi biaya-biaya yang harus kamu bayar. Barangnya pun, bisa langsung dikirimkan ke alamat kamu baik langsung dari penjual di luar negeri, atau melalui gudang Titipbeliin.com. 

Yuk, permudah proses belanja barang impor secara online, dengan jasa beli barang impor di Titipbeliin.com. 

Artikel Terkait

Anime Movie Terbaik Anti Mainstream

5 Anime Movie Terbaik Anti Mainstream

Film selalu jadi salah satu media terbaik untuk menenangkan diri, baik itu film live-action atau anime. Nah, jika kamu kehabisan rekomendasi bahan tontonan, maka kelima

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.