Alibaba.com Supplier Barang Online Termurah

Cara Belanja di Marketplace China Alibaba Buat Buka Usaha

Ada informasi penting, terkait cara belanja di marketplace China Alibaba. Karena, langkahnya agak berbeda daripada cara belanja di marketplace yang ada di Indonesia. Tapi, mengapa harus belanja di marketplace China Alibaba?

Ada beberapa alasan yang bisa membuat kamu wajib tahu cara belanja di marketplace China Alibaba. Alasan pertama adalah tentu soal harga, karena perbandingannya jauh lebih murah, dan alasan yang lainnya adalah terdapat berbagai jenis barang unik dan bermanfaat, bahkan hampir semua barang ada di marketplace China Alibaba.

Kamu bisa belanja di marketplace China Alibaba, untuk pemakaian sendiri, atau untuk dijual kembali seperti untuk usaha. Akan tetapi, jika kamu belanja untuk pemakaian sendiri, disarankan, tidak membeli dalam jumlah satuan. Minimal kamu membeli setengah lusin, agar tidak rugi di pembayaran ongkos kirimnya. 

Sehingga, jika kamu ingin belanja di marketplace China Alibaba, akan lebih baik jika kamu membeli dalam jumlah banyak. Kamu bisa ajak rekan, keluarga, atau tetangga untuk beli barang yang sama, agar ongkos kirim bisa dibayar bersama. 

Baca Juga: Cara Belanja di Alibaba Indonesia Mudah & Bisa Pakai Rupiah

Bahkan, kamu juga bisa memanfaatkan peluang ini, untuk membangun usaha barang impor dari China, dan menjualnya kembali di marketplace Indonesia, dengan harga berkali-kali lipat loh!

Bagaimana? Menarik bukan, bisa belanja sambil bangun usaha? Selain belanja sendiri dari marketplace luar negeri seperti Alibaba, belanja dengan bantuan layanan jasa titip barang impor seperti Titipbeliin.com, juga bisa membuat segala kegiatan belanja impor jadi makin mudah! 

Lantas, bagaimana kelengkapan cara belanja di marketplace China Alibaba dengan mudah? Tenang, meski ada beberapa perbedaan dengan marketplace di Indonesia, kamu juga bisa belanja di marketplace ini dengan mudah, menggunakan mata uang rupiah loh!

Yuk, simak informasi selengkapnya terkait cara belanja di marketplace China Alibaba, berikut ini:

Cara Belanja di Marketplace China Alibaba

1. Buat Akun Baru di Alibaba

Buat Akun di marketplace alibaba

Cara belanja di marketplace China Alibaba yang pertama adalah tentu membuat akun terlebih dahulu, agar kamu bisa masuk, berbelanja, bereksplorasi, hingga menggunakan fitur-fitur dan menunya.  

Bagaimana caranya? Sangat mudah! Cek langkah berikut ini:

  • Pertama klik tombol sign up 
  • Isi alamat email, selanjutnya secara otomatis Alibaba akan mengirimkan ke alamat email kamu, link konfirmasi. 
  • Buka email, lalu klik link konfirmasi
  • Setelah itu, kamu akan diantar ke halaman baru. 
  • Lengkapi data membership dengan benar, setelah itu, kamu akan diantar menuju halaman yang baru lagi. 
  • Itu artinya, pendaftaran akun Alibaba kamu, sudah berhasil

2. Cari Barang atau Produk yang Ingin Dibeli

Cari Barang di china alibaba

Cara belanja di marketplace China Alibaba, selanjutnya juga masih sama dengan cara belanja di marketplace pada umumnya, yakni mencari barang atau produk yang ingin dibeli, di kolom pencarian, atau cari sesuai kategori barang. 

Jika barang atau produk yang diinginkan sudah ketemu, langkah selanjutnya adalah melakukan negosiasi dengan supplier di marketplace Alibaba itu sendiri. Karena ini adalah marketplace luar negeri, maka sebisa mungkin kamu harus bisa bahasa Inggris. 

Di langkah ini, kamu disarankan untuk lebih hati-hati dalam bernegosiasi, mulai dari menanyakan detail transaksi, jumlah minimal pembelian barang, harga nett (pastinya), kualitas barang, pengiriman barang, biaya ongkos kirim, asuransi, dan lain-lain.

Di marketplace Alibaba, kamu bisa melakukan negosiasi tersebut, melalui  telepon, whatsapp, email, dan sebagainya.

Sama seperti di marketplace Indonesia, kamu juga perlu memilih seller yang memiliki reputasi baik, dan riwayat penjualan yang banyak, ketika belanja di Alibaba. 

Kamu juga bisa membedakan supplier yang bagus atau tidak, dari pelayanan yang diberikan. Karena, mereka memiliki pelayanan customer service yang baik.

3. Pilih Metode Pembayaran

Metode Pembayaran di china alibaba

Cara belanja di marketplace China Alibaba yang satu ini agak berbeda, ketika kamu belanja di marketplace Indonesia. Karena umumnya, marketplace luar negeri seperti Alibaba akan menyediakan metode pembayaran dengan kartu kredit. 

Tapi, tidak hanya dengan kartu kredit saja, di Alibaba kamu juga bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan Western Union, PayPal, Alibaba Secure Payment dan lain sebagainya. 

Dengan begitu, kamu bisa melakukan pembayaran ketika belanja di marketplace China Alibaba, menggunakan mata uang rupiah, yakni pakai western union. 

Namun, jika kamu ingin pembayaran lebih aman, maka kamu bisa  yang bilang, menggunakan PayPal sebagai metode pembayarannya. Sebab, PayPal memiliki, program buyer protection, yang bisa melindungi kamu dari hal yang merugikan ketika sedang bertransaksi. 

4. Melakukan Pembayaran dan Verifikasi

Verifikasi pembayaran di china alibaba

Jika kami dan pihak seller sudah sepakat akan barang hingga harga yang pas, maka setelah itu seller akan kirimkan invoice ke alamat email kamu. Bagaimana jika tidak dikirimkan?  Di sini kamu bisa minta langsung ke supplier untuk mengirimkan invoicenya. 

Jika sudah terima invoice, maka kamu bisa langsung  melakukan pembayaran. Jika kamu adalah pelanggan pemula, mungkin akan sedikit kesulitan karena ada istilah New Account Verification.

Baca Juga: Produk Luar Negeri yang Akan Masuk Indonesia

Nah,  alternatif-nya jika kamu merasa awam dengan proses dan cara belanja di marketplace China Alibaba dan lainnya ini, kamu bisa gunakan layanan jasa titip beli barang impor, salah satunya dari Titipbeliin.com. 

Namun sebelum itu, yuk ketahui informasi penting terkait pembelian barang luar negeri atau impor, baik dari marketplace atau layanan jastip luar negeri. 

Hal-hal Penting Ketika Belanja Barang Impor

  • Tidak semua bisa diorder, sehingga kamu harus mengetahui bahwa tidak semua barang bisa dibeli atau impor. Barang seperti apa yang tidak bisa dibeli? Nah di sini kamu bisa cek informasi lengkapnya ini di website bea cukai. Namun, jika kamu coba belanja di Alibaba, maka kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan penyedia jasa.
  • Sekecil apapun barangnya, barang impor yang dibeli atau yang masuk dari luar negeri ke Indonesia, maka akan melalui pengecekan bea cukai.
  • Harga tertera atau yang sudah kamu bayar kepada supplier seperti di Alibaba , belum termasuk pajak bea cukai dan biaya lainnya (sesuai ketentuan undang-undang). Karena, terdapat tarif lainnya, yakni berupa PPN, PPH, Bea Masuk, atau Pajak Barang Mewah (hanya untuk barang tertentu). Akan tetapi, jika kamu menggunakan layanan jasa titip barang impor online seperti Titipbeliin.com, kamu tidak perlu repot memikirkan hal tersebut lagi. Karena penyedia layanan jasa belanja barang impor online, akan membantumu, mengatur, hingga  menghitung semuanya.
  • Tidak secepat belanja di marketplace Indonesia. Belanja di marketplace luar negeri, barang yang kamu beli akan membutuhkan waktu yang cukup lama hingga sampai ke tujuan. Jika ingin lebih cepat sampai, maka pilih penyedia jasa kirim yang sesuai, seperti melalui pengiriman udara. Namun tentu saja harga ongkos kirimnya lebih mahal. 
  • Cek terlebih dahulu barang impor yang akan dibeli sedetail mungkin, mulai dari spesifikasi, kualitas, garansi, dan lain-lain. Sehingga, kamu tidak kecewa, ketika barang sudah sampai, dan akan beruntung jika barang yang datang sesuai dengan harapan. 

Yuk, cek dan cari barang yang kamu inginkan dari berbagai marketplace luar negeri terbaik, lalu beli menggunakan layanan jasa impor barang online dari Titipbeliin.com. Dengan Titipbeliin.com, kamu bisa beli barang impor baik untuk pribadi dan untuk dijadikan usaha, tanpa repot mengurus segala biaya-biayanya. 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.