Cara Beli Barang di Ebay

Cara Beli Barang di Ebay Mudah dan Lengkap Untuk Pelanggan Indonesia

Penasaran dengan cara beli barang di Ebay? Ternyata, caranya tidak sesulit yang dikira! Karena kamu, khususnya para pelanggan pemula yang tinggal di Indonesia, bisa belanja produk idaman di Ebay, dengan mudah dan pastinya aman.

eBay sendiri merupakan suatu marketplace asal Amerika Serikat bersifat global, di mana platform ini juga menjadi tempat bertemunya jutaan penjual dan pembeli dari seluruh dunia.

eBay Salah Satu Marketplace Terbesar di Dunia

Seperti yang dilansir dari laman ebaysellercentre.com, eBay memiliki 5000 kategori produk dan lebih dari 1 miliar produk yang ditawarkan kepada pelanggan lokal dan mancanegara. Bahkan, eBay menjadi salah satu marketplace lintas negara terbesar dan unik layaknya seperti Amazon.

Baca Juga: Cara Mengirim Paket dari London ke Indonesia, Terlengkap!

Di marketplace tersebut, kamu bisa menemukan produk keluaran terbaru dari berbagai merek, barang koleksi yang limited, barang unik yang multifungsi, hingga barang lainnya, yang mungkin tidak pernah kamu bayangkan.

Untuk cara beli barang di Ebay, terdapat dua metode pembelian, yakni Buy It Now (BIN) dan Auction (lelang). Apa bedanya? Metode pembelian BIN, adalah di mana buyer bisa membeli dan membayar suatu barang belanjaan, secara langsung.

Sementara untuk metode Auction, pihak buyer dapat melakukan penawaran harga terlebih dahulu pada barang yang dijualnya, dengan sistem lelang. Untuk waktu pelelangannya sendiri, biasanya berlangsung selama 3, 7, atau 10 hari.

Bisa Beli Barang di Ebay Tanpa Buat Akun

Biasanya, ketika ingin belanja online di sebuah marketplace, kita pasti akan disuruh untuk membuat akun, begitupun di eBay. Kamu harus membuat akun atau registrasi terlebih dahulu, untuk memulai aktivitas berbelanja.

Baca Juga: Harga iPhone SE 3 2022 Mulai Rp7 Juta Siap Rilis!

Namun, ternyata kamu juga bisa berbelanja tanpa harus membuat akun (buy as a guest), dengan syarat produk yang kamu beli harganya kurang dari $5000. Selain itu, metode pembayaran juga ditawarkan dengan metode BIN.

Cara Beli Barang di Ebay

Beli Barang di Ebay

1. Kunjungi Situs atau Aplikasi eBay

Cara beli barang di eBay yang pertama harus kamu lakukan adalah tentu mengunjungi situs resmi eBay (www.ebay.com) atau bisa juga melalui aplikasi eBay. Aplikasi bisa kamu download di Google Playstore maupun di App Store.

2. Membuat Akun eBay

Cara beli barang di eBay selanjutnya adalah membuat atau mendaftar akun. Hal tersebut dilakukan, agar kamu bisa memulai transaksi, maka harus memiliki akun pribadi di eBay. Begini langkah-langkahnya:

  • Klik “Register” di pojok kiri atas, nanti akan muncul halaman pendaftaran akun.
  • Tulis Nama, Email, dan buat Password baru, lalu klik “Create Account”
  • Setelah itu, maka akan kembali lagi ke halaman utama eBay, namun di pojok kiri atas, nama kamu sudah tertera. Selanjutnya, kamu bisa langsung klik “Account Setting”.
  • Account Setting ini wajib diisi karena mengandung data pribadi pemilik akun, seperti alamat utama, yang akan digunakan untuk informasi pengiriman barang.
  • Untuk di bagian “Registration Andreas, email dan phone Numbers”, kamu bisa klik “Edit” untuk mengubah data, dan kamu akan masuk ke halaman baru.
  • Di kolom yang tersedia di halaman ini, kamu bisa isi Alamat Lengkap, Kota, provinsi, Kode Pos, dan Nomor HP. Setelah terisi lengkap, klik “Continue” dan akun pun sudah bisa digunakan untuk berbelanja.

3. Cari dan Pilih Produk 

Cara beli barang di Ebay selanjutnya setelah akun kamu aktif, adalah mencari dan pilih produk yang ingin kamu beli, di eBay. Begini caranya:

  • Kunjungi website eBay dan login, lalu langsung cari produk di kolom pencarian barang, dengan ketik keyword, yang diinginkan. Misalnya kamu mau beli air fryer, maka ketik “airfryer”, lalu klik “search”.
  • Kamu bisa mencari produk yang diingin dari kategori yang tersedia, dengan klik pilihan kategori yang diinginkan. Misalnya kamu mau cari oven, maka kamu bisa klik kategori “electronic” atau, jika kamu mau cari sepatu atau baju, bisa klik all category dan pilih “Clothing, Shoes, & Accessories”.
  • Jika sudah menemukan produk yang diinginkan, bisa klik ‘Buy It Now” jika ingin langsung bayar atau “Add to Chart” untuk melakukan pencarian kembali.
  • Jika kamu pilih “Buy It Now” akan muncul dua pilihan yakni “sign in to check out” atau “check out as guest”.
  • Kamu bisa pilih “Check Out as Guest” dan membayar langsung tanpa buat akun dengan syarat harga barang kurang dari $5000.

4. Siapkan Alat Pembayaran dan Ketahui Metodenya di eBay

Jika sudah klik check out, berarti kamu sudah siap untuk melakukan pembayaran. Tapi, sebelum membayar, ketahui dan siapkan dulu metode dan alat pembayarannya. Pastikan kamu memiliki alat pembayaran yang tertera.

Cara beli barang di eBay, terutama soal pembayaran ini memang agak berbeda dengan cara bayar di marketplace lokal. Alasannya, tentu saja karena eBay bukan situs belanja lokal, sehingga kamu memang diwajibkan untuk memiliki kartu kredit atau rekening digital luar negeri seperti Moneybookers, PayPal dan yang lainnya.

Terlebih, metode pembayaran utama di eBay adalah PayPal, yang satu anak perusahaan dengan eBay. Sehingga PayPal menjadi sebuah sistem pembayaran elektronik untuk belanja dari luar negeri, dengan keamanan transaksinya yang terjamin, ketimbang menggunakan kartu kredit.

5. Lakukan Pembayaran

Seperti yang diketahui, bahwa cara beli barang di eBay tersedia beberapa cara belanja dan metode pembayaran. Namun, yang paling sering dilakukan adalah Buy It Now, di mana cara ini dipilih jika kamu benar-benar sudah fix dengan harga (harga barang, ongkos kirim, dan pajak) tersebut dan kamu tinggal membelinya.

  • Ketika kamu sudah memilih “Buy It Now”, selanjutnya kamu akan masuk ke halaman checkout, kamu akan dihadapkan dengan 3 pilihan metode pembayaran (PayPal, Kartu Kredit or Debit, PayPal Credit).

Bayar Pakai Kartu Kredit: 

  • Jika kamu pilih membayar dengan Kartu Kredit, begini caranya:
  • Ketik semua informasi terkait Kartu Kredit milikmu, seperti Nomor Kartu kredit, Tanggal Expire, Security Code, dan Nama yang tertera dalam kartu, lalu klik “DONE”.
  • Selanjutnya klik “Confirm and Pay”, selesai!

Bayar Pakai PayPal:

  • Jika kamu ingin membayar pakai PayPal, kamu bisa langsung klik PayPal, lalu nanti akan muncul layar untuk isi email dan password PayPal kamu.
  • Setelah sudah kamu isi, bisa klik “log in” dan halaman eBay check out akan muncul.
  • Jika nominal sudah sesuai, kamu bisa langsung klik “Confirm and Pay”, dan selesai!
  • Nanti kamu akan mendapatkan email konfirmasi dari pembelian barang di eBay.
  • Tidak hanya konfirmasi pembayaran dari PayPal, di email kamu juga akan muncul notifikasi terkait status barang setelah dikirim seller. Bagaimana caranya?
  • Kamu bisa lihat status barang “Purchase History”, dengan cara klik “My eBay” di pojok kanan atas, dan pilih “Purchase History”. Maka halaman riwayat orderan akan muncul.
  • Jika barangnya sudah dikirim seller, maka kamu akan menemukan tanda “paket” pada orderan tersebut. 
  • Bahkan, jika metode pengiriman menyertakan tracking Numbers, akan lebih mudah mengeceknya.

Nah itu dia informasi terkait cara beli barang di eBay yang bisa kamu terapkan, di mana cara ini termasuk tutorial cara yang paling mudah, dan paling umum. Kurang lebih caranya memang sama dengan cara belanja di marketplace lokal.

Baca Juga: Cara Import Barang dari China Khusus Pemula, Terlengkap

Namun, beberapa perbedaan seperti metode pembayaran dan pengiriman, memang normal jika pelanggan pemula masih kurang paham. Karena, eBay merupakan marketplace internasional yang besar, dan letaknya jauh.

Maka tak heran jika estimasi ongkos kirimnya mahal, dan estimasi waktu kirimnya lama. Jadi, harus ekstra sabar, jika kamu memang ingin membeli produk di eBay.

Cara Beli Barang di eBay via Titipbeliin.com Lebih Mudah dan Praktis Loh!

Tapi, buat kamu yang masih kurang paham, belum lagi kamu tidak bisa bahasa asing, tidak punya kartu kredit, hingga tidak punya akun PayPal, jangan khawatir! Karena kamu tetap bisa beli barang di eBay, dengan cara yang jauh lebih mudah.

Serius, ada cara yang lebih mudah? Tentu saja! Karena kamu bisa belanja di eBay menggunakan layanan jasa titip, seperti Titipbeliin.com. Pasalnya, cara beli barang di eBay via Titipbeliin.com lebih mudah dan praktis.

Kamu bisa pilih metode pembayaran yang beragam, seperti transfer bank lokal Indonesia, virtual account, OVO, hingga bayar di Alfamart. Bahkan, kamu bisa bayar pakai rupiah juga.

Tidak hanya metode pembayaran, kamu juga bisa pilih jenis pengirimannya sendiri. Kamu bisa pilih, pengiriman via laut atau udara. Bahkan, kamu juga bisa hitung estimasi biaya pengiriman sendiri, agar kamu bisa mempertimbangkannya.

Bagaimana dengan biaya pajaknya? Cara beli barang di eBay via Titipbeliin.com juga akan mempermudahkan pelanggan, karena semua biaya transparan dan sudah include pajak. Jika kamu beli HP, maka Titipbeliin.com juga akan sekaligus urus IMEI-nya secara resmi.

Jika kamu masih bingung juga, tim Titipbeliin.com senantiasa juga akan membantu, sehingga kamu tidak akan kebingungan, sampai barang tiba di rumahmu.

Artikel Terkait

7 Model Baju Couple keluarga Modern Terbaik 2023

7 Model Baju Couple keluarga Modern Terbaik 2023

Untuk menghadiri acara tertentu, kamu pasti memerlukan model baju couple keluarga modern yang pas. Misalnya kamu ingin menghadiri acara wisuda, merayakan momen lebaran, Natal, menghadiri

Begini Cara Menghitung Harga Jual yang Benar

Begini Cara Menghitung Harga Jual yang Benar

Cara Menghitung Harga Jual – Supaya bisnis tetap bertumbuh, pebisnis wajib memiliki pendapatan dari bisnis yang mereka jalankan. Adapun cara memiliki pendapatan pada suatu bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.