Cara Bisnis Impor Modal Kecil

Cara Bisnis Impor Modal Kecil Cuannya Gokil!

Tidak sesulit yang dikira, cara bisnis impor modal kecil ternyata mudah, bahkan bisa dilakukan oleh para pebisnis pemula. Terlebih, di era globalisasi dan internet ini, membuat peluang bisnis impor, semakin terbuka lebar.

Maka dari itu, era ini juga sangat membangun semangat para pebisnis di seluruh dunia, untuk bisa saling bekerja sama, dalam bidang bisnis impor. Bahkan, perlu ditekankan lagi, bahwa bisnis impor ini, bisa dilakukan dengan modal kecil, karena memang kebutuhan dananya relatif tidak terlalu besar.

Jangan khawatir jika kamu masih ragu, karena pebisnis impor di Indonesia saat ini, sudah sangat banyak, dan mereka berhasil menguasai pasar usaha impor. Kamu bisa lihat di marketplace lokal, di mana ada banyak seller sukses dengan penjualan produk impor, yang selalu masuk dalam kategori produk best seller.

Kamu bisa mulai bisnis dan tanyakan apasaja di join group reseller kami lho. Banyak keuntungan yang akan kamu dapat! Cek disini ya!

Jika dilihat dari cara bisnis impor modal kecil yang dijalankan banyak pebisnis, mayoritas mereka mengambil produk-produk unggulan dengan harga murah dari China. Meski begitu, bukan tanpa alasan para pebisnis impor, memilih China sebagai negara tujuan untuk mencari supplier barang.

Baca Juga: Langkah Awal Jadi Pengusaha Impor dengan Supplier dari China

Sejak dulu, China sudah dikenal sebagai negara yang banyak dilirik oleh para pengusaha. Selain dilihat dari kualitas, alasan penting lainnya yang membuat produk China sering dipilih adalah harga yang relatif murah, sehingga peluang bisnis ini bisa disebut sebagai usaha yang menjanjikan.

Mengenal Bisnis Import

Namun sebelum itu, mari simak sekilas informasi terkait pengertian impor atau bisnis impor. Terlebih, buat para pebisnis pemula, pasti masih merasa asing dengan berbagai istilah impor hingga alur dari bisnis cuan ini.

Nah, jika dilihat berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2021, impor merupakan kegiatan memasukkan barang ke dalam daerah pabean.

Baca Juga: Harus Tau! Istilah Umum Untuk Para Importir

Sehingga, jika disimpulkan impor adalah segala proses pemasukan, baik barang maupun jasa, dari luar negeri ke dalam negeri. Mengapa harus beli produk di luar negeri? Memang di dalam negeri tidak ada? Nah, biasanya negara atau pengusaha yang melakukan pembelian impor, dikarenakan memang barang yang diinginkan tidak bisa diproduksi di dalam negeri.

Jadi, kegiatan impor tidak hanya dilakukan untuk membeli barang jadi saja atau siap jual. Adapun, jenis barang dari impor yang bisa kamu beli, bisa berbagai macam diantaranya adalah barang konsumsi, bahan baku, barang modal, dan juga bahan penolong.

Manfaat Melakukan Kegiatan Impor

Tidak hanya alasan di atas saja, yang membuat kegiatan impor ini sangat membantu para pengusaha di seluruh dunia. Ada beberapa manfaat lainnya dari kegiatan impor, yang tentunya sangat membantu para importir.

  • Manfaat pertama dari kegiatan impor adalah agar masyarakat bisa mendapat barang dan/atau jasa yang tidak bisa dihasilkan di dalam negeri
  • Selanjutnya, masyarakat juga bisa dibantu untuk mendapat pasokan bahan baku, yang harganya lebih murah untuk industri dalam negeri
  • Dengan impor, para pengusaha bisa mendapat teknologi yang lebih modern, daripada barang yang diimpor
  • Berikutnya, kegiatan impor juga bisa membantu mengendalikan laju inflasi, hal tersebut dikarenakan barang import memiliki harga yang lebih murah
  • Terakhir, kegiatan impor juga bisa membuat negara menjadi lebih fokus dalam memproduksi barang dan/atau jasa tertentu yang diinginkan dengan lebih puas.

Peluang Bisnis Impor Modal Kecil

  • Kualitas Produk Tinggi
  • Mampu Memproduksi Produk dalam Jumlah Besar dalam Waktu yang Cepat
  • Memiliki Banyak Pilihan atau Varian Produk
  • Bisa Menduplikasi Suatu Produk yang Sudah Terkenal Sebelumnya dengan Versi Kamu

Cara Bisnis Impor Modal Kecil

Lantas, bagaimana cara bisnis impor modal kecil, yang bisa dilakukan, agar bisa menghasilkan cuan yang menjanjikan? Meski mudah, namun semua proses tidak bisa didapatkan dengan instan begitu saja.

Adapun, kamu harus mengetahui berbagai rahasia hingga tips cara bisnis impor modal kecil, agar kamu tidak membuat banyak waktu, uang, dan tenaga.

Namun, ketika kamu sudah bertekad untuk memulai bisnis impor, kamu juga harus memiliki keyakinan yang besar dan jangan takut untuk mengambil segala risikonya.

Nah, daripada bingung harus mulai dari mana, langsung saja simak cara bisnis impor modal kecil berikut ini:

Lakukan Riset Produk & Pasar

Riset Produk Bisnis

Cara bisnis impor modal kecil yang pertama dan menjadi langkah penting adalah melakukan riset produk dan target pasar. Sama seperti ketika ingin buka usaha lainnya, kamu harus tahu produk apa yang sedang hype atau sedang banyak dicari, serta siapa target pasar yang akan membeli produk tersebut.

Target bisa dilihat dari gender (perempuan atau laki-laki), usia, domisili, pekerjaan, dan lainnya. Bagaimana caranya? Tenang, kamu bisa melakukan berbagai riset atau survei dengan berbagai macam cara, salah satunya seperti menggunakan kuesioner.

Setelah kamu berhasil menentukan produknya, maka langkah selanjutnya kamu bisa ajukan pertanyaan kepada calon pelanggan, seputar kebutuhan mereka akan produk tersebut, dan apa alasan mereka membutuhkan produk tersebut.

Tapi, jangan khawatir karena kamu juga bisa menentukan produk dari hasil riset tersebut, dari kumpulan informasi hal-hal apa yang pelanggan butuhkan, dan lain sebagainya.

Riset dan Ketahui Harga Produk

Riset Harga Produk

Cara bisnis impor modal kecil selanjutnya adalah melakukan riset dan mengetahui harganya. Jadi, tidak hanya produknya saja yang harus kamu cari tahu, melainkan harganya juga perlu kamu ketahui.

Terlebih, produk impor memiliki perbandingan harga yang berbeda dengan harga pasaran di Indonesia. Sehingga, kamu harus ketahui harga produknya berapa, ditambah ongkos kirim, atau biaya lainnya.

Pasalnya, kamu juga perlu hati-hati terkait biaya, karena proses pembelian barang kamu adalah melalui internet, apalagi jika dalam skala besar. Perhatikan juga biaya pajaknya, pastikan produk akan aman ketika masuk Indonesia.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa pembelian barang impor melalui internet, akan dikenakan biaya 60% dari total nilai pengiriman (produk dan pengiriman). Tidak hanya itu, di beberapa negara ICMS juga masih ditambahkan di atas nilai ini.

Jika mau terhindar dari pajak, maka pilihlah produk yang memang bebas pajak, atau pajaknya rendah, agar kamu bisa hemat dan untung banyak.

Mengetahui Pemasok atau Vendor

Pemasok atau Vendor

Karena beli dari negara lain, cara bisnis impor modal kecil juga perlu mencari supplier kepercayaan. Nah di sini kamu harus mengetahui pemasok atau vendor yang memang tepat dan terbaik untuk kebutuhan bisnis kamu.

Cara mudahnya, kamu bisa cari semua informasi terkait supplier terbaik dari berbagai marketplace China, buat listnya, lihat reviewnya, cek keamanannya, lalu lakukan evaluasi profil toko online, bandingkan harga, cek metode pengirimannya, dan lain sebagainya.

Ketika kamu sudah yakin atas pilihan supplier yang kamu incar, kamu bisa hubungi melalui aplikasi chat dan lakukan negosiasi. Setelah deal, kamu bisa urus segala proses pemesanan, pembayaran, hingga pengirimannya.

Urus Transportasi Kargo

Transportasi Kargo Bisnis

Bicara tentang pengiriman, apa kamu sudah tahu akan melakukan pengiriman via apa? Jika tidak, maka cara bisnis impor modal kecil ini wajib kamu ketahui. Nah, karena tujuanmu adalah berbisnis, maka pilih metode pengiriman yang memiliki tarif paling rendah.

Dari banyak metode yang ditawarkan, seperti via darat, laut dan udara, kamu bisa pilih jenis pengiriman via laut, karena memiliki tarif yang lebih murah, meski estimasi waktu sampainya agak lama.

Jika sudah memilih, kamu juga siapkan beberapa daftar biaya yang terkait dengan pengiriman barang. Misalnya biaya kontainer, pengemasan barang, penanganan terminal, hingga biaya broker.

Pilih Mitra Pengiriman Barang yang Terbaik

Mitra Pengiriman Barang

Masih berhubungan dengan transportasi pengiriman, di mana logistik adalah salah satu aspek bisnis modern yang sangat dihargai. Di salah satu cara bisnis impor modal kecil ini kamu juga butuh biaya pengiriman mencakup biaya langsung, dan tidak langsung untuk mengangkut produk dari titik asal mereka ke pasar tujuan.

Disarankan untuk pilih penyedia logistik terbaik, agar proses pengiriman lancar. Namun, jika salah pilih, maka biaya pengiriman bisa terjadi pemborosan, di mana pasak lebih besar daripada tiang.

Jika kamu bingung untuk urus pengiriman yang ribet, belum lagi harus memiliki ID atau alamat luar negeri sendiri, kamu bisa gunakan layanan jasa pengiriman luar negeri. Memang ada? Ada kok!

Gunakan Jasa Titipbeliin.com atau Titipkirimin untuk Proses Impor yang Mudah

Kamu bisa gunakan jasa Titipkirimin.com, untuk urus semua proses pengirimannya. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika tidak punya ID atau alamat luar negeri. Atau jika kamu mau menggunakan layanan sekaligus dari awal proses pemesanan barang, urus biaya pajak, hingga pengiriman, bisa menggunakan layanan jasa Titipbeliin.com.

Tidak perlu khawatir akan pemborosan, karena sistem pembayaran dan semua biayanya sangat transparan, Titipbeliin.com dan Titipkirimin.com juga merupakan jasa yang aman dan legal.

Dengan layanan tersebut, para pebisnis impor pemula bisa dengan mudah melakukan proses pembelian barang. Kamu bisa pilih produk dari rumah, pembayaran juga bisa pakai rupiah, dan barang akan diantar sampai ke alamat tujuan di Indonesia.

Buat kamu yang haus akan informasi terkait bisnis impor modal kecil, bisa juga join reseller bersama Titipbeliin.com, gratis! Kamu akan disuguhkan informasi terkait produk cuan terupdate dan lainnya. Klik menu Join Reseller di halaman utama situs kami, dan segera registrasi!

Artikel Terkait

7 Model Baju Couple keluarga Modern Terbaik 2023

7 Model Baju Couple keluarga Modern Terbaik 2023

Untuk menghadiri acara tertentu, kamu pasti memerlukan model baju couple keluarga modern yang pas. Misalnya kamu ingin menghadiri acara wisuda, merayakan momen lebaran, Natal, menghadiri

Begini Cara Menghitung Harga Jual yang Benar

Begini Cara Menghitung Harga Jual yang Benar

Cara Menghitung Harga Jual – Supaya bisnis tetap bertumbuh, pebisnis wajib memiliki pendapatan dari bisnis yang mereka jalankan. Adapun cara memiliki pendapatan pada suatu bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.