Cara Buka Toko di Shopee Seller dan Reseller

Cara Buka Toko di Shopee. Jadi Seller, Reseller, atau Dropshipper

Mau jualan di marketplace ternama seperti Shopee, tapi belum tahu cara buka toko di Shopee seperti apa dan bagaimana? Caranya mudah, bahkan kamu tidak hanya sekedar jualan produk sendiri, karena kamu juga bisa buka toko di Shopee untuk menjadi reseller, atau dropshipper. 

Tidak sulit untuk buka toko di Shopee untuk jadi seller, reseller, atau dropshipper. Bahkan, ada beberapa cara buka toko di Shopee yakni melalui Aplikasi Shopee dan Seller Center.   

Sebelum mengetahui informasi cara buka toko di Shopee, ketahui dulu yuk apa bedanya seller, reseller, dan dropshipper? Yuk, simak di sini:

Jual Produk Sendiri – Seller

Produk Sendiri di Shopee

Pertama ada jenis seller atau penjual yang menjual produknya sendiri. Sistem penjualan ini memang sudah sangat umum dilakukan, dan dengan menjual barang sendiri, tentunya kamu atau penjual sudah paham betul kelebihan bahkan kekurangan barang dagangannya ketimbang produk pesaing. 

Baca Juga: Yuk Kenali Bea & Cukai Dalam Impor

Penjual juga bisa mengetahui apa saja perbedaan produk yang mereka jual dan pesaing jual. Selain itu, menjual produk sendiri juga lebih fleksibel, karena kamu bisa mengetahui kemampuan produksi barang, dan juga memiliki tim produk yang siap diandalkan. 

Kamu bisa jual produkmu sendiri di online, yakni dengan buka toko di Shopee. Atau jika tadinya kamu berjualan offline seperti di warung, ruko, atau mall, kamu juga bisa beralih untuk berjualan melalui online. 

Jadi Reseller

Jadi Reseller di Shopee

Buat yang sering belanja online, mungkin sudah tahu istilah reseller, di mana istilah tersebut bisa diartikan sebagai menjual produk milik orang lain dan bukan milikmu. Lalu bagaimana sistemnya? Jadi kamu bisa berjualan produk (biasanya dari supplier besar yang sudah punya nama, pasar, dan reputasi baik di mata pelanggan). 

Setelah itu, tugas kamu hanya tinggal menjualkan produk-produk tersebut, namun syaratnya kamu harus membeli terlebih dahulu, produk-produk mereka sejumlah minimum order.

Harga barang untuk reseller pastinya akan lebih murah, karena ada minimum order, dan agar para reseller bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan kembali tersebut. 

Nah, meski bukan barang sendiri, kamu juga bisa mengetahui cara buka toko di Shopee, karena kamu bisa menjual produk-produk dari supplier di akun Shopee-mu sendiri. 

Jadi Dropshipper

Jadi Dropshipper di Shopee

Jika reseller adalah sistem penjualan barang dari supplier, namun harus membelinya terlebih dahulu, tapi tidak dengan dropshipper. Di sini kamu tidak perlu membeli barang terlebih dahulu, atau tidak menyediakan stok. Karena tugas kamu hanya mencari pelanggan yang siap order barang dari pihak kedua (supplier) tersebut.

Nah, di Shopee juga kamu bisa jualan tanpa stok dengan sistem dropship. Alurnya, jika kamu sudah dapat konfirmasi pemesanan barang dari pelanggan, maka kamu bisa langsung mengirimkan data pesanan ke supplier. 

Setelah itu, kamu bisa dapat komisi penjual di Shopee dengan cara tersebut. Intinya, kamu bisa berbisnis, tanpa harus mengeluarkan modal. Hanya saja, kamu harus pintar berjualan, dan melakukan penawaran. 

Adapun kekurangannya, hanya saja kamu tidak bisa mengelola stok sendiri. Selain itu,  kualitas gambar produk biasanya kurang HD, karena bergantung pada supplier. Jika dibandingkan dengan reseller, keuntungan dropshipper tentu tidak sebesar reseller.

Nah, sudah tahu kan jenis-jenis penjual yang bisa kamu terapkan saat buka toko di Shopee? Jika kamu sudah tahu, akan buka toko untuk jual produk sendiri, jadi reseller atau dropshiper, maka kamu harus mengetahui cara buka toko di Shopee terlebih dahulu. 

Ada beberapa cara buka toko di Shopee, yakni bisa melalui aplikasi lewat laptop atau HP, dan juga melalui Seller Center. 

Cara Buka Toko Online di Shopee

Buka Toko Online di Shopee

Via Aplikasi Shopee

Cara buka toko di Shopee yang pertama adalah melalui aplikasi Shopee. Kamu bisa membuka dan download terlebih dahulu aplikasi Shopee, di laptop atau HP. 

  • Hal pertama, yang harus dilakukan tentu harus download aplikasi Shopee, di di Play Store atau App Store
  • Jika sudah masuk, langsung klik Daftar
  • Masukkan nomor HP yang aktif (pastikan tidak terdaftar di Shopee sebelumnya)
  • Masukan kode captcha
  • Masukan kode verifikasi lalu klik Daftar
  • Tunggu beberapa saat dan cek SMS, lalu masukkan kode verifikasi di kolom yang tersedia. Tap Lanjut
  • Kamu bisa masukkan username (sesuai brand toko) dan password. Konfirmasi password di bawahnya lalu tap Lanjut
  • Selesai

Via Seller Center

Cara buka toko di Shopee yang selanjutnya adalah dengan melalui seller center Shopee. Sama mudahnya dengan cara buka toko di Shopee melalui aplikasi, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka situs https://seller.shopee.co.id
  • Setelah halaman Shopee Seller Center tampil, silahkan log in dengan akun Shopee yang sebelumnya sudah dibuat
  • Caranya, masukkan username, email, atau nomor telepon.
  • Masukkan password, lalu klik login

Selanjutnya, layar akan menampilkan data pesanan, produk, promosi, keuangan, data toko lengkap, dengan pengingat jumlah pesanan, yang harus kamu layani. Bahkan, di laman tersebut kamu juga bisa membalas chat para pembeli. 

Baca Juga: Mengenal Shopee Seller Center, Fitur, dan Cara Daftar

Tidak hanya itu, buka toko di Shopee melalui Seller Center juga bisa menerapkan fitur-fitur seperti:

  • Fitur upload, edit, dan menghapus produk 
  • Melakukan pengaturan penjualan dan penghasilan toko layaknya di aplikasi Shopee 
  • Melakukan pengecekkan dan mengeksport penghasilan toko ke dalam bentuk file (excel) untuk mempermudah rekonsiliasi 
  • Mengatur jalannya toko, menambahkan deskripsi toko, bahkan hingga memberikan link video di toko kamu.

Selain itu, ada hal-hal penting lainnya juga, di mana hal ini bisa membantu meningkatkan penjualan, yakni dengan mengatur masa pengemasan (misalnya, untuk produk pre-order: mulai 7-15 hari kerja dan untuk produk non-pre-order: 2 hari kerja). 

Agar semakin dilirik, kamu juga gunakan fitur Iklan Shopee, di mana tujuannya agar produk bisa dilihat oleh lebih banyak Pengguna Shopee. 

Bagaimana, mudah bukan cara buka toko di Shopee? Terlebih, buat kamu yang memang hobi jualan, marketplace Shopee memang menjadi salah satu rekomendasi yang bagus. 

Terlepas dari besarnya, Shopee juga sangat populer di Indonesia, dan menjadi salah satu aplikasi belanja online yang banyak digunakan juga. Nah, buat kamu yang bingung mau jualan apa yang laku di Shopee, jangan khawatir. Karena produk-produk impor dari China, sering menjadi incaran para konsumen, khususnya ibu rumah tangga.   

Di mana kamu bisa dapatkan produk-produk China yang murah untuk bisa dijual kembali di Shopee? Nah, di Titipbeliin bisa menjadi salah satu cara terbaik, untuk beli barang impor, seperti dari China dengan harga murah. 

Sehingga, kamu bisa menjualnya lagi di Indonesia, dengan harga yang lebih tinggi. Di situlah kamu bisa mendapatkan keuntungan. Cara dan proses pembelian barang impor di Titipbeliin juga tergolong mudah, cepat, dan transparan. 

Karena, dari mulai proses order, bayar ongkos kirim, hingga pajak, semua akan diurus oleh pihak Titipbeliin. Yuk, coba peruntunganmu berbisnis barang impor China dari Titipbeliin, di toko Shopee milikmu!

Artikel Terkait

7 Model Baju Couple keluarga Modern Terbaik 2023

7 Model Baju Couple keluarga Modern Terbaik 2023

Untuk menghadiri acara tertentu, kamu pasti memerlukan model baju couple keluarga modern yang pas. Misalnya kamu ingin menghadiri acara wisuda, merayakan momen lebaran, Natal, menghadiri

Begini Cara Menghitung Harga Jual yang Benar

Begini Cara Menghitung Harga Jual yang Benar

Cara Menghitung Harga Jual – Supaya bisnis tetap bertumbuh, pebisnis wajib memiliki pendapatan dari bisnis yang mereka jalankan. Adapun cara memiliki pendapatan pada suatu bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.