7 Cara Cek Sepatu Adidas Asli agar Tidak Tertipu

7 Cara Cek Sepatu Adidas Asli agar Tidak Tertipu

Memakai barang branded seperti Adidas memang menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Sayangnya, banyak sekali produk tiruan beredar di pasaran yangbisa menimbulkan perasaan was-was bagi para pemburu produk original. Untuk itu, kamu perlu mempelajari cara cek sepatu Adidas asli agar kamu tidak salah beli.

Harga sepatu pabrikan Jerman tersebut memang fantastis. Sementara, produk KW-nya memiliki tingkat kemiripan yang nyaris tak bisa kamu bedakan, lo. Intip tips berikut ini, ya!

Baca Juga: 8 Jenis Sepatu Adidas Pria Pilihan Terbaik Dari Masa ke Masa

Cara Cek Sepatu Adidas Asli atau Palsu

Mengutip dari berbagai sumber, ini dia tujuh cara cek keaslian sepatu Adidas yang wajib kamu pahami sebelum membeli sepatu Adidas supaya Titipers gak buntung. 

1. Amati Tampilan dan Informasi Box

Barcode di Box Sepatu Adidas
Barcode di Box Sepatu Adidas | Sumber Gambar: berita.99.co

Sebelum check and re-check sepatu, sebaiknya kamu amati tampilan kotak sepatunya terlebih dahulu. Sebagian besar sepatu branded seperti Adidas menggunakan kotak yang sama berkualitasnya dengan produk di dalamnya. Kotak yang tampak buruk dan rusak bisa menjadi pertanda awal sepatu tersebut tidak original.

Merambah ke bagian informasi pada box, Titipers harus mengamati barcode kecil yang tertera di sana dengan teliti. Normalnya, barcode atau kode batang tidak buram atau pudar. 

Lalu, scan barcode tersebut menggunakan smartphone kamu. Nantinya, ada kode SKU (Stock Keeping Unit) yang menjelaskan detail produk dari situs resmi Adidas.

2. Cek Nomor Seri di Bagian Lidah Sepatu

Nomor Seri di Bawah Lidah Sepatu
Nomor Seri di Bawah Lidah Sepatu | Sumber Gambar: berita.99.co

Cara cek sepatu Adidas asli selanjutnya adalah melalui nomor seri di bagian dalam lidah sepatu (shoe tongue). Di situ, ada 12 digit angka unik dengan 3 digit terakhir yang justru berbeda pada bagian kanan dan kiri. Jadi, kalau nomornya sama persis, bisa jadi sepatu itu palsu, ya.

Sepatu Adidas memiliki ukuran yang unik, lo. Mereka tidak hanya memberikan ukuran standar Eropa (EUR) biasa, tapi ada tambahan ukuran ⅓ dan ⅔ juga. Misalnya, 37 ⅓ atau 40 ⅔. 

3. Rasakan Kualitas Material

Material Sepatu Adidas | Sumber Gambar: hoodmwr.com

Adidas sangat memperhatikan pemilihan material dengan mengembangkan teknologi yang berbeda-beda di setiap serinya. Tentu saja, Adidas KW tak mampu mengejar keunggulan ini.

Sepatu Adidas original pasti menggunakan material yang bisa kamu rasakan sendiri kualitasnya. Meterial terlihat kokoh, tapi nyaman bila kamu pakai. Tekstur materialnya tidak terlalu kasar ataupun lembut. Ketebalannya pun pas, tidak terlalu tipis ataupun tebal. Cara cek sepatu Adidas asli ini tergolong gampang-gampang susah, ya Titipers.

4. Amati Jahitan dan Sol Sepatu

Ilustrasi Jahitan dan Sol Sepatu Adidas Asli
Ilustrasi Jahitan dan Sol Sepatu Adidas Asli | Sumber Gambar: pexels.com

Brand ini juga terkenal dengan jahitan, pola, dan sol yang sangat rapi, kuat, dan presisi di setiap inci produk termasuk sepatunya. Jadi, melihat jahitan bukanlah suatu hal yang kuno untuk kamu lakukan. Titipers harus tetap memastikan jahitan sepatu yang ingin kamu beli berkualitas baik.

Produksi massal dengan pengrajin yang tidak seragam kemampuannya tentu membuat jahitan sepatu Adidas palsu terlihat buruk dan serampangan. Perbedaan ini cukup kentara, kok. Ada benang yang mengurai, menjuntai, atau menumpuk? Nah, itu dia perbendaan jelas antara jahitan di sepatu asli dan palsu.

Cara cek keaslian sepatu Adidas juga bisa kamu lihat dari kualitas sol. Sol di sepatu Adidas asli tampak kuat dan nyaman. Perekatannya pun bersih tanpa residu lem. Nah, kalau dari jarak beberapa senti saja sudah tercium bau lem yang menyengat, lebih baik jangan dibeli!

5. Cermati Logo dan Branding

Logo Adidas di Bagian Tumit
Logo Adidas di Bagian Tumit | Sumber Gambar: hoodmwr.com

Penggambaran logo dan penulisan merek termasuk cara cek sepatu Adidas asli atau palsu yang mudah. Soalnya, banyak produk KW yang menggunakan font dan nama merek yang sengaja ditulis seakan asli, padahal palsu. Kamu harus memperhatikan apakah ada ejaan atau gramatikal yang mencurigakan.

Bagaimana dengan Adidas made in China apakah asli atau palsu? Dalam rangka meningkatkan output, Adidas memindahkan hampir semua manufakturnya ke setiap negara di dunia sejak tahun 1994.

Jadi, label “Made in China”, “Made in Indonesia”, atau “Made in German” tidak lagi menjadi jaminan keaslian produk. Yang penting, kamu harus mengecek unsur-unsur yang sudah dijelaskan tadi sebelum memboyongnya pulang.

Kembali ke pembahasan logo dan branding, logo di sepatu Adidas asli terukir di beberapa sisinya. Di sisi lain, sepatu Adidas palsu cuma menggunakan stiker tempel yang mudah pudar.

6. Periksa Tali Cadangan dan Instruksi Pemeliharaan

Sepatu Adidas Bertali
Sepatu Adidas Bertali | Sumber Gambar: pexels.com

Beberapa jenis atau seri sepatu Adidas memiliki tali cadangan atau tali ekstra. Tali sepatu akan dikemas dengan baik, yaitu digulung dan dimasukkan ke dalam kantong plastik. Cara cek sepatu Adidas asli bisa kamu lakukan dengan mudah juga. 

Para produsen sepatu Adidas KW tidak mungkin memperhatikan hal mendetail ini. Mereka juga mempertimbangkan biaya produksi tambahan untuk memberikan tali sepatu tambahan.

Namun, Titipers harus memastikannya terlebih dahulu dengan mengecek kelengkapan produk setiap seri sepatu incaran kamu di situs web resmi atau video unboxing, karena tidak semua seri menyediakan tali cadangan.

Jika seri sepatu tanpa tali memberikan tali cadangan tentu akan jadi pertanyaan. 

Cara cek sepatu Adidas asli lainnya adalah dengan melihat apakah ada intruksi pemeliharaan di box-nya ataupun sepatunya secara langsung. Entah berupa simbol dengan keterangan pendek atau penjelasan singkat, produk asli pasti memiliki intruksi pemeliharaan produk.

7. Cek Harga Jual

Tampilan Website Adidas
Tampilan Website Adidas | Sumber Gambar: adidas.co.id

Lantaran menjadi salah satu barang branded di dunia, sepatu Adidas tentu memiliki harga jual yang relatif tinggi. Titipers patut curiga jika ada yang menjualnya dengan harga murah. Bisa saja sepatu tersebut barang ilegal atau palsu. Sebaiknya, jangan sepelekan poin ini, ya.

Jika kamu merasa tidak tahu menahu patokan harga sepatu Adidas karena baru pertama kali membeli, kamu bisa membuka situs web resmi mereka. Di sana banyak sekali informasi yang kamu butuhkan, seperti model, deskripsi produk, harga, dan promo yang sedang berjalan.

Baca Juga: Size Chart Sepatu Adidas Untuk Men, Women, Kids, & Baby Lengkap

Sudah Paham Tentang Cara Cek Sepatu Adidas Asli?

Dari tujuh cara cek sepatu Adidas asli di atas, mana yang paling sulit kamu lakukan? Kalau mencari barang ori terlalu sulit buat kamu, kamu bisa memanfaatkan jasa Titipbeliin

Sebagai perusahaan jasa titip legal pertama di Indonesia, Titipbeliin siap menjadi solusi mudah beli barang dari belahan dunia mana pun, seperti Amerika, China, dan Korea.

Titipers tidak perlu khawatir soal pembayaran, pengiriman, pajak, ataupun soal keaslian produk, karena semuanya sudah terjamin aman. Beli barang branded dan barang dari luar negeri jadi super duper gampang, deh. Titipers mau apa lagi? Yuk, mampir ke situs web Titipbeliin sekarang dan dapatkan penawaran menariknya!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.