Import Aksesoris Mobil

Cara Import Aksesoris Mobil dari USA, UK, dan China

Jika kamu seorang pecinta mobil, mungkin kamu juga memiliki keinginan untuk mempercantik dan memodifikasi penampilan mobil milikmu. Namun, terkadang menemukan aksesoris mobil yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan tidak selalu mudah di dalam negeri. Solusinya, kamu harus tahu cara import aksesoris mobil. 

Beberapa negara yang bisa menjadi tujuan import adalah USA, UK, dan China. Mengetahui seluk-beluk import akan sangat membantumu menghindari kesalahan ketika membeli aksesoris mobil import

Bila kamu belum pernah melakukan impor, jangan takut untuk belajar dan memulai. Berikut adalah cara melakukan import aksesoris mobil untuk kamu Titipers!

Cara Import Aksesoris Mobil

Import Aksesoris Mobil Langka

Sebelum melakukan impor dari berbagai negara, seperti USA, UK, China, dan lainnya akan lebih baik jika kamu mengetahui cara import aksesoris mobil yang juga kamu bisa terapkan untuk barang lainnya. Berikut adalah caranya berdasarkan indonesia.go.id:

1. Menentukan Harga dan Sistem Perdagangan

Hal terpenting yang harus Titipers tentukan ketika melakukan impor pada pemasok dari luar adalah sistem yang kamu gunakan untuk membayar dengan jumlah harga sesuai kesepakatan. 

Penentuan harga dan sistem tersebut bisa kamu pilih dengan mengacu pada beberapa istilah impor. Mulai dari FOB (Free on Board), CFR (Cost and Freight), DDP (Delivered Duty Paid), dan lainnya. Istilah tersebut menunjukkan kapan berakhirnya tanggung jawab biaya pemasok.

2. Menentukan Biaya dan Cara Pengiriman

Cara import aksesoris mobil dan barang lain selanjutnya adalah data yang akurat untuk mendapatkan biaya pengiriman yang tepat. Data akurat adalah tentang ketentuan perdagangan, dimensi, serta berat barang. Pemasok harus memberitahukan data tersebut kepada perusahaan pengangkutan atau forwarder

Setiap pembelian barang forwarder harus mengetahui kondisi dan alamat barang dengan jelas dan lengkap. Bahkan forwarder juga harus tahu tingkat kesulitan ketika melakukan pengambilan barang tersebut.

3. Menentukan Freight Forwarder

Ketika melakukan import barang jasa pengiriman atau freight forwarder, kamu wajib memilih jasa layanan yang profesional dan terpercaya. Jasa harus dapat membantu kamu mengurus segala kebutuhan, seperti persyaratan dokumen dan kepabeanan. 

Jasa pengiriman barang juga harus dapat membawa barang milik kamu sampai ke alamat tujuan dengan cepat dan efisien. Selain itu, masih terdapat banyak kebutuhan lain yang harus jasa pengiriman tangani. Hal itu meliputi negosiasi tarif angkut, kebutuhan logistik, asuransi, dan bea cukai.

4. Memilih Cara Pengiriman yang Menguntungkan

Saat mencari tahu mengenai cara import aksesoris mobil atau barang lainnya, Titipers pasti tetap ingin hemat. Karena itu, supaya biaya pengiriman lebih hemat, kamu harus memilih atau mengkombinasikan metode yang tepat. Terdapat tiga jalur pengiriman yang dapat kamu pilih.

Baca Juga: Cara Import Barang dari China Bagi Pemula

  • Pengiriman melalui jalur laut: Pengiriman ini ideal untuk barang besar atau massal. Biasanya barang-barang tersebut tidak membutuhkan proses pengiriman yang cepat.
  • Pengiriman melalui jalur udara: Pengiriman ini ideal untuk barang yang kebutuhannya mendesak dan dalam jumlah yang kecil.
  • Pengiriman melalui jalur darat: Pengiriman ini menggunakan truk, kereta api, atau kombinasi antara pengiriman laut dan udara.

5. Mengasuransikan Barang

Kamu sebaiknya mengasuransikan barang ketika melakukan import. Barang milikmu akan lebih aman karena mendapatkan perlindungan terhadap kebakaran, tenggelam, jatuh, badai, ledakan, dan barang yang rusak karena cuaca atau laut. 

Hal ini harus kamu sesuaikan dengan kesepakatan awal antara kamu dengan pihak pemasok yang biasanya tercantum dalam kontrak penjualan.

6. Memahami Aturan Kepabeanan

Titipers harus tahu batasan atau larangan import sebelum memulainya. Memastikan kemungkinan diperlukannya perlakuan khusus atau dokumen lain untuk barang-barang tertentu juga sangat penting. Informasi mengenai hal-hal tersebut bisa kamu dapatkan melalui freight forwarder atau bea cukai.

7. Menentukan Cara Bayar

Saat kamu sudah mendapatkan konfirmasi harga dan juga term perdagangan, selanjutnya kamu bisa melakukan pembayaran. Terdapat beberapa cara pembayaran yang bisa kamu pilih untuk pemasok luar negeri.

Baca Juga: Cara Beli Barang di Amazon Mudah untuk Pemula

Mulai dari metode Transfer Bank, Kartu Kredit, Wesel Inkaso, Letter of Credit (L/C), Pembayaran Kemudian (Open Account), atau Barter.

8. Mengatur Pengiriman

Cara import aksesoris mobil selanjutnya adalah mengurus pengiriman. Bila Titipers tidak melakukan import yang termasuk dengan biaya angkut, kamu harus menghubungi freight forwarder. Kamu bisa memberikan informasi mengenai alamat dari pemasok secara lengkap termasuk dokumen bukti pembelian.

Maka pihak forwarder akan memberikan instruksi pada perwakilannya di luar negeri untuk dapat mengatur pengiriman barang milikmu. Saat inilah kamu juga harus menghubungi pemasok supaya mereka menyerahkan barang pesanan kamu kepada perwakilan freight forwarder, sesuai dengan alamat dan nama kamu.

9. Melengkapi Dokumen

Selanjutnya, kamu akan mendapatkan beberapa dokumen yang berguna untuk pengurusan import agar barang sampai dengan selamat. Dokumen-dokumen tersebut meliputi bill of lading, commercial invoice, dan airway bill. Terdapat pula dokumen pendukung seperti packing list serta certificate of origin.

10. Mengurus Perizinan

Saat barang selesai dikirim dan dokumen telah diterima, Titipers harus mengurus bea masuk dan perizinan impor. Hal ini harus kamu lakukan sebelum barang sampai di tujuan. Kamu bisa menggunakan jasa atau mengurusnya secara mandiri. 

11. Membayar Bea Masuk dan Lainnya

Barang import membutuhkan perizinan dari bea cukai dan dikenakan bea masuk, cukai, pajak penghasilan, dan lainnya. Namun, ada beberapa barang yang tujuannya untuk hadiah, kebudayaan, kesejahteraan rohani, amal, atau sejenisnya tidak akan terkena bea.

12. Mengeluarkan Barang dari Kawasan Pabean 

Setelah semua kepengurusan selesai di pabean dan barang sudah bisa keluar, barang tersebut dapat segera kamu atau pihak jasa pengiriman ambil dan angkut ke tujuan atau alamat rumahmu yang tertera pada paket.

13. Menerima Barang dan Klaim Asuransi

Cara import aksesoris mobil yang terakhir adalah memeriksanya. Titipers harus teliti untuk melihat adanya kemungkinan kerusakan atau barang yang hilang. Kamu juga bisa mencatatnya secara jelas dan rinci. 

Selain itu, kamu bisa mengambil foto dan jangan sampai barang yang rusak terbuang sebelum diperiksa oleh pihak yang berwenang.

Jika terdapat barang yang hilang atau rusak, kamu harus segera menginformasikannya pada perusahaan asuransi dan freight forwarder. Dengan begitu, pihak freight forwarder dapat membantu untuk mengajukan klaim asuransi. 

Import Aksesoris Mobil Lebih Mudah Pakai Titipbeliin?

import aksesoris mobil amerika

Nah, informasi di atas adalah cara import aksesoris mobil yang bisa Titipers coba terapkan. Mendapatkan barang yang sesuai dan bisa mempercantik mobil pasti adalah kepuasan tersendiri.

Apalagi buat Titipers yang memiliki mobil dengan sparepart yang langka atau memiliki usaha bengkel. Jasa import kami siap untuk membantu Titipers mendapatkan barang dengan kualitas terbaik.

Kamu juga perlu lebih berhati-hati dalam memilih barang yang berkualitas. Titipers juga perlu memperhatikan jika ingin menggunakan jasa, legal atau tidaknya jasa tersebut adalah faktor penting yang harus kamu cari tahu.

Jasa import terbaik dan terpercaya yang bisa Titipers gunakan adalah titipbeliin. Titipbeliin adalah perusahaan yang dapat membantumu membeli barang import dari USA, UK, China dan banyak lagi secara legal. 

Kamu akan mendapatkan pelayanan profesional yang siap mengurus barang pesananmu sampai ke alamat tujuan dengan cepat, mudah, dan aman. Kamu bisa mengunjungi website resminya untuk informasi lebih lengkap!

Artikel Terkait

7 Model Baju Couple keluarga Modern Terbaik 2023

7 Model Baju Couple keluarga Modern Terbaik 2023

Untuk menghadiri acara tertentu, kamu pasti memerlukan model baju couple keluarga modern yang pas. Misalnya kamu ingin menghadiri acara wisuda, merayakan momen lebaran, Natal, menghadiri

Begini Cara Menghitung Harga Jual yang Benar

Begini Cara Menghitung Harga Jual yang Benar

Cara Menghitung Harga Jual – Supaya bisnis tetap bertumbuh, pebisnis wajib memiliki pendapatan dari bisnis yang mereka jalankan. Adapun cara memiliki pendapatan pada suatu bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.