Cara Jualan NFT di Binance

Cara Jualan NFT di Binance Marketplace Mudah dan Cuan!

Mau untung miliaran seperti Ghozali gara-gara NFT? Yuk, intip cara jualan NFT di Binance Marketplace dengan mudah, yang bisa kamu lakukan terlebih untuk para pemula. 

Pasalnya, ada banyak jenis karya NFT yang bisa kamu jual, dan kamu bisa lihat sendiri bagaimana platform tersebut bekerja, agar karyamu bisa terjual dengan nilai yang fantastis!

Namun, sebelum mulai dengan informasi cara jualan NFT di Binance, sebaiknya simak dulu apa itu NFT. Karena istilah tersebut juga baru viral, karena karya foto selfie unik dari Ghozali, yang laku miliaran rupiah. 

Apa Itu NFT?

Apa itu NFT

Mau jualan NFT tapi belum tahu NFT itu apa? Tenang, di sini kamu bisa simak pengertian NFT beserta apa dan perbedaannya dengan kripto. 

Jadi, dilansir dari laman cnbc NFT (Non-Fungible Token) merupakan aset digital berteknologi blockchain atau buku besar digital, yang juga mendukung uang kripto berupa ethereum, bitcoin dan aset kripto lainnya. 

Adapun dukungan dari berbagai uang digital tersebut, tujuannya adalah untuk merekam transaksi di dalamnya. Di mana, nantinya NFT akan mewakilkan barang atau karya yang memiliki nilai, menarik hingga unik, dengan nilai tukar yang tidak bisa diganti.

Namun, NFT berbeda dengan uang kripto, di mana NFT tidak bisa digunakan untuk pertukaran, melainkan hanya bisa digunakan untuk proses jual beli saja. NFT juga biasa dijadikan sebuah bukti kepemilikan atau aset digital, seseorang terhadap suatu karya.

Bisa Jadi Sarana untuk Para Seniman dan Media di Dunia Metaverse

Jadi, buat kamu yang kreatif atau hobi membuat karya seni, maka NFT bisa dijadikan sarana atau wadah untuk menampung hingga menjual hasil karya. Bahkan, di masa depan, NFT bisa diperjualbelikan atau dipamerkan melalui dunia virtual atau metaverse. 

Maka dari itu, NFT tentunya juga bisa mendukung para seniman seperti musisi, kreator, influencer, artis dan atlet, untuk menawarkan imbalan besar atas karya original yang sudah dibuatnya, kepada para investor. 

Nantinya, para investor akan memilih karya terunik dari para seniman tersebut, dan juga akan bersedia untuk membayar aset digital mereka.

Banyak Karya yang Bisa Dibuat Menjadi NFT

Apa saja hal yang bisa dijadikan sebagai aset NFT? Tentunya tidak hanya foto seperti yang dijual Ghozali, karena kamu bisa juga jual karya berupa foto, video, aset game, musik, dokumen dan lain-lainnya. 

Selain unik dan menarik apa yang membuat harga jual NFT tinggi? Apakah hanya sekadar unik dan menarik? Nah, hal tersebut ternyata bisa dilihat dari berbagai faktor subjektif juga, seperti kreativitas, kualitas aset hingga tingkat reputasi seniman.

Mengapa Harga NFT Mahal?

Hanya sebuah foto bisa dijual dengan harga miliaran? Seperti tidak masuk akal bukan? Tapi, mengapa harga-harga NFT bisa mahal dan ditawar dengan harga tinggi. 

Selain itu, karya seni berupa NFT ternyata juga memiliki waktu yang panjang dalam proses pembuatannya. Misalnya seperti video, GIF, gambar, musik dan aset game biasanya bisa membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. 

Mungkin penikmat hanya bisa menikmati hasilnya saja, tanpa tahu proses dibalik pembuatannya. Sehingga, proses pembuatan karya tersebutlah, yang menjadikan harga NFT sangat mahal.

Karya NFT Dijamin Keasliannya

Tidak hanya itu, karya yang sudah menjadi aset NFT juga sudah dienkripsi di blockchain, sehingga tidak bisa diduplikat. Maka dari itu, untuk masalah orisinalitas  aset digital NFT sangat terjamin keasliannya. 

Untuk menandakannya, karya seni yang terjual sebagai NFT akan mendapatkan kode unik. Tujuan dari kode tersebut adalah untuk melacak penerbit token, kreator dan pemilik terakhirnya. 

Jadi, NFT juga bisa dijadikan sebagai barang koleksi, karena tidak bisa digandakan, dan tidak semua orang bisa punya dari jenis karya yang sama. Bahkan, barang tersebut bisa dijadikan sebagai barang langka.

Nah, buat kamu yang mau coba jualan juga, NFT ini bisa dapat dibeli dan dijual secara online. Sistem ya, bisa melalui lelang atau metode harga tetap, dengan menggunakan cryptocurrency yang berbeda. 

Berapa Harga NFT Termahal Selain Milik Ghozali? 

Ghozali merupakan warga Indonesia yang sudah mendapatkan keuntungan dari menjual NFT sejak 5 tahun yang lalu, sekitar Rp1,3 miliar. Namun, ternyata ada NFT yang lebih mahal dari NFT milik Ghozali loh. Berikut Informasinya:

  • The Merge NFT: Menjadi NFT termahal di dunia dengan total aset mencapai 91,8 juta USD atau setara dengan Rp 1,3 triliun lebih.
  • Everydays: the First 5000 Days: The First 5000 Days adalah NFT termahal di dunia kedua, berupa kolase gambar dari 5 ribu karya seni Beeple, dan dilelang dengan harga 69,3 juta USD atau setara Rp 991 miliar.
  • HUMAN ONE: Masih merupakan karya Beeple atau Mike Winkleman (aset NFT potret bergerak yang menggambarkan manusia pertama di dunia metaverse) HUMAN ONE berhasil menjadi NFT termahal di dunia dengan harga 28,9 USD atau setara Rp 426 miliar.
  • CryptoPunk #7523: NFT termahal di dunia ini menjadi satu-satunya CryptoPunk Alien dan terjual dengan harga 11,75 USD atau setara Rp 168 miliar lebih.
  • CryptoPunk #3100: Masih satu family dari CryptoPunk, yang juga berhasil menjadi NFT termahal di dunia, dengan harga 7,8 juta USD atau setara dengan Rp 109 miliar.

Bagaimana? Tertarik untuk menjual NFT juga seperti Ghozali dan mendapatkan keuntungan hingga miliaran? 

Caranya mudah kok! Bahkan, kini siapapun bisa membuat karya, yang diubah menjadi token Non-Fungible (NFT) di Blockchain (prosesnya disebut pencetakan) dan kamu bisa jual di pasar pilihan. 

Nah, pasar atau platform Binance Smart Chain, bisa menjadi salah satu contoh pasar yang tersedia, untuk menjual karya NFT. Mau coba? Yuk intip cara jualan NFT di Binance berikut ini.

Cara Jualan NFT di Binance Marketplace 

Jika kita lihat hasil NFT milik Ghozali, mungkin tidak ada yang spesial. Tapi, siapa sangka bahwa NFT berupa foto selfienya itu, dibuat setiap hari selama 5 tahun non stop. Sehingga, ia menamakan proyek tersebut dengan nama Ghozali Everyday.

Nah, sama seperti Ghozali, kamu juga harus membuat file untuk menampung karya yang akan dibuat. Pilihan karya pun bebas, bisa berupa foto, gif, gambar, video file audio, atau bahkan model pencetakan 3D. 

Agar menarik perhatian para investor, buatlah karya semenarik mungkin agar proyek tersebut bisa sukses mendatangkan keuntungan. Selanjutnya, kamu bisa pilih platform atau pasar untuk menjual hasil karya tersebut di Binance, dan segera siapkan dompet digital mu, dengan menggunakan cara berikut ini. 

Perlu kamu ketahui, bahwa cara jualan NFT di Binance ini, bisa membantumu untuk mencetak karya, menjadi NFT. Bahkan, nantinya kamu juga bisa memilih sendiri, bentuk blockchain apa yang kamu inginkan, serta pasar yang kamu gunakan.

Cara Upload Hasil Karya di Binance NFT 

  • Pertama klik beranda pasar Binance NFT.
  • Sebelumnya registrasi terlebih dahulu di www.binance.com atau melalui aplikasi Binance. 
  • Setelah itu, ketuk tombol “buat” yang berada di pojok kanan atas halaman.
  • Lalu, kamu bisa langsung unggah karya berupa audio, gambar atau video pilihan kamu.
  • Sebelumnya, akan ada pilihan juga, terkait apakah karya akan dibuat seri “tunggal” atau “banyak”. Setelah itu, berikan token serta nama dan deskripsi yang tidak dapat dipertukarkan atau digantikan.
  • Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membayar biaya pencetakan, dan bisa langsung mengklik tombol “buat”.
  • Jika proses cetak sudah selesai, maka kamu akan menerima notifikasi “pencetakan selesai”, serta ID transaksi. Untuk hasil pencetakannya, akan menyusul.
  • Jika karya sudah dicetak sebagai NFT, maka kamu bisa klik tombol “daftar NFT” untuk membuka koleksi karya NFT kamu. Di dalamnya, terdapat kumpulan NFT kamu sendiri, bahkan NFT yang pernah kamu beli sebelumnya.
  • Tidak hanya itu, kamu juga bisa menukar atau mengimpor NFT dari dompet lain.
  • Selanjutnya, bahkan kamu bisa melihat pesanan penawaran kamu atau lelang yang sedang kamu ikuti, riwayat penjualan hingga riwayat pembelian kamu atau proyek NFT milikmu yang berhasil dibeli, di tab riwayat. 

Informasi Penting Ketika Jualan NFT di Binance

Perlu kamu ketahui, bahwa platform NFT di Binance menawarkan berbagai kategori NFT dengan besaran biaya transaksi 1% yang kan dibebankan.

Tidak hanya soal besaran biaya transaksi, hal terkait proses pencetakan juga penting, karena pencetakan akan dilakukan setelah kamu melakukan pembayaran. 

Ketika sudah dibayar, kamu juga tidak bisa kembali ke menu sebelumnya. Bahkan, deskripsi informasi yang sudah kamu tambahkan pada rantai Binance Smart, tidak dapat direvisi atau dihapus. Sehingga, jika ingin merevisinya, kamu harus memulai dari awal. 

Dengan proses yang mudah, platform rantai Binance Smart ini tentu sangat menguntungkan. Bahkan, hanya dengan waktu 5 menit, kamu sudah bisa siap untuk berdagang. 

Namun, tidak hanya di Binance Marketplace, hal-hal berikut ini juga perlu kamu pertimbangkan, sebelum melakukan transaksi di marketplace manapun, yakni sebagai berikut: 

  • Keminatan diri dan pengaruh terhadap platform yang kamu pilih untuk membeli atau menjual NFT.
  • Kondisi likuiditas serta volume pasar.
  • Pengetahuan, pemahaman hingga pengalaman umum tentang NFT atau marketplace yang dipilih.
  • Biaya transaksinya.

Apa Hubungan NFT Dengan Metaverse? 

Jika di awal tadi sempat membahas sedikit tentang metaverse, lantas apa hubungannya dengan NFT berupa karya seni ini? Tentu saja ada! 

Jadi di masa depan nanti, dunia virtual akan merebak. Sehingga, orang-orang bisa masuk ke dalam dunia tersebut, untuk melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari berbelanja, menonton acara, sekolah, hingga berkencan! 

Dilansir dari zenius.co.id, pendiri Facebook Mark Zuckerberg bahkan sampai mengubah nama Facebook ke Meta (yang maksudnya metaverse) untuk mewadahi kegiatan virtual tersebut di masa depan. 

Perlengkapan Penting Untuk Masuk ke Dunia Metaverse

Bagaimana cara kita bisa masuk ke dunia virtual tersebut, setidaknya untuk mengikuti kegiatan seperti ikut pameran NFT virtual atau jual beli NFT virtual? 

Nah, cara yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan berbagai alat penunjang dunia virtual, seperti VR (Virtual Reality) untuk bisa merasakan dunia nyata di sana. 

Tidak hanya VR, kamu juga memerlukan alat pendukung lainnya seperti headset VR, microfone, hingga komputer. Perlengkapan tersebut diperlukan, agar kamu bisa melakukan interaksi dengan mudah dan lebih nyata. Semua itu bisa kamu dapatkan dengan barang yang bagus & harga yang terjangkau dari China.

Baca Juga: Berapa Lama Pengiriman dari China ke Indonesia via Udara atau Laut?

Perlu kamu ketahui juga, bahwa ada banyak jenis dan merek VR yang bagus, terlebih untuk menunjang dunia metaverse yang lebih nyata. Kamu bisa membelinya di berbagai toko khusus produk-produk gadget terbaik, bahkan kamu juga bisa impor khusus merek VR tertentu.

Adapun merek-merek VR terbaik yang bisa kamu pilih diantaranya seperti Pimax, Oclus, Xiaomi, Sony Interactive Entertaiment, Samsung, hingga BlitzWolf. Semakin baik kualitas pixel dan lainnya, maka harganya juga semakin mahal. 

Beli VR Terbaik Secara Impor Via Titipbeliin.com

Di marketplace atau e-commerce luar negeri banyak menjual merek-merek VR dan alat pendukung virtual berkualitas lainnya. Tentu saja, semua produk tersebut original dan bisa jadi masih langka di Indonesia. 

Jadi, buat kamu yang sudah siap untuk masuk ke dunia metaverse, bisa beli alat-alat pendukung virtual tersebut secara impor. Biar proses pembeliannya mudah, kamu bisa beli melalui Titipbeliin.com, karena semua proses pemesanan, pembayaran, hingga pengirimannya, bisa dibantu sampai selesai oleh tim Titipbeliin.com.

Beli VR dan lainnya via Titipbeliin.com juga lebih menguntungkan, ketimbang kamu beli langsung dari marketplace atau e-commerce. Seperti harus punya akun PayPal, harus bayar pakai kartu kredit, dan lainnya. 

Karena kamu bisa menikmati berbagai fitur layanan Titipbeliin.com, seperti metode pembayaran yang beragam, bisa bayar pakai rupiah, biaya transparan, biaya sudah include pajak, dan sudah all in semua sampai pesanan tiba di rumah mu.

Artikel Terkait

7 Model Baju Couple keluarga Modern Terbaik 2023

7 Model Baju Couple keluarga Modern Terbaik 2023

Untuk menghadiri acara tertentu, kamu pasti memerlukan model baju couple keluarga modern yang pas. Misalnya kamu ingin menghadiri acara wisuda, merayakan momen lebaran, Natal, menghadiri

Begini Cara Menghitung Harga Jual yang Benar

Begini Cara Menghitung Harga Jual yang Benar

Cara Menghitung Harga Jual – Supaya bisnis tetap bertumbuh, pebisnis wajib memiliki pendapatan dari bisnis yang mereka jalankan. Adapun cara memiliki pendapatan pada suatu bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.