Cara Riset Barang yang Akan Trend

Cara Riset Barang yang Akan Trend di Indonesia, Terlengkap!

Menemukan produk yang cocok adalah langkah pertama, menuju kesuksesan saat berjualan di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, ataupun Lazada. Namun, menemukan produk yang akan menjadi trend atau memprediksi produk, yang akan laris di pasar Indonesia, merupakan salah satu problem terbesar.

Tapi, kenapa di sini Mintips lebih menekankan untuk mencari produk “yang akan” menjadi trend, dan bukan yang “sedang trend”? Yuk, simak beberapa faktor di balik hal tersebut!

Faktor Viralnya Sebuah Produk

Viralnya Sebuah Produk

Ada beberapa faktor, di antaranya adalah:

  • Fase Proses Pengenalan Produk

Umumnya, trend produk di Indonesia hanya berusia 2 minggu, seperti yang terjadi pada bisnis kue artis. Namun, hal ini menjadi hal yang lumrah terjadi, karena pada sebuah produk selalu akan mengalami 3 fase utama. Yakni, tahap pengenalan, pematangan, dan penurunan.

Hal ini, biasanya terjadi mengikuti hukum ekonomi, tentang supply dan demand. Di mana pada tahap pengenalan, tentu pemainnya belum banyak, dan pengendalian harga produk masih bisa terjadi, jika masih sedikit pemainya.

Namun, ketika produk sampai pada titik kematanganya atau sudah viral, maka para pemain tahap pengenalan ini, akan merasakan keuntungan yang berlimpah di saat produk mereka banyak peminatnya, pemasok hanya dari segelintir orang saja.

Namun, ketika produk sudah viral maka akan ada pemain besar, yang datang dan dapat menjual produk dengan harga lebih murah. Karena, mereka membeli dalam jumlah besar, dan di saat itu akan terjadi penurunan produk dan akan terjadi persaingan harga, karena permintaan mungkin turun, atau masih sama saat produk mengalami fase matang atau viral.

Akan tetapi, pemasok sudah banyak sekali membanjiri produknya di Indonesia. Nah, para pemula harus bisa hindari hal tersebut untuk memulai bisnis.

Baca Juga: IMPORTIR PEMULA? YUK KENALI BEA & CUKAI DALAM IMPOR

  • Faktor Pengiriman Produk

Faktor waktu pengiriman, juga menjadi salah satu alasan untuk menyadari pentingnya riset barang, yang akan menjadi sebuah trend. Indonesia juga memiliki momen viral jika ada barang datang dari luar negeri.

Mengapa? Karena, di mana jika kamu berfikir dari segi penjual, maka membutuhkan waktu untuk melakukan pengiriman barang tersebut. Namun, jika ingin harga pokok produk murah, maka pengiriman harus melalui jalur laut namun waktu pengiriman akan sangat lama.

Jika kamu bandingkan tarifnya dengan jalur udara, maka jalur laut masih lebih murah. Pasalnya, harga pengiriman udara juga terkadang kurang kompetitif untuk beberapa produk, terutama produk dengan volume atau berat yang besar.

Bayangkan, saat barang sedang menjadi trend, kita baru membeli barang tersebut dari luar negeri dan akan datang 30 hari setelahnya. Maka ketika sampai, produk sudah akan membanjiri pasar Indonesia terlebih dahulu dan muncul persaingan harga yang tidak sehat.

Itu adalah 2 faktor utama, yang semakin menguatkan alasan riset produk, sebelum membeli barang menjadi penting. Lalu, pertanyaan berikutnya bagaimana cara melakukan riset produk, yang kemungkinan laris di pasar Indonesia ?

Jawaban yang paling umum dan biasanya hal ini yang dilakukan adalah:

“Produk yang menjadi trend di luar negeri seperti USA, China & UK biasanya akan menjadi trend juga di Indonesia”

Marketplace Amazon, menjadi salah satu satu kunci utama yang bisa dilakukan, untuk mencari produk yang viral atau laris.

Amazon adalah salah satu marketplace terbesar di dunia, yang telah menjual lebih dari 350 juta produk. Amazon pastinya juga menjual produk, yang harus menonjol dari yang lain dan tentunya mempunyai value lebih.

Karenanya, melakukan penelitian produk yang mendalam dan analisis produk dari marketplace di Amazon, menjadi salah satu cara untuk mencari produk, yang akan menjadi trend di Indonesia. Hal ini, terjadi pada beberapa kasus mainan yang sempat viral, contohnya seperti fidget spinner, karenanya bahasan topik kali ini adalah:

  • Melakukan riset produk yang laris di marketplace amazon.
  • Riset dengan website crowdfunding

Riset Produk Terlaris Marketplace Shopee, Tokopedia Dengan Data dari Amazon

Produk Terlaris Marketplace

Ide di balik riset produk ini, cukup sederhana. Mencari produk yang banyak peminatnya, memiliki persaingan rendah, dan memiliki margin besar, adalah salah satu kuncinya. Meskipun ini mungkin terdengar mudah, banyaknya pilihan di Amazon, ternyata mempersulit kita untuk menemukan produk yang stand out tersebut.

Inilah sebabnya, mengapa data yang dapat ditindaklanjuti sangat penting, saat melakukan riset produk. Karena, jika hanya mengandalkan insting untuk menjual apa yang menurut kita berpeluang tinggi, kemungkinanya tidak selalu membuahkan hasil.

Cara termudah untuk mengetahui apa yang populer, dan sedang tren di Amazon adalah dengan memeriksa daftar pada produk terlaris, terpopuler, atau ‘today deals’. Kamu bisa scroll pada bagian bawah, saat membuka website Amazon.

Tidak hanya itu, kita juga dapat memfilter daftar berdasarkan kategori dan sub-kategori. Di sini, Amazon bisa memberi gambaran besar, tentang pembelian barang. Namun, ini hanya pandangan singkat saja untuk sebuah awalan riset produk.

Dalam hal ini, paling tidak kita sudah mendapatkan jenis produk yang akan kita cari peluangnya. Kita tidak dapat semata-mata langsung menggunakan daftar ini, untuk menentukan produk yang dapat kita jual, tetapi hal tersebut hanya baru permulaan.

Popularitas sebuah produk saja, tidak dapat kamu gunakan sebagai ukuran untuk mengukur peluang produk itu, dan hanya merupakan salah satu indikator.

Ketika sudah mengetahui jenis produk yang ingin dicari lebih dalam, lalu akan ada 2 tools tambahan yang bisa membantu untuk melakukan riset produk yang lebih akurat di Amazon yaitu :

Namun dalam kesempatan kali ini, Mintips akan lebih menjelaskan tentang penggunaan Seller App. Pasalnya, kamu bisa gunakan Tools ini secara gratis walaupun dengan batasan tertentu. Namun, rasanya sangat cukup akurat untuk melakukan riset yang mendalam.

Riset Produk Amazon Dengan Seller App

Riset Produk Amazon Dengan Seller App

Untuk mendapatkan ringkasan awal dari produk serupa yang kita inginkan, kita cukup ketik kata kunci utama di bilah pencarian. Lalu, biarkan ekstensi Chrome melakukan pekerjaan sisanya.

Setelah kita berada di halaman hasil pencarian, ekstensi SellerApp akan memberi informasi seputar metrik utama seperti harga rata-rata, penjualan harian rata-rata, dan peringkat penjual terbaik rata-rata (BSR).

Kita juga akan mendapatkan skor peluang keseluruhan, yang dapat Anda gunakan untuk membuat keputusan yang tepat tentang produk. Setelah mempelajari ringkasan, kita dapat membuka halaman produk individual untuk mempelajari jenis barang potensial kita lebih dekat, dengen cara melihat detail deskripsi serta hal lainya.

Ringkasan rincian pencarian produk untuk kata kunci ‘Catan’ yang disusun oleh Ekstensi Chrome SellerApp)

Kita juga dapat menemukan produk terbaik, untuk dijual di Amazon dengan data waktu real time menggunakan dasboard SellerApp. Setelah kita membuka dasbor, klik ‘Produk Riset’ untuk menemukan produk yang sedang tren dan paling kamu inginkan.

Lalu, kita juga dapat melihat pendatang baru dan BSR paling populer, dengan mengklik tombol. Fitur riset produk juga menyediakan BSR (Best Seller Rating), Skor peluang, perkiraan penjualan, dan perkiraan pendapatan untuk masing-masing produk ini, untuk membantu kita membuat pilihan yang tepat, dalam melakukan riset barang.

Metriks untuk melakukan riset produk dari amazon.

Ini adalah metrik yang perlu kita perhatikan, saat memulai riset barang di Amazon. Pertama, yang harus kamu lakukan adalah membuka daftar produk dan mengklik ekstensi SellerApp Chrome, untuk mendapatkan data yang kamu perlukan. Tools ini akan secara otomatis, dalam mengambil wawasan waktu real time dan dapat kamu tindaklanjuti.

Est order & Revenue / day

Ini berisi estimasi dari produk tersebut terjual setiap harinya, metriks ini bisa menjadi salah saut indikator untuk melihat seberapa baik, produk tersebut terjual setiap harinya. Hal ini, bisa menjadi salah satu faktor penentu dan penting, untuk melihat trend penjualan hariannya, agar kita tahu produk tersebut hanya bersifat musiman atau jangka panjang.

Sedangkan Est Revenue adalah metriks untuk melihat nilai estimasi total penjualan harianya, berdasarkan nominal pembelianya. Dengan ini juga, kita dapat membantu untuk melihat potensi dari sebuah produk tersebut. Dengan mengetahui berapa nominal yang kamu dapatkan, di sini dapat menentukan strategi marketing, yang ingin kamu lakukan baik itu untuk alokasi iklan, ataupun kegiatan marketing lainya.

BSR

Sama seperti data penjualan produk, BSR harus di periksa secara berkala, untuk mengukur besar kecilnya permintaan. Jika peringkatnya meningkat dalam kurun waktu tertentu, itu berarti ada permintaan yang lebih besar ketimbang periode sebelum itu.

Amazon Best Sellers Rank (BSR) adalah angka yang diberikan kepada hampir setiap produk, dalam jutaan katalog produknya, setelah item tersebut memiliki setidaknya satu penjualan. Oleh karena itu, BSR adalah indikator yang baik tentang seberapa baik suatu produk saat ini dijual di Amazon.

Semakin rendah BSR sebuah produk, maka semakin baik penjualannya. Misalnya, produk peringkat #1 memiliki penjualan yang jauh lebih tinggi daripada produk peringkat #200,000.

Namun, BSR hanya berlaku untuk bagaimana suatu produk dijual dalam kategori tertentu. Dengan kata lain, produk tidak memiliki BSR keseluruhan, membandingkan penjualan mereka dengan setiap produk lain di Amazon.

Namun, karena banyak seller yang menjual produk dalam beberapa kategori di Amazon, ada kemungkinan suatu item memiliki lebih dari satu BSR. Terutama, ketika kita memperhitungkan bahwa hampir setiap kategori utama, dan sub-kategori di Amazon, memiliki sistem peringkat penjual terbaik masing-masing.

Opportunity Score

Ini adalah metriks terpenting, yang dapat merangkum segala kebutuhan, untuk melakukan riset produk dan menentukan produk tersebut fit atau tidak di pasar. 

Untuk melihat detail ataupun mekanismanya, dalam perhitungan opportunity score pada Amazon ini, yakni dengan cara klik pada bagian score tersebut, kemudian akan muncul detail keteranganya.

Skor Peluang SellerApp menganalisis produk berdasarkan enam metrik penting.

  • Permintaan: Mengidentifikasi permintaan produk
  • Persaingan: Mempertimbangkan persaingan produk
  • Margin keuntungan: Metrik ini menganalisis apakah kita dapat menghasilkan keuntungan yang layak dengan produk atau tidak
  • Potensi Pendapatan: Menganalisis potensi pendapatan produk
  • Biaya Overhead: Mengidentifikasi bagaimana biaya overhead mempengaruhi profitabilitas produk
  • Indeks PIS (Cakupan Inovasi Produk): Fitur ini menganalisis produk yang kamu pilih untuk menentukan apakah produk tersebut memiliki cakupan yang baik untuk peningkatan atau inovasi

Start Tracking

Salah satu fitur terpenting yang ada pada pada tools ini adalah tracking barang tersebut, apa fungsinya? Dengan mengaktifkan start tracking, kita akan mendapatkan data khusus yang akan mencatat setiap pergerakan atau perubahan, pada produk tersebut.

Contohnya, seperti penjualan, pendapatan, permintaan dan hal detail lainya. Dengan memanfaatkan fitur ini, kita dapat mengetahui permintaan produk tersebut, untuk jangka waktu panjang ataupun hanya bersifat musiman saja. Dan hal ini menjadi penting, untuk kita melihat trend penjualan dari produk tersebut.

Riset Potensi Trend Produk Terbaru dari Website Crowdfunding

Potensi Trend Produk

Selain dengan melakukan riset produk, dari produk yang terlaris dan viral di USA, kita juga bisa memprediksi produk yang akan viral dari website crowdfunding. Untuk sebuah projek pengadaan pembuatan produk, 2 website utama untuk mencari produk yang akan viral tersebut adalah :

Kickstarter

Kickstarter

Saat ini Kickstarter merupakan platform pendanaan publik terbesar di dunia, menurut wikipedia. Perusahaan ini, mempunyai misi membantu mewujudkan proyek kreatif.

Sejak pendiri meluncurkan platform ini, terdapat lebih dari 5 juta orang yang telah mendanai, lebih dari 50.000 proyek kreatif. Contohnya, seperti proyek yang berkaitan dengan film, musik, pertunjukan panggung, komik, jurnalisme, video game, dan makanan.

Orang-orang yang mendukung proyek Kickstarter, ditawari hadiah nyata dan pengalaman khusus sebagai imbalan atas dana yang mereka masukkan. Model ini terinspirasi oleh model berlangganan patronase seni, di mana seniman akan langsung meminta publik untuk mendanai pekerjaan mereka.

Kickstarter merupakan platform yang membutuhkan kreator dan pendukung untuk menggunakannya. Di sini, kreator mempresentasikan ide proyek kreatif, dan pendukung mendanai proyek tersebut.

Nah, dari sini akan bermunculan beragam ide produk yang sangat unik dan inovatif. Bahkan, produk dengan pendanaan yang tinggi, umumnya akan menjadi produk yang viral dan memiliki minati tinggi bagi masyarakat.

Pembuat ide proyek, di mulai dari menyiapkan halaman untuk menampilkan detail dan prototipe proyek mereka menggunakan teks, video, dan foto. Pembuat proyek, menetapkan tujuan pendanaan dan tenggat waktu.

Pencipta juga membuat tingkat hadiah, untuk pendukung yang menjanjikan jumlah tertentu. Semakin banyak pendukung berjanji, semakin besar hadiahnya.

Ketika cukup banyak pendukung telah mendanai proyek, pencipta dapat mengembangkan dan menghasilkan visi mereka. Tergantung pada kerumitan proyek, pendukung mungkin harus menunggu berbulan-bulan, untuk melihat produk jadi.

Riset produk unik dari kickstarter

Riset produk unik

Silahkan buka website kickstarter, kemudian pilih kategori barang sesuai yang ingin kamu cari, pada bagian atas website.

Dalam contoh kali ini, Mintips akan membuka bagian tech karena umumnya, produk terbaru yang menghasilkan di sini adalah pada bagian tekhnologi. Nantinya, jika terus di scroll kebawah, maka kamu akan menemukan fitur-fitur atau bagian untuk pengkategorian update tekhnologi terkini.

Untuk contoh kali ini, Mintips memilih gadget dan klik discover more, untuk mendapatkan lebih banyak pilihan seputar projek yang tersedia.

Setelah itu akan muncul beragam projek, yang sedang berjalan dan sudah melalui tahap seleksi, dan juga memenuhi standarisasi dalam pembuatan projek di kickstarter. Dalam halaman tersebut, kita juga terdapat beberapa detail yang bisa membantu riset produk kita.

  1. Judul projek ini, berisi tentang penggambaran sebuah projek yang sedang dikerjakan. Umumnya, pada bagian awal adalah nama produk ataupun nama dari tim, yang sedang mengerjakan projek tersebut. Hal ini membantu kita untuk mendapatkan gambaran seperti apa produk yang sedang dikerjakan dalam projek ini
  2. Projek author adalah yang nama atau id si pembuat projek, umumnya projek yang sukses biasanya dikerjakan oleh tim yang sudah dikenal, dan itu merupakan bukan barang pertama dari mereka. Karenanya penting juga untuk mengingat nama-nama tim yang terkenal, terlebih dalam bidangnya dan dalam mengerjakan projek. Pasalnya, projek memiliki batasan dalam jumlah backer, sehingga kita harus cepat juga dalam menentukan, ikut atau tidaknya dalam projek tersebut
  3. Jumlah crowdfunding merupakan total dari pendanaan selama projek tersebut berlangsung. Hal ini menjadi salah satu indikator utama, untuk menentukan projek tersebut disukai oleh pasar atau tidak, karena semakin banyaknya nilai tersebut, berarti semakin besar kepercayaan masyarakat terhadap projek itu.
  4. Persentasi total projek tersebut tercapai, umumnya projek tersebut akan berjalan jika pendanaan mencapai 100%, dari dana yang dialokasikan oleh tim. Ini bisa juga menjadi salah satu indikator, bagi kita dalam melakukan riset barang yang akan viral. Jika nilai persentasi tersebut sudah melebihi 100%, artinya produk tersebut sangat dinantikan oleh pasar, hanya masalah fungsi produk tersebut, dapat sesuai atau menjawab ekspetasi pasar atau tidak. 
  5. Sisa masa kampanye untuk produk tersebut, ini juga menjadi salah satu faktor penting dalam melakukan riset produk. Seberapa cepat funding terkumpul, juga dapat menjadi salah satu indikator produk tersebut akan menjadi trend atau tidak. Jika sisa hari kampanye masih panjang, namun terkumpul dana untuk funding dalam jumlah besar, maka potensi produk tersebut akan viral menjadi lebih besar.
  6. Hal ini, merupakan kategori atau jenis dari produk yang ingin melakukan kampanye pada kickstarter.
  7. Ini menjadi alamat atau lokasi dari tim kampanye, sekaligus barang nantinya dikirimkan kepada para backer.

Setelah kamu tertarik terhadap salah satu produk, kamu bisa klik dan melihat detail dari pengerjaan dan hal yang tawarannya bisa kamu pilih pada kampanye tersebut.

Salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah, jumlah backers atau total orang yang mengikuti kampanye produk ini di kickstarter. Selain itu, kamu harus perhatikan juga masalah total funding yang sudah tersedia.

Setelah yakin dengan 2 angka tersebut, maka jika kamu tertarik untuk mengikuti projek tersebut sebagai backer, maka kamu harus perhatikan jumlah donasi, serta hal apa saja yang didapatkan saat ikut serta dalam donasi tersebut.

Perlu kamu catat, terdapat beberapa kategori harga untuk menjadi backer. Namun, jika ingin mendapatkan prototype produk tersebut, umumnya kamu harus berdonasi dalam jumlah tertentu.

Selain itu, perhatikan apakah produk tersebut bisa melakukan pengiriman ke luar negara atau hanya di negara tersebut saja. Jangan lupa juga, untuk memperhatikan waktu estimasi pengiriman prorotype projek tersebut, karena tidak sama seperti belanja di marketplace.

Di sini, kita harus menunggu sang creator menyelesaikan projeknya, untuk mengirimkan barangnya. Tidak hanya itu, bahkan dalam beberapa kategori, ada yang menjual kepemilikan sahamnya juga loh.

Riset Cepat Produk Viral di Indonesia

Riset Cepat

Setelah mengetahui cara melakukan riset dari Amazon dengan tools yang ada, dan juga dari website crowdfunding seperti Kickstarter, sekarang kita bisa melakukan #titiphacks dengan cara berikut :

  • Gunakan filter untuk produk newcomer

Pada tools riset di Amazon. Kamu bisa gunakan untuk filter produk baru upload < 30 hari, fungsinya adalah untuk menyaring data produk, yang sedang digemari adalah yang baru diupload.

Hal ini dapat mengindikasikan bahwa produk tersebut, baru saja menjadi trend di negara USA dan kemungkinan juga trend tersebut, belum sampai Indonesia dan akan segera masuk pasar Indonesia.

  • Lihat opportunity score yang ada

Karena hal ini harus kamu perhatikan terutama pada bagian “demand”. Walaupun score kecil, namun jika permintaan tinggi maka hal ini, bisa kamu jadikan sebagai opsi untuk rekomendasi produk yang kita jual.

Umumnya, selera dari masyrakat Indonesia akan menyerupai USA, karena sebagian besar masih berkiblat pada negara paman sam tersebut. Apalagi, seputar tekhnologi ataupun fashion style sebuah produk.

  • Manfaatkan fitur star tracking dengan optimal

Karena akun kita gratis. Kita juga hanya memiliki limit terhadap fitur ini. Fitur ini menjadi penting, karena kita dapat melihat penjualan detail dan seberapa besar pertumbuhan penjualan produk tersebut, di pasar dunia.

  • Perhatikan jumlah backer

Dalam mencari produk di kickstarter, hal utama yang harus kamu perhatikan adalah jumlah backer bukan total funding. Banyaknya jumlah backer, mengindikasikan besarnya potensi produk tersebut untuk diterima oleh masyarakat, yang artinya kemungkinan besar produk tersebut fit di pasar.

  • Catat keunggulan produk

Jika sudah menemukan barang dengan potensi tertentu, catat kembali keunggulan setiap produk tersebut dan cari produk tersebut, baik dengan image atau dengan memperhatikan keunggulan produk tersebut di marketplace China. Kenapa China?

Baca Juga: Cara Import Barang dari China Bagi Pemula, Terlengkap

Kemungkinan besar, pelaksanaan produksi barang tersebut adalah di China untuk proses manufakturingnya. Karena memang, China dapat menekan biaya produksi serendah mungkin hingga margin profit semakin besar.

Tapi, di China juga ada perjanjian jika barang tersebut sudah produksi China, maka kemungkinan besar replika produk tersebut juga akan segera tersedia di China, seperti yang terjadi pada tongsis.

Prototype awal adalah dari kickstarter, dan dapat dijual dengan margin yang sangat besar. Namun, ketika barang tersebut sedang melalui masa produksi di China dan bermunculan, maka produk dengan bentuk dan fungsi serupa, dan juga dengan harga yang sangat kompetitif, akan membanjiri pasar dunia.

Belanja dari Amazon atau Kickstarter Dengan Titipbeliin.com

Jasa Importir Online 

Berikut adalah langkah-langkah untuk membeli barang dari Amazon, Ebay atau semua – eCommerce Amerika via Titipbeliin.com

  • Cari produk yang ingin kamu titipkan, bisa dari Amazon, Ebay, Apple US, Walmart atau eCommerce dan website apapun yang ada di Amerika.
  • Copy URL produk tersebut.
  • Buka website Titipbeliin.com, lalu paste URL tadi di box pencarian, kemudian tekan tombol ‘titipbeliin’. Setelah itu, kamu akan mendapatkan arahan ke halaman fast checker atau manual checker, di mana akan muncul estimasi harga total.
    • Fast Checker, jika website yang kamu copy sudah mendapat dukungan oleh fast checker, maka kamu hanya perlu mengisi bagian yang masih kosong, biasanya varian produk, dimensi dan berat. 
    • Manual Checker, tidak perlu khawatir jika kamu masuk ke manual checker, karena kamu hanya perlu mengisi detail produknya dari gambar screenshot, nama produk, harga, dimensi dan berat serta negara asal.
  • Setelah itu pilih add to cart atau beliin. Jika kamu ingin mengkonsolidasi barang titipan kamu agar menghemat biaya pengiriman Internasional, maka kamu bisa pilih add to cart, jika tidak langsung pilih tombol beliin.
  • Jika kamu memilih metode pembayaran: LinkAja, OVO, Virtual Account, Kartu kredit, maka kamu akan mendapatkan verifikasi pembayaran otomatis. Tetapi, jika kamu memilih pembayaran manual transfer, maka kamu perlu melakukan verifikasi manual dengan mengupload bukti transaksi kamu, dan seara otomatis terverifikasi dalam waktu maksimal 2×24 jam. 
  • Setelah pembayaran sudah terverifikasi, maka barang titipan kamu akan segera terproses oleh team kami di Amerika. Jika ada tambahan biaya, seperti biaya kirim domestik dari penjual di Amerika menuju gudang kami di Amerika, atau jika ada perbedaan ukuran, maka team kami akan menghubungi kamu, untuk meminta konfirmasi. Jika kamu bersedia, maka titipan akan diproses dan kamu akan dikirimkan invoice tambahan, tetapi jika tidak kamu bisa mengajukan refund. 

Bagaimana? Sekarang mudah belanja dari Amazon, eBay, Kickstarter, Indiegogo atau website apapun dari Amerika via Titipbeliin. Semuanya, semudah membeli dari e-Commernya langsung loh! Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja buat wishlist produk favorit kamu, jika produk yang titipers mau, masih sulit dalam menemukannya di eCommerce seperti Amazon, kickstarter, indiegogo ataupun Ebay.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.