Ekspor Gula Aren: Syarat, Harga, Cara, dan Negara Tujuan

Ekspor Gula Aren: Syarat, Harga, Cara, dan Negara Tujuan

Melimpahnya pohon aren di Indonesia bisa kamu manfaatkan sebagai ladang bisnis bercuan besar. Pasalnya, nira aren tersebut bisa menjadi gula yang legit dengan kandungan nutrisi tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Bisnis ekspor gula aren memberikan prospek menjanjikan karena mempunyai banyak negara tujuan ekspor.

Tertarik menggeluti bisnis gula aren atau palm sugar untuk pasar internasional? Yuk, selami lebih dalam informasi dan seluk-beluk lainnya dengan membaca pembahasan di bawah ini.

Persyaratan Ekspor Gula Aren

Mengingat ekspor merupakan kegiatan perdagangan internasional, maka kamu perlu mengetahui persyaratannya. Silakan simak penjelasan sebagai berikut.

1. Analisis Laboratorium

Analisis Laboratorium
Analisis Laboratorium | Sumber Gambar: Freepik

Palm sugar yang akan menjadi komoditas ekspor perlu melalui proses uji laboratorium untuk mengetahui kualitas dan kelayakannya. Kamu harus melakukan proses uji tersebut di laboratorium yang sudah mendapatkan akreditasi oleh pemerintah.

Dengan demikian, hasil analisis laboratorium bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan. Jika uji laboratorium palm sugar menunjukkan hasil yang baik, itu artinya gula aren milikmu layak ekspor dan memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan.

2. Sertifikasi

Sertifikasi
Sertifikasi | Sumber Gambar: Freepik

Tidak hanya harus mengantongi hasil analisis laboratorium saja, persyaratan ekspor gula aren juga harus mendapatkan sertifikasi dari otoritas yang berwenang. Sertifikasi ini juga menjadi bukti yang menjamin bahwa gula aren kamu aman dan layak konsumsi.

Pasalnya, sertifikasi tersebut bisa kamu dapatkan jika kualitas palm sugar sesuai dengan standar kualitas ekspor. Jika Anda sudah mengantongi sertifikasi, maka kamu sudah pasti mendapatkan lampu hijau untuk meneruskan bisnis ekspor palm sugar.

3. Pengemasan

Pengemasan
Pengemasan | Sumber Gambar: Marine Insight

Kamu juga harus memenuhi syarat pengemasan yang memenuhi standar lantaran proses pengiriman gula aren memerlukan regulasi yang panjang. Pengemasan yang sesuai standar akan menjaga kualitas gula aren.

Selain itu, kemasan yang memenuhi standar internasional ekspor gula aren juga akan membuat barang tetap dalam kondisi baik ketika tiba di negara tujuan. 

4. Label Produk

Label Produk
Label Produk | Sumber Gambar: Ina Export

Konsumen berhak mengetahui bahan-bahan yang kamu gunakan dalam memproduksi gula aren. Oleh sebab itu, kamu harus menyertakan label produk yang menginformasikan bahan-bahan produksi dan tanggal produksi.

Informasi lain yang juga harus kamu cantumkan dalam label produk adalah negara asal produk dan masa kadaluarsa. Pemberian label ini akan menjadi sumber informasi bagi konsumen dan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produkmu.

5. Izin Ekspor

Izin Ekspor
Izin Ekspor | Sumber Gambar: PT BPS

Sebagai calon eksportir, titipers wajib mempunyai izin ekspor dari kementerian perdagangan. Bagi yang belum mempunyai surat izin tersebut, maka bisa mengajukan secara online dengan mengunjungi situs BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal).

Ekspor gula aren dokumen yang berupa surat izin dari kementerian perdagangan ini sangat penting. Pasalnya, dokumen tersebut akan menjadi bukti bahwa bisnis ekspor milikmu legal dan memenuhi regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah.

Baca Juga: Ekspor Minyak Jelantah: Syarat, Izin, Cara dan Negara Tujuannya

Berapa Harga Gula Aren Ekspor?

Kisaran palm sugar kualitas ekspor tentu bervariasi karena ada banyak faktor yang memengaruhinya, salah satunya adalah nilai tukar tukar Rupiah terhadap Dolar. Menurut informasi dari petani pengekspor gula aren, mereka menjual dengan kisaran harga Rp45.000,00 – Rp60.000,00 per kilo.

Bahkan, harga ekspor palm sugar per kilo juga bisa menembus Rp112.600,00. Negara tujuan biasanya juga turut andil dalam menentukan tinggi rendah harga gula aren. Semakin tinggi daya beli negara tujuan ekspor, maka kamu pun bisa mematok harga ekspor palm sugar yang tinggi pula.

Cara Ekspor Gula Aren

Titipers perlu mengetahui cara ekspor palm sugar yang tepat supaya bisnis yang kamu geluti lancar dan menghasilkan keuntungan maksimal. Yuk, intip cara-caranya sebagai berikut.

1. Riset Pasar

Langkah awal yang krusial adalah melakukan riset pasar atau negara tujuan ekspor. Kamu tidak perlu mendatangi setiap negara tujuan karena riset pasar bisa kamu lakukan secara online. Mendatangi pameran perdagangan merupakan salah satu cara riset pasar yang mudah dan praktis.

Selama riset pasar, kamu bisa menggali beberapa poin penting seperti permintaan pasar terhadap gula aren dan daya beli negara tujuan. Poin penting lainnya yang harus kamu gali yaitu regulasi atau peraturan negara tujuan dan persaingan ekspor gula aren di negara tujuan tersebut.

2. Persiapkan Produk

Setelah mengantongi nama-nama negara tujuan, kamu bisa mulai mempersiapkan produk ekspor. Agar bisnis ekspor palm sugar lancar, pastikan kamu menyediakan gula aren yang memenuhi standar kualitas ekspor.

Selain itu, persiapan produk juga mencakup pengemasan dan pemberian label. Pengemasan yang terstandar akan menjaga kualitas gula aren tetap baik. Sedangkan label akan menjadi sumber informasi produk yang jelas untuk konsumen.

3. Menentukan Harga

Sebagai seorang pengusaha, kamu tentu ingin mendapatkan margin keuntungan yang tinggi. Namun demikian, pastikan kamu memberikan harga kompetitif terhadap produk gula aren yang ditawarkan. Hindari mematok harga terlalu murah karena justru akan merusak harga pasar.

Jika kamu memasang harga ekspor gula aren yang relatif lebih mahal, maka pastikan gula aren tersebut mempunyai kualitas unggul. Dengan demikian, konsumen pun akan merasa puas dengan produk yang mereka dapatkan.

4. Mengantongi Izin Ekspor

Kamu bisa segera mengirimkan gula aren tersebut ke negara tujuan setelah mengantongi izin ekspor. Lantas, apa saja yang termasuk dalam izin ekspor? Dokumen ekspor yang wajib kamu lengkapi antara lain NPWP, SIUP, TDP, dan Surat Keterangan Domisili Perusahaan.

5. Pilih Metode Pengiriman

Ada banyak cara yang bisa kamu pilih untuk mengirimkan barang ke luar negeri, seperti jalur darat, udara, dan laut. Biaya pengiriman setiap jalur ekspor gula aren akan berbeda. Jadi, pastikan memilih yang paling tepat. 

6. Promosikan Produk

Kamu tentu ingin bisnis ekspor palm sugar terus berlanjut dan semakin berkembang, bukan? Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan promosi produk melalui media sosial atau bahkan e-commerce. Mempromosikan produk di e-commere memungkikan produkmu dikenal lebih luas.

Pelanggan dari luar negeri juga bisa membeli produkmu menggunakan platform titipbeliin.com. Platform ini menjadi jembatan semua e-commerce luar negeri dengan cara yang mudah dan praktis.

Baca Juga: Ekspor Kopi: Peluang, Syarat, Jenis Kopi dan Negara Tujuan

Prospek Negara Tujuan Ekspor Gula Aren

Gula aren mempunyai pasar yang sangat luas karena produk ini bisa dimanfaatkan untuk pengganti gula pasir serta bahan membuat makanan. Berikut merupakan 11 negara tujuan ekspor palm sugar.

1. India;

2. Malaysia;

3. Jepang;

4. Arab Saudi:

5. Uni Emirat Arab;

6. Amerika Serikat;

7. Meksiko;

8. Kanada;

9. Australia;

10. Inggris; dab

11. Prancis.

Baca Juga: Kupas Tuntas Ekspor Vanili, Peluang, Standar Mutu, dan Tips Suksesnya

Yuk, Segera Jalankan Bisnis Ekspor Gula Aren!

Perkembangan dunia digital kini membuat bisnis ekspor gula aren Indonesia lebih mudah. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk berpromosi dan mendapatkan informasi lebih mudah. Promosikan produk gula aren di berbagai e-commerce supaya konsumen dari berbagai negara bisa membeli produkmu.

Belanja online dari luar negeri kini semakin mudah dan praktis jika melalui titipbeliin.com. Titipers tinggal mencari produk dari e-commerce luar negeri lalu menyalin tautan produk tersebut. Selanjutnya, masuk ke halaman titipbeliin.com dan paste tautan yang titipers salin.

Nah, titipers bisa check out barang tersebut meskipun tidak mempunyai kartu kredit. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu rincian informasi seperti alamat pengiriman, jumlah barang, warna, ukuran, dan modelnya sudah sesuai. Kurir titipbeliin.com akan mengantarkan barang belanjaan ke alamat titipers. Selamat belanja!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.