Peluang Bisnis Ekspor Jahe: Negara Tujuan dan Cara Kirim

Peluang Bisnis Ekspor Jahe: Negara Tujuan dan Cara Kirim

Jahe merupakan jenis rempah yang sangat terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan. Eksistensi jahe tidak hanya menyebar di dalam negeri, namun juga hingga luar negeri. Oleh sebab itu, ekspor jahe menuju luar negeri meningkat. Ingin tahu bagaimana cara ekspor jahe merah? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Peluang Bisnis Ekspor Jahe

Indonesia terkenal dengan komoditas rempah yang sangat melimpah, terutama jahe merah. Pengusaha mencium peluang bisnis untuk pengiriman jahe merah menuju luar negeri. Peluang ini menjadi kunci karena minat terhadap rempah jahe cukup tinggi di luar negeri. Nyatanya tidak hanya satu jenis jahe saja yang tinggi peminat.

Apakah kamu tahu jenis jahe apa saja yang menjadi peluang besar pengiriman ke luar negeri? Berikut daftarnya. 

1. Jahe Merah

Gambar Jahe Merah
Gambar Jahe Merah | Sumber: Dokter Sehat

Jenis jahe yang pertama merupakan jahe merah. Jahe yang memiliki ciri khas yaitu berwarna merah muda ini memiliki jumlah peminat yang cukup tinggi di luar negeri. Meskipun memiliki aroma yang sangat tajam dan rasa pedas, namun jenis satu ini sangat dicari oleh banyak orang karena kandungan minyak atsiri yang tinggi.

Oleh sebab itu, para pengusaha memanfaatkan peluang ekspor jahe merah sebagai bisnis mereka. Kamu juga bisa mencoba untuk mengembangkan bisnis pengiriman jahe merah menuju ke luar negeri, Titipers!

Baca Juga: 10 Ekspor Rempah Indonesia Terlaris dan Strategi Ekspornya

2. Jahe Kuning

Gambar Jahe Kuning
Gambar Jahe Kuning | Sumber: Tokopedia

Selain jahe merah, ada pula jenis jahe biasa atau jahe kuning yang menjadi salah satu komoditas ekspor tertinggi di Indonesia. Jenis satu ini memiliki tekstur yang lembut. Kamu bisa mengkonsumsi jahe jenis ini saat sudah matang. Jangan kaget kalau aromanya cukup tajam. 

3. Jahe Emprit

Gambar Jahe Emprit
Gambar Jahe Emprit | Sumber: SESA.ID

Di samping kedua jenis jahe yang cukup familiar bagi masyarakat Indonesia, ada juga jahe emprit. Jenis satu ini menjadi peluang pengiriman jahe menuju luar negeri yang cukup tinggi. Jahe emprit memiliki aroma tajam dan tekstur serat yang lembut. Peminat jahe ini cukup tinggi karena manfaatnya untuk pembuatan jamu.

Cara Melakukan Ekspor Jahe ke Luar Negeri

Setelah mengetahui jenis jahe yang bisa menjadi peluang bisnis pengiriman luar negeri bagi kamu, sekarang adalah saatnya untuk kamu tahu bagaimana cara pengirimannya. Baca dan pahami poin-poin penjelasan di bawah ini.

1. Pelajari Target Pasar

Langkah pertama dalam melakukan pengiriman rempah ke luar negeri adalah pastikan kamu sudah memahami target pasar yang tepat. Lakukan analisa terhadap pasar yang akan menjadi negara tujuan pengiriman bisnis kamu. 

Kamu bisa mengetahui seberapa ketat persaingan pasar di suatu negara dan bagaimana jumlah peminat rempah di sana. Hasilnya, jika target pasar kamu sudah sesuai maka kamu bisa mendapatkan peluang mendominasi pasar. 

2. Pilih Kualitas Jahe Terbaik

Setelah menentukan negara tujuan dengan target pasar yang sesuai dengan kapasitas kemampuan bisnis kamu, lanjutkan dengan memilih kualitas jahe terbaik. Pilihlah jahe dengan kualitas terbaik untuk kamu kirim menuju pasar luar negeri. 

Perhatikan pula detail kecil pada setiap rempah milik kamu. Detail yang dimaksud mulai dari kondisi kulit jahe, warna jahe, hingga kondisi fisik rempah yang bagus dan tidak busuk. 

3. Urus Izin Ekspor Jahe

Urusan penting untuk bisa melakukan pengiriman luar negeri adalah legalitas izin melakukan kegiatan tersebut. Setiap negara memiliki prosedur dan persyaratan yang berbeda-beda untuk menerima impor jahe dari Indonesia. Maka, kamu perlu memastikan lisensi dan dokumen yang diperlukan untuk proses pengiriman jahe.

Dokumen penting untuk mendapatkan izin ekspor adalah sertifikat kesehatan, sertifikat fumigasi, dan sertifikat lainnya yang diminta oleh negara tujuan. Lalu, kamu bisa melanjutkan untuk mengurus bea cukai agar bisa mengirimkan jahe ke luar negeri dengan lancar. 

4. Siapkan Dokumen Lengkap

Selain itu, kamu harus menyiapkan dokumen lengkap sebelum melakukan ekspor jahe. Dokumen-dokumen tersebut adalah Invoice (Faktur) dan Packing List (Daftar Isi Barang). Kedua dokumen ini sudah harus siap saat kamu akan mengirimkan jahe dari Indonesia menuju luar negeri. 

Tetapi, ada beberapa dokumen tambahan yang perlu kamu perhatikan seperti apabila pengiriman jahe melalui jalur laut, maka harus ada dokumen Bill of Lading. Perusahaan Pelayaran atau Perusahaan Cargo merupakan pihak yang akan menyediakan dokumen ini. 

Sedangkan jika melakukan pengiriman melalui jalur udara, Titipers harus memiliki dokumen Airway Bill. Dokumen satu ini disiapkan oleh Perusahaan Cargo sebagai syarat untuk berlayar. 

5. Pengemasan Barang

Layaknya pengiriman barang lainnya, cara ekspor jahe merah harus memerhatikan sistem pengemasan barang. Gunakan jenis kemasan yang aman untuk jenis makanan seperti rempah agar tidak merusak kualitas jahe yang akan kamu kirim.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan model kemasan yang menarik agar konsumen dapat mengenali produk milik kamu. Di samping dari pemilihan kemasan, kamu juga perlu menggunakan label untuk menandai bahwa jahe produksi perusahaan kamu sudah sesuai dengan regulasi negara tujuan.

6. Sertifikasi, Inspeksi, dan Asuransi

Pengiriman menuju luar negeri merupakan perjalanan yang jauh untuk ditempuh. Setiap negara memiliki regulasi dan standar masing-masing untuk menentukan kelayakan jahe sebelum diperjualbelikan. Oleh sebab itu, dibutuhkan dokumen sertifikasi sebagai bukti bahwa produk jahe kamu telah layak dan sesuai standar.

Selanjutnya, ada pula kegiatan inspeksi selama perjalanan. Kegiatan ini bermaksud untuk mengecek kondisi jahe secara berkala dan untuk kebutuhan laporan sertifikasi. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan asuransi untuk meminimalisir kerugian selama perjalanan karena penurunan kualitas dari jahe yang dikirimkan.

7. Pengiriman dan Ekspedisi

Terakhir, kamu harus memerhatikan ekspedisi pengiriman yang akan kamu gunakan untuk ekspor jahe. Kamu bisa memilih jasa yang bisa memberikan pelayanan terbaik dan jaminan keamanan terhadap barang kiriman milik kamu. Selain itu, dokumen penting sudah harus siap sebagai syarat untuk pengiriman luar negeri.

Baca Juga: 13 Barang Barang yang Diekspor dengan Kategori Non Migas

Negara Tujuan Ekspor Jahe 

Kegiatan ekspor barang dari dalam Indonesia menuju luar negeri merupakan salah satu kegiatan yang menguntungkan, termasuk bagi usaha komoditas jahe. Komoditas rempah satu ini memiliki negara tujuan yang cukup menyebar, baik di Asia, Amerika, atau Inggris. 

Berikut ini adalah tujuan ekspor jahe dari Indonesia.

  • India
  • Malaysia
  • Singapura
  • Jepang
  • Taiwan
  • Bangladesh
  • Amerika Serikat
  • Korea Selatan
  • Vietnam
  • Inggris
Negara Tujuan Ekspor Jahe
Negara Tujuan Ekspor Jahe | Sumber: Facebook

Pilihan Jasa Titip Terbaik dan Terpercaya!

Ekspor jahe adalah kegiatan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia untuk menyebarkan komoditas besar dari Tanah Air. Salah satu cara untuk mengirimkan jahe menuju luar negeri adalah dengan menggunakan jasa ekspedisi terpercaya. Selain kegiatan ekspor, Titipers juga bisa melakukan kegiatan impor barang.

Titipers bisa menggunakan jasa dari Titipbeliin.com untuk mengirimkan barang pilihan kamu dari berbagai e-commerce seluruh dunia. Titipbeliin.com juga menawarkan jasa untuk mengirimkan barang dari gudang milik kamu di luar negeri. 

Kamu bisa memanfaatkan jasa perusahaan ini untuk titip produk dari Amerika, Inggris, Hongkong, Cina, dan Singapura. Barang yang ditawarkan pun beragam. Tak perlu khawatir ditipu sebab ada banyak testimoni yang sudah mempercayakannya. Tunggu apa lagi? Gunakan Titipbeliin.com untuk kemudahan belanja!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.