Peluang Ekspor Sabut Kelapa, Negara Tujuan & Trik Suksesnya

Peluang Ekspor Sabut Kelapa, Negara Tujuan & Trik Suksesnya

Ekspor sabut kelapa mempunyai prospek bisnis yang menjanjikan karena banyak negara tetangga yang membutuhkannya untuk bahan baku industri. Mengingat Indonesia merupakan negara tropis, maka pohon kelapa tumbuh subur sehingga pasokan sabut atau sekam kelapa juga melimpah.

Yuk, ikuti pembahasan artikel ini hingga tuntas supaya kamu bisa segera memulai bisnis ekspor potensi cuan ini.

Peluang Ekspor Sabut Kelapa

Peluang sabut kelapa
Peluang sabut kelapa | Sumber gambar: Tribunnews.com

Ke mana pun kamu pergi ke wilayah Indonesia, kamu akan mudah menjumpai kelapa. Pasalnya, Indonesia mampu menghasilkan 18 juta ton kelapa per tahun. Sayangnya, tidak banyak industri di Indonesia yang mengolah limbah sekam kelapa sehingga terbuang sia-sia.

Faktanya, sekam kelapa bisa menghasilkan cuan tinggi jika dikelola dengan baik. Sekam kelapa mempunyai banyak manfaat dalam berbagai macam industri karena bisa digunakan sebagai bahan baku yang ideal. Hal ini lantaran sekam kelapa ramah lingkungan, kuat, dan tahan lama.

Adapun beberapa industri yang menggunakan sabut kelapa sebagai bahan baku antara lain industri tekstil, industri otomotif, dan industri furnitur. Bisnis ini tidak memerlukan modal yang sangat besar, lalu harga mesin pemotong sabut, pengemas plastik, timbangan, dan label kemasan juga cukup terjangkau.

Baca Juga: Potensi Menggiurkan Ekspor Briket Arang dan Caranya Lengkap

Negara Tujuan Ekspor Sabut Kelapa

Berikut ini beberapa negara tetangga yang banyak memerlukan sabut kelapa sebagai bahan baku industri.

1. Malaysia

Walaupun Malaysia juga merupakan negara tropis, namun mereka belum mampu mencukupi kebutuhan sabut kelapa sebagai bahan baku industri. Itulah sebabnya, negara tetangga ini mengimpor sekam kelapa dari Indonesia. 

Selain itu, Malaysia juga mempunyai banyak industri furnitur dan tekstil dalam skala besar dan terus berkembang. Mereka menggunakan sabut kelapa untuk membuat tirai, tas, dan karpet. Ekspor sabut kelapa ke Malaysia juga banyak dilakukan oleh industri furnitur sebagai bahan baku pembuatan jok kursi, isian kasur, dan bantalan yang empuk.

2. Singapura

Singapura merupakan negara kecil yang maju dan terkenal dengan teknologinya. Tak khayal jika banyak industri di Singapura yang berlomba-lomba untuk menciptakan produk ramah lingkungan dan berkelanjutan. Kamu bisa menjadikan Singapura sebagai negara tujuan ekspor sabut kelapa yang menjanjikan.

3. Vietnam

Vietnam mempunyai banyak sektor industri yang memproduksi alas kaki dan tekstil. Nah, kamu bisa memanfaatkan Vietnam sebagai negara tujuan ekspor sabut kelapa untuk memasok bahan baku tersebut.

4. Thailand

Thailand merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang sering menjadi tujuan wisata. Kamu juga bisa menjadikan Thailand sebagai negara tujuan ekspor lantaran industri otomotif di Thailand berkembang pesat. Sekam kelapa merupakan bahan baku berkualitas untuk pembuatan jok kursi mobil dan dasbor.

Cara Ekspor Sabut Kelapa

Bagi kamu yang ingin segera menekuni usaha ekspor sekam kelapa, maka coba ikuti panduan di bawah ini.

1. Mendapatkan Perizinan Usaha Ekspor

Izin usaha ekspor
Izin usaha ekspor | Sumber gambar: Freepik

Syarat utama menggeluti bisnis ekspor adalah harus mempunyai perizinan resmi dari Kementrian Perdagangan. Kamu bisa mendaftar perizinan tersebut secara online dengan mengunjungi website Kementerian Perdagangan.

Setelah mendapatkan perizinan usaha ekspor, kamu juga harus mengurus perizinan usaha. Untuk mendapatkan izin usaha ekspor sabut kelapa, kami bisa mengurusnya di Kementerian Perindustrian dan Perdagangan. Persyaratan lain yang juga wajib kamu miliki adalah persyaratan kualitas ekspor dan SKAB (Surat Keterangan Asal Barang).

2. Riset Pasar Negara Tujuan

Langkah berikutnya setelah kamu mendapatkan perizinan adalah melakukan riset pasar negara tujuan. Tujuan dari riset pasar adalah untuk mengetahui seberapa tinggi permintaan sekam kelapa di negara tersebut.

3. Mencari Pasokan Bahan Baku untuk Ekspor

Pasokan bahan baku ekspor
Pasokan bahan baku ekspor | Sumber gambar: Freepik

Untuk mendukung kelangsungan bisnis ekspor sabut kelapa, kamu perlu mencari pasokan yang menyediakan bahan baku. Pastikan mencari lokasi pemasok bahan baku yang strategis untuk memangkas biaya yang tidak perlu.

4. Gunakan Strategi Pemasaran yang Efektif

Kamu juga harus memikirkan strategi pemasaran yang efektif untuk menjalankan bisnis ekspor. Salah satu strategi yang layak kamu pertimbangkan adalah e-commerce karena mempunyai jangkauan yang luas.

Nah, kamu bisa coba memasarkan ekspor sabut kelapa di Titipbeliin.com karena platform e-commerce ini melayani transaksi internasional. Selain itu, transaksi melalui Titipbeliin.com juga lebih mudah dan praktis.

5. Persiapkan Dokumen dengan Baik

Mengingat kegiatan ekspor melibatkan negara asing, maka kamu harus menyiapkan banyak dokumen untuk menunjukkan legalitas barang dan kegiatan ekspor. Oleh sebab itu, siapkan semua dokumen dengan baik supaya kegiatan ekspor lancar. 

Adapun contoh dokumen yang perlu kamu siapkan antara lain surat izin ekspor, faktur, dan surat-surat perdagangan. 

6. Bangun Jaringan Kerja Sama

Menjalin kerja sama
Menjalin kerja sama | Sumber gambar: Freepik

Kamu juga perlu membangun jaringan kerja sama ekspor sabut kelapa jika ingin lebih lancar dan mampu merambah pasar yang lebih luas. Memperluas jaringan ini bisa kamu lakukan melalui kerja sama dengan distributor lokal negara tujuan.

7. Memilih Mitra Logistik yang Tepat

Logistik memegang peran penting dalam bisnis ekspor. Pasalnya, mereka yang akan mengirimkan komoditas hingga sampai ke negara tujuan. Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih mitra logistik terbaik dan terpercaya supaya pengiriman barang tiba sesuai yang dijadwalkan.

Selain itu, memilih logistik terpercaya dan berpengalaman juga memperkecil risiko barang rusak atau bahkan hilang dalam pengiriman. Biasanya, logistik profesional juga akan membantu mempermudah mengurus berbagai macam persyaratan ekspor.

Baca Juga: Peluang Ekspor Udang Vaname dan Cara Lengkap untuk Pemula

Siap Memaksimal Peluang Ekspor Sabut Kelapa?

Mengetahui bahwa bisnis ekspor sabut kelapa mempunyai potensi menjanjikan, maka kamu layak untuk mempertimbangkan peluang tersebut. Bahkan, banyak negara tetangga yang menjadi tujuan ekspor seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Titipers juga bisa mengandalkan platform Titipbeliin.com untuk mengembangkan binsis ekspor. Platform ini juga melayani belanja online dari berbagai e-commerce di luar negeri. Belanja online dari luar negeri melalui Titipbeliin tidak memerlukan kartu kredit karena Anda bisa memilih pembayaran menggunakan Rupiah.

Untuk belanja berbagai kebutuhan dari e-commerce luar negeri, titipers cukup masuk ke marketplace luar negeri kemudian cari barang yang ingin dibeli. Salin link produk tersebut kemudian masuk ke halaman Titipbeliin.com dan paste link di kolom pencarian.

Periksa rincian informasi seperti jumlah barang, warna, ukuran, model, serta alamat pengiriman. Setelah menyelesaikan pembayaran kamu hanya perlu menunggu barang datang tanpa repot mengurus shipping.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.