5 Faktor yang Mempengaruhi Ekspor Produk ke Luar Negeri

5 Faktor yang Mempengaruhi Ekspor Produk ke Luar Negeri

Salah satu pendongkrak pertumbuhan ekonomi di suatu negara tak lain adalah perdangangan internasional atau kegiatan ekspor. Namun, terdapat pula faktor yang mempengaruhi ekspor produk ke luar negeri yang wajib pengekspor perhatikan supaya kegiatan ekspor dapat berjalan lancar. Apa sajakah faktor tersebut?

3 Manfaat Kegiatan Ekspor

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai faktor yang menentukan kegiatan ekspor, ada baiknya apabila Titipers memahami manfaatnya terlebih dahulu. Perhatikan tiga manfaat beserta penjelasannya berikut ini.

1. Meningkatkan Pendapatan Negara

Apabila suatu negara mampu mendorong kegiatan ekspor dengan giat, negara bisa menambah pendapatan negara secara signifikan berupa pajak. Peningkatan pendapatan negara melalui kegiatan ekspor nantinya dapat negara gunakan untuk memperbaiki berbagai fasilitas layanan publik.

2. Memperkuat Hubungan Dagang Antar Negara

Selain mengenai peningkatan pendapatan, kenyataannya kegiatan ekspor juga mampu memperkuat hubungan kerja sama antar negara. Apabila suatu negara dapat menjalin kerja sama dagang dengan negara lainnya, penduduknya juga akan bisa mendapatkan peluang ekonomi yang lebih baik.

3. Mensejahterakan UMKM

Tidak lupa, selain menghasilkan keuntungan bagi negara, kegiatan ekspor juga dapat meningkatkan kualitas produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Apabila Titipers adalah salah satu pelaku UMKM, tentu kegiatan ekspor akan sangat menguntungkan Titipers dalam segi ekonomi dan kualitas produk dari hari ke hari.

Baca Juga: 13 Komoditas Ekspor Indonesia Terbaik dan Negara Tujuannya

5 Faktor yang Mempengaruhi Ekspor

Terjadinya kegiatan ekspor atau perdagangan internasional tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Setidaknya, ada lima faktor yang sangat mempengaruhi kegiatan perdagangan ini. Berikut faktor yang mempengaruhi perkembangan ekspor yaitu:

1. Sumber Daya Alam

Minyak kelapa sawit sebagai salah satu SDA Indonesia
Minyak kelapa sawit sebagai salah satu SDA Indonesia | Sumber gambar: Freepik

Setiap negara tentu memiliki sumber daya alam yang berbeda, sehingga hasil produksi pun akan berbeda pula satu sama lain. Contohnya, Indonesia banyak menghasilkan minyak kelapa sawit, sedangkan Brunei Darussalam memiliki SDA seperti minyak dan gas bumi.

Melihat Indonesia dan Brunei Darussalam yang mempunyai sumber daya alam yang berbeda tersebut, keduanya bisa saling melakukan perdagangan internasional. Indonesia dapat mengekspor minyak kelapa sawit ke Brunei Darussalam, dan Brunei dapat mengekspor minyak dan gas bumi ke Indonesia.

2. Kualitas Sumber Daya Manusia

Kualitas SDM sebagai faktor yang mempengaruhi ekspor
Kualitas SDM sebagai faktor yang mempengaruhi ekspor | Sumber gambar: Freepik

Selain karena perbedaan sumber daya alam, faktor yang mempengaruhi ekspor produk indonesia ke luar negeri adalah adanya perbedaan kualitas sumber daya manusia. Apabila suatu negara mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, tentu akan berpengaruh pada kualitas hasil produksinya pula.

3. Budaya Tiap Negara

Pengaruh budaya yang bisa meningkatkan ekspor
Pengaruh budaya yang bisa meningkatkan ekspor | Sumber gambar: Freepik

Jangan lupa juga bahwa perbedaan budaya tiap bangsa bisa mempengaruhi kegiatan ekspor. Misalnya saja, Indonesia cukup terkenal akan seni ukir dan batiknya, sehingga banyak turis mancanegara yang pasti membeli batik saat sedang berlibur di Indonesia.

4. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kemajuan teknologi dan pengetahuan
Kemajuan teknologi dan pengetahuan | Sumber gambar: Freepik

Masih berkaitan dengan kualitas sumber daya manusia, kegiatan ekspor juga tentu terpengaruhi oleh perbedaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Semakin tinggi ilmu pengetahuan yang sumber daya manusia dalami, semakin berkualitas produk yang mereka hasilkan untuk kebutuhan ekspor.

5. Nilai Tukar atau Kurs

Kurs mata uang yang berbeda
Kurs mata uang yang berbeda | Sumber gambar: Freepik

Ingatlah juga bahwa nilai tukar atau kurs pasti juga akan mempengaruhi harga suatu produk ekspor. Setiap turis yang datang ke suatu negara untuk berlibur tentu akan memerlukan mata uang yang berlaku di negara tersebut. Oleh sebab itu, kurs mata uang negara tertentu akan berpengaruh pada keberlangsungan ekspor.

Baca Juga: 10 Cara Mencari Buyer Ekspor, Strategi dan Situsnya Lengkap

4 Komoditas Ekspor Terkenal di Indonesia

Setelah mengetahui lima faktor yang mempengaruhi ekspor, saatnya kamu mengetahui beberapa komoditas ekspor terkenal di Indonesia. Mari membahas empat besar komoditas utama Indonesia periode Januari hingga Oktober 2023 yang dilansir dari situs Kementerian Perdagangan di bawah ini.

1. Sawit

Komoditas sawit menempati peringkat pertama sebagai produk utama ekspor yang telah menyumbang sebanyak 19.190.000.000,00 dolar AS. Industri kelapa sawit sendiri juga berhasil menyediakan lapangan pekerjaan bagi 16.000.000 tenaga kerja.

2. Tekstil dan Produk Tekstil (TPT)

Jangan salah, rupanya industri tekstil dan produk tekstil juga menjadi sektor yang berperan penting untuk memaksimalkan perekonomian nasional. Selain karena jumlah sumbangan dari kegiatan ekspor TPT sebesar 9.770.000.000,00 dolar AS, TPT juga berkontribusi menyerap tenaga kerja sebesar 3.600.000 orang pula.

3. Otomotif

Pasar global juga kerap melirik Indonesia sebagai negara yang mampu memberikan mereka komponen pendukung otomotif terbaik. Jadi, Indonesia juga mempunyai peran penting dalam dunia otomotif, seperti menawarkan produk suku cadang, mesin bensin, serta alat bantu produksi.

Tak heran apabila komoditas otomotif mampu menyumbang pendapatan negara sebesar 9.250.000.000,00 dolar AS.

4. Produk Hasil Hutan

Melansir dari situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Indonesia telah mampu menawarkan aneka produk terbaik dari hasil hutan. Hasil hutan yang dimaksud juga tidak serta-merta hanya berkaitan dengan hasil kayu saja, misalnya kemenyan dan madu.

Komoditas hutan yang bisa Indonesia banggakan ini rupanya mampu menyumbang sebesar 8.400.000.000,00 dolar AS. Banyak sekali, bukan?

Baca Juga: 10 Ekspor Rempah Indonesia Terlaris dan Strategi Ekspornya

Sudah Mengerti Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Ekspor?

Dari penjelasan mengenai sejumlah faktor yang mampu mempengaruhi ekspor di atas, apakah Titipers sudah cukup memahami apa saja yang bisa meningkatkan perdagangan internasional? Kamu juga bisa menarik kesimpulan bahwa Indonesia juga sudah memiliki banyak komoditas ekspor yang bisa dibanggakan.

Jadi, jangan lagi bingung ketika kamu harus sebutkan faktor yang mempengaruhi ekspor. Mulai dari karena sumber daya alam yang tersedia di suatu negara, budaya setiap negara, hingga nilai tukar atau kurs, keseluruhan faktor tersebut mampu mempengaruhi jalannya perdagangan internasional.

Nah, dari pembelajaran mengenai faktor yang mempengaruhi ekspor di atas, kamu harus mengerti bahwa sesungguhnya impor pun mempunyai manfaat yang serupa. Dengan mengimpor barang dari luar negeri melalui Titipbeliin.com, kamu bisa menjual kembali barang tersebut untuk meningkatkan penghasilanmu!

Hanya Titipbeliin.com yang mampu memberikan kamu barang impor terbaik layak jual untuk menopang bisnismu. Apalagi, Titipbeliin.com bisa mengurus semua pajak dan administrasinya, sehingga kamu bisa tinggal membeli produk yang kamu mau. Mudah dan praktis, bukan? Jika tertarik, segera kunjungi situs resminya sekarang! 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.