10 Cara Mencari Buyer Ekspor, Strategi dan Situsnya Lengkap

10 Cara Mencari Buyer Ekspor, Strategi dan Situsnya Lengkap

Saat ini pasar global menjadi semakin terbuka bagi pelaku bisnis di seluruh dunia. Nah, bagi kamu titipers yang bergerak di bidang ekspor, menemukan pembeli potensial menjadi kunci utama untuk kesuksesan. Namun, cara mencari buyer bukanlah tugas yang mudah.

Hal itu karena persaingan semakin ketat dan dinamika pasar yang terus berubah. Untuk menjawab persoalan tersebut, berikut berbagai strategi dan tips tentang cara mencari pembeli ekspor agar berhasil memperluas jangkauan bisnis internasional kamu.

10 Cara Mencari Buyer Ekspor dan Strateginya

Untuk mencari buyer ekspor, kamu bisa menggunakan beberapa strategi yang efektif di antaranya sebagai berikut!

1. Lakukan Riset Pasar

Cara mencari buyer untuk export yang pertama adalah dengan melakukan riset pasar secara menyeluruh sebelum mengambil keputusan. Kamu dapat memulai dengan melakukan riset tentang negara-negara yang menjadi target ekspor bisnis kamu.

Selain itu, penting juga untuk memahami kebiasaan dan preferensi dari negara-negara tujuan ekspor untuk bisnis kamu. Dengan demikian, kamu dapat mengidentifikasi karakteristik dari pembeli di negara tersebut dengan lebih baik.

2. Tentukan Komoditas Ekspor

Komoditas Ekspor
Komoditas Ekspor | Image Source: Freepik

Ketika kamu telah mengetahui negara yang menjadi tujuan ekspor, cara mencari buyer berikutnya adalah menentukan komoditas. Misalkan, kamu menargetkan buyer dari Singapura sebagai pelanggan bisnis agrikultur. Maka yang harus kamu siapkan adalah komoditas yang mereka butuhkan.

Kamu sebagai pemilik bisnis di bidang agrikultur dapat menyiapkan sejumlah produk sayuran yang menjadi kebutuhan buyer di negara tersebut. Contohnya seperti pakcoy, selada, tomat, dan wortel.

Baca Juga: Syarat Ekspor dan Cara Mengurusnya Terbaru 2024

3. Miliki Website Berbahasa Inggris

Cara mencari buyer selanjutnya kamu harus memiliki website yang dapat memperlihatkan keberadaan bisnismu secara online. Oleh karena itu, pembuatan website dalam sebuah bisnis sangatlah penting untuk menarik pembeli baru di negara lain.

Dalam website tersebut, sebaiknya kamu menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi dengan calon pembeli. Hal itu karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang dapat mengatasi hambatan bahasa antara kamu dan pembeli.

4. Buka Toko di E-Commerce

E-commerce
E-commerce | Image Source: Freepik

Memiliki e-commerce adalah salah satu cara cari buyer luar negeri yang tepat. Kamu bisa membuka toko di berbagai platform seperti Alibaba atau Amazon yang sering diakses oleh pembeli. Di dalam toko tersebut, kamu dapat menyajikan berbagai produk dengan deskripsi yang lengkap.

Selain itu, kamu juga perlu menyertakan informasi mengenai harga barang dengan mengikuti nilai tukar mata uang dari negara yang bersangkutan. Pembeli akan tertarik dengan produk kamu karena mereka dapat langsung mengetahui perkiraan harganya. 

Terkait hal ini, kamu dapat menghubungi penyedia layanan sistem pembayaran online seperti PayPal, Payoneer atau kartu kredit untuk mendapatkan informasi mengenai perbedaan kurs mata uang tersebut.

5. Tawarkan Potongan Harga dan Promosi

Memberikan potongan harga dan promosi kepada pembeli baru menunjukkan bahwa mereka sangat dihargai. Hal tersebut juga dapat mendorong mereka untuk bertransaksi lagi di masa mendatang. Menyediakan potongan harga dan promosi adalah cara mencari buyer yang sangat efektif.

Hubungan bisnismu dengan para pembeli dapat terjalin dalam jangka panjang karena tawaran ini memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Kamu akan mendapatkan basis data dari para pembeli tersebut. Sementara para pembeli akan mendapatkan produk dengan harga yang lebih terjangkau.

6. Bergabung dengan Komunitas Global

Cara cari buyer luar negeri selanjutnya adalah bergabung dengan komunitas global secara online untuk mempromosikan produk ekspor kamu. Kamu bisa bergabung dalam komunitas global yang relevan dengan bisnismu, seperti komunitas pengusaha atau pecinta produk ekspor kamu.

Di dalam komunitas ini, kamu akan menemukan banyak individu yang potensial sebagai pembeli. Kamu dapat menemukan komunitas global di platform seperti Facebook, dengan volume transaksi yang tinggi setiap harinya. Tentu saja, hal ini merupakan peluang besar untuk memperkenalkan produk kamu dan mendapatkan banyak pembeli.

7. Terapkan Pemasaran Digital

Pemasaran Digital
Pemasaran Digital | Image Source: Freepik 

Pemasaran digital merupakan salah satu cara mencari buyer untuk export yang efektif. Kamu perlu menghasilkan konten yang teroptimasi dengan mesin pencari. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan email untuk mempromosikan produk kamu.

Untuk menjangkau pembeli dari negara lain secara lebih maksimal, kamu dapat menggunakan promosi berbayar melalui Facebook Ads. Platform ini sangat efektif dalam menghubungkanmu dengan pembeli potensial dari berbagai negara.

8. Lakukan Promosi di Jejaring Sosial

Jejaring sosial seperti Facebook dan Instagram merupakan platform yang dapat kamu gunakan sebagai alat sekaligus cara mencari buyer. Kehadiran jejaring sosial dalam dunia bisnis dapat membantu dalam memperluas jangkauan bisnis ke pasar internasional. Sebagai pemilik bisnis yang bergerak dalam ekspor, kamu dapat melakukan promosi secara teratur.

Kamu dapat membagikan konten promosi yang terkait dengan produk ekspor pada waktu-waktu tertentu. Untuk mengetahui waktu yang tepat untuk membagikannya, kamu perlu melakukan penelitian tentang kapan biasanya pembeli dari negara lain aktif di jejaring sosial.

9. Berbeda dari Pesaing

Kehadiran pesaing dalam pasar adalah hal yang tak terhindarkan. Bisnismu perlu memiliki keunggulan yang membedakan dari pesaing. Dalam menjalankan bisnis ekspor, kamu telah memiliki keberadaan di media sosial, website, dan platform lain yang dapat menunjukkan eksistensimu di antara pesaing.

Kamu juga perlu menonjolkan kelebihan yang tidak dimiliki oleh pesaing. Seperti penawaran pengiriman gratis ongkir, diskon menarik, konten yang informatif, kegiatan yang aktif di media sosial, dan pelayanan yang istimewa.

10. Berikan Pelayanan yang Baik Kepada Pembeli

Pelayanan Kepada Pembeli
Pelayanan Kepada Pembeli | Image Source: Freepik

Pada akhirnya, pembeli akan menjadi bagian yang penting dalam kelangsungan bisnis. Sehingga, pembeli perlu dilayani dengan baik. Kendala seperti jarak dan bahasa dapat kamu atasi dengan adanya website berbahasa Inggris. Selain itu, dalam menjalankan bisnis ini, kamu perlu memberikan kesan yang ramah kepada pembeli.

Selanjutnya, kamu juga dapat menyediakan berbagai kontak yang dapat calon buyer hubungi dengan mudah. Hal ini bertujuan agar kamu dapat menerima umpan balik dari para pembeli dan menjadikan mereka kembali ke bisnismu di masa mendatang.

Situs untuk Menemukan Buyer Ekspor

Untuk mendukung cara mencari buyer ekspor secara lengkap, ada beberapa situs yang dapat kamu manfaatkan yakni sebagai berikut!

  • Alibaba: Platform B2B terkemuka yang menyediakan akses ke jutaan pembeli dan produsen di seluruh dunia.
  • TradeKey: Platform perdagangan global yang menghubungkan pembeli dan penjual dari lebih dari 240 negara.
  • Trade Fairs Online: Banyak pameran dagang yang penyelenggaraanya secara online, sehingga dapat menjadi tempat yang baik untuk bertemu pembeli ekspor dari seluruh dunia.

Baca Juga: Perbedaan Ekspor dan Impor Serta Tujuan hingga Fungsi Bagi Perekonomian Negara

Sudah Paham Cara Mencari Buyer Ekspor dan Strateginya?

Dalam menjalankan bisnis ekspor, cara mencari buyer menjadi kunci kesuksesan. Dengan berbagai strategi yang telah kami bahas, kamu dapat meningkatkan peluang untuk menemukan pembeli potensial di pasar internasional. 

Namun, untuk memudahkan proses pembelian dari berbagai situs e-commerce di luar negeri, titipbeliin.com adalah solusi terbaik. Titipbeliin akan bantu kamu belanja, membayar, dan mengirim barang dari situs e-commerce di Amerika, Tiongkok, Inggris, Hong Kong, dan Singapura dengan cepat, murah, dan transparan.

Dengan layanan end-to-end, kamu tinggal menerima barang tanpa harus repot mengurus administrasi atau pajak, karena tim profesional kami akan menangani semuanya. Jadi tunggu apa lagi, yuk join sekarang titipers!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.