Hobi Adalah Kegiatan Pelepas Rasa Penat yang Membuat Otak Cerdas!

Hobi Adalah Kegiatan Pelepas Rasa Penat yang Membuat Otak Cerdas!

Apakah titipers punya hobi? Setiap orang pasti mempunyai suatu kegemaran untuk melepas penat, mengisi waktu luang, atau hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan yang menyenangkan. Maka dari itu, hobi adalah kegiatan yang kamu lakukan atas dasar rasa ketertarikan dan bukan paksaan.

Meski sebatas kegiatan santai atau suka-suka, hobi tetap mendatangkan banyak manfaat salah satunya adalah mencerdaskan otak. Kali ini, kamu akan segera mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan hobi. Simak artikelnya sampai akhir untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat!

Apa itu Hobi?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), hobi berkaitan dengan kegemaran atau kesenangan istimewa yang bisa kamu lakukan pada waktu senggang dan bukan sebagai pekerjaan utama. Contohnya, kamu bisa menjadikan melukis sebagai hobi saja, bukan sebagai mata pencaharian kamu.

Hobi seseorang dengan orang lainnya bisa saja berbeda karena setiap orang memiliki ketertarikan terhadap suatu hal yang berbeda-beda. Selain itu, faktor seperti kepribadian, lingkungan, dan ekonomi juga bisa menjadi penyebab bervariasinya hobi pada masing-masing individu.

Bagi orang-orang yang sibuk bekerja, waktu untuk menyalurkan minatnya mungkin terbatas. Namun, mereka tetap berupaya untuk menjaga work-life balance dengan mengorbankan uang, waktu, dan tenaga. Biasanya, di akhir pekan atau sepulang bekerjalah waktu yang mereka gunakan untuk melakukan kegemarannya.

Apakah mungkin seseorang tidak memiliki hobi? Mungkin saja. Di samping banyak orang yang berusaha menyisihkan waktunya untuk menyalurkan hobi, ada beberapa orang yang belum minat atau tidak ada rasa ketertarikan dengan suatu kegiatan. Lagi pula, hobi bukan suatu keharusan serta bisa berubah kapanpun kamu mau.

Manfaat Hobi

Jika kamu belum memiliki satu pun kegemaran, sebaiknya segeralah menemukan setidaknya satu kegiatan yang bisa kamu lakukan sesekali di sela-sela kesibukanmu. Karena pada kenyataannya, hobi adalah media yang memberi pengaruh positif besar terhadap kesehatan, baik secara jasmani maupun rohani.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari melakukan kegemaran, antara lain:

1. Menyalurkan Minat

Hobi adalah salah satu cara yang paling simpel untuk menyalurkan minat. Kamu mungkin terjebak dalam pekerjaan di bidang yang tidak kamu minati sama sekali. Alih-alih semakin produktif, kamu malah semakin stress berkepanjangan. Hal seperti itu jangan sampai berlarut-larut, ya titipers!

Kamu tetap bisa melakukan pekerjaanmu sebagai batu lompatan menuju pekerjaan yang kamu idamkan dan tentunya yang sesuai dengan passion kamu. Nah, hobi bisa menjadi media kamu untuk menyalurkan minat atau passion kamu.

Walaupun hanya bisa kamu lakukan di waktu tertentu saja, hobi tetap membuatmu berkembang secara perlahan. Lama-kelamaan kamu akan mahir menyeimbangkan antara tanggung jawab dan keinginan dalam kehidupanmu.

2. Melepas Penat

Tanpa kamu sadari, melakukan kegiatan kecil yang kamu sukai di sela-sela rutinitas yang padat merupakan bentuk cinta terhadap diri sendiri. Karena rutinitas yang kamu lakukan berulang kali dalam keseharianmu bisa memforsir tenaga dan pikiranmu. Akhirnya, kamu akan bosan, uring-uringan, dan stress.

Untuk itu, hobi adalah alternatif yang pas untuk melepas penat. Tidak perlu melakukannya sering-sering kalau kamu memang tidak memiliki banyak waktu. Lakukan hobimu beberapa hari sekali atau seminggu sekali saja saat kamu memiliki waktu libur.

3. Menaikkan Mood dan Energi Positif

Apakah kamu termasuk orang yang bergantung pada mood? Mood atau suasana hati kadang bisa merusak rencana-rencana yang kamu buat bahkan bisa mengancam pekerjaanmu. Negative mood di pagi hari bisa memicu turunnya produktivitas hingga lebih dari 10%.

Di sisi lain, ketika kamu mengimbangi energi negatifmu dengan melakukan hobi setelah bekerja, hormon bahagia dalam diri akan terstimulasi dan menekan produksi hormon stress. Sehingga, energi positif kamu muncul dan kamu kembali semangat lagi. Tak jarang pula inspirasi luar biasa akan bermunculan di kepalamu.

4. Memicu Stress Sehat

Sekalipun banyak orang menganggap stress sebagai pengalaman yang buruk atau negatif, namun ada jenis stress yang membuat kamu merasa lebih semangat menghadapi tantangan dalam kehidupan. Stress baik atau sehat (eustress) bisa membuatmu tertantang sehingga kamu akan terbantu untuk terus berkembang.

Kalau memang begitu, apa yang membuat eustress ini muncul? Kamu bisa membangkitkan stress baik ini dengan melakukan hal-hal seperti bepergian, membeli barang yang kamu suka, termasuk mencoba hobi baru. Memiliki beberapa hobi adalah sarana yang baik untuk memicu stress yang membuatmu semangat.

5. Mencegah Burnout

Mungkin kamu sering mendengar istilah burnout akhir-akhir ini. Beberapa orang seringkali mengeluhkan burnout akibat stress pekerjaan yang tak terhindarkan. Tekanan yang terus berdatangan dapat menimbulkan kelelahan mental yang berkepanjangan.

Akibatnya, kelelahan secara fisik dan emosional menjatuhkan ekspektasi pekerjaan yang sedang kamu jalankan. Setelah itu, kamu akan semakin stress atau kewalahan karena terus berhadapan dengan masalah hidup lainnya. Bahayanya lagi, kamu akan mulai kehilangan minat pada pekerjaan dan depresi akut.

Oleh sebab itu, sebaiknya titipers mengerjakan hobi agar kelelahan yang menumpuk bisa sedikit demi sedikit berkurang. Rehat sejenak dengan melakukan kegiatan seperti berkebun, bersepeda, atau bermain musik. Hobi adalah pelampiasan yang sehat untuk mengatasi ataupun menghindari burnout.

6. Menambah Relasi

Bukankah akan terasa lebih menyenangkan bila menjalankan hobi dengan orang yang mempunyai kegemaran yang sama dengan kita. Selain ada teman yang bisa kamu ajak bicara, kamu juga bisa saling berbagi pengalaman dengan temanmu. Solusinya, bergabunglah dengan komunitas yang sesuai dengan kegemaran kamu.

Hobi adalah kebebasan, artinya kamu bebas menentukan bagaimana caramu memilih komunitas, baik bertemu secara langsung maupun komunitas global yang tak terbatas jumlahnya. Intinya, sembari melakukan hobi yang bermanfaat untuk dirimu sendiri, kamu juga bisa saling bertukar informasi dengan relasi barumu.

7. Menemukan Peluang

Sadar atau tidak, dengan kamu melakukan hobi dan bertemu dengan relasi baru, sebenarnya pintu menuju peluang baru juga semakin terbuka lebar. Hobi adalah gerbang yang memberikan bukti nyata untuk membuatmu semakin berkembang dalam segala hal.

Tidak menutup kemungkinan bila kamu bisa mendapatkan peluang untuk mendapatkan ilmu baru, koneksi baru, atau kesempatan kerja baru. Semua itu tentu bisa kamu dapatkan dengan cara yang konsisten. Sambil menikmati prosesnya, bukan tidak mungkin lagi bagimu untuk terus menjemput peluang yang luar biasa.

Kategori Hobi yang Meningkatkan Kecerdasan

Pada hakikatnya, hobi adalah kegiatan yang bermacam-macam. Ternyata ada beberapa kategori yang akan mengelompokkan beragamnya jenis-jenis kegemaran tersebut. 

Kalau kamu masih belum tertarik dengan suatu kegiatan, kamu bisa mulai mencari tahu dan memikirkannya setelah mengetahui jenis hobi. Lalu, apa saja macamnya? Berikut ini lima kategori hobi secara umum menurut Robert A. Stebbins.

1. Collecting (Mengoleksi)

Kategori yang satu ini selalu berkembang tiap tahunnya. Ada beberapa sub kategori dalam hobi mengoleksi, salah satunya yaitu mengoleksi benda fisik. Mulai dari koleksi yang umum seperti buku dan barang antik sampai sesuatu yang terus berkembang seperti film, aksesori, kostum, dan peralatan kecantikan.

Tidak hanya mengoleksi benda fisik saja,  kamu bisa mencoba melakukan kegemaran dengan mengumpulkan suatu karya seperti hunting video dan hunting foto lawas. Atau, sekadar untuk kepuasan batin seperti mengamati lepas landas pesawat dan mengamati rasi bintang.

2. Making (Membuat)

Biasanya setelah puas dengan hobi collecting, orang akan terpicu untuk making karyanya sendiri juga. Making adalah hobi yang menghasilkan sesuatu. Contohnya, memasak, membuat kue, berkebun, membuat buku, membuat aplikasi, membuat cover lagu, dan lain sebagainya.

3. Activity (Aktivitas)

Dalam kategori ini, hobi menjadi sebuah kegiatan fisik atau aktivitas yang membuat tubuh bergerak, baik di luar maupun di dalam ruangan. Namun, kebanyakan orang memanfaatkan hobi jenis ini untuk beraktivitas di luar dan dekat dengan alam. Misalnya, mendaki, berkemah, travelling, lari maraton, jogging, dan kegiatan lainnya.

4. Play (Bermain)

Kategori ini masih berkaitan dengan kategori aktivitas sebelumnya. Meskipun tidak terbatas dengan tempat dan fisik, kamu bisa melakukan hobi ini di dalam ruangan saja. 

Misalnya, bermain catur, game, bela diri, yoga, badminton, basket, dan permainan lainnya. Selain fisikmu bergerak, otak dan taktikmu juga akan terasah dengan melakukan permainan ini.

5. Arts (Kesenian)

Kategori terakhir adalah hobi yang berkaitan dengan kesenian. Hobi jenis ini sangat membutuhkan keselarasan antara pikiran dan hati kamu. Makanya, hasil dari apa yang kamu kerjakan dapat memperlihatkan apa yang ada dalam diri kamu. 

Contohnya, melukis, menari, bermain musik, menulis cerita, menulis puisi, membuat lagu, dan sebagainya. Kesenian bisa kamu sebut sebagai hobi yang indah sekaligus bermanfaat besar bagi kesehatan.

Macam Hobi untuk Meningkatkan Kecerdasan yang Bisa Kamu Coba

Adapun bila kamu masih membutuhkan inspirasi macam macam hobi yang bisa merefresh dan mencerdaskan otak, kamu bisa mencoba beberapa rekomendasi hobi di bawah ini:

1. Olahraga

Olahraga

Banyak peneliti yang telah melakukan serangkaian penelitian untuk membuktikan manfaat berolahraga. Hasil menunjukkan orang yang aktif menjalankan latihan fisik secara rutin, cenderung memiliki kesehatan fisik dan emosional yang lebih baik daripada orang yang tidak melakukannya sama sekali.

Bahkan anak-anak muda yang aktif berolahraga juga mampu mengukir prestasi akademis yang gemilang ketimbang temannya yang tidak pernah berolahraga. 

Hal tersebut lantaran olahraga adalah hobi yang melibatkan aktivitas yang melancarkan sirkulasi darah ke otak, sehingga nutrisi yang kamu makan dapat terserap dengan baik.

Dengan berolahraga, saraf dalam otakmu bekerja lebih optimal dan membuatmu menyerap informasi dengan mudah dan tidak cepat lupa. Selebihnya, badan kamu menjadi sehat dan stresmu hilang.

Kamu bisa berolahraga di rumah saja kalau tidak ada waktu ke gym. Misalnya, menggunakan all-in-one home gym yang bisa memandumu berolahraga ala gym di rumah. Tambah lagi, kamu dapat mencoba berbagai jenis olahraga yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Selanjutnya, kalau kamu suka jogging tapi enggan keluar rumah, kamu bisa membeli treadmill dengan harga yang bisa kamu sesuaikan dengan budgetmu. Terlebih kalau kamu suka olahraga yang simpel seperti lompat tali dan yoga, kamu cuma butuh jump rope set, dumbbells atau barbel, serta yoga mat saja.

2. Memasak

Memasak

Memasak adalah hobi yang bisa meningkatkan kecerdasan dan kreativitas kamu. Dengan sering mengasah skill memasak, otakmu akan selalu terasah sehingga kamu menjadi jauh lebih kreatif dalam menghidangkan menu untuk dirimu sendiri atau keluargamu.

Biasanya, hobi memasak membuatmu senang meski terus berhadapan dengan kenyataan trial and error yang cukup sulit. Sesekali rasa masakanmu meleset jauh dari perkiraanmu, bahkan bila ada orang yang ikut mencicipinya, kamu akan mendapatkan komentar pedas berupa gestur penolakan atau kritikan secara verbal.

Namun, sesulit apapun kamu mencoba, bila didasari rasa suka, kamu pasti akan ketagihan untuk melakukan percobaan-percobaan resep lanjutan yang akhirnya bisa membawa kepada keberhasilan. Masakanmu akan jadi terlihat menggiurkan dan cocok dengan selera banyak orang.

Perjalanan yang panjang ini perlu kamu iringi dengan persiapan peralatan memasak yang mumpuni dan berkualitas. Sebaiknya kamu tidak tergiur dengan peralatan dengan harga yang murah tapi kualitasnya murahan. Alih-alih fokus ke resep dan skill, energimu bisa terforsir untuk meladeni alat-alat yang mudah rusak itu.

Pilihlah peralatan memasak yang sesuai dengan selera kamu, seperti Thyme and Table yang trendi dengan warna sage green, metallic rainbow, dan soft blue-nya. Selanjutnya, ada Caraway dengan peralatan memasak bebas kimia berbahaya, hingga Missen’s dengan material alat masak yang berkualitas.

Peralatan Masak

Semuanya tersedia lengkap mulai dari panci dan wajan berbagai ukuran, pisau set, dan baking set. Titipers juga bisa mendapatkan oven listrik terbaik dan peralatan memasak lainnya di Titipbeliin.

3. Traveling

Traveling

Kamu bisa merasakan hal-hal yang bisa membuatmu terinspirasi dari melakukan travelling. Perjalanan yang panjang dan berliku, datang ke tempat baru, bertemu dengan budaya baru, kenalan baru, serta pengalaman baru akan membuat otakmu semakin kreatif dan cerdas.

Kejadian tak terduga berupa kendala atau permasalahan kerap kali muncul dan memaksamu untuk berpikir keras serta menantangmu untuk menemukan sebuah solusi. Untuk itu, travelling adalah hobi yang menyenangkan sekaligus menantang untuk kamu coba.

Apabila kamu memutuskan menjadi seorang traveler, kamu harus memikirkan peralatan travelling terbaik agar perjalananmu semakin nyaman dan menyenangkan. Pertimbangkan beberapa aspek seperti desain, kegunaan, keawetan, berat, dan ukurannya.

Sangat tidak mungkin bila seorang traveler membawa banyak barang bawaan dalam perjalanannya keliling dunia. Belum lagi barang yang berat dan tidak awet sangat menguras kantong dan energi. Kamu bisa menyiapkan perlengkapan dasar yang wajib ada saat travelling saja, misalnya koper Osprey Sojourn 45L 22”.

Selain awet, koper ini bisa merangkap fungsi sebagai backpack. Jika kamu butuh travel organizer, cobalah Osprey Ultralight Zip Travel Organizer. Meski terlihat compact, travel organizer ini memiliki banyak kantong di dalamnya.

Jadi, kantong tersebut bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang-barang secara terpisah. Misalnya, peralatan mandi, peralatan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan), dan peralatan memasak sederhana. Di Titipbeliin juga menyediakan berbagai jam tangan sport pria yang cocok untuk kebutuhan para traveler.

4. Belajar Bahasa Asing

Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa asing kini sudah menjadi kebutuhan karena banyak tuntutan pekerjaan yang mengharuskan bekerjasama dengan perusahaan dari negara lain. Selain itu, kalau kamu mau jadi traveler, sudah menjadi syarat wajib juga menguasai bahasa asing.

Bukankah ada translator atau alat yang bisa menerjemahkan bahasa dan membantu kita? Memang ada, tapi kamu tidak boleh ketergantungan terhadap bantuan kalau kamu sendiri saja bisa mengusahakannya. Tentu lebih nyaman dan efisien bila kamu sendiri mampu menguasai bahasa asing sebagai alat komunikasi.

Di samping itu, otak dan karirmu akan cemerlang secara bersamaan ketika kamu mau belajar bahasa asing. Tidak sesulit yang kamu kira, kok. Banyak orang di luar sana belajar bahasa asing secara otodidak. Tinggal sesuaikan saja dengan kemauan dan kemampuan yang kamu miliki.

Tips untuk mempelajari bahasa asing adalah hobi membaca, mendengar, dan melihat sesuatu yang mengandung bahasa itu. Kamu bisa pakai cara yang asik seperti mendengarkan lagu, membaca komik, menonton drama, atau melihat keseharian idolamu yang menggunakan bahasa asing targetmu.

Lakukan hal-hal yang menyenangkan tadi secara konsisten. Karena kunci belajar bahasa asing adalah konsistensi agar kamu terbiasa dengan bahasa dan budaya tersebut. Kamu bisa berlatih dan memberi asupan otakmu dengan membaca buku belajar bahasa asing. Contohnya, Learning French atau Learning Chinese.

5. Membuat dan Mengedit Video

Membuat dan Mengedit Video

Kegiatan yang menyenangkan sekaligus mencerdaskan otak sebagai hobi adalah membuat dan mengedit video. Banyak masyarakat Indonesia dari berbagai usia, entah muda maupun tua ikut berlomba-lomba membuat video atau channel terbaik versi mereka masing-masing.

Tak jarang hobi ini sekaligus mendatangan penghasilan bila terus ditekuni. Untuk itu, kamu bisa mencoba menjadi content creator dengan membuat beragam konten video berkualitas menggunakan alat-alat yang berkualitas pula. Kamu bisa merekam video menggunakan kamera mirrorless sesuai dengan kebutuhan kontenmu.

Mulai dari Canon EOS M50 Mark II, Insta360 ONE RS Twin Edition, DJI Pocket 2, ataupun Fujifilm X-S10. Setelah kamu mampu menangkap video dengan gambar yang jernih, kamu memerlukan laptop anti lemot untuk mengedit videomu.

Pilihlah salah satu di antara tiga laptop terbaik ini, yaitu Apple MacBook Pro (13-inch, M2 2022), HP ZBook Studio G8, atau Asus ZenBook Pro Duo (UX582L). Jadi, jangan sampai kamu sudah berhasil merekam video hingga mengedit video dengan effort yang besar, tapi ujung-ujungnya kualitas video ngedrop atau ngelag.

6. Mendaki Gunung

Mendaki Gunung

Pesona alam yang para pendaki pamerkan ke media sosial sukses membuat para viewers mereka terhipnotis untuk melakukan hobi ini juga. Mendaki gunung termasuk kegiatan all-in-one, yang mana banyak manfaat yang kamu peroleh dari kegiatan tersebut.

Mulai dari menyiapkan peralatannya, kamu tidak boleh sembarangan memilih barang yang berat dan berkualitas buruk. Karena tinggal di alam bebas tidak semudah yang kamu bayangkan. 

Risiko serangan binatang buas, cedera, sakit, bahkan kehilangan nyawa bisa terjadi pada pendaki jika tanpa melakukan persiapan yang matang.

Titipers bisa membeli tenda camping terbaik yang tahan dengan segala situasi di medan pendakian. Kalau kamu salah memilih perlengkapan mendaki, meskipun sebuah tenda saja, keinginanmu untuk sampai puncak bisa pupus.

Kembali ke manfaat mendaki, kamu bisa melepas penat, menguatkan fisik, melatih mental, dan menguatkan solidaritas pertemananmu. Banyak pendaki beranggapan bahwa melalui pendakian, kamu bisa mengetahui sifat asli temanmu karena alam bebas mendorong sifat naluriah manusia untuk bertahan hidup.

7. Menulis

Menulis

Contoh hobi yang bisa mengasah kemampuan otakmu adalah menulis. Selain media pelepas stress dan uneg-uneg, menulis juga bisa melatihmu untuk berpikir secara terkonsep dan kritis. Tidak semua orang mempunyai kemampuan menulis yang baik, makanya lakukan hobi ini secara konsisten agar kemampuanmu meningkat.

Di sisi lain, kamu harus menyadari kalau menghasilkan tulisan merupakan sesuatu yang mudah dilakukan, sedangkan menghasilkan tulisan yang enak dibaca dan berkualitas perlu perjuangan yang besar. Teruslah menulis agar kecerdasan otak dan emosionalmu terlatih, serta kreativitas, imajinasi, dan fokusmu juga meningkat.

Perbedaan Hobi dan Passion

Meskipun hobi dan passion seringkali dianggap sama, ternyata keduanya memiliki arti yang berbeda. Passion berarti gairah atau hasrat yang kuat untuk melakukan sesuatu, sedangkan hobi adalah kegiatan berdasarkan ketertarikan atau minat yang kamu miliki.

Sebenarnya, hobi dan passion ini saling berhubungan satu sama lain. Hobi bisa menjadi passion, begitu pula sebaliknya passion bisa menjadi hobi. Namun, apa yang menjadi pembeda keduanya? Perbedaan yang kentara terletak pada usaha dan waktu.

Bila kamu melakukan sesuatu cenderung berganti-ganti atau dalam waktu yang singkat saja, itu bisa kamu sebut sebagai hobi. Tidak ada yang mengikat atau memaksa kamu untuk melakukannya, karena pada dasarnya hobi adalah kegiatan yang kamu lakukan secara sukarela. Kamu juga bisa memiliki lebih dari satu hobi.

Sebaliknya, passion bisa kamu artikan sebagai gairah yang membara atau semangat yang menggebu-gebu terhadap sesuatu. Kamu bisa melakukan suatu kegiatan selama bertahun-tahun tanpa rasa bosan. Bahkan, kamu tidak bisa lepas dengan kegiatan itu.

Perbedaan Hobi dan Passion

Lihatlah rangkuman pada tabel di atas untuk memudahkan pemahaman kamu. Biasanya, hobi bisa kamu lakukan untuk senang-senang saja dan bukan untuk pekerjaan, sedangkan passion bisa menjadi pekerjaan untukmu. Namun, tidak menutup kemungkinan bila hobi bisa menjadi sumber penghasilan juga.

Cara Mengetahui Hobi Diri Sendiri

Bagi sebagian orang, menemukan kegemaran yang cocok dengan kepribadian sangat jauh dari kata mudah. Walaupun begitu, masih ada beberapa cara mudah yang bisa kamu coba untuk menemukan hobi yang unik dan menarik. Simak caranya berikut ini:

1. Mulailah Secara Bertahap

Kamu tidak perlu melakukan kegiatan yang ekstrim dan terlalu bervariatif dalam satu waktu. Mulailah dengan kegiatan kecil dan bertahap. Misalnya, kalau kamu suka belajar bahasa asing, kamu bisa memulainya dengan mendengarkan lagu dan menonton film yang menggunakan bahasa tersebut.

Kamu boleh menghidupkan subtitlenya agar tahu konteks di dalamnya. Lakukan secara konsisten, sampai kamu mengetahui perasaanmu sendiri apakah kamu menyukai kegemaran tersebut atau tidak.

2. Sesuaikan dengan Kepribadian

Umumnya, pemilihan hobi bisa ditentukan melalui kepribadian. Kamu bisa menjadikan hobi sebagai sumber kebahagiaan bukan sebuah paksaan. Kalau kamu nyaman bergaul dengan banyak orang, kamu bisa mendatangi sebuah club. Sebaliknya, kalau kamu suka menyendiri, kamu bisa melakukannya di rumah saja.

Hobi adalah gambaranmu di masa lalu, masa kecil, atau masa depan. Artinya, kamu bisa melihat kembali ke masa lalu untuk melihat kegemaran yang kamu lakukan. Bisa saja saat kecil kamu suka sekali menggambar dan kini bisa kamu kreasikan lagi ke dalam bentuk yang berbeda seperti makeup art.

3. Sesuaikan dengan Waktu Luang

Kamu tidak perlu menganggap hobi adalah suatu yang memberatkan atau suatu keharusan. Manfaatkan waktu luangmu sesempit apapun untuk melakukan hobimu. Sehingga, pikiranmu akan kembali fresh dan semangatmu ter-recharge lagi.

Kira-Kira, Apa Hobi Kamu?

Terlalu banyak berpikir bisa membuat kamu menunda memiliki kegemaran dan akhirnya kamu akan bermalas-malasan lagi. Ayo, mulai aja dulu! Mau punya hobi apapun, mau belanja dari marketplace luar negeri manapun, pakai Titipbeliin aja!

Kamu tak perlu ragu atau bimbang karena Titipbeliin sudah terintegrasi dengan toko online yang ada di luar negeri, sehingga memudahkan kamu untuk belanja produk apapun tanpa terkendala. 

Semuanya pasti diurus dan kamu tinggal terima beresnya saja. Mulai dari pajak bea cukai, ongkos kirim, custom clearance, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pembayaran menggunakan mata uang rupiah dan transaksi dengan berbagai macam cara. 

Kamu juga bebas melakukan pembelian di Titipbeliin dari luar negeri maupun dari China. Jadi, kapan kamu mau menggeluti hobimu?

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.