iPhone vs Samsung Kamera, Baterai, Harga, Keawetan, Kualitas

iPhone vs Samsung: Kamera, Baterai, Harga, Keawetan, Kualitas

Sekarang ini, setiap brand smartphone ternama saling berlomba-lomba untuk menciptakan produk terbaik yang menjadi incaran banyak orang. Tidak terkecuali bagi brand smartphone iPhone dan Samsung. Jadi, tidak heran jika banyak bermunculan istilah iPhone vs Samsung.

Pasalnya, kedua brand tersebut mempunyai spesifikasi dan target pasar yang hampir sama. Misalnya, Samsung S23 Ultra vs iPhone 14 Pro Max yang kini sering dibicarakan di berbagai media sosial. Nah, untukmu yang ingin tahu lebih banyak tentang spesifikasi smartphone dari dua brand tersebut, simak ulasan di bawah ini!

iPhone vs Samsung: Menilik Kelebihan dan Spesifikasi Tiap Brand

Jika kamu masih bingung memilih antara iPhone vs Samsung, ketahui dulu kelebihan dan juga spesifikasi dari kedua brand smartphone populer tersebut di bawah ini!

1. Kamera

Samsung Galaxy S23 Ultra
Samsung Galaxy S23 Ultra | Sumber gambar: samsung.com

Bicara soal Samsung S23 Ultra vs iPhone 14 Pro Max, tentu tidak terlepas dari bagian kamera yang merupakan salah satu fitur unggulan mereka. Bahkan, smartphone keluaran dua brand ini selalu menjadi incaran banyak orang yang hobi fotografi.

Adapun untuk produk keluaran Samsung, terkenal dengan kamera serbaguna dengan berbagai opsi pengaturan. Bahkan, kini ada produk yang menggunakan tiga kamera belakang, termasuk kamera utama, makro, dan ultrawide. Contohnya seperti Samsung Galaxy S23 Ultra.

Pada tipe tersebut, kamera utamanya memiliki kualitas 200 MP, dengan lensa telefoto 10MP dan lensa ultrawide 12 MP. Jadi, sangat cocok jika Titipers suka foto-foto dengan hasil layaknya kamera profesional.

Sementara pada iPhone, fitur kamera yang tersedia tidak memiliki banyak opsi pengaturan. Akan tetapi, jika Anda mencari fitur ultrawide dan sejenisnya, iPhone telah mengakomodir fitur tersebut. Misalnya, iPhone 15 Pro Max yang memiliki kamera utama 48MP, ultrawide 12Mp, dan telefoto 5x.

Dengan kata lain, iPhone vs Samsung memiliki keunggulan dari segi fitur kamera yang tentunya sangat cocok bagi fotografer profesional maupun orang yang bekerja sebagai content creator.

Baca Juga: 10+ HP Kamera Terbaik 2 Jutaan (Terlaris 2024)

2. Baterai

iPhone 15 Pro Max
iPhone 15 Pro Max | Sumber gambar: ibox.co.id

Sudah menjadi rahasia umum, jika soal baterai iPhone vs Samsung, Samsung jauh lebih tahan lama daripada iPhone. Bahkan untuk tipe terbaru, smartphone keluaran Samsung bisa bertahan lebih dari satu hari dengan pemakaian normal. 

Sebagian besar smartphone Samsung sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Sementara iPhone, seperti tipe 15 Pro Max, hanya memiliki baterai berkapasitas 4.441 mAh.

Bukan cuma itu saja, pengisian baterai Samsung juga lebih unggul, karena telah dibekali fitur fast charging. Contohnya, seperti tipe S24 Ultra yang mendukung fast charging 45W dan S23 Ultra yang mendukung fast charging 25W. Sementara iPhone 15 Pro Max memiliki daya pengisian tidak lebih dari 27W.

Selain itu, bila membandingkan Samsung S23 Ultra vs iPhone 14 Pro Max, maka kapasitas baterai Samsung tetap lebih unggul 4855 mAh, sementara iPhone hanya 4323 mAh.

3. Harga

Samsung Galaxy Z Fold5
Samsung Galaxy Z Fold5 | Sumber gambar: samsung.com

Banyak orang mengira bahwa perbandingan dua brand smartphone ini hanya terbatas pada Samsung termahal vs iPhone termahal. Padahal sebenarnya kedua brand tersebut telah membagi kisaran harga ke dalam beberapa kategori.

Artinya, baik Samsung maupun iPhone, sama-sama memiliki smartphone untuk kategori entry level, mid-range, dan high-end. Berikut adalah rincian dari ketiga kategori smartphone iPhone vs Samsung.

a. Entry Level

Adapun untuk kategori entry level, Samsung memiliki tipe Galaxy A Series dengan kisaran harga antara $124.99 sampai $199.99.

Lalu untuk iPhone, mereka tidak menyediakan produk dengan harga di bawah $429, kecuali untuk tipe keluaran lama dengan software yang sudah tidak bisa di-update lagi.

b. Mid-Range

Sementara untuk kategori mid-range pada iPhone vs Samsung, Samsung memiliki tipe Galaxy A54 5G dengan harga $449.99. Selain itu, ada juga tipe Galaxy S23 FE dengan harga $599.99 di Amazon.

Lalu, untuk iPhone di kategori mid-range ada iPhone SE dengan harga $429 di Amazon serta iPhone 14/14 Plus dan iPhone 13 yang dibandrol dengan harga mulai dari $699.

c. High-End

Terakhir perbandingan harga Samsung termahal vs iPhone termahal, ada kategori high-end yang mayoritas produknya memiliki harga di atas $1.000. Contohnya seperti Galaxy S24 Plus dengan harga $1119.99 dan Galaxy S24 Ultra dengan harga $1419.99 di official websitenya. Selain itu, ada juga seri Fold dengan harga yang tidak jauh berbeda.

Kemudian, untuk iPhone kategori high-end yang bisa menjadi pilihanmu adalah iPhone 15 Pro seharga $999 dan iPhone 15 Pro Max seharga $1199 di Amazon.

4. Keawetan dan Kualitas

iPhone 14
iPhone 14 | Sumber gambar: ibox.co.id

Membandingkan iPhone vs Samsung sebenarnya bisa dilihat dari sistem operasi yang digunakan. Pasalnya, kedua brand smartphone ini menggunakan sistem operasi yang berbeda, yakni iOS dan Android.

Tak jarang, banyak pengguna yang lebih memilih smartphone keluaran Samsung, karena pengaturan Android yang lebih mudah disesuaikan. Akan tetapi, sekarang iOS juga terus mengembangkan sistemnya, agar semakin user-friendly.

Sekarang ini, Samsung sudah menggunakan One UI, sehingga kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan menggunakan One UI, pihak Samsung banyak menambahkan bloatware, sehingga memudahkan pengguna dalam menggunakan semua ikon dengan berbagai penyesuaian.

Lalu untuk iPhone, juga sudah memberikan fitur manajemen RAM yang lebih baik, sehingga bisa meningkatkan kelancaran perangkat lunak dan keamanan pengguna.

Adapun sistem operasi iOS pada iPhone cenderung lebih menekankan pada pengalaman yang lebih sederhana dan juga lancar. Hal inilah yang membuat keluaran produk iPhone memiliki kualitas yang lebih optimal.

Baca Juga: HP RAM 8GB Dibawah 3 Juta: Spesifikasi dan Review

iPhone vs Samsung, Manakah yang Layak Jadi Pilihan?

Jadi, perbedaan iPhone vs Samsung dapat kamu lihat dari kamera, baterai, harga, hingga keawetan dan kualitasnya. Tentunya, perbedaan Samsung termahal vs iPhone termahal mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

Apabila kamu menyukai sistem operasi Android dan sudah terbiasa dengan ekosistemnya, maka bisa memilih smartphone dari Samsung. Begitu pula sebaliknya, jika sudah terbiasa dengan sistem operasi iOS pada produk Apple, maka bisa memilih smartphone keluaran iPhone.

Smartphone manapun yang nantinya kamu pilih, pastikan membeli di seller yang terpercaya, ya. Salah satunya adalah di Titipbeliin. Jadi, sebenarnya Titipbeliin merupakan suatu produk jasa titip end to end. Kami bantu kamu untuk mengurus pembelian, pengiriman, hingga pajak bea cukai yang dibebankan pada kamu sebagai pembeli.

Layanan mereka melayani titip pembelian produk apapun, termasuk smartphone dari brand iPhone dan Samsung. Bukan hanya itu saja, mereka menerima layanan titipan produk dari negara Amerika, Hongkong, China, Inggris, hingga Singapura. 

Jadi, kamu sebagai customer, hanya perlu memilih iPhone vs Samsung, kemudian melakukan pembayaran dan tunggu barang sampai ke rumah. Semua prosesnya juga bisa kamu pantau melalui website titipbeliin.com. Sangat mudah, bukan?

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.