Mengenal Jasa Impor Door to Door

Mengenal Jasa Impor Door to Door, Sistem, hingga Keuntungannya

Membeli barang impor di marketplace luar negeri, mungkin sudah sering dilakukan. Tapi, apakah kamu pernah mendengar jasa impor door to door? Di Indonesia sendiri, jasa impor door to door, sudah mulai berkembang, untuk membantu melakukan kegiatan pembelian barang dari luar negeri. 

Namun, agar lebih tahu informasi terkait jasa impor door to door, mari simak informasi serta pengertiannya berikut ini terlebih dahulu. 

Pengertian Jasa Impor Door to Door

Jasa impor door to door merupakan salah satu program, yang dibuat dari penyedia layanan logistik impor, yang bisa sangat membantu kamu dan khususnya para pebisnis, yang baru memulai bisnis impor barang, misalnya dari China. 

Seperti yang memang sudah sering dilakukan juga, ada beberapa cara impor barang dari luar negeri, terutama dari China.

Baca Juga: Cara Belanja di Marketplace China Alibaba Buat Buka Usaha

Dengan jasa impor door to door, pembeli yang mayoritas pebisnis ini, akan lebih mudah, karena sistem lebih efisien. Misalnya, pembeli di sini tidak perlu lagi mengurus

berbagai hal, terlebih yang bersangkutan dengan proses impor barang, salah satunya adalah soal perizinan pajak atau bea cukai.

Tidak hanya China, dengan adanya jasa impor door to door ini juga, maka kini semakin banyak pula perusahaan penyedia jasa, layanan import barang dari luar negeri.

Misalnya seperti Amerika, Australia, Korea, hingga Singapura. Namun, di sini China masih menjadi negara yang masuk ke dalam supplier barang terbesar, yang masuk ke Indonesia.

Prosedur dan Cara Kerja Sistem Impor Door to Door

Lantas bagaimana prosedur dan cara kerja dari jasa impor door to door? Terlebih, jasa ini sangat baik untuk dimanfaatkan para importir, terutama untuk mendatangan barang ke Indonesia. 

Untuk layanan jasa ini memang terbilang mahal, akan tetapi jasa ini  ternyata memiliki sejumlah keuntungan yang ditawarkan. Keuntungan ini, tentunya juga bisa membuat para importir mendatangkan barang dari luar lebih efisien, dari segi waktu, tenaga maupun biaya.

Jika kamu importir, kira-kira bagaimana langkah-langkah yang harus dilewati, untuk prosedur ja impor door to door ini? Agar lebih paham, yuk simak gambaran prosedur tata cara impor dengan door to door :

1. Mengetahui informasi tentang barang impor yang akan dikirimkan

informasi tentang barang impor

Prosedur dan tata cara kerja jasa impor door to door yang pertama adalah dengan mengetahui informasi terkait barang impor yang akan dikirim. Setelah informasi didapatkan, kamu bisa langsung memberikan rincian barangnya, yang akan dikirimkan ke alamat kamu ke pihak jasa impor. Setelah itu, data rincian barang tersebut, akan dihitung, di inspeksi serta divalidasi. 

Dengan memberikan informasi rincian barang, maka pihak jasa impor akan mengirimkan barang pesanan berdasarkan keinginan pelanggan atau importir. Nah, jika proses tersebut sudah kamu lakukan, maka barang impor pesanan sudah bisa masuk ke dalam proses pengiriman.

2. Pengelompokkan barang sebelum dikirim

Pengelompokkan barang

Prosedur selanjutnya dari jasa impor door to door adalah melakukan pengelompokkan barang berdasarkan tujuannya dan jenis transportasi pengiriman yang digunakan. Misalnya, ada barang yang akan dikirim melalui kapal, maka barang-barang tersebut akan dikelompokkan menjadi satu. Selanjutnya, barang yang sudah dikelompokan berdasarkan tujuan dan jenis transportasi, akan dimasukkan ke dalam kontainer, lalu dikirimkan dengan kapal.

3. Pengangkutan barang

Pengangkutan barang mpor door to door

Sebelum pengelompokan barang tersebut sampai di kapal atau ke jenis transportasi tujuan, barang akan diangkut dengan berbagai armada, untuk bisa sampai ke kapal-kapal. Nah, dari situ barang akan diangkut menggunakan kapal dan alat transportasi lainnya, ke berbagai negara tujuan.

4. Pembayaran di bea cukai

bea cukai Sistem Impor door to door

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, prosedur dari jasa impor door to door juga ada proses pembayaran beacukai atau pajak, yang harus diurus. Kapan rincian pembayaran bea cukai diberikan dan harus dibayarkan?

Untuk pajak barang impor, importir akan membayarkan biaya tersebut, sebelum barang sampai ke tujuan, atau memasuki ke negara tujuan.

Prosedur ini memang wajib dalam proses pembelian barang impor, termasuk di jasa impor door to door. Pasalnya, tanpa melalui proses ini, barang akan dianggap ilegal atau tidak sah ketika masuk ke Indonesia.

Namun, disini pihak jasa impor door to door, akan membantu importir untuk memudahkan melakukan prosedur atau proses ini.

5. Pengantaran barang ke penerima

Pengantaran barang ke penerima

Proses selanjutnya yang dilakukan jasa impor door to door adalah membantu mengirimkan barang pelanggan, ke alamat tujuan tanpa harus dijemput oleh pelanggan itu sendiri. 

Sehingga, kamu tidak perlu menjemput barang impor pesanan kamu, di gudang penampungan barang impor di Indonesia. Disini pihak jasa impor door to door, yang akan mengantarkannya. 

Nah, di sini kamu tentu harus bisa menemukan jasa import door to door yang pastinya terpercaya, karena akan bertanggung jawab akan barang pesananmu. Bahkan, jika perlu perusahaan jasa impor yang dipilih harus memiliki pengalaman terlebih dahulu di bidangnya. 

Baca Juga: 5 Cara Cek Situs Marketplace Luar Negeri Agar Aman Belanja

Nah, daripada kamu beli barang impor di berbagai marketplace luar negeri, yang segalanya urus proses sendiri, jasa impor door to door ini bisa jadi solusi terbaik. Terlebih, bagi kamu para pemula yang baru melakukan kegiatan pembelian barang impor, sehingga jasa impor ini tentu akan sangat membantu. 

Pasalnya, pemula mungkin saja belum mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan pembelian import barang dari luar negeri. Misalnya seperti mengurus perijinan, PPN PPH, Bea Cukai dll, dalam proses impor.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba menggunakan jasa impor door to door, sepertinya wajib memperhatikan hal-hal berikut sebelum memilih jasa impor door to door yang tepat.

Tips Pilih Jasa Impor Door To Door Terbaik

  • Memiliki pengalaman serta memiliki cara kerja yang profesional.
  • Memberikan layanan terbaik, misalnya dalam melayani konsultasi, jenis jasa, serta tarifnya.
  • Memberikan informasi terkait penawaran metode pengiriman dan cara pembayaran yang paling efisien bagi Anda sebagai importir.
  • Pastikan perusahaan jasa import mampu memberikan layanan pengiriman barang sampai ke alamat Anda dengan cepat, aman dan tepat waktu.
  • Perusahaan jasa import dengan asuransi yang mengurangi resiko kerugian di kemudian hari bisa jadi pilihan Anda.

Dengan mengetahui tips di atas, dijamin kamu bisa menemukan jasa impor door to door yang bisa tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu. Pasalnya, jika kamu tidak menemukan jasa impor yang bagus, mungkin kamu tidak akan merasakan beberapa keuntungannya. Karena, jasa impor ini juga memiliki keuntungan terlebih jika dibandingkan dengan belanja barang impor biasa di marketplace luar negeri.

4 Keuntungan Jasa Impor Door To Door

1. Memiliki cara dan sistem kerja yang efisien

efisien Jasa Impor door to door

Keuntungan menggunakan jasa impor door to door yang pertama adalah kamu bisa membeli barang impor dengan lebih mudah dan praktis. Pasalnya, sistem dan cara kerja jasa impor ini, cukup efisien. 

Alurnya, kamu cukup melakukan transaksi pembelian barang impor, dengan supplier atau penjual yang ada di luar negeri, seperti di China. Selanjutnya, jika transaksi telah berhasil, barang pesananmu, akan dikirimkan ke gudang pihak jasa pengiriman yang ada di China. 

Praktisnya, dengan membeli barang lewat jasa ini, kamu tidak perlu mengurus masalah Cukai, perizinan, keamanan, dan lainnya. Karena, semua hal tersebut sudah ditanggung oleh pihak jasa pengiriman. 

Sehingga, di sini kamu hanya tinggal menunggu barang datang, sampai di Indonesia dan sampai ke alamatmu. 

2. Biaya dan harga barang sudah lengkap satu paket

Biaya dan harga Jasa Impor door to door

Keuntungan belanja barang luar negeri menggunakan jasa impor door to door selanjutnya adalah semua harga belanjaanmu, akan diakumulasi dalam satu paket. Misalnya, biaya-biaya dari handling export, stuffing, trucking, warehousing, PPN PPH, dan lainnya.

Bahkan, hal-hal yang masuk ke bagian seperti garansi dan asuransi, juga sudah termasuk dalam paket jasa pengiriman barang impor ini. 

Maka dari itu, para importir atau pembeli, tidak perlu repot-repot menghitung dan mengeluarkan biaya lagi, ketika berurusan dengan pihak bea cukai atau custom.

3. Bisa pilih estimasi jangka waktu pengiriman

estimasi jangka waktu Jasa Impor door to door

Keuntungan berikutnya dari jasa impor door to door adalah importir bisa memilih waktu pengirimannya sendiri. DI sini, ada dua cara pengiriman barang impor yang biasa dilakukan, yakni melalui udara (pesawat) dan laut (kapal). 

Seperti yang diketahui, pengiriman jalur udara tentu saja akan lebih cepat, ketimbang melalui laut. Sehingga, jika kamu ingin waktu pengiriman yang lebih cepat, maka bisa memilih jasa pengiriman udara. 

Karena cepat, tentunya estimasi biayanya juga lebih mahal dari pada lewat jalur laut. Karena pengiriman melalui udara bisa 5x lebih cepat, ketimbang pengiriman lewat laut.

4. Membantu menekan pengeluaran biaya.

menekan pengeluaran biaya Jasa Impor door to door

Keuntungan dari jasa impor door to door yang terakhir adalah bisa membantu menekan pengeluaran biaya. Karena, kamu hanya membayar biaya akumulasi sekali, dan harga pun cukup sesuai dengan fisik barang (volume/berat), hingga diterima dari door tujuan (on the truck), bahkan hal tersebut juga tidak terpengaruh berapa nilai invoicenya.

Bagaimana? Mau coba belanja produk luar negeri menggunakan jasa impor door to door? Kamu juga bisa loh, beli barang impor mudah dan praktis lewat Titipbeliin.com, di mana sistem dan alurnya sama dengan jasa impor door to door. 

Kamu bisa pilih barang luar negeri yang diinginkan, di dalam situs Titipbeliin.com itu sendiri, atau situs marketplace luar negeri lainnya, seperti Amazon atau Alibaba. Setelah itu, kamu tinggal salin link ke situs Titipbeliin.com dan estimasi akumulai harganya bisa langsung terlihat. 

Tidak hanya bisa beli satuan, di Titipbeliin.com juga bisa beli produk impor borongan atau dalam skala besar. Biasanya, pembelian barang dalam jumlah besar, dilakukan para importir untuk berbisnis. 

Yuk, cek produk impor yang ingin kamu beli, terlebih belum ada di Indonesia, melalui Titipbeliin.com! 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.