Top 10 Peluang Ekspor dengan Keuntungan Menjanjikan

Top 10 Peluang Ekspor dengan Keuntungan Menjanjikan

Ekspor adalah kegiatan perdagangan internasional yang kini dilakukan oleh banyak negara, termasuk Indonesia. Apalagi sekarang ada banyak peluang ekspor yang bisa dilakukan Indonesia dengan keuntungan yang menjanjikan.

Oleh karena itulah, tidak heran jika semakin banyak pengusaha di Indonesia yang tertarik untuk mengekspor produk bisnisnya ke negara lain. Meski begitu, sebenarnya hal ini tidak terlepas dari berbagai peluang dan tantangan perusahaan ekspor era Revolusi Industri 4.0 yang perlu dipahami pengusaha.

Lantas, apa saja peluang produk ekspor asal Indonesia yang memiliki potensi keuntungan menjanjikan? Temukan ulasan selengkapnya seputar produk ekspor dalam artikel ini!

10 Produk Indonesia dengan Peluang Ekspor Menjanjikan

Di bawah ini adalah berbagai peluang ekspor di Indonesia yang bisa mendatangkan keuntungan besar bagi para pengusaha.

1. Rempah-Rempah

Rempah-rempah
Rempah-rempah | Sumber gambar: pexels.com

Peluang ekspor di Indonesia yang pertama adalah rempah-rempah. Seperti yang diketahui, bahwa sejak masa penjajahan, rempah-rempah menjadi salah satu komoditas andalan Indonesia. Bahkan, saat ini potensi ekspor aneka rempah dari Indonesia juga terbilang besar, khususnya pada pasar Eropa.

Umumnya, pengusaha Indonesia akan membidik selera orang Eropa dengan menciptakan produk rempah campuran atau spice blends. Tentu saja dengan karakteristik yang sudah disesuaikan dengan lidah mereka.

Selain itu, rempah-rempah dari Indonesia juga dapat digunakan sebagai campuran aneka produk, misalnya peluang ekspor jahe merah untuk suplemen kesehatan.

Baca Juga: 10 Manfaat Ekspor Bagi Negara dan Masyarakat Indonesia

2. Tekstil

Tekstil
Tekstil | Sumber gambar: pexels.com

Peluang ekspor dari Indonesia yang selanjutnya datang dari industri tekstil. Sekarang ini, industri tekstil Indonesia memang terbilang maju. Bahkan, tujuan pemasarannya sudah mencapai lebih dari 20 negara. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pengusaha tekstil yang menjelajahi potensi tekstil pada pasar internasional.

Sebagai informasi, bahwa salah satu potensi pasar tekstil Indonesia ada pada bidang fashion. Itulah mengapa, kini banyak UMKM yang menjual produk fashion lokal ke luar negeri, karena daya tarik khusus yang dimilikinya. Misalnya, seperti kain tradisional yang diolah menjadi pakaian dengan desain kekinian.

3. Kopi

Biji kopi
Biji kopi | Sumber gambar: pexels.com

Sampai sekarang, kopi masih menjadi komoditas ekspor yang sangat potensial bagi Indonesia. Apalagi pasar kopi Indonesia tidak hanya negara-negara Eropa, tetapi juga sudah menyebar hingga ke Asia, Amerika, serta Timur Tengah.

Artinya, para pengusaha kopi Indonesia bisa menjadikan potensi ini sebagai peluang ekspor yang menjanjikan, dengan memasarkan kopi ke luar negeri. Adapun selain biji kopi single origin beserta olahannya, biasanya pengusaha juga akan memasarkan minuman kopi kemasan.

4. Kakao

Kakao
Kakao | Sumber gambar: pexels.com

Tak hanya kopi, kakao atau coklat juga menjadi komoditas yang banyak dicari di pasar internasional. Hal inilah yang membuat pengusaha kakao Indonesia melihatnya sebagai peluang besar.

Bahkan, pada tahun 2022 lalu, kakao hasil panen dari Sumatra Utara berhasil mencatat potensi ekspor dengan angka yang memuaskan. Hal inilah yang membuat potensi ekspor kakao Indonesia bisa dikatakan setara dengan eksportir dari negara penghasil coklat lainnya, seperti Belgia, Perancis, dan Swiss.

5. Tanaman Obat

Tanaman obat kumis kucing
Tanaman obat kumis kucing | Sumber gambar: wikipedia.org

Tanaman obat dan aromatik juga menjadi salah satu peluang ekspor di Indonesia yang cukup menjanjikan. Termasuk juga jahe merah yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.

Seperti yang diketahui, bahwa peluang ekspor jahe merah cukup besar, sama seperti tanaman kunyit, kumis kucing, dan meniran.

Hingga saat ini, bisnis ekspor tanaman obat Indonesia memang terus berkembang. Apalagi tanaman obat di Indonesia belum semuanya dieksplor lebih jauh, sehingga potensinya di pasar internasional akan selalu ada.

Adapun menurut BPOM, Indonesia saat ini memiliki lebih dari 9.000 spesies tanaman serta hewan berkhasiat yang masih belum dijelajahi. Hal inilah yang sekarang sedang dilakukan pemerintah Indonesia untuk terus menggali peluang ekspor jahe merah maupun tanaman khusus lainnya.

Baca Juga: Syarat Ekspor dan Cara Mengurusnya Terbaru 2024

6. Produk Bahari

Produk bahari berupa ikan
Produk bahari berupa ikan | Sumber gambar: pexels.com

Sebagai negara maritim, tentu saja produk bahari Indonesia memiliki peluang ekspor yang sangat besar. Ditambah lagi selama beberapa tahun terakhir, pemerintah Indonesia terus berusaha menggenjot produk bahari sebagai sektor ekspor yang menjanjikan, terutama pada pasar Uni Eropa.

Adapun produk bahari asal Indonesia yang menjadi favorit, antara lain ikan-ikanan, cumi-cumi, tuna, sotong, hingga cakalang. Menariknya lagi, hasil rumput laut, udang, dan aneka produk olahan ganggang asal Indonesia juga memiliki peluang besar di pasar internasional, seperti Eropa.

7. Produk Kelapa dan Kelapa Sawit

Pohon kelapa
Pohon kelapa | Sumber gambar: pexels.com

Sudah sejak lama, produk turunan kelapa dan kelapa sawit menjadi komoditas ekspor andalan Indonesia. Peluang ekspor yang besar ini juga dipengaruhi dengan banyaknya produk turunan kelapa dan kelapa sawit asal Indonesia yang menjadi incaran berbagai industri di seluruh dunia.

Misalnya, seperti industri pembuatan minyak goreng, pembersih, produk kecantikan, hingga sabun. Inilah yang membuat produk turunan kelapa dan kelapa sawit bisa dijual dalam berbagai bentuk. Tidak terkecuali peluang ekspor sabut kelapa yang juga memiliki banyak peminat di pasar internasional.

8. Perabotan dari Kayu, Rotan, dan Bambu

Perabotan lokal
Perabotan lokal | Sumber gambar: pexels.com

Walaupun ekspor perabotan Indonesia memiliki banyak persaingan di Asia Tenggara, khususnya Vietnam dan Malaysia, tetapi para pengusaha masih bisa mencari celah untuk memasarkan produk perabotan mereka.

Khususnya perabotan dari pengrajin lokal yang umumnya memiliki ciri khas tersendiri Contohnya, seperti perabotan kayu jati khas Jepara ataupun perabotan dari rotan dan bambu. Hal inilah yang membuat peluang ekspor perabotan lokal masih relatif besar.

9. Kuliner Khas

Ekspor rendang
Ekspor rendang | Sumber gambar: liputan6.com

Meski popularitasnya tidak sebanding dengan produk ekspor lain, tetapi peluang ekspor kuliner khas Indonesia tetap memiliki pasarnya sendiri. Apalagi kini banyak orang yang tertarik dengan kuliner Indonesia yang memiliki cita rasa khas. 

Selain memasarkan produk, kamu juga bisa menjawab kebutuhan konsumen terhadap pangan atau kuliner tersebut. Khususnya bagi orang Indonesia yang tinggal di negara lain dan ingin mengonsumsi kuliner asli Tanah Air. Adapun ide menjual produk kuliner ke luar negeri bisa dilakukan dengan variasi makanan kalengan yang lebih tahan lama.

10. Handycraft

Produk handycraft macrame
Produk handycraft macrame | Sumber gambar: tokopedia.com

Peluang ekspor yang terakhir adalah handycraft. Sekilas, usaha di bidang kerajinan tangan ini memang terlihat memiliki prospek bisnis yang rendah. Hal ini disebabkan karena keuntungan yang didapat cenderung tidak terlalu tinggi.

Namun, sebenarnya produk handycraft adalah barang-barang kreatif yang populer dan banyak dicari di pasar internasional. Oleh karena itulah, beberapa tahun terakhir mulai banyak pengrajin lokal Indonesia yang menjual produk handycraft nya ke pasar internasional.

Baca Juga: Top 10 Oleh Oleh Hongkong Terpopuler dan Tempat Belinya

Sudah Lebih Tahu tentang Peluang Ekspor Produk Asli Indonesia?

Jadi, itu dia sepuluh peluang ekspor di Indonesia yang hingga kini masih terus berkembang dan bersaing dengan negara lain di pasar internasional, yakni mulai dari rempah-rempah hingga handycraft

Dengan semakin banyaknya pengusaha lokal Indonesia yang berhasil menjual produknya ke luar negeri, maka akan semakin banyak orang yang mengenal produk-produk lokal Indonesia.

Apalagi ada banyak potensi produk asli Indonesia yang bisa dipasarkan ke luar negeri. Termasuk juga peluang ekspor madu yang sekarang ini masih terus dioptimalkan oleh pengusaha lokal.

Sementara untuk kamu yang ingin membeli produk tertentu dari luar negeri, seperti China, Singapura, dan Amerika, maka bisa menggunakan jasa dari Titipbeliin. Singkatnya, Titipbeliin adalah layanan jasa titip end-to-end, sehingga kamu tidak perlu repot dengan urusan pengiriman hingga pajak barang.

Pasalnya, nanti semua urusan pengiriman hingga pajak, akan diurus langsung oleh tim Titipbeliin. Jadi, kamu cukup mengirimkan link produk yang ingin dibeli, kemudian melakukan pembayaran dengan berbagai pilihan metode pembayaran yang tersedia. Terakhir, tunggu produk incaranmu sampai ke rumah. Proses yang sangat mudah, bukan?

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.