Percobaan Pengiriman Paket Gagal? Ini Tips dan Trik Cara Mengatasinya!

Percobaan Pengiriman Paket Gagal? Ini Tips dan Trik Cara Mengatasinya!

Apakah kamu seorang penjual ataupun pembeli barang melalui online shop? Jika iya, kamu pasti bisa mengalami percobaan pengiriman paket gagal? Kamu wajib baca artikel ini sampai habis untuk cari tahu sebab dan cara mengatasinya. 

Sebenarnya, ada banyak faktor yang bisa membuat paket kamu jadi gagal terkirim. Beberapa alasannya seperti alamat yang tidak ditemukan, pengiriman yang overload, sampai si penerima menolak kiriman paket. 

Tapi, Titipers gak perlu khawatir! Sekarang sudah ada banyak cara yang bisa kamu lakukan supaya pengiriman paket kamu tidak gagal. Yuk, simak caranya di bawah ini. 

Apa yang Dimaksud Percobaan Pengiriman Paket Gagal? 

Buat kamu yang belum pernah mengalami pengiriman paket yang gagal, tidak ada salahnya, kok, untuk memahami dulu apa itu percobaan pengiriman paket gagal. Pengetahuan ini akan berguna saat kamu mengalaminya suatu hari nanti, kamu jadi bisa mengatasinya. 

Baca Juga: Apa itu POD dan E-POD? Ini Penjelasan Terlengkap 2023

Percobaan pengiriman paket gagal ini adalah sebuah kondisi ketika penerima tidak menerima barang, padahal kurir sudah berusaha mengirimkannya. Biasanya, konsumen akan menerima notifikasi kegagalan paket ketika melakukan cek resi. 

Penyebab Pengiriman Paket Gagal 

Kondisi seperti ini sudah sewajarnya terjadi dalam dunia ekspedisi. Ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab gagal pengiriman paket bisa terjadi, antara lain:

  • Lewat jam operasional pengiriman.
  • Penerima paket sedang tidak berada di tempat atau alamat yang tercantum di paket. 
  • Alamat penerima tidak bisa ditemukan. 
  • Penerima menolak kiriman paket karena alasan tertentu, seperti pengirim yang mencurigakan dan sebagainya. 
  • Pengiriman dari suatu ekspedisi sedang mengalami overload
  • Nomor telepon penerima paket tidak bisa dihubungi. 
  • Packing bermasalah. 
  • Paket telah diambil langsung ke kantor. 
  • Kesalahan pengiriman paket. 
  • Kurir membawa terlalu banyak paket barang. 
  • Jadwal pengiriman paket yang berubah. 
  • Kesalahan kode pengiriman.
  • Paket yang hilang. 
  • Perubahan waktu dari konsumen. 
  • Kendala-kendala lainnya dari ekspedisi.

Cara Mengatasi Percobaan Pengiriman Paket Gagal 

Cara Mengatasi Percobaan Pengiriman Paket Gagal

Pengiriman paket gagal memang kerap terjadi dan kalau sudah terjadi hal ini tentunya akan membuat kesal pihak seller maupun konsumen. Namun, jika sudah terlanjur terjadi, apa yang bisa kita lakukan supaya masalah pengiriman paket bisa teratasi? 

Tidak perlu khawatir lagi! Ini dia cara mengatasi percobaan pengiriman paket gagal. 

1. Cek Resi 

Cek kembali resi pengiriman. Biasanya, informasi resi akan memuat informasi penyebab paket mengalami gagal pengiriman. Cek juga paket tersebut sedang ada di mana atau lokasi terkini dari paket tersebut. 

2. Ajukan Komplain 

Jika masalah kegagalan pengiriman paket tersebut berasal dari jasa pengiriman, maka silakan komplain ke pihak call center dari ekspedisi yang bersangkutan. Salah satu tips yang bisa Titipers lakukan supaya keluhan kamu cepat mendapat respon adalah dengan menghubungi ekspedisi melalui media sosial. 

Kalau kamu seorang pembeli, dan paketmu gagal sampai di rumah, kamu juga bisa hubungi drop point atau warehouse ekspedisi yang ada di wilayah tempat tinggalmu. Tanyakan, apakah ada paket milikmu di lokasi tersebut.

Baca Juga: SLA: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya dalam Bisnis Logistik

Apabila masalah tersebut ada pada konsumen yang menolak paket, maka Titipers bisa mengurus pengembalian paket. Jika kamu seorang pembeli, dan masalah kegagalan pengiriman paket ada di penjual, maka komplainlah kepada penjual tersebut. 

3. Manfaatkan Fitur Live Chat 

Baik kamu seorang seller maupun buyer, sebaiknya memanfaatkan fitur satu ini. Fitur live chat biasanya tersedia di berbagai e-commerce. Fitur ini membantu mempermudah komunikasi antara seller dan buyer supaya masalah bisa cepat terselesaikan. 

Kalau kamu seorang penjual, sebaiknya minta maaf kepada konsumen sekalipun bukan kamu yang membuat kesalahan tersebut. Aksi ini bisa jadi poin plus buat toko online kamu, disamping menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen. 

4. Ajukan Pengiriman Ulang 

Baik kamu seorang seller maupun buyer, kamu bisa minta pengiriman ulang. Biasanya, paket yang gagal dikirim akan dikembalikan ke warehouse atau gudang dari ekspedisi tersebut. 

Kamu bisa hubungi call center supaya paketnya dikirimkan ulang atau bisa juga hubungi kontak kurir yang biasa mengantarkan paket kamu ke rumah. 

Tips Agar Terhindar dari Percobaan Pengiriman Paket Gagal

Tips Agar Terhindar dari Percobaan Pengiriman Paket Gagal

Siapapun pasti tidak ingin mengalami yang namanya pengiriman paket gagal. Terkadang ada beberapa hal yang di luar kendali kita sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tersebut pun terjadi. 

Tapi, tidak ada salahnya kan supaya kita lebih mengantisipasi pengiriman paket yang gagal. Simak tips terhindar dari percobaan pengiriman paket gagal. 

1. Periksa Ulang Data Diri 

Seringkali kurir melakukan kesalahan pengiriman karena alamat yang tidak jelas dan nomor telepon yang susah dihubungi, khususnya untuk rumah-rumah yang tidak ada nomornya.

Tidak dipungkiri, banyak daerah di Indonesia yang tidak menggunakan sistem penomoran rumah. Ini biasanya terjadi di daerah pedesaan. 

Oleh karena itu, Titipers bisa konfirmasi lagi kepada konsumen apakah data yang dimasukkan sudah benar. Cek juga paket yang dipesan sebelum melakukan packing supaya tidak terjadi kesalahan. 

Kalau Titipers seorang konsumen, sebaiknya tuliskan patokan tertentu supaya kurir tidak kebingungan menemukan rumahmu. 

2. Pilih Ekspedisi Terpercaya

Ada banyak sekali ekspedisi yang kurang terpercaya. Seringkali paket tidak sampai atau bahkan menghilang. Kamu bisa cek track record dari ekspedisi pilihan kamu sebelum kamu menggunakan jasanya di internet. Salah satu contoh ekspedisi terpercaya yang bisa kamu gunakan adalah Pos Indonesia.  

3. Terapkan Asuransi 

Kalau kamu mengirimkan paket, sebaiknya pakai asuransi. Seringkali ekspedisi tidak menanggung kehilangan atau kerusakan paket. Oleh karena itu, sebaiknya Titipers memanfaatkan asuransi sebelum mengirim atau membeli barang online agar lebih aman. 

Siap Terhindar dari Pengiriman Paket Gagal?

pengiriman anti gagal

Nah, sekarang kamu sudah tahu cara mengatasi percobaan pengiriman paket gagal dan tips untuk melakukannya? Jadi, sekarang Titipers nggak perlu takut lagi kalau kirim barang! Selain itu, titipers juga bisa memesan barang dari luar negeri melalui titipbeliin.id. Jasa penitipian ini jelas terpercaya dan tidak akan menghasilkan percobaan pengiriman paket gagal. Jadi, tanpa berlama lagi, kunjungi lamannya sekarang juga dan dapatkan penawaran terbatas!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.