Sebelum Berenang Sebaiknya Melakukan Apa

Sebelum Berenang Sebaiknya Melakukan Apa? Inilah Tipsnya!

Olahraga renang menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa kamu pilih untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum terjun ke kolam renang. Kira-kira dapatkah kamu menebak, sebaiknya sebelum berenang melakukan apa? Cek jawabannya di bawah ini!

Sebelum Berenang Sebaiknya Kamu Melakukan Persiapan Ini!

Persiapan sebelum berenang

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan siapkan sebelum melakukan aktivitas berenang. Karena olahraga renang termasuk yang menguras tenaga meskipun nampaknya enteng saja. Semua anggota badan bergerak di dalam air. Jadi, sebaiknya kamu mempersiapkan hal-hal berikut ini:

1. Makan Secukupnya Saja

Hal yang perlu kamu pastikan saat sebelum berenang adalah isi perut. Jika memang belum makan, maka makanlah sesuap dan tidak boleh kalap. Kalau bisa jangan sampai kamu kekenyangan. Mengapa tidak boleh terlalu kenyang?

Ternyata perut yang terisi penuh atau berlebihan bisa beresiko untuk kamu, karena membuat mual bahkan bisa saja kamu memuntahkan isi perut saat berenang di dalam kolam. 

Kalau bisa, kamu memberikan jeda waktu yang cukup lama untuk waktu makan dan saat melakukan aktivitas renang. Normalnya adalah tiga jam sebelum mulai berenang.

Baca Juga: Usaha Makanan Ringan Serba 1000 Tahun 2022 Paling Cuan!

Daripada mengisi perut dengan makanan berat, contohnya nasi, akan lebih tepat kalau kamu memakan makanan ringan sebelum berenang untuk mengganjal perut. Alangkah baiknya lagi, jangan sesekali makan saat berenang. Cukup menghidrasi tubuh dengan minum air putih agar tidak kehabisan cairan tubuh.

2. Sebelum Berenang Sebaiknya Melakukan Pemanasan

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan sebelum berenang adalah pemanasan. Ini menjadi hal yang penting dan memang harus kamu kerjakan. Bisa dengan berlari-lari kecil atau jogging. Kamu juga bisa berlompat-lompat ringan dan tentu saja meregangkan anggota badan.

Dengan melakukannya, tubuh kamu akan lebih siap melakukan aktivitas berat seperti berenang. Langsung terjun ke kolam tanpa pemanasan sangatlah berbahaya dan tidak disarankan. 

Jika kamu berenang tanpa melakukan peregangan atau pemanasan ini, maka potensi bagian tubuh mengalami kram akan tinggi. Sangat berbahaya jika keram ini terjadi di perut saat berenang.

Maka dari itu, jangan sesekali berenang tanpa mengerjakan pemanasan di awal. Dahulukan pemanasan sebelum aksi.

3. Membilas Dahulu Badan di Pancuran

Sebelum kamu terjun ke kolam renang, biasakanlah untuk membilas diri atau mandi di bawah pancuran. Mengapa perlu melakukan hal ini?

Fungsi membilas diri sebelum terjun ke dalam kolam renang adalah untuk menyiapkan badan. Tubuh biasanya perlu penyesuaian dengan suhu kolam renang yang ada. Untuk membuat suhu badan lebih siap saat berenang, caranya adalah dengan membilas badan.

Selain mempersiapkan badan, membilas badan dengan air di bawah pancuran juga berguna untuk membersihkan badan. Namun, aktivitas sebelum berenang ini kerap kali terabaikan oleh orang-orang, padahal amat penting.

Jika badan tidak siap dengan suhu kolam, maka bisa terkena masuk angin. Berawal dari masuk angin itu, maka timbul masalah-masalah lainnya, seperti batuk atau pilek. Pastinya kamu tidak ingin kan mengalami hal-hal tersebut?

4. Siapkan Air Minum

Salah satu hal penting saat berolahraga adalah tetap mempertahankan cairan dalam tubuh. Menjadi tidak baik kalau ingin sehat dengan melakukan olahraga malah menjadi dehidrasi.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan persiapan air minum untuk tetap menghidrasi badan, terutama sebelum berenang. Biasanya cukup dengan air mineral saja. 

Namun, kini juga ada trend untuk meminum infuse water untuk menyegarkan badan atau kamu juga bisa menyiapkan minuman vitamin C sebagai pengganti air mineral.

5. Memakai Baju Renang Terbaik

Komponen penting dalam olahraga berenang tidak hanya kolam renang dan badan kamu, ada juga baju renang. Memakai baju renang yang sesuai akan berpengaruh pada hasil olahraga renang. Sebelum berenang sebaiknya melakukan persiapan baju renang yang terbaik.

Salah satu syarat baju renang yang sesuai adalah warnanya mencolok. Mengapa harus warnanya mencolok? Ini untuk menjadi langkah preventif. 

Ketika terjadi apa-apa seperti insiden tenggelam orang lain bisa segera menyelamatkan kamu. Apalagi ketika berenang di pantai, memakai baju renang yang mencolok sangatlah penting.

Kamu tidak perlu khawatir atau bingung mencari baju renang yang kualitasnya bagus. Bahkan kini kamu bisa mendapatkan baju renang import keluaran luar negeri yang bahannya terbaik dengan mudah lewat via Titipbeliin.com

Tersedia berbagai motif dan bentuk baju renang yang bisa kamu sesuaikan dengan selera. Mulai dari baju renang seksi untuk wanita hingga baju renang tertutup khusus wanita muslim. Ada juga baju renang khusus pria dewasa dan anak-anak. Harganya cukup beragam, namun kualitasnya tidak perlu kamu ragukan.

6. Beristirahat dan Menjaga Kondisi Badan Tetap Segar Bugar

Sebelum berenang sebaiknya kamu melakukan istirahat dengan cukup. Hal ini sangat penting karena olahraga renang termasuk aktivitas berat. Kondisi badan yang baik akan memaksimalkan hasil olahraganya untuk tubuh.

Beli Peralatan Renang dari Marketplace Luar Negeri?

beli di marketplace amazon

Sebelum berenang, sebaiknya kamu melakukan hal-hal yang tertera di atas. Karena sejumlah tips di atas sangat berguna untuk kamu agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, apakah sekarang kamu lebih siap untuk berenang?

Nah, bagi kamu yang sedang mencari baju renang dengan kualitas terbaik atau berbagai peralatan renang lainnya yang lebih profesional. Kamu bisa mengunjungi marketplace Amazon atau China 1688 jika ingin menjualnya kembali.

Karena Amazon terkenal memiliki peralatan renang import terbaik yang tidak perlu ragukan lagi kualitasnya. Sedangkan China 1688 adalah marketplace yang menawarkan segala jenis barang dari China, termasuk peralatan renang dengan harga yang lebih murah dari Alibaba.

Artikel Terkait

7 Model Baju Couple keluarga Modern Terbaik 2023

7 Model Baju Couple keluarga Modern Terbaik 2023

Untuk menghadiri acara tertentu, kamu pasti memerlukan model baju couple keluarga modern yang pas. Misalnya kamu ingin menghadiri acara wisuda, merayakan momen lebaran, Natal, menghadiri

Begini Cara Menghitung Harga Jual yang Benar

Begini Cara Menghitung Harga Jual yang Benar

Cara Menghitung Harga Jual – Supaya bisnis tetap bertumbuh, pebisnis wajib memiliki pendapatan dari bisnis yang mereka jalankan. Adapun cara memiliki pendapatan pada suatu bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.