Sejarah Single Day dari China

Sejarah Single Day dari China atau 11.11 Beserta Faktanya

Sudah tahu sejarah Single Day dari China, yang saat ini diperingati sebagai hari belanja online, yakni pada tanggal 11 November atau 11.11. Buat kamu yang baru tahu, 11.11 saat ini memang lebih dikenal sebagai hari belanja online, namun sebelum dijadikan sebagai hari belanja online, 11.11 lebih dulu dikenal sebagai peringatan Single Day.

Jadi, selain sibuk berburu promo menarik di toko-toko online, 11.11 juga sangat ditunggu-tunggu para kaum jomblo di China, untuk berlibur hingga bersenang-senang. Lantas, bagaimana sejarah sampai peringatan Single Day ini bisa dikenal? Yuk, simak di sini. 

Sejarah Single Day dari China

Single Day atau Hari Kaum Jomblo ini biasa disebut Guanggun Jie, Guānggùn Jié atau Kuang-kun chieh, yang artinya adalah liburan untuk para kaum jomblo. Di negara asalnya China, peringatan ini cukup populer bahkan para jomblo di sana bangga akan status lajang mereka. 

Mengapa? Karena, di peringatan Single Day mereka para kaum jomblo, bisa melakukan hal apa saja yang mereka inginkan. 

11.11 Jadi Tanggal Unik untuk Menikah

Tanggal Unik untuk Menikah 11.11

Meski tidak digunakan sebagai hari libur resmi, namun 11.11 juga sering dijadikan tanggal terbaik untuk menggelar pernikahan. Bahkan, laporan pada tahun 2011, setidaknya ada 4.000 pasangan di Beijing menggelar pernikahan saat perayaan Single Day.

Sejarah Single Day dari China ini muncul berawal dari beberapa mahasiswa di Nanjing University, China, yang sengaja ingin merayakan kesendiriannya, pada Suatu malam di tahun 1993.

Tercipta dari Rasa Kesepian 4 Mahasiswa 

Rasa Kesepian - Single Day dari China

Setidaknya ada empat mahasiswa Nanjing University, China yang berkumpul di salah satu kamar asrama. Sama seperti mahasiswa Indonesia, yang sering mengeluhkan status jomblo mereka ketika sedang berkumpul, mahasiswa di China ini pun begitu. 

Selain update kehidupan pendidikan, sosial, keluarga, hingga politik, para mahasiswa biasanya, juga berdiskusi banyak hal terkait percintaan. Bagi yang berstatus jomblo, mungkin akan mengeluhkan bagaimana cara mereka bisa mengusir rasa kesepian, akibat lama tak memiliki kekasih.

Karena begitu rasa kesepian begitu menyiksa, akhirnya salah satu mahasiswa tersebut mencetuskan ide, untuk merayakan kesendirian tepat pada tanggal 11 November. 

Tanggal 11 November juga dipilih para mahasiswa tersebut, karena tanggal tersebut memiliki banyak angka 1. 

Single Day Dianggap Sebagai Peringatan “Pemberontakan” Oleh Kaum Jomblo Laki-laki

Jomblo Laki-laki - Single Day

Dari keisengan empat mahasiswa tersebut, Single Day juga dianggap sebagai perayaan “pemberontakan” akan adanya tekanan sosial, yang menuntut seseorang untuk memiliki kekasih, seperti yang dikutip dari South China Morning Post.

Jika Hari Valentine dikenal sebagai hari kasih sayang, peringatan Single Day justru sering dipandang sebagai kebalikannya  dari hari kasih sayang tersebut. 

Sejarah Single Day di China juga awalnya hanya dirayakan oleh kaum pria saja, akan tetapi seiring berjalannya waktu, para perempuan di China juga turut ikut serta merayakan peringatan Single Day ini. 

Fakta-fakta Single Day 

1. Berawal dari Lelucon Anti Valentine

Valentine - Single Day dari China

Selain sejarah Single Day dari China, ada fakta menarik juga di balik peringatan Single Day. Pertama, peringatan ini berawal dari lelucon di kalangan mahasiswa sebagai hari perayaan anti Valentine. 

Baca Juga: Daftar Produk Luar Negeri yang Akan Masuk Indonesia

Jadi, selain sebagai peringatan “pemberontakan” kaum jomblo laki-laki, Single Day ternyata juga dianggap sebagai peringatan anti valentine day baik untuk para pria maupun wanita lajang. Karena begitu melekat, Single Day pun masih terus ada dan berkembang hingga saat ini. 

2. Peringatan Awal Single Day Pada Tahun 1993

Peringatan Awal Single Day

Sama seperti cerita sejarah Single Day dari China sebelumnya, awal mula dirayakan 11.11 adalah karena adanya mahasiswa laki-laki yang sedang membahas soal status percintaan, di asrama Universitas Nanjing. 

Kala itu pada 11 November 1993, mahasiswa laki-laki dari asrama Mingcaowuzhu mencari jalan keluar dari rasa kesepian. Lalu mereka berpikir bahwa “semua laki-laki lajang” di Universitas Nanjing harus bisa bahagia meski melajang.

3. Dipilih Karena Memiliki Arti

Tanggal 11.11 Memiliki Arti

Para mahasiswa tersebut memilih tanggal tersebut memang sengaja. Tanggal 11.11 dipilih karena menurut mereka, angka 1 bisa menyerupai Tongkat Kosong dan melambangkan kesendirian dan angka 1 adalah angka kesepian.

4. Diperingati Dengan Cara Bersenang-senang

Bersenang-senang - Single Day

Fakta selanjutnya dari Single Day ini adalah, hari yang diperingati dengan cara sederhana. Mereka yang memperingati Single Day, bisa merayakan dengan cara berlibur bersama para lajang lainnya, lalu mereka saling berbagi makanan. 

Makanan yang dibagikan biasanya berupa adonan stik goreng (yóutiáo). Mereka juga akan melakukan berbagai hal yang bisa menyenangkan hati mereka para lajang. 

5. Dijadikan Sebagai Hari Pesta Belanja Online 11.11

Pesta Belanja Online

Single Day kini juga digunakan sebagai hari belanja online, yang dipopulerkan oleh e-commerce raksasa Alibaba. Maka tak heran jika popularitas tanggal 11 November pun semakin meningkat.

Karena Single Day adalah hari di mana sesama lajang berkumpul dan bersenang-senang, maka hal tersebut bisa dijadikan kesempatan untuk mengakhiri masa lajangnya. Mereka (sesama lajang) bisa saling bertemu dan menghabiskan waktu untuk berkomunikasi dan berbaur.

6. Hari untuk Mengakhiri Masa Lajang

Mengakhiri Masa Lajang

Jika sudah menemukan seseorang (gebetan), Single Day juga bisa dijadikan sebagai hari untuk menyenangkan gebetan, dengan cara membeli hadiah, hingga kencan. Jika kamu berhasil menemukan pasangan di hari Single Day tersebut, maka hari itu dianggap sebagai hari kesuksesan kamu secara pribadi.

11.11 Juga Diperingati Sebagai Hari Belanja Online Nasional di China

Hari Belanja Online Nasional di China
source: cnmarketsolutions.com

Dari Single Day, akhirnya perusahaan e-commerce raksasa asal China, yakni Alibaba membuat tanggal 11 November, menjadi perayaan yang meriah. Bagaimana tidak, pada 2009 Alibaba Group memberikan diskon besar-besaran hingga 50 persen, hingga pengiriman gratis ke seluruh wilayah China. 

Baca Juga: 3 Cara Mudah Beli Barang Impor dari Luar Negeri

Di mana awalnya hanya ada 27 brand saja, yang ikut mengambil bagian dalam festival Singles Day ini. Namun, seiring kebiasaan belanja online semakin tinggi, maka peringatan 11 November atau 11.11, terus diadakan dan mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Tidak hanya Alibaba, berbagai marketplace lainnya pun ikut memperingati Single Day yang kini juga beralih sebagai Hari Belanja Online 11.11, seperti JD.com dan Pinduoduo. Mereka sama-sama menghadirkan berbagai diskon menarik di platformnya, bahkan diskon untuk produk-produk mahal seperti elektronik, mobil hingga apartemen. 

Hingga akhirnya, peringatan Single Day mulai tergantikan menjadi Hari Jomblo yang dirayakan dengan pesta belanja online. Dengan adanya peringatan 11.11 ini, laporan pembelian online di China (2019) mencapai 410 miliar yuan (60,4 miliar dolar AS) dalam 24 jam.

Dari sejarah Single Day dari China, hingga berubah menjadi hari belanja online, Indonesia juga ternyata tidak ingin ketinggalan untuk ikut merayakan 11.11. Banyak perusahaan e-commerce di Indonesia, ikut menggelar pesta belanja online 11.11 dengan menghadirkan berbagai diskon menarik hingga  gratis ongkos kirim.

Akan tetapi, Indonesia juga memiliki tanggal resmi sebagai hari pesta belanja online, atau Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), yakni pada tanggal 12 Desember atau 12.12. 

Yuk, Meriahkan Pesta Belanja Online HARTIPNAS 11.11 dari Titipbeliin.com!

Hal ini pun, sangat dimanfaatkan banyak marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, termasuk Titipbeliin.com. Jika Indonesia punya HARBOLNAS, Titipbeliin.com punya HARTIPNAS atau Hari Titip Nasional.  Ada promo 11.11 apa saja di HARTIPNAS dari Titipbeliin.com? Yuk, intip di sini.

Pilih produk keinginanmu dan checkout belanjaanmu pakai voucher 11.11 HARTIPNAS dari Titipbeliin.com! Berikut syarat dan ketentuannya:

1. Setiap kupon memiliki minimal pembelian yang berbeda:

  • Voucher 200k, 100k dan 50k dengan minimal belanja yang berbeda

2. Periode Promo Voucher HARTIPNAS: 9 November 2021 – 11 November 2021.

3. Berlaku untuk seluruh metode pembayaran.

4. Voucher dapat digunakan berulang selama kuota masih tersedia.

Yuk, segera kunjungi situs Titipbeliin.com, temukan barang yang kamu inginkan untuk keperluan pribadi maupun bisnis (menjadi reseller produk impor), dengan cara yang lebih mudah dan praktis. 

Karena tim Titipbeliin.com akan siap sedia membantumu mulai dari pemesanan, pembayaran, hingga barang sampai di alamat tujuan, tanpa harus repot mengurus hal-hal rumit seperti bayar pajak dan bea cukai. Jangan lupa gunakan Voucher di HARTIPNAS 11.11 juga ya!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.