1 ml Berapa cc? Simak Cara Konversi dan Contoh Soalnya di Sini!

1 ml Berapa cc? Simak Cara Konversi dan Contoh Soalnya di Sini!

Tahukah kamu 1 ml berapa cc? Secara sederhana, satuan ml merupakan singkatan dari mililiter sedangkan cc adalah centimeter cubic. Satuan ml dan cc biasanya banyak digunakan untuk mengukur volume dari benda cair dengan jumlah yang cenderung sedikit. Keduanya mungkin sering kamu temukan pada kemasan botol suatu produk.

Lantas, apakah ada perbedaan antara kedua satuan tersebut? Nah, kamu bisa mempelajari lebih lanjut tentang satuan volume cc dan ml liter beserta cara konversinya dalam artikel ini. Yuk, simak penjelasan yang lebih rinci di bawah ini!

Pengertian Satuan Mililiter dan Sentimeter Kubik

Satuan mililiter (ml) merupakan satuan volume yang berasal dari turunan satuan liter. Sedangkan satuan centimeter cubic (cc) merupakan satuan volume berbasis meter kubik atau biasa dikenal dengan adanya tanda pangkat tiga. 

Keduanya mempunyai hubungan yang cukup erat dalam menyatakan sebuah volume benda cair. Jadi, kamu perlu mengetahui 1 ml berapa cc. 

Berdasarkan satuan Sistem Internasional (SI), lambang dari sentimeter kubik adalah cm3. Namun, di beberapa bidang, cm3 tidak begitu populer dan lebih banyak menggunakan satuan cc. Hal tersebut umumnya berkaitan dengan benda yang diukur, entah itu benda padat, gas, maupun benda cair.

Contohnya, pada bidang otomotif, simbol cc banyak digunakan dalam menyatakan perpindahan mesin yang digunakan atau kapasitas silinder mesin. Misalnya motor 225 cc. Lalu, dalam bidang kedokteran, penggunaan satuan cc berfungsi untuk menyatakan jumlah dosis suatu obat cairan. 

Sementara itu, satuan mililiter sebagai bentuk turunan dari volume berbasis liter sehingga nilainya adalah 1/1.000 liter atau 0,001 liter. Awalan kata mili artinya 1/1.000. Jadi, apabila kamu menemukan satuan lain, maka cara konversinya sama. Misalnya, satuan milimeter artinya 1/1.000 meter atau miligram artinya 1/1.000 gram.

Penggunaan satuan ml lebih populer digunakan untuk menyatakan volume dari benda cair seperti air, minyak, dan sejenisnya dalam jumlah kecil. Di lain sisi, tidak banyak orang yang tahu jika satuan ml juga bisa berguna untuk menyatakan volume dari benda gas.

Baca Juga: 1 Liter Berapa Mili? Ketahui Tangga Konversi Satuan Liter

Cara Konversi

Satuan cc banyak digunakan untuk takaran volume benda cair dalam jumlah yang tidak terlalu besar. Namun, sadarkah kamu jika ml dan cc ternyata mempunyai jumlah yang sama? Jika kamu masih bertanya 1 ml berapa cc, maka jawabannya adalah 1 ml = 1 cc. 

Sedangkan satu liter = 1.000 cc. Kamu bisa menjadikan ini sebagai patokan dasar dalam melakukan konversi satuan volume. Masih bingung dengan caranya? Kamu tentu sudah tahu jika satu liter = 1.000 ml. Sedangkan 1.000 ml = 1.000 cm3. Nah, satuan cm3 ini sama dengan cc.

Beberapa bentuk konversi satuan cc ke satuan volume lainnya antara lain 1 cc = 1 cm3, 2 cc = 2.000 mm3, 2 cc = 0,2 dl, 2.000 cc = 2 dm3, dan 20.000.000 cc = 2 m3. Ada pula bentuk konversi satuan ml ke satuan lainnya. Seperti 2 ml = 0,002 liter, 2 ml  =0,02 dl, 2 ml = 0,1 cl, dan lain-lain. Kamu bisa menghitung dengan melihat tangga satuan meter.

Baca Juga: 1 Kubik Berapa Liter? Begini Cara Menghitungnya!

Contoh Soal

Berikut ini contoh soal yang bisa membantu kamu agar lebih mudah dalam memahami cara konversi 1 ml berapa cc dan satuan volume lainnya dalam kehidupan sehari-hari:

1. Soal 1

Satu botol susu memiliki volume 250 ml. Berapakah nilainya apabila dikonversikan dalam satuan cc?

Penyelesaian:

Perlu kamu ingat bahwa, satuan ml dan cc adalah setara.

Maka, 250 ml = 250 x 1 cc = 250 cc

Jadi, volume satu botol susu berukuran 250 ml sama dengan 250 cc.

2. Soal 2

Terdapat sebuah botol yang telah terisi 2,75 liter minyak goreng. Berapakah volume minyak goreng dalam botol dengan satuan cc?

Penyelesaian:

Perlu kamu ingat jika satu liter = 1.000 cc

Maka, 2,75 liter = 2,75 x 1.000 cc = 2.750 cc

Jadi, volume minyak goreng dalam sebuah botol di atas adalah 2.750 cc.

3. Soal 3

Aldi terbiasa meminum obat cair sebanyak 20 ml setiap hari. Berapa liter obat cair yang harus Aldi konsumsi dalam satu hari?

Penyelesaian:

Perlu kamu ingat jika satu cm3 = 0,001 liter

Maka, 20 cm3 = 20 x 0,001 liter = 0,02

Jadi, aldi harus meminum obat sebanyak 0,02 dalam satu hari.

4. Soal 4

Ayu membawa sebuah botol alkohol yang berisi 200 cc. Berapakah volume alkohol dalam botol apabila dinyatakan dalam satuan dm3?

Penyelesaian:

Perlu kamu ingat bahwa, satu cm3 = 0,001 dm3

Maka, 200 cm3 = 200 x 0,001 dm3 = 0,2 dm3

Jadi, volume alkohol yang ada di dalam botol tersebut adalah 0,2 dm3 atau desimeter kubik.

Baca Juga: 1 Kubik Berapa Meter Persegi? Apa Rumus untuk Meter Kubik dan Persegi?

Sudah Memahami 1 ml Berapa cc?

Itulah cara yang mudah untuk menghitung konversi satuan mililiter menjadi cc. Kamu bisa menggunakannya untuk mengukur volume cairan, terutama jika ingin membeli produk tertentu seperti bahan kimia.

Nah, jika ingin membeli produk tersebut dari luar negeri, Titipers bisa menggunakan jasa dari Titipbeliin.com. Titipbeliin merupakan perusahaan yang menawarkan jasa pembelian atau jasa impor secara legal dari berbagai negara.Kategori produknya sangat bervariasi mulai dari peralatan elektronik, kosmetik, hingga bahan kimia.

Layanan dari Titipbeliin juga sudah termasuk dengan pengurusan pajak impor bea cukai. Jadi, kamu bisa membeli berbagai macam produk kimia cair dengan mudah dan cepat. Yuk, kunjungi website Titipbeliin.com dan gunakan jasanya sekarang!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.