1 Kubik Berapa Liter : Begini Cara Menghitungnya!

1 Kubik Berapa Liter? Begini Cara Menghitungnya!

1 kubik berapa liter? Pertanyaan tersebut bisa terjawab dengan menghitung perubahan satuan volume. Sama seperti perhitungan lainnya, perubahan kubik ke liter atau sebaliknya harus berpatokan pada rumus yang berlaku. Berikut ulasannya untukmu.

Mengenal Konversi Satuan Volume Kubik

Sebelum mencari jawaban dari pertanyaan 1 kubik berapa liter, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami terlebih dahulu tentang konversi satuan volume kubik.

Proses peralihan antar satuan volume dikenal dengan istilah satuan volume. Salah satu contohnya adalah perubahan kubik ke liter atau sebaliknya. Masing-masing satuan volume memiliki persamaan ukuran. Persamaan ukuran inilah yang nantinya akan menjadi patokan dari konversi satuan.

Meter kubik atau m3 biasa digunakan untuk menyebut satuan volume atau isi dari suatu benda dalam peraturan internasional (SI). Sedangkan dalam satuan SI lainnya, kubik terbagi menjadi beberapa turunan, mulai dari milimeter kubik, centimeter kubik, decimeter kubik, dan turunan lainnya.

Baca Juga: 1 CBM Berapa Kilogram? Ketahui Juga Cara Hitung Pada Barang Impor

Simbol dari satuan volume satu ini identik dengan pangkat tiga (x3). Sebab, hasil dari kubik berasal dari perkalian panjang x lebar x tinggi. Ukuran dimensi tingkat 3 inilah yang kemudian menjadi simbol kubik.

Penggunaan meter kubik biasanya untuk mengukur jumlah volume, seperti liter. Lalu, 1 kubik berapa liter? Jadi, 1 kubik sama dengan jumlah 1.000 liter atau cubic centimeter (cc).

Menghitung 1 kubik berapa liter bisa menggunakan perhitungan rumus atau kalkulator online.

Contoh lain, sebuah ruangan berbentuk kubus yang berukuran 1 m. Untuk mencari berapa ukuran 1 meter kubik, kamu hanya perlu melakukan perhitungan seperti berikut ini:

1x1x1x= 1 m3 (meter kubik).

Menghitung berapa ukuran 1 meter kubik juga bisa kamu lakukan menggunakan tangga satuan. 

satuan volume kubik

Image Source: idSCHOOL

Cara ini lebih mudah dan praktis, sehingga mempermudah para pemula melakukan perhitungan ini.

Satuan Volume Liter

Sebelum membahas bagaimana cara menghitung perubahan kubik ke liter, kamu juga perlu tahu tentang satuan volume liter. Tujuannya supaya kamu lebih mudah menjawab pertanyaan 1 kubik berapa liter.

Penggunaan satuan volume liter biasanya untuk menghitung banyaknya benda cair atau benda gas. Meski tidak termasuk bagian dari satuan (SI), akan tetapi satuan volume satu ini bisa kamu konversikan ke dalam satuan yang berbasis kubik.

Berdasarkan penjelasan di atas, kamu bisa menghitung 1 kubik berapa liter meski satuan volume ini bukan termasuk dari satuan SI seperti kubik.

Sama seperti satuan volume kubik, satuan liter juga memiliki tangga ukuran volume. 

satuan volume liter

Image Source: Mikirbae

Satuan volume liter bisa kamu ubah menjadi satuan lain yang ukurannya lebih besar atau sebaliknya. Umumnya tangga satuan liter mulai dari kiloliter hingga mililiter.

Cara Menghitung Konversi Satuan Volume

Nah, untuk menghitung konversi satuan volume seperti pertanyaan 1 kubik berapa liter, kamu bisa melakukan dua cara, yaitu:

1. Cara Menghitung 1 Kubik Berapa Liter Menggunakan Rumus

Supaya lebih mudah menggambarkan 1 kubik berapa liter, simak contoh perhitungan manual menggunakan rumus berikut ini:

Contoh, sebuah benda memiliki volume satuan kubik sebesar 1. Benda tersebut memiliki isi dalam bentuk hitungan liter. Jika pertanyaannya adalah 1 kubik berapa liter, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengubahnya ke dalam satuan terlebih dahulu.

Maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

1 Kubik= 1 m3

1 m3= 1.000 dm3

1.000 dm3= 1.000 liter.

Dari hasil perhitungan di atas, dapat kamu lihat adanya perubahan pada anak tangga. Perubahan tersebut terjadi adanya penurunan dari satuan volume kubik. Maka dari itu, perhitungannya dikalikan dengan 1.000.

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang di Tahun 2023, Cukup Pakai HP!

Oleh karena itu, kamu harus mengubah satuan m3 menjadi desimeter kubik atau dm3. Perubahan dari m3 menjadi dm3 menuruni satu anak tangga yang nilainya 1.000.

Karena dm3 sama dengan liter, maka rumus mencari 1 kubik berapa liter adalah sebagai berikut:

1 m3= 1×1.000 dm3

Nilai dari 1 dm3 sama dengan 1 liter, yaitu persamaan dari satuan volume kubik dan liter. Untuk perhitungan selanjutnya adalah:

1.000 dm3= 1.000 liter.

Jadi, jawaban dari pertanyaan 1 kubik berapa liter adalah 1.000 liter.

Jawaban tersebut juga bisa kamu gunakan untuk pertanyaan berapa ukuran 1 meter kubik ke liter.

2. Cara Menghitung Konversi Kubik Menjadi Liter dengan Kalkulator

Cara berikutnya adalah menggunakan kalkulator online. Ini merupakan cara yang lebih mudah dan praktis. Cara kedua ini juga memudahkan para pemula atau Titipers yang tidak tahu rumus mencari berapa ukuran 1 meter kubik menjadi satuan liter.

Seperti namanya, untuk menjawab pertanyaan 1 kubik berapa liter? Titipers hanya perlu menggunakan aplikasi kalkulator atau melalui browser Google. Langkah pertama, kamu harus mengunduh aplikasi kalkulator tersebut atau berkunjung ke laman pencarian Google.

Langkah kedua, masukkan angka dan satuan volume kubik. Selanjutnya, konversi angka dan satuan tersebut menjadi satuan lainnya, seperti liter.

1 kubik berapa liter

Hasil perhitungan ini akan menunjukkan berapa ukuran 1 meter kubik menjadi satuan liter. Hasil perhitungan menggunakan cara kedua ini sama seperti hasil perhitungan pertama, yaitu 1.000.

Jadi, jawaban dari 1 kubik berapa liter menggunakan kalkulator online adalah 1.000 liter.

Pentingnya Perhitungan Kubik Menjadi Liter dalam Pengiriman Barang

baju 1 cbm

Kesimpulannya, 1 kubik berapa liter bisa kamu cari menggunakan cara manual yang berpatokan pada rumus atau juga bisa menggunakan aplikasi kalkulator yang lebih praktis dan mudah.

Konversi satuan volume ini tidak hanya ada dalam pertanyaan matematika saja, tapi juga terjadi pada kehidupan Titipers sehari-hari. Misalnya, biaya kirim barang, khususnya barang yang berasal dari luar negeri.

Berbicara tentang barang impor, Titipers bisa mengandalkan Titipbeliin yang sudah berpengalaman dalam menjual produk terbaik dari beberapa negara, seperti Amerika, Hong Kong, Inggris, dan Singapura.

Titipers bisa mencari produk-produk dari berbagai website luar negeri di Titipbeliin.com dengan cara memasukkan alamat link-nya saja. Sementara untuk masalah biaya pengiriman barang dan perhitungan volume, serahkan pada staf kami yang telah berpengalaman. Yuk, belanja lewat Titipbeliin!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.