Biaya Tunangan Sederhana di Rumah

Biaya Tunangan Sederhana di Rumah Mulai dari Dekorasi hingga Katering

Ada rencana melangsungkan acara lamaran atau tunangan dalam waktu dekat? Kira-kira biaya tunangan sederhana berapa sih, lalu apa saja kebutuhan yang harus calon pasangan siapkan?

Tidak perlu khawatir, karena persiapan tunangan tidak sebesar pernikahan. Karena kamu bisa membuat acara tunangan sederhana di rumah, jika tidak ingin mengeluarkan banyak budget.

Biaya tunangan sederhana di rumah sendiri, juga tidak sebesar biaya tunangan di restoran, hotel, atau gedung, meskipun konsepnya sederhana. Pasalnya, jika pelaksanaan acara tunangan berlokasi di rumah, kamu tidak perlu membayar sewa tempatnya.

Hal ini juga sering menjadi pertimbangan para calon pasangan, terlebih jika tamu undangan tunangan, hanya sebatas keluarga inti dan sahabat. Nah, biar nggak terlewat, kira-kira kebutuhan apa saja sih, yang perlu calon pasangan siapkan, agar biaya tunangan sederhana di rumah bisa rendah.

Persiapan & Biaya Tunangan Sederhana di Rumah 

1. Dekorasi Backdrop

Dekorasi Lamaran Kain Murah
hipwee.com

Persiapan yang pertama adalah dekorasi backdrop tunangan, sebagai pemanis acara, sekaligus spot foto. Dekorasi backdrop ini juga termasuk kebutuhan yang cukup banyak mengambil budget dari biaya tunangan sederhana.

Biaya tunangan sederhana untuk dekorasi backdrop saja, kamu harus menyiapkan dana kurang lebih Rp500.000 – Rp1.000.000. Untuk backdrop, kamu bisa gunakan jasa dekorasi lamaran, atau juga bisa dekorasi sendiri.

Baca Juga: Dekorasi Lamaran Sederhana dari Kain, Murah & Mewah

Jika kamu ingin dekorasi lamaran sendiri, tentunya biaya yang dibutuhkan juga lebih sedikit, karena kamu bisa atur sendiri ingin dekorasi seperti apa. Untuk kebutuhan dekorasi backdrop sendiri, setidaknya kamu harus beli perlengkapan seperti berikut:

  • Backdrop kayu (bentuk gapura/gawang): Sekitar Rp150.000
  • Kain satin/tile putih atau warna favorit: Sekitar Rp20.000/ meter
  • Lampu tumblr: Sekitar Rp15.000/10 meter
  • Bunga fresh (jenis pikok): Sekitar Rp20.000/ikat
  • Inisial nama dari kayu: Sekitar Rp15.000/huruf

2. Seserahan

Seserahan Tunangan Sederhana

Pembagian biaya tunangan sederhana berikutnya adalah seserahan. Menjadi hal yang penting dari acara tunangan, seserahan bisa diberikan full atau hanya sebagian saja.

Memang apa saja yang ada di dalam seserahan? Untuk isi dari seserahan itu sendiri, umumnya tergantung dari masing-masing pasangan, sehingga tidak ada patokan.

Pemberian seserahan juga bisa dilakukan saat tunangan atau pernikahan, atau juga bisa sebagian saat tunangan, dan sisanya saat pernikahan.

Standar dari seserahan sendiri biasanya berupa mahar, seperangkat alat solat, makanan, buah-buahan, perlengkapan pribadi calon mempelai wanita maupun pria, dan lainnya.

Namun, kamu juga jangan sampai melupakan kebutuhan untuk dekorasi seserahannya. Karena, dekorasi seserahan akan membuat isi seserahan terlihat lebih bagus, rapi, dan cantik, saat diberikan ke calon pasangan wanita. Berikut rincian biaya tunangan sederhana, untuk seserahan:

  • Kotak seserahan + dekorasi (sewa): Sekitar Rp70.000/kotak
  • Kotak mahar/perhiasan (sewa): Sekitar: Rp80.000/kotak
  • Isi seserahan: Menyesuaikan budget pasangan

3. Catering

Catering Tunangan Sederhana

Jangan hanya mengutamakan penampilan acara, kamu harus perhatikan pelayanan yang baik untuk tamu besan, dan undangan dengan memberikan hidangan yang enak dan mencukupi. Terkadang, catering sering dianggap remeh, padahal catering juga termasuk hal yang paling banyak menguras biaya tunangan sederhana di rumah.

Hal tersebut dikarenakan, tidak ada penanggung jawab yang mengurus tamu untuk mengambil makanan. Sehingga, kamu harus menyediakan jumlah package lebih, untuk mengantisipasi kekurangan makanan.

Namun, karena tamu tunangan tidak sebanyak pernikahan, di rincian biaya tunangan sederhana di rumah, masih cukup terjangkau. Kamu bisa pilih jasa catering rumahan, yang harga per porsinya lebih murah.

Baca Juga: Jualan Makanan Ringan yang Laku Setiap Hari & Banyak Dicari!

Untuk biaya catering rumahan, biasanya dipatok mulai Rp15.000 – Rp25.000 per pack, tergantung menu yang kamu pilih. Jika tamu yang undang tidak terlalu banyak, bahkan hanya di bawah 15 orang, maka kamu bisa menghemat dengan cara masak sendiri di rumah.

Tidak hanya menyiapkan makanan berat, kamu juga harus siapkan makanan ringan dan minumannya. Makanan ringan bisa berupa kue basah, snack, dan air mineral.

Untuk harga makanan ringan, kamu bisa siapkan budget sekitar Rp200.000 dan air mineral kemasan gelas sekitar Rp25.000/dus.

4. Make up & Busana

Make up & Busana Tunangan

Biaya tunangan sederhana yang harus masuk dalam hitungan adalah biaya make up dan busana. Kamu bisa gunakan jasa MUA untuk make up, dan busana bisa sewa, beli jadi, atau menjahit.

Biaya MUA biasanya dipatok mulai dari Rp200.000 untuk make up tunangan. Jika kamu bisa make up sendiri, tentu akan lebih hemat dengan menggunakan alat make up yang ada.

Baca Juga: Kosmetik Korea yang Bagus dan Murah Paling Populer Dijamin Halal

Selanjutnya busana tunangan juga bisa sewa, dengan harga mulai Rp80.000/hari. Jika kamu ingin menggunakan baju yang sama dengan pasangan, bisa langsung beli di toko online, dengan harga paket dengan pasangan mulai Rp500.000.

Atau jika kamu punya desain baju sendiri dengan pasangan, bisa dibuat dengan cara menjahit di jasa penjahit. Biaya yang harus dikeluarkan adalah sekitar Rp200.000 untuk beli bahan, dan mulai Rp150.000 untuk jasa jahit per baju. Kira-kira kamu pilih sewa, beli jadi, atau jahit?

Keluarkan Budget Sesuai Kebutuhan

Bagaimana? Sudah ada bayangan berapa biaya tunangan sederhana yang akan kamu keluarkan? Tidak bisa dipatok, karena semua tergantung dari kebutuhan kamu sendiri, dan harga di atas masih dalam perkiraan.

Jadi, kamu sendiri harus pintar menyesuaikan dana, dan menentukan prioritas yang baik. Memilih toko untuk membeli keperluan juga menjadi hal yang penting, karena kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan kualitas barang yang baik.

Beli Perlengkapan Lamaran Impor via Titipbeliin, Mudah, Murah, & Praktis!

Jangan hanya berpatok pada marketplace di Indonesia, karena masih ada marketplace dari luar negeri, yang tawarkan berbagai kebutuhan tunangan dengan harga lebih murah loh!

Terlebih, buat kamu yang sedang cari kebutuhan dekorasi tunangan, seperti lampu tumblr, tirai rumbai, bunga artificial, kotak perhiasan, hingga alat make up.

Barang-barang tersebut, harganya bisa murah, karena produk-produk tersebut impor dari China. Kak bisa murah-murah, dan lebih murah dari marketplace Indonesia?

Karena mayoritas seller di marketplace Indonesia juga membeli stok barang dari China, sehingga mereka bisa menjual dengan harga yang lebih tinggi, bahkan hitungan masih murah.

Contoh saja, harga lampu tumblr di marketplace Indonesia rata-rata Rp15.000/10 meter. Tapi, di marketplace China, harganya mungkin hanya sekitar Rp3000 saja.

Bagaimana, mau beli produk impor untuk kebutuhan dekorasi lamaran sederhana di rumah? Atau malah mau ikut jadi pebisnis impor? Yuk, beli via Titipbeliin.com agar prosesnya lebih mudah, dan praktis.

Terlebih untuk kamu para importir pemula, Titipbeliin.com bisa sangat membantu untuk melakukan proses pemesanannya, mulai dari cari barang, pembayaran, pengiriman, hingga barang tiba di alamat rumahmu!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.