cara belanja dari alibaba

Simpel! Begini Cara Beli di Alibaba

Cara Beli di Alibaba – Alibaba adalah B2B marketplace yang didirikan oleh Jack Ma di China pada 1999. Walau berbasis di China, marketplace ini bisa diakses oleh jutaan penjual dan pembeli di seluruh dunia.

Sudah ada lebih dari 190 negara yang menggunakan Alibaba. Salah satu alasan mereka memakai marketplace ini adalah adanya fitur yang membantu mempersingkat proses pembelian dan penjualan.

Baca Juga: Daftar Mobil Listrik China Murah serta Cara Belinya Lengkap 2023

Khusus untuk pembeli, Alibaba 5.900 kategori dari berbagai produk yang bisa dibeli. Cara beli di Alibaba pun  mudah dilakukan, dimana cara-cara itu akan dibahas sebagai berikut!

Cara Beli di Alibaba

Secara umum, cara beli di Alibaba ada enam, yaitu:

1. Buat Akun di Alibaba

Cara pertama yang harus dilakukan tentu saja membuat akun di Alibaba. Seperti marketplace lainnya, pembuatan akun di Alibaba juga bisa dilakukan secara gratis. Ada beberapa informasi yang harus diisi selama pembuatan akun, yaitu:

  • Country/Region.
  • Trade role
  • Full name
  • Email address
  • Company name
  • Telephone number

Setelah semua informasi itu diisi kita akan diminta untuk membuat sandi dan melakukan verifikasi. Untuk trade role, kita bisa memilih opsi buyer atau bisa juga memakai opsi both, terutama jika kita ingin menjadi pembeli sekaligus penjual di Alibaba.

2. Temukan Produk yang Ingin Dibeli

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan tentu saja menemukan produk yang ingin dibeli. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menemukan produk di Alibaba, yaitu dengan kolom pencarian dan dengan fitur Request for Quotation (RFQ).

Mencari lewat kolom pencarian Alibaba adalah salah satu hal mudah yang bisa kita lakukan. Kita hanya perlu ketik nama produk yang mau kita cari. Untuk hasil yang lebih akurat, kita bisa memasukkan gambar produk tersebut. Hasil pencariannya bisa kita saring berdasarkan beberapa kriteria, mulai dari jenis produk, tipe produk, sampai negara asal si pemasok produk.

Jika ingin lebih praktis, kita bisa menulis permintaan pada suatu produk lewat fitur RFQ. Setelah permintaan kita tulis, pemasok nantinya akan langsung menghubungi kita dan menawarkan produk mereka.

3. Pilih Penjual yang Cocok

Ada jutaan penjual yang ada di Alibaba. Dari jutaan penjual itu, ada sejumlah penjual yang memiliki sertifikasi tertentu yang membuat mereka berbeda dari yang lain. Secara umum, ada tiga tipe penjual yang memiliki sertifikasi tertentu di Alibaba, yaitu:

  • Gold Supplier: penjual yang sudah menjadi anggota berbayar di Alibaba dan sudah mendapatkan verifikasi sebagai penjual dengan kemampuan bisnis dan industrial yang baik.
  • Verified Supplier: penjual yang profil perusahaan, sistem manajemen dan produksinya sudah mendapatkan verifikasi oleh pihak ketiga di luar Alibaba.
  • Trade Assurance Supplier: supplier atau pemasok yang menerima pembayaran yang menerima pembayaran dari Alibaba.

Apa pun tipe penjual yang akan kita pilih, kita harus membaca ulasan dari pembeli lainnya untuk tahu seperti apa kualitas pelayanan dari si penjual. Dari situ, kita pun bisa jadi lebih mudah memilih penjual yang cocok dengan kita.

4. Lakukan Negosiasi atau Bayar Langsung

Setelah menemukan penjual yang cocok, kita bisa melakukan negosiasi soal harga dan produk ke si penjual. Untuk melakukannya, kita bisa menggunakan fitur chat di Alibaba. Di sana, kita bisa negosiasikan berbagai hal, mulai dari harga produk sampai detail-detail yang kita inginkan pada produk tersebut. Pastikan kita melakukan negosiasi dengan bahasa yang sopan supaya penjual pun terbuka untuk negosiasi.

Baca Juga: Cara Beli Baju Import dari China dan Jenis-Jenis Bajunya

Jika ingin langsung membeli produk tanpa negosiasi, kita bisa langsung membayarnya dengan cara klik “Ready to Ship” dan tekan opsi “Start Order”. Nantinya kita akan kita berikan banyak metode pembayaran yang bisa kita pilih. Untuk soal metode tersebut, akan kami bahas di poin berikutnya.

5. Bayarlah Produk dengan Menggunakan Metode Pembayaran yang Ada

Setelah negosiasi selesai, kita bisa langsung melakukan pembayaran. Saat ini, Alibaba punya banyak pilihan metode pembayaran yang bisa kita pilih, yaitu kartu kredit, kartu debit, eChecking, dan Western Union. Alibaba pun juga sudah menyediakan metode pembayaran Pay Later yang memberi waktu untuk pembeli selama 6 bulan untuk melunasi pembayaran produknya dengan tingkat bunga minimum 3,5 persen.

6. Tunggu Produknya Sampai ke Rumah

Jika pembayaran sudah selesai, kita bisa menunggu produknya sampai ke rumah. Di Alibaba, terdapat Alibaba.com Freight yang menyediakan pengiriman barang yang andal dan transparan. Lewat layanan tersebut, produk akan dikirimkan lewat laut dan udara.

Waktu produk sampai ke rumah sendiri bervariasi, tergantung lewat apa jalur pengiriman barang dan ke mana barang akan sampai. Setelah barang sampai, kita bisa menulis ulasan kepada penjual produk tersebut dan memutuskan apakah nanti kita akan belanja lagi kepada mereka atau tidak.

Tips Beli di Alibaba

Selama berbelanja di Alibaba, kita mungkin akan kebingungan mengingat di sana banyak sekali pilihan produk dan penjual. Jangan khawatir, karena kita bisa mengatasinya dengan beberapa tips berikut:

1. Hindari Penjual yang Mengaku Memiliki Produk dari Brand Ternama

Sebagian besar produk brand ternama tidak tersedia di Alibaba, seperti Nike, Louis Vuitton, dan Coach. Jadi, jika nanti menemukan penjual yang mengaku menyediakan semua brand tersebut apalagi sampai menjualnya dengan harga murah, kemungkinan besar si penjual adalah penipu dan produk yang mereka jual adalah produk tiruan. Sebaliknya, pihak penjual akan mendapatkan tindakan hukum oleh pihak Alibaba.

2. Pilih Penjual yang Sudah Mendapatkan Sertifikasi

Seperti yang sudah Mintips bahas sebelumnya, ada beberapa tipe penjual di Alibaba yang sudah tersertifikasi, yaitu Gold Supplier, Verified Supplier, dan Trade Assurance Supplier. Tipe-tipe penjual tersebut sudah memiliki kredibilitas baik di mata Alibaba, sehingga kita bisa mengandalkan mereka saat membeli produk.

3. Baca Ulasan Pembeli Lainnya

Jika masih belum yakin, cobalah untuk membaca ulasan dari para pembeli lainnya. Kebetulan, Alibaba memberikan ruang untuk para pembeli menulis ulasan terhadap para penjual. Kita bisa membaca ulasan-ulasan tersebut untuk tahu bagaimana kualitas produk dan pelayanan dari pihak penjual.

Baca Juga: Apa Itu Packing Barang? Inilah Fungsi dan Tips yang Aman

Kita pun juga bisa membaca ulasan dari situs lain dengan cara mengklik nama si penjual di Google, lalu baca setiap ulasan pembeli terhadap mereka. Jika menemukan beberapa indikator berikut, bisa kita simpulkan jika si penjual tidak layak kita pilih dan kita bisa memilih penjual lainnya:

  • Harga produk yang kelewat rendah.
  • Banyaknya keluhan dari pembeli lainnya.
  • Kualitas produk dan pengiriman yang semakin rendah dari waktu ke waktu.
  • Banyaknya keluhan soal kerusakan produk saat sampai di tempat pembeli.

Beli dari Alibaba via Titipbeliin?

cara beli dari alibaba

Saat pertama kali berbelanja di Alibaba, Titipers mungkin akan mengalami beberapa kendala dalam bertransaksi. Mulai dari pemakaian mata uang sampai negosiasi soal harga barang.  Untuk mengatasinya, Titipers bisa coba berbelanja di Alibaba lewat Titipbeliin. Di Titipbeliin, Titipers bisa berbelanja dengan mata uang rupiah dengan berbagai metode pembayaran dan tanpa batasan minimum transaksi.
Titipers pun juga akan mendapatkan bantuan jika ingin bernegosiasi dengan penjual . Barang yang Titipers beli akan terjamin keamanannya dan sampai sesuai ke rumah Titipers ssuai estimasi waktu yang ditentukan. Tertarik mencoba? Yuk klik saja langsung disini!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.