Cara Mengetahui Ukuran Baju dari Berat Badan dengan Mudah dan Tepat

Cara Mengetahui Ukuran Baju dari Berat Badan dengan Mudah dan Tepat

Kini banyak orang menilai online shopping lebih praktis dan ekonomis. Akan tetapi, mereka seringkali frustasi karena selalu salah memilih ukuran baju. Makin sulitnya lagi, setiap toko memiliki panduan ukuran yang berbeda-beda. Kalau begitu, lebih baik kamu cari tahu bagaimana cara mengetahui ukuran baju dari berat badan.

Memangnya bisa? Makanya, baca artikel ini sampai tuntas supaya kamu tahu caranya. Selain itu, ada beberapa tips yang bisa jadi referensi kamu saat membeli baju.

Cara Mengetahui Ukuran Baju dari Berat Badan

Sebenarnya, mencari tahu ukuran baju dari berat badan itu cukup mudah. Ada beberapa hal di bawah ini yang perlu kamu cermati agar baju yang kamu beli pas di tubuhmu, yaitu:

1. Berat Badan

Jika kamu ingin mendapatkan ukuran baju dari berat badan, tentu titipers harus menimbang berat badan. Agar hasil timbanganmu akurat, cobalah untuk menimbang saat perut masih dalam keadaan kosong, yaitu di pagi hari.

Baca Juga: Tips Jadi Reseller Baju Import Tanpa Modal Untung Berlipat

Di samping itu, kamu juga harus memastikan kalau timbangan badan kamu masih normal dan masih berfungsi dengan baik. Sebaiknya, hindari mengenakan pakaian yang memiliki bahan berat dan banyak ornamen, misalnya jeans dan bahan kulit.

2. Tinggi Badan

Apakah pengukuran tinggi badan perlu dilakukan dalam cara mengetahui ukuran baju dari berat badan yang pas? Jawabannya, iya. Karena tinggi badan juga memengaruhi bagaimana baju fit di tubuhmu.

Perempuan bertubuh petite dan jangkung tentunya akan memberikan efek yang berbeda, meskipun memakai baju yang sama. Lalu, bagaimana cara mengukur tinggi badan dengan benar?

Secara mudah, kamu bisa menggunakan alat pengukur tinggi badan (Stadiometer) yang memang diformulasikan khusus untuk pengukuran tinggi badan. Namun, bila kamu tidak memilikinya, kamu bisa memanfaatkan alat ukur pita meteran, alat tulis, dan dinding rumahmu.

Berdirilah di depan dinding rumah tanpa alas kaki dan usakan badanmu tetap tegak wajar dan dada tidak terlalu ke depan atau ke belakang. Kemudian, ambil spidol atau pulpen untuk menandai posisi paling tinggi kepala kamu.

3. Tabel Ukuran

Cara mengetahui ukuran baju dari berat badan berikutnya adalah dengan melihat tabel ukuran (size chart). Masing-masing negara biasanya menetapkan standar tabel ukuran baju yang sesuai dengan tubuh rata-rata masyarakatnya.

Perlu kamu ingat, tabel ukuran di setiap toko bisa saja berbeda-beda karena setiap penjual memiliki cara tersendiri untuk mengukur baju yang mereka jual. Bahan dan model juga memengaruhi perbedaan ukuran dan bagaimana baju tersebut pas di tubuh seseorang.

Kalau titipers biasa menggunakan baju ukuran internasional, coba perhatikan detail ukuran baju standar internasional berikut ini (sumber: support.stitchfix.com).

Ukuran untuk Wanita Bertubuh Normal

Wanita Bertubuh Besar

Ukuran untuk Pria

Ukuran untuk Anak-Anak

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan tabel ukuran standar nasional di bawah ini.

Ukuran Berdasarkan Bahan (Melar/Tidak)

Tips Mendapatkan Ukuran Baju dengan Tepat

Cara mengetahui ukuran baju dari berat badan terkadang bisa saja meleset. Namun, mendapatkan ukuran baju dari ukuran tubuh sendiri biasanya akan lebih akurat. Berikut adalah beberapa tips mendapat ukuran baju yang tepat di bawah ini:

1. Mencatat Ukuran Baju

Angka-angka di tabel ukuran baju diperoleh dari ukuran dada, pinggang, dan pinggul yang juga digunakan saat pembuatan baju. Belum tahu cara mengukurnya?

Siapkan meteran pita, buku, dan pulpen. Lingkarkan meteran pita ke sekeliling dada di posisi paling lebar (puncak dada/payudara). Usahakan pita tidak terlalu kencang atau terlalu longgar.

Selanjutnya, lingkarkan meteran pita ke posisi pinggang paling kecil. Titipers bisa mengukurnya lebar pinggang mengikuti letak celana yang sedang dipakai atau ukur 2 inci di atas pusar.

Setelah mendapatkan ukuran pinggang, kamu bisa lanjutkan ke bawah, yaitu ukuran terlebar pinggul. Kamu bisa sedikit melonggarkan pita agar ukuran baju yang kamu kenakan nanti tidak terlalu ketat. Terakhir, jangan sampai lupa mencatat pengukuran tadi, ya.

2. Mengetahui Bentuk Tubuh

Selain melalui cara mengetahui ukuran baju dari berat badan, kamu juga bisa tahu apakah baju tersebut cocok denganmu berdasarkan bentuk tubuh. Faktanya, dua orang yang memiliki berat badan sama persis belum tentu memakai ukuran baju yang sama.

Nah, proporsi tubuh yang ditentukan oleh faktor genetik dan lemak tubuh inilah yang membedakan ukuran baju mereka. Faktanya, ada beberapa tipe bentuk tubuh pada manusia. Simak gambar di bawah ini untuk menguatkan pemahamanmu.

Ukur dan tentukan mana yang merupakan bentuk tubuhmu, apakah tipe segitiga, lurus/persegi panjang, segitiga terbalik, jam pasir, oval, atau tipe lainnya. Kemudian, cari tahu informasi seputar fashion yang cocok untuk bentuk tubuh kamu.

3. Rutin Mengecek Ukuran

Saat kamu mengikuti program menurunkan atau menaikkan berat badan, titipers harus lebih sering mengecek ukuran baju sebelum membelinya. Faktanya tubuh lebih sering berubah dari apa yang kamu kira. Pengecekan berkala bisa membantumu dalam mendapatkan baju dengan ukuran yang pas.

Beli Baju Online Mudah dari Luar Negeri? Pakai Titipbeliin.com Aja!

beli baju mudah dari luar negeri

Itulah beberapa cara mengetahui ukuran baju dari berat badan yang bisa kamu coba saat membeli baju online. Membeli baju online memang praktis dan ekonomis, tapi kamu harus siap-siap dengan risiko yang ada.

Kalau kamu ingin belanja aman, nyaman, dan simpel, pakai layanan Titipbeliin.com aja! Titipers bisa titip produk apapun, mulai dari baju, barang kebutuhan sehari-hari, hingga pernak-pernik wanita dari e-commerce Amerika Serikat, Inggris, Korea Selatan, Singapura, China, dan Hongkong tanpa ribet.

Titipers tinggal cari produk di e-commerce luar negeri kesayangan, tambah ke keranjang, klik beliin, dan isi data kamu. Selain itu, kamu bisa memilih salah satu dari 2 cara pembelian di Titibeliin.com, yaitu dari China atau dari Luar Negeri lainnya.

Tenang. Semuanya bakalan diurusin sampai produk ada di tangan kamu. Jadi, kamu tinggal terima beres aja! Yuk, kunjungi website Titipbeliin.com sekarang.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.