Apa Itu Cargo? Pengertian, Jenis, dan Klasifikasi Barang dalam Cargo

Apa Itu Cargo? Pengertian, Jenis, dan Klasifikasi Barang dalam Cargo

Cargo adalah jasa pengiriman barang bermuatan besar yang dilakukan melalui berbagai jalur pengiriman, seperti darat, laut, dan udara. Para pengusaha yang biasanya mengirimkan produk dalam jumlah yang besar pasti akan membutuhkan jasa pengiriman cargo ini. Berikut ulasan selengkapnya tentang jasa pengiriman cargo!

Apa Itu Cargo?

Kargo atau cargo adalah jasa pengiriman barang bermuatan besar yang biasanya dikirim melalui berbagai jalur pengiriman, seperti darat, laut, dan udara. 

Selain untuk mengirimkan barang dalam jumlah besar, jasa pengiriman kargo ini biasanya berfungsi untuk mengirimkan barang dengan jarak yang jauh seperti antar kota, pulau, bahkan negara.  

Hal tersebut merupakan pembeda jasa pengiriman kargo dengan jasa ekspedisi atau pengiriman barang lainnya. Jasa ekspedisi biasanya mengirimkan barang dalam jumlah yang kecil dengan jarak tempuh yang variatif.

Baca Juga: 1 Kubik Berapa Meter Persegi? Cek Estimasi Ongkir Sebelum Melakukan Impor!

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan jasa pengiriman kargo. Selain beberapa perusahaan yang fokus pada pengiriman kargo, beberapa jasa ekspedisi lainnya juga sudah memiliki layanan cargo, seperti JNE, J&T, SiCepat, dan masih banyak lagi.

Untuk armada pengiriman, jasa pengiriman cargo biasanya menggunakan berbagai armada. Beberapa armada untuk pengiriman layanan kargo yang, yaitu truk, kapal, kereta api, bahkan pesawat terbang.

Jenis-Jenis Pengiriman Cargo

Pengiriman kargo terdiri dari 3 jenis berdasarkan pada jalur pengirimannya, yaitu darat, laut, dan udara. Setiap jalur pengiriman memiliki keunggulan dan spesifikasinya masing-masing yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Berikut ini adalah ulasan tentang jenis-jenis pengiriman kargo:

1. Jalur Darat

pengiriman cargo jalur darat

Pengiriman cargo melalui jalur darat menggunakan armada jenis angkutan darat seperti mobil box, truk box, fuso, tronton, bahkan kereta api logistik atau kalog. Jenis pengiriman kargo menggunakan jalur darat biasanya lebih murah dan bisa kamu lacak dengan mudah.

Selain itu, pengiriman kargo dengan jalur darat juga cenderung lebih cepat dan aman dan bisa meminimalisir kerusakan pada barang yang kamu kirim. Namun, pengiriman kargo dengan jalur darat ini biasanya hanya tersedia untuk pengiriman antar kota dalam satu pulau yang sama.

Meskipun begitu, pengiriman kargo juga bisa menjangkau daerah-daerah terpencil, seperti pedesaan dan perkampungan padat. Oleh karena itu, meskipun pengiriman kargo dengan jalur darat ini memiliki jarak tempuh yang lebih terbatas. Namun, para pengusaha tetap menggunakannya untuk mengirim produknya ke pelanggan.

2. Jalur Laut

pengiriman cargo jalur laut

Jenis pengiriman cargo selanjutnya adalah pengiriman kargo menggunakan jalur laut. Pengiriman kargo melalui jalur laut ini menggunakan armada angkutan kapal yang bisa menyeberangi lautan. Jangkauan pengiriman kargo jalur laut ini juga lebih luas, yaitu bisa mengirim barang untuk tujuan antar pulau bahkan antar negara.

Pengiriman kargo menggunakan jalur laut ini merupakan alternatif pilihan yang bisa kamu gunakan untuk mengirim barang-barang yang dilarang menggunakan jalur udara. Kamu bisa mengirim barang-barang seperti gas, cairan kimia, dan barang-barang yang mudah terbakar atau meledak menggunakan pengiriman kargo jalur laut.

Baca Juga: Cara Beli Barang di Amazon Mudah & Lengkap di Tahun 2023 untuk Importir Pemula

Tidak hanya itu, tarif pengiriman kargo menggunakan jalur laut ini juga lebih murah daripada pengiriman kargo menggunakan jalur udara. Selain itu, ukuran dan volume barang yang bisa kamu kirim menggunakan cargo jalur laut ini juga lebih fleksibel daripada pengiriman kargo menggunakan jalur udara.

Namun, perlu kamu ingat, jika pengiriman kargo ini biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama daripada pengiriman cargo jalur darat maupun udara. Pengiriman kargo menggunakan jalur laut ini biasanya membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu sampai barang tiba di tempat tujuan.

3. Jalur Udara

pengiriman cargo jalur udara

Jenis yang terakhir yaitu pengiriman cargo menggunakan jalur udara. Pengiriman kargo jenis yang satu ini menggunakan armada pesawat terbang. Armada pesawat terbang untuk pengiriman kargo pasti sudah memiliki dokumen pengiriman seperti dokumen SMU atau Surat Muatan Udara.

Oleh karena itu, persyaratan untuk melakukan pengiriman kargo menggunakan jalur udara ini biasanya juga lebih rumit. Selain itu, harga untuk pengiriman kargo menggunakan jalur udara ini biasanya juga lebih mahal daripada pengiriman kargo jenis lainnya.

Untuk waktu pengiriman, kargo menggunakan jalur udara ini bisa lebih cepat daripada kargo jalur laut. Jika pengiriman kargo jalur laut membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk sampai ke tempat tujuan, maka kargo jalur udara ini biasanya hanya membutuhkan waktu antara 2 sampai 3 hari saja.

Baca Juga: Berapa Lama Detail Pengiriman dari China ke Indonesia via Udara Maupun Laut?

Pengiriman kargo menggunakan jalur udara ini bisa menjadi alternatif pilihan, jika kamu ingin melakukan pengiriman jarak jauh, namun sulit untuk dijangkau dengan kendaraan darat. Kamu bisa melakukan pengiriman cargo antar pulau bahkan antar negara menggunakan jalur udara.

Namun, perlu kamu ketahui, jika pengiriman kargo menggunakan jalur udara ini biasanya memiliki keterbatasan dalam jenis barang dan ukuran barang yang bisa kamu kirim. Pengiriman kargo jalur udara ini biasanya melarang pengiriman gas, cairan kimia, dan barang-barang lain yang mudah terbakar dan meledak.

Klasifikasi Barang dalam Pengiriman Cargo

Selain jenis cargo berdasarkan jalur pengirimannya, pengiriman kargo juga dibedakan berdasarkan jenis muatannya. Berikut adalah klasifikasi barang dalam pengiriman kargo:

1. General Cargo

Sesuai namanya, barang-barang yang bisa Titipers kirim menggunakan general cargo adalah barang-barang umum yang bisa dikirim secara bebas tanpa membutuhkan penanganan khusus. 

Meskipun tidak membutuhkan penanganan khusus, namun pastikan jika kamu sudah mengemas barang tersebut dengan baik dan aman, agar tidak rusak selama dalam perjalanan.

2. Cargo Spesial

Cargo spesial adalah kargo yang menerima pengiriman barang dengan penanganan khusus. Pihak penyedia jasa pengiriman akan memberikan penanganan khusus untuk menjaga barang yang kamu kirim tetap aman selama proses pengiriman. Ada 14 jenis barang yang masuk dalam daftar pengiriman cargo spesial, yaitu:

  • Explosive material: Barang-barang yang mengandung zat kimia dan bersifat mudah meledak, seperti petasan dan amunisi.
  • Flammable goods: Barang-barang yang mudah terbakar, baik itu barang padat, cair, ataupun gas.
  • Wet freight: Barang-barang yang berbentuk cairan atau atau benda lain yang bercampur dengan cairan. Sehingga, harus menggunakan kontainer khusus, seperti telur, daging segar, dan bahan pangan lainnya.
  • Perishable goods: Barang-barang yang mudah hancur atau busuk, sehingga membutuhkan pengawet agar tahan lama, seperti buah, sayur, bunga, dan tanaman lainnya.
  • Dangerous when wet: Barang-barang yang mudah meledak jika berada dalam kondisi basah atau lembab, seperti karbit.
  • Live animal: Binatang hidup yang dimuat menggunakan cargo jalur udara, seperti ayam, anjing, kucing, hingga ikan-ikan hias.
  • Human remains: Orang meninggal baik berupa jenazah atau yang sudah dikremasi menjadi abu.
  • Irritant material: Barang-barang yang bisa merangsang benda-benda lainnya, seperti spiritus, alkohol, dan gas.
  • Magnetized material: Barang-barang yang memiliki sifat magnetik seperti kompor.
  • Oxidizing material: Barang-barang yang mudah terbakar saat bereaksi dengan oksigen, seperti peroksida, zat pemutih dan lain-lain.
  • Fragile goods: Barang-barang yang tidak boleh dibanting karena mudah pecah dan hancur, seperti gelas kaca, porselen, piring keramik, dan lain sebagainya.
  • Poisonous substances: Barang-barang yang mengandung racun seperti sianida. Pengiriman barang jenis ini harus memiliki surat izin khusus dari pihak berwenang.
  • Radioactive material: Barang-barang yang memiliki kandungan zat radioaktif seperti lampu fluorescent.
  • Valuable goods: Barang-barang berharga dan bernilai tinggi seperti emas, berlian, perhiasan, dan dokumen penting lainnya.

Sudah Tahu Apa Itu Pengiriman Cargo?

apa itu cargo? cek sebelum import

Pengiriman cargo adalah pengiriman barang bermuatan besar yang dikirim melalui berbagai jalur seperti darat, laut, dan udara. Titipers bisa mengirimkan berbagai barang menggunakan pengiriman kargo sesuai dengan ketentuan klasifikasi barang dari pihak jasa pengiriman.

Namun, bila Titipers hendak mengirim atau membeli barang dari luar negeri secara grosir, tentunya kamu juga membutuhkan jasa impor, agar proses pengiriman lebih efektif dan efisien. Nah, salah satu jasa impor yang bisa Titipers pertimbangkan adalah Titipbeliin.

Sebab, Titipbeliin menawarkan biaya ongkir pengiriman yang murah, bergaransi, prosesnya sangat transparan, dan kamu bisa membayar jasa mereka menggunakan mata uang rupiah. Selain itu, proses pengiriman juga relatif cepat sampai, yakni dengan estimasi 3-15 hari saja sudah sampai di gudang negara domisili kamu.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.