10 Tips Memilih Distributor Kosmetik yang Tepat dan Terpercaya!

10 Tips Memilih Distributor Kosmetik yang Tepat dan Terpercaya!

Apakah Titipers sedang menjalankan bisnis di bidang kecantikan? Atau kamu ingin memulai bisnis makeup? Produk kecantikan saat ini sangat banyak peminatnya dan ada beragam brand lokal menawarkan produk kecantikan dengan harga terjangkau. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan sendiri adalah memilih distributor kosmetik.

Apabila kamu tidak mempunyai banyak modal, kamu bisa mulai bisnis ini dengan bekerja sama dengan distributor. Kamu hanya perlu menawarkan produk dari suatu perusahaan. Lantas, bagaimana tips memilih perusahaan distributor yang tepat? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Tips Memilih Distributor Kosmetik

Produk kecantikan sangat beragam, mulai dari skincare, perawatan tubuh, maupun kosmetik atau makeup. Jasa seserahan make up bahkan menjadi salah satu item yang banyak dicari oleh masyarakat. Titipers bisa mengikuti beberapa tips berikut untuk mendapatkan distributor kosmetik yang terpercaya:

1. Pahami Informasi Kontak yang Jelas

informasi kontak

Tips pertama untuk memilih distributor kosmetik adalah mengetahui dan memahami informasi kontak distributor yang jelas dan menyeluruh. Apabila kamu melakukan riset supplier secara online, pastikan kamu membaca semua informasi yang tertera di iklan Google maupun media sosial calon distributor.

Kamu juga bisa memastikan alamat perusahaan dengan menghubungi admin. Perusahaan distributor yang terpercaya tentu akan dengan senang hati memberikan informasi secara rinci termasuk alamat perusahaan. Setelah mendapatkan alamatnya, kamu bisa melakukan survei secara langsung agar lebih jelas.

2. Pastikan Kualitas dan Keamanan Produk Kosmetik

Kualitas dan keamanan produk kosmetik adalah hal penting yang harus kamu pertimbangkan secara matang. Konsumen pasti akan menanyakan keaslian dan kualitas produk sebelum memutuskan untuk membeli. Oleh sebab itu, kamu sebagai reseller harus memastikannya terlebih dahulu sebelum memilih supplier yang tepat.

Baca Juga: Cari Distributor Barang Import dari China Terbaik dan Aman

Kamu bisa mencari tahu kondisi produk dan mengecek keterangan pada deskripsi produk secara lengkap. Selain itu, kamu juga bisa menanyakan langsung kepada pihak yang bertanggung jawab dari perusahaan distributor kosmetik. Sementara itu, jenis produk seserahan make up umumnya membutuhkan keamanan yang lebih baik.

3. Periksa Legalitas Perusahaan Kosmetik

logo bpom

Tips yang tidak boleh terlewatkan saat memilih distributor kosmetik adalah memeriksa legalitas perusahaan. Pastikan perusahaan tersebut telah mengantongi izin usaha dan terdaftar di BPOM. 

Caranya cukup mudah, kamu bisa mengunjungi laman resmi BPOM. Lalu, pilih kategori “Pendaftar” dalam pencarian. Kemudian masukkan nama perusahaan distributor.

Semua nama produk kosmetik dari perusahaan tersebut akan muncul di hasil pencarian cek BPOM apabila perusahaan telah terdaftar secara resmi. Jika tidak muncul, maka perusahaan distributor tersebut belum teregistrasi di BPOM. Sedangkan produk kosmetik yang terpercaya harus mengantongi izin dari BPOM.

4. Pahami Aturan dari Distributor 

Apabila kamu sudah memutuskan untuk memilih salah satu distributor kosmetik, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memahami peraturan yang dibuat oleh perusahaan distributor tersebut. Langkah ini harus kamu lakukan sebelum membuat kesepakatan kerja sama.

Peraturan yang dimaksud mencakup bagaimana proses penanganan kerusakan barang, refund, pengajuan pembatalan, dan pengajuan retur. Pastikan semuanya transparan dan tidak merugikan salah satu pihak. Kamu juga bisa mempelajari tentang cara kerja distributor secara rinci terlebih dahulu.

Misalnya, bagaimana cara pengiriman produk seserahan make up. Atau seperti apa prosedur saat terjadi kerusakan barang selama proses pengiriman.

5. Pelajari Hubungan Distributor dan Konsumen

social media

Titipers, distributor kosmetik yang tepat tentu memiliki hubungan yang baik dengan konsumen atau pelanggan. Kamu perlu menghindari distributor yang mempunyai respon buruk, tidak menanggapi umpan balik dari konsumen, atau adanya penilaian yang kurang memuaskan.

Tips ini bisa kamu terapkan apabila mencari distributor secara online. Kamu bisa fokus untuk membaca komentar atau umpan balik yang diberikan oleh pelanggan. Perusahaan yang banyak menerima komplain dari konsumen dan tidak ada tanggapan dari distributor termasuk distributor yang meragukan.

Kredibilitas perusahaan bisa kamu ketahui tidak hanya dari kualitas produk, melainkan juga kemampuannya dalam menjaga komunikasi dengan konsumen. Partner bisnis yang cepat tanggap dan solutif adalah bagian penting saat memulai berbisnis.

6. Cek Ketersediaan Produk

Kamu tentu sudah memahami jika distributor pasti menyediakan stok produk dalam jumlah yang besar. Meski demikian, kamu tetap harus memastikan ketersediaan produk makeup dengan menghubungi kontak dari distributor tersebut. Ketersediaan stok produk ini akan memberikan gambaran seberapa banyak produk yang bisa kamu jual.

Kamu juga menyesuaikan budget yang kamu miliki dengan ketersediaan produk dari distributor kosmetik. Jangan sampai perusahaan kehabisan stok saat kamu ingin memesan produknya dalam jumlah tertentu.

7. Perhatikan Kecepatan Pengiriman

seserahan make up

Tidak hanya mengecek stok produk, kamu juga perlu mempertimbangkan kecepatan pengiriman produk dari distributor kosmetik. Kamu bisa bekerja sama dengan distributor yang mempunyai kecepatan pengiriman yang baik agar menarik minat konsumen. 

Apabila kamu tidak bisa memastikan kecepatan pengiriman, maka kamu juga tidak bisa memberikan kepastian kepada konsumen mengenai kapan barang tersebut datang. Terlebih saat kamu menawarkan jasa seserahan make up. Ini bisa berdampak pada umpan balik yang diberikan konsumen terhadap produk kosmetik yang kamu jual. 

8. Ikuti Forum dan Komunitas Bisnis

Apabila kamu seorang reseller pemula, kamu harus mengikuti forum dan komunitas bisnis untuk memperluas jaringan dan pengetahuan seputar dunia bisnis. Komunitas ini juga bisa membantu kamu untuk mendapatkan distributor kosmetik yang profesional dan sesuai dengan keinginanmu.

9. Riset Toko Kosmetik Offline

toko kosmetik offline

Tips lain yang cukup mudah untuk kamu lakukan saat mencari distributor kosmetik adalah melakukan riset di toko kosmetik offline. Kamu bisa mengunjungi secara langsung beberapa toko kosmetik yang mempunyai citra yang bagus di kalangan pelanggan. 

Pastikan juga kamu mengunjungi toko yang berskala besar, sehingga bisa memberikan harga grosir yang lebih murah. Distributor makeup yang sudah besar biasanya bisa menerima pesanan dalam jumlah besar.

10. Jalin Kerja Sama dengan Distributor Luar Negeri

Kosmetik dari brand luar negeri ternyata mempunyai banyak peminat di Indonesia. Tidak ada salahnya jika kamu menjalin kerja sama dengan distributor kosmetik dari luar negeri untuk mendapatkan informasi lebih luas. Perusahaan dari luar negeri biasanya mempunyai website resmi mengenai produk yang ditawarkan.

Cobalah untuk menggali informasi secara detail mengenai produk kosmetik yang potensial untuk kamu jual. Misalnya produk seserahan make up yang unik dan berbeda dari yang lain. Lakukan cara ini sebelum kamu memutuskan untuk bekerja sama.

Apakah Kamu Sedang Mencari Distributor Kosmetik?

Demikian tips untuk memilih perusahaan distributor kosmetik yang bisa kamu terapkan. Kamu bisa mendapatkan distributor yang aman dan terpercaya baik secara online maupun offline. Apabila ingin membeli produk kosmetik dari luar negeri, Titipers bisa memanfaatkan jasa Titipbeliin.com melalui website resminya. 

Titipbeliin merupakan perusahaan yang memberikan layanan pembelian barang dari luar negeri secara legal. Kamu bahkan bisa mengurus pengiriman barang dan pajak impor bea cukai dengan bantuan dari Titipbeliin. Kategori produknya juga sangat bervariasi mulai dari kosmetik, makanan, elektronik, material bangunan, dan lain-lain.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.