Komoditas Impor di Indonesia (1)

Komoditas Impor Adalah: Pengertian Beserta Daftarnya di Indonesia

Indonesia, termasuk negara yang menganut perekonomian terbuka, di mana kegiatan impor dan ekspor sudah menjadi hal biasa, bahkan rutin mendatangkan komoditas impor. Komoditas impor adalah kebutuhan yang dibutuhkan suatu negara, demi menunjang perekonomian dalam negeri.

Bagi yang belum tahu, impor sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan suatu negara untuk mendatangkan barang dan jasa dari luar negeri, yang tidak bisa diproduksi atau belum terpenuhi. Nah, kebutuhan yang diimpor oleh suatu negara ini, disebut komoditas impor.

Pengertian Komoditas Impor

Sehingga, sederhananya pengertian dari komoditas impor adalah barang yang didagangkan oleh negara lain dan dikirimkan ke dalam negeri, sebagai barang impor berupa barang dan jasa.

Di Indonesia sendiri, komoditas impor adalah kebutuhan yang didatangkan dengan kategori yang dibagi menjadi dua. Adapun kategori ini dibagi secara garis besar oleh Badan Pusat Statistik (BPS), yakni minyak dan gas (migas), kategori non migas, dan barang konsumsi.

Baca Juga: Daftar Supplier Baju Impor China Terbaik, Murah Berkualitas

Kira-kira komoditas impor apa saja, yang Indonesia datangkan, demi menunjang perekonomian negara? Ada banyak komoditas impor Indonesia, dan berikut akan kami jabarkan daftar komoditas impor Indonesia terbesar.

Daftar Komoditas Impor Indonesia

Komoditas Impor Indonesia

Seperti pembahasan di atas, bahwa komoditas impor adalah suatu kebutuhan yang sengaja suatu negara datangkan, agar terpenuhi bagi masyarakatnya. Berikut jenis komoditas yang rutin Indonesia datangkan.

1. Migas

Seperti yang kita ketahui, bahwa negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, memiliki kekayaan berupa minyak mentah dan gas yang melimpah. Di sini Indonesia menjadi salah satu negara yang impor minyak mentah dan gas dari Arab, bahkan menjadi langganan.

Pada November 2021 lalu, Indonesia telah mengeluarkan anggaran untuk impor minyak mentah, mencapai US$3.02 miliar. Sementara untuk impor gas, Indonesia telah mengeluarkan anggaran mencapai US$479,7 juta.

2. Mesin dan Peralatan Mekanis

Komoditas selanjutnya adalah mesin dan peralatan mekanis, yang masuk ke kategori nonmigas. Untuk impor mesin dan peralatan mekanis ini, Indonesia telah mengeluarkan anggaran mencapai US$2.63 miliar, pada November 2021.

Jika impor minyak mentah dan gas Indonesia berlangganan ke Arab Saudi, namun untuk kategori ini BPS mencatat Indonesia impor dari beberapa negara seperti dari China, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, Malaysia, Singapura AS, Jerman, Italia, Australia, dan masih banyak lagi.

3. Perlengkapan Elektrik 

Komoditas impor adalah kebutuhan yang berasal dari luar negeri, jika suatu negara tidak bisa memenuhi suatu produk secara mandiri, karena berbagai hal. Maka dari itu, Indonesia mengimpor perlengkapan elektrik, yang menjadi komoditas terbesar kedua, dari kategori nonmigas.

Pada November 2021 sendiri, Indonesia telah mengimpor perlengkapan elektrik, dengan total nilai impor mencapai US$2.08 miliar.

4. Plastik dan Barang Berbahan Plastik

Indonesia ternyata juga melakukan impor plastik dan barang berbahan plastik, sebagai komoditas impor kategori nonmigas. Meski hanya plastik, Indonesia telah mengimpor dengan nilai mencapai US$950,3 juta pada November 2021 lalu.

Baca Juga: Cara Beli Barang di Amazon Mudah

Penggunaan plastik dan barang berbahan plastik ini, biasanya untuk kebutuhan bahan mentah, untuk membuat kemasan pada industri makanan dan minuman, serta di industri otomotif.

5. Bahan Kimia Organik

Pada November 2021, Indonesia juga telah mengimpor bahan kimia organik yang bersumber dari minyak, bersumber dari hasil tani, ntuk bahan baku zat warna, hingga bahan yang bisa menghasilkan bahan kimia lainnya.

Adapun total nilai dari komoditas impor adalah mencapai US$721,8 juta, dan Indonesia mengimpor bahan kimia organik tersebut dari China.

6. Serealia

Biji-bijian hingga kacang-kacangan atau disebut sebagai serealia merupakan kategori komoditas barang konsumsi, yang didatangkan dari Australia, Kanada, Argentina, AS, Brasil, dan lainnya.

Komoditas impor serealia yang diimpor Indonesia, meliputi gandum, jagung, sorgum, dan lainnya. Bahan-bahan serealia tersebut, dibutuhkan sebagai bahan baku roti dan mie instan.

7. Produk Farmasi

Tahukah kamu, bahwa produk farmasi berupa bahan baku obat-obatan di Indonesia, mayoritas berasal dari luar negeri seperti China dan India. Total nilai impor produk farmasi sendiri pada November 2021 mencapai US$502,1 juta.

Namun, di masa pandemi ini pemerintah mulai mengurangi impor bahan baku farmasi, dan mengupayakan untuk bisa memproduksi sendiri.

8. Pangan

Komoditas impor Indonesia yang terakhir adalah pangan, yang masuk ke dalam kategori barang konsumsi. Apa saja komoditas pangan yang negara Indonesia impor? Yakni meliputi bawang putih, bawang merah, gula, daging sapi, daging kerbau, kedelai, garam, susu, dan sebagainya.

Itu dia informasi terkait komoditas impor, yang menjadi penunjang kebutuhan dalam negeri, yang tidak bisa lepas dari kegiatan sehari-hari. Sehingga, setiap negara pasti memilikinya serta impor ekspor masing-masing, sesuai kebutuhan.

Impor Barang Mudah via Jasa Importir Titipbeliin.com

Namun, dari daftar komoditas di atas adalah komoditas yang tujuannya untuk memenuhi kebutuhan negara. Nah, jadi, sebagai perorangan apakah kita bisa melakukan impor sendiri, sesuai dengan kebutuhan sendiri?

Bisa! Untuk kegiatan impor perorangan, kamu bisa gunakan jasa importir yang ada di Indonesia, seperti Titipbeliin.com. Jasa importir ini akan memudahkan kegiatan impor kamu, terutama bagi yang pemula atau yang belum berpengalaman sama sekali.

Di Titipbeliin.com kamu bisa impor barang apapun, dari beberapa negara seperti dari China, Amerika, Inggris, Korea Selatan, HongKong, dan Singapura.

Proses pemesanan impornya juga sangat mudah, karena platform Titipbeliin.com berbahasa Indonesia, pembayarannya pakai rupiah, metode pembayarannya beragam, biaya transparan termasuk pajak, hingga biaya pengiriman jalur udara atau laut all in.

Nah, buat kamu yang mau buka bisnis barng impor, Titipbeliin.com bisa jadi platform jasa importir yang tepat. Kamu bisa impor barang dari China, karena harganya murah dan produknya lengkap. Jika masih bingung, tim Titipbeliin.com juga bisa membantu kamu, sekaligus bisa konsultasi oleh personal shopper Titipbeliin.com gratis, selama 24 jam!

Artikel Terkait

7 Model Baju Couple keluarga Modern Terbaik 2023

7 Model Baju Couple keluarga Modern Terbaik 2023

Untuk menghadiri acara tertentu, kamu pasti memerlukan model baju couple keluarga modern yang pas. Misalnya kamu ingin menghadiri acara wisuda, merayakan momen lebaran, Natal, menghadiri

Begini Cara Menghitung Harga Jual yang Benar

Begini Cara Menghitung Harga Jual yang Benar

Cara Menghitung Harga Jual – Supaya bisnis tetap bertumbuh, pebisnis wajib memiliki pendapatan dari bisnis yang mereka jalankan. Adapun cara memiliki pendapatan pada suatu bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.