Apa itu Sortir? Ketahui Pengertian dan Langkah-Langkahnya

Apa itu Sortir? Ketahui Pengertian dan Langkah-Langkahnya

Pengiriman barang yang terjadi antar kota atau daerah memiliki proses yang cukup panjang dan sortir adalah salah satu tahapannya. Melalui proses ini barang akan lebih tertata rapi sesuai dengan jenis ataupun tujuan pengiriman. Sehingga proses pengiriman bisa lebih mudah, cepat, dan akurat.

Apa itu Sortir?

Dalam dunia logistik sortir adalah proses memisahkan atau memilah barang sesuai dengan tujuan pengiriman. Biasanya proses ini terjadi sebelum paket atau barang dikirimkan ke alamat tujuan. Selain memudahkan selama proses pengiriman, sortir juga membantu petugas untuk memastikan kondisi barang sebelum pengiriman.

Baca Juga: Apa itu POD dan E-POD? Cari Tahu Penjelasannya di Sini!

Kegiatan menyortir ini adalah tahapan yang memberikan pengaruh besar terhadap kelancaran arus pengiriman barang ke daerah tujuan masing-masing. Oleh sebab itu, petugas yang melakukan sortir biasanya sudah memiliki pengalaman dan menghafal kode-kode tertentu.

Cara Melakukan Sortir Barang

cara melakukan sortir barang

Selain mengetahui pengertiannya, Titipers wajib mengetahui bagaimana cara dan proses penyortiran. Proses ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Artinya, kamu harus meluangkan banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan penyortiran. Berikut adalah cara melakukan sortir yang biasa terjadi di gudang logistik:

1. Ketahui Alamat Tujuan

Setiap paket yang hendak Titipers kirim pasti memiliki alamat tujuan. Karena itu, cara penyortiran yang pertama adalah mengetahui alamat tujuan pengiriman. Biasanya para petugas akan melihat resi yang tertera untuk mengetahui ke daerah mana barang akan dikirimkan.

2. Pisahkan Barang Sesuai dengan Alamat Tujuan

Setelah mengetahui alamatnya, proses berlanjut untuk memisahkan barang sesuai dengan alamat. Tujuannya adalah untuk menghindari adanya kesalahan selama proses pengiriman. Para petugas biasanya harus mendata dan mencatat resi pengiriman dari setiap barang untuk memastikannya sampai ke alamat yang benar.

Proses inilah yang cukup memakan waktu. Apalagi jika jumlah barang yang harus Titipers tangani sangat banyak. Dari proses inilah petugas juga bisa memantau setiap perjalanan paket menuju alamat yang tertuju.

3. Cantumkan Three Letter Code

Cara ketiga dari sortir adalah mencantumkan Three Letter Code. Perjalanan paket atau barang dapat kamu pantau menggunakan resi pengiriman dari pihak logistik. Akan tetapi, setelah barang berada pada tahap penyortiran, Three Letter Code atau Tiga Huruf Kode Kota akan selalu tersematkan.

Huruf ini akan memudahkan para petugas melakukan pelacakan terhadap barang ke alamat tujuan. Ada beberapa contoh kode kota yang dimaksud, seperti:

  • PDG = Padang
  • JKT = Jakarta
  • BTH = Batam
  • SOC = Solo
  • TKG = Bandar Lampung
  • BDO = Bandung
  • BSI = Bekasi
  • SEG = Serang
  • SRG = Semarang

4. Tempatkan Barang di Gudang (Put Away)

Apabila barang sudah mendapatkan tanda kode daerah tujuan pengiriman, langkah sortir berikutnya adalah menempatkan barang di gudang atau Put Away. Pada proses ini, barang tidak langsung ditumpuk kemudian dikirim. Namun, ada proses penyortiran lagi untuk menjadikan barang ke satu tujuan pengiriman.

Ini bertujuan agar barang-barang tidak bercampur menjadi satu hingga menyebabkan prosesnya menjadi lebih lama. Proses ini juga akan mempengaruhi lama atau tidaknya barang sampai di penerima. Semakin banyak barang, maka akan semakin barang di gudang melalui proses penyortiran.

5. Picking

Selanjutnya adalah picking atau persiapan pengiriman barang ke lokasi tujuan. Dalam tahapan kelima ini, petugas akan mengecek semua dokumen ataupun surat yang berhubungan dengan paket. Umumnya, pengecekan terjadi sebelum barang keluar dari gudang untuk kemudian masuk ke proses pengirimannya.

Selain itu, proses picking ini juga dibarengi dengan packing. Barang akan dibungkus dengan bahan-bahan yang mampu melindunginya. Seperti kardus, bubble, dan kayu. Pembungkus ini disesuaikan dengan barang. Apabila barang rentan mengalami kerusakan, maka pembungkusnya juga harus tebal dan kuat.

Baca Juga: Freight Forwarding: Pengertian dan Perbedaan Jasa Logistik

Misalnya saja pengiriman alat elektronik. Pasti akan menggunakan kardus secara keseluruhan untuk menghindari lecet pada kendaraan. Lalu, untuk barang seperti guci, aquarium, gelas, hingga piring yang rentan pecah akan membutuhkan bubble wrap agar tidak rusak selama perjalanan.

Lalu, ada juga pembungkus kayu yang biasanya digunakan untuk benda-benda seperti alat musik. Hanya saja, terkadang kayu masih bisa pecah saat harus tertumpuk dengan barang lain. Jadi, penggunaannya akan lebih aman apabila disertai dengan bubble wrap.

6. Finishing

Setelah semua proses selesai, tahapan terakhir dalam sortir adalah finishing. Ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti mengecek kelengkapan dokumen untuk pengiriman, pengecekan resi, manifest, surat pengiriman, dan surat jalan untuk driver. Apabila semuanya beres maka proses pengiriman baru terjadi.

Barang akan dibawa oleh driver ataupun kurir menuju ke alamat tujuan. Proses panjang ini tentu akan membuat pengiriman menjadi lebih aman dan juga cepat. Tak ayal, pengecekan kecil-kecilan tetap harus dilakukan untuk melihat kondisi barang apakah masih sesuai dengan awal atau terjadi kerusakan.

Kategori Sortir Barang di Rumah

sortir barang dirumah

Decluttering merupakan istilah untuk kegiatan menyortir barang-barang yang ada di rumah. Tujuannya beragam, mulai dari membersihkan barang, menjualnya, hingga mendonasikannya. Berikut adalah cara efektif sortir barang di rumah berdasarkan kategorinya:

  • Boleh disimpan: Ini merupakan kategori barang yang masih kamu pakai, namun hanya di saat-saat tertentu.
  • Donasikan: Barang dalam kategori ini memiliki kondisi yang layak dan bisa kamu berikan atau donasikan pada orang-orang yang membutuhkan.
  • Harus Disingkirkan: Barang sudah tidak layak pakai, tidak layak jual, dan tidak layak didonasikan. Jadi, barang tersebut harus kamu singkirkan.
  • Masih Dipakai: Barang dalam kategori ini masih dibutuhkan sehari-hari dan biasanya sering dicari.
  • Layak Jual: Barang dalam kategori ini memiliki nilai dan bisa kamu jual kembali.

Sudah Tahu Apa itu Sortir?

apa itu sortir? cek langkah-langkahnya

Dari penjelasan di atas dapat Titipers simpulkan bahwa, sortir adalah bagian yang sangat penting dalam proses pengiriman. Tidak hanya untuk bagian logistik saja melainkan juga penyortiran di rumah. Namun, kamu juga bisa menggunakan jasa Titipbeliin.com untuk mendapatkan layanan jasa ekspedisi luar negeri terpercaya.

Proses sortir juga lebih mudah karena Titipbeliin akan membantu kamu dengan tenaga ahli yang dimilikinya. Titipers tinggal terima beres dan barang akan sampai tujuan dengan selamat. Tunggu apa lagi? Yuk, pakai jasa Titipbeliin!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.