Belanja di Yiwu China, Pusat Grosir Skala Internasional

Belanja di Yiwu China, Pusat Grosir Skala Internasional

Sebuah kota bernama Yiwu China merupakan sebuah surga bagi para pedagang eceran. Bahkan, bagi para pedagang yang lokasinya berada di luar negara Tiongkok. Bagaimana tidak, kota ini adalah pusat grosir skala internasional.

Kamu tentu sudah cukup mengenal bahwa negara Tiongkok cukup banyak memproduksi aneka ragam barang. Keunggulannya adalah kualitas yang cukup baik, fungsional, dengan harga yang relatif murah.

Jika kamu adalah seorang pebisnis yang menjual barang secara eceran atau mencari jasa import China, maka kota ini wajib kamu sambangi. Sebab, kamu akan menemukan segala macam barang yang kamu butuhkan.

Lokasi Kota Yiwu China

Lokasi kota ini berada di Zhejiang, Tiongkok. Kota ini tidak memiliki bandara. Sebab itu, untuk sampai ke kota pusat grosir ini, kamu dapat memilih beberapa rute. Pertama adalah lewat Kota Shanghai.

Jika sudah sampai Kota Shanghai, kamu cukup melanjutkan perjalanan ke arah Hongqiao dengan naik kereta bawah tanah. Kemudian, transit untuk melanjutkan perjalanan ke Kota Yiwu China.

Pilihan rute kedua adalah melalui Kota Shenzhen. Dari sini, kamu dapat naik kereta ke Kota Guangzhou. Kemudian, transit untuk melanjutkan naik kereta menuju pusat grosir ini.

Pilihan rute ketiga adalah yang paling mudah. Kamu dapat memilih penerbangan yang langsung mendarat ke Kota Hangzhou. Dari sini, sudah ada banyak mobil yang menawarkan pengantaran langsung ke pusat grosir.

Ada Apa di Kota Yiwu China?

Jadi, sebenarnya apa saja yang dapat kamu temukan ketika mengunjungi pusat grosir ini? Membandingkannya dengan pusat grosir yang dapat kamu temukan pada Kota Jakarta, yaitu Mangga Dua atau Asemka. Yiwu jelas jauh lebih luas dan lengkap.

Pusat grosir ini terdiri dari 20 gedung yang terhubung satu sama lain. Tercatat, ada sekitar 75 ribu kios yang menjual aneka ragam barang. Setiap kios hanya fokus pada kategori barang tertentu. Namun, dengan gradasi kualitas yang lengkap.

Baca Juga: Kenali Apa Itu CBM dalam Pengiriman Impor dan Cara Menghitungnya

Para pedagang juga menjual dalam jumlah partai besar. Dalam satu kotak barang, isinya dapat mencapai 1.200 item. Pembelian lusinan di Yiwu China termasuk jumlah kecil yang mungkin mendapat harga yang jauh lebih mahal.

Sebab itu, tempat ini memang incaran para pedagang pengecer partai besar dari seluruh penjuru dunia. Para pedagang tidak hanya menjual pada pelanggan yang datang ke toko. Penjualan secara online juga tak kalah banyaknya.

Pembagian Distrik di Yiwu China

Berikut ini adalah pembagian distrik di Yiwu International Trade City. Pastikan kamu sudah memahaminya lebih dahulu sebelum berkunjung, agar dapat langsung menemukan kios-kios incaranmu.

1. Distrik 1

yiwu china distrik 1
Image Source by Mia Silvia on Gmaps

Ini adalah distrik pertama dari komplek pasar grosir ini. Distrik ini terdiri dari 4 lantai. Pada lantai pertama kamu akan menemukan ribuan pedagang kios mainan dan bunga artificial.

Sedangkan pada lantai 2, kamu akan menemukan ragam perhiasan. Lalu, aksesori pelengkap perhiasan dan hasil karya seni atau kerajinan ada pada lantai 3. Kemudian, pada lantai 4 adalah ruang pameran.

Jasa import China banyak beroperasi pada distrik ini. Tak heran, sebab para pedagang distrik ini mengaku bahwa 70% produk mereka adalah untuk ekspor.

2. Distrik 2

yiwu china distrik 2
Image Source by Zamiyyu Abraham on Gmaps

Distrik Yiwu China yang berikutnya tak kalah lengkap. Terdiri dari 5 lantai, setiap lantai memiliki kategori produk yang berbeda.

Pada lantai pertama, Titipers akan menemukan berbagai macam jenis tas, mulai dari tas belanja, tas paket, hingga kantong plastik. Jenis produk lain adalah sarung, payung, dan jas hujan.

Kemudian, pada lantai kedua, kategori produk terdiri dari perangkat keras, antara lain alat pertukangan, kunci, hingga aksesoris kelistrikan. Sedangkan lantai 3 terdiri dari jam, peralatan rumah tangga, dan elektronik.

3. Distrik 3

yiwu china distrik 3
Image Source: yiwubuying.com

Berikutnya adalah distrik ketiga Yiwu China. Jika kamu mencari berbagai peralatan kantor, maka inilah tempatnya. Kamu dapat langsung menuju distrik 3 pada lantai 1 dan 2. Ada ribuan pilihan dengan berbagai kualitas produk.

Sedangkan pada lantai 3 dan 4 distrik ini berisi produk kosmetik, skin care dan body care, serta aksesoris pakaian, antara lain kancing dan resleting.

Tak hanya itu, distrik Yiwu China ini juga punya fasilitas yang cukup lengkap, yaitu hiburan, perbankan, akomodasi, hingga catering.

4. Distrik 4

yiwu china distrik 4
Image Source by R R on Gmaps

Selanjutnya adalah distrik yang penuh dengan produk tekstil. Distrik ini terdiri 19 ribu kios atau pedagang.

Pada lantai 1 distrik 4 Yiwu China ini, kamu akan menemukan produk kaos kaki. Perbedaanya mulai dari ukuran, bahan, hingga kualitasnya. Sedangkan pada lantai 2 adalah sarung tangan dan topi.

Kemudian, pada lantai 3 adalah benang, tali, pita, hingga dasi dan handuk. Selanjutnya pada lantai paling atas kamu dapat menemukan pakaian dalam, ikat pinggang, dan selendang. 

Pada distrik ini, kamu juga dapat memanfaatkan jasa import China untuk mempermudah pembelanjaan.

5. Distrik 5

yiwu china distrik 5
Image Source by Sartaj Shaik on Gmaps

Distrik Yiwu China terakhir adalah yang kelima. Ini adalah distrik termuda yang baru mulai beroperasi sejak tahun 2011. Walau demikian, distrik ini menampung hingga 7 ribu kios.

Akan lebih mudah apabila kamu menggunakan jasa import China yang terpercaya. Pada lantai pertama distrik ini berisi barang-barang import. Sedangkan lantai kedua adalah produk-produk DIY.

Kemudian pada lantai ketiga, Titipers akan menemukan gorden dan bahan baku tekstil. Lalu, pada lantai paling atas berisi beragam aksesoris mobil.

Tips Mengunjungi Yiwu China

Mengingat tersedianya ribuan barang serta luasnya wilayah ini, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatian. Yuk, simak bersama!

1. Uang Tunai

Pertama, bahwa tidak semua toko dapat melayani pembayaran dengan kartu kredit internasional. Sebab itu, kamu mungkin perlu menukar uang ke mata uang lokal terlebih dahulu.

2. Bahasa

Kedua, kebanyakan pedagang tidak memahami Bahasa Inggris. Walau demikian, kamu tetap dapat bernegosiasi harga dengan menunjukkan angka pada kalkulator. Dengan demikian, transaksi akan tetap berjalan lancar.

3. Gunakan Pakaian Nyaman

Mengingat luasnya pusat grosir Yiwu China, pastikan kamu datang dengan pakaian dan sepatu yang nyaman. Sebab, kamu mungkin akan menghabiskan sangat banyak waktu untuk berjalan berkeliling.

Cara Belanja Tanpa Datang ke Yiwu International Trade City

titipbeliin.com

Ada kabar baik bahwa kamu dapat berbelanja tanpa perlu benar-benar datang langsung ke pusat grosir internasional ini. Ini tentu akan sangat menghemat waktu, biaya, hingga energi. Caranya adalah memanfaatkan jasa import China. Dimana, salah satu rekomendasi terbaik adalah Titipbeliin

Mengingat banyak pedagang Yiwu China yang juga menjual barang secara online, maka kamu juga dapat berbelanja secara online. Beberapa platform e-commerce yang bisa kamu manfaatkan seperti 1688, Taobao, Alibaba, AliExpress, dan lainnya. 

Dengan menggunakan jasa import, kamu tidak perlu memusingkan tentang akomodasi hingga pajak. Cukup dengan beberapa kali klik, yaitu copy link produk di platform e-commerce dan paste pada website Titipbeliin atau langsung checkout belanjaan di Titipbeliin, kamu dapat melakukan pembelian dengan mudah.

Yuk, Segera Belanja!

Yiwu International Trade City memang sangat menarik untuk kamu sambangi. Lengkapnya produk memang tak perlu kamu ragukan. Namun, apabila bisa berbelanja tanpa pergi ke Yiwu China, kenapa tidak?

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.