1 Kubik Berapa Liter? Cari Tahu Cara Konversi dan Contohnya di Sini!

1 Kubik Berapa Liter? Cari Tahu Cara Konversi dan Contohnya di Sini!

Tahukah kamu? Ternyata, perhitungan dalam matematika seringkali kamu jumpai penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu perhitungan yang paling mudah Titipers temukan, khususnya dalam pengiriman adalah menghitung volume benda. Nah, agar tidak menjumpai kesalahan, tentu kamu perlu memahami 1 kubik berapa liter.

Volume biasanya dinyatakan dalam satuan kubik sebagai turunan dari besaran pokok. Lambang dari satuan kubik ini adalah pangkat tiga. Selain itu, volume juga dapat dinyatakan dalam satuan liter. Ingin tahu lebih lanjut bagaimana mengonversi satuan volume? Temukan jawabannya di bawah ini!

Satuan Kubik dan Meter

Satuan kubik dan meter digunakan untuk menyatakan volume benda. Namun, keduanya mempunyai nilai konversi berbeda, termasuk cara perhitungannya. Meski demikian, kubik bisa kamu konversikan menjadi liter dan sebaliknya. Nah, sebelum memahami 1 kubik berapa liter, berikut penjelasan dari masing-masing satuannya:

1. Satuan Kubik

tangga konversi satuan kubik

Satuan kubik dilambangkan dengan adanya pangkat tiga di akhiran besaran pokok panjang. Ada tips yang bisa kamu gunakan untuk mengubah satuan ke dalam satuan lainnya. Di mana setiap penurunan satu tangga, Titipers perlu mengalikan nilainya dengan 1.000. Kemudian, setiap kenaikan satu tangga, nilainya dibagi dengan 1.000.

Dalam satuan sistem internasional (SI), satuan volume kubik biasanya menggunakan meter kubik (m3). Kemudian, meter kubik ini bisa diturunkan menjadi beberapa satuan kubik lainnya. Misalnya seperti 1 m3 setara dengan 1.000 dm3, 1 m3 setara dengan 106 cm3, dan 1 m3 setara dengan 109 mm3.

Baca Juga: 1 Kubik Berapa Meter Persegi? Apa Rumus untuk Meter Kubik dan Persegi?

2. Satuan Liter

tangga konversi satuan liter

Satuan liter berfungsi untuk menghitung besaran suatu objek yang sifatnya dapat menempati ruangan berbentuk kubus, tabung, dan lain-lain. Penggunaan satuan liter ini juga tertuang dalam Sistem Internasional (SI). Perhitungan satuan liter berbeda dengan satuan kubik yang menerapkan perkalian atau pembagian 1.000. 

Aturan untuk satuan liter adalah setiap naik satu tangga maka harus dibagi dengan 10, sedangkan apabila turun satu tangga maka dikalikan dengan 10. Sebagai patokan umum, 1 liter memiliki kesetaraan nilai dengan 1.000 cm3 atau 1 dm3. Jadi, satuan liter ini masih memiliki hubungan konversi dengan kubik yang bisa kamu perhitungkan.

Cara Konversi Satuan Kubik

Sebelum mengetahui 1 kubik berapa liter, penting bagi kamu untuk mengingat jika 1 kubik setara dengan 1.000 liter dan 1 kubik sama dengan 1 m3. Beberapa nilai kesetaraan untuk volume 1 kubik antara lain:

  • 1 kubik (m³) = 1.000 dm³ 

Atau 106 cm³ atau 109 mm³ 

  • 1 m3 = 106 ml 
  • 1 m3 = 105 cl

Atau  104 dl atau 100 hl 

  • 1 m3 = 10 dal atau 1 kl

Berdasarkan acuan di atas, kunci untuk mengubah satuan volume kubik menjadi liter adalah dengan mengalikan 1.000. Kamu harus mengubah 1 kubik (m3) menjadi dm3. Karena hanya turun satu anak tangga, maka nilainya harus kamu kalikan 1.000. 

Maka, 1 m3 x 1.000 sama dengan 1.000 dm3, di mana 1 dm3 ini setara dengan 1 liter. Begitu pula ketika kamu ingin mengonversi satuan liter ke kubik, maka kamu perlu membagi nilai tersebut dengan 1.000. 

Namun, sebenarnya tidak ada aturan baku yang menentukan 1 kubik berapa liter. Kamu hanya perlu melakukan konversi dari satuan volume ini. Pihak jasa pengiriman barang biasanya menerapkan perhitungan volume ini untuk menentukan tarif berdasarkan ukuran dan beratnya.

Baca Juga: 1 Kubik Berapa Liter? Begini Cara Menghitungnya!

Contoh Soal

Berikut ini contoh soal untuk mempermudah Titipers dalam memahami cara mengubah 1 kubik berapa liter dengan tepat:

1. Soal 1

Berapakah nilai 5 m3 apabila dikonversikan ke dalam satuan liter?

Penyelesaian:
Langkah pertama, kamu harus mengubah satuan m³ menjadi dm³ terlebih dahulu. Satuan m³ ke dm³ adalah turun 1 tangga, maka nilainya harus kamu kalikan dengan 1.000, yaitu:
5 m³ = 5 m³ x 1.000 = 5.000 dm³
Selanjutnya, perlu kamu ingat jika 1 dm³ = 1 liter, maka 5.000 dm³ = 5.000 liter.

2. Soal 2

Berapakah nilai dari 4 kubik jika dikonversikan ke dalam satuan liter?

Penyelesaian:

Perlu kamu ingat jika 1 m3 = 1.000 dm3.

Maka, kamu bisa melihat pada tangga satuan kubik bahwa terdapat penurunan 1 anak tangga sehingga harus mengalikan dengan 1.000 seperti perhitungan di atas. Selanjutnya, kamu juga perlu mengingat jika satuan dm3 setara dengan satuan liter.

4 m3 = 4 x 1.000 dm3 

4.000 dm3 = 4.000 liter

Jadi, nilai dari 4 kubik sama dengan 4.000 liter.

Kamu bisa mengikuti contoh soal sebelumnya untuk menentukan berapa nilai konversi dari kubik ke liter. Lakukan dengan teliti agar tidak ada kesalahan dalam menghitung dan menuliskan satuannya. Dengan demikian, kamu bisa mengukur sendiri ukuran dari barang yang milik Titipers sendiri.

Baca Juga: Kenali Apa Itu CBM dalam Pengiriman Impor dan Cara Menghitungnya

Sudah Tahu Cara Konversi 1 Kubik Berapa Liter?

Demikian ulasan cara konversi satuan volume kubik ke liter yang mudah. Titipers bisa menggunakannya untuk acuan ukuran produk yang ingin kamu impor dari luar negeri melalui jasa Titipbeliin.com. Titipbeliin sendiri merupakan perusahaan yang menawarkan jasa pembelian atau jasa impor secara legal dari berbagai negara.

Beberapa negara yang termasuk antara lain China, Amerika, Inggris, dan Singapura. Kategori produknya juga sangat bervariasi seperti peralatan rumah tangga, fashion, kosmetik, peralatan elektronik, dan lain-lain. Menariknya, layanan dari Titipbeliin juga sudah termasuk dengan pengurusan pajak impor bea cukai, loh!

Karena itu, jika menggunakan jasa Titipbeliin kamu tidak akan kerepotan mengurus seluruh keperluan pengiriman. Cukup duduk manis dan barang akan sampai di tangan dengan selamat!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.