Apa Itu Ekspedisi? Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Apa Itu Ekspedisi? Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Apa itu ekspedisi? Seperti apa manfaat dan cara kerjanya? Supaya semua pertanyaan tersebut terjawab, simak penjelasan lengkap mengenai jasa ekspedisi berikut ini, yuk!

Apa Itu Ekspedisi?

Jasa pengiriman ini menjadi sangat populer, bersamaan dengan cepatnya perkembangan e-commerce di Indonesia.

Menurut KBBI, ekspedisi adalah jasa yang menerima pengiriman barang, surat, dan lainnya. Selain itu, istilah ekspedisi juga bisa diartikan sebagai perusahaan yang menerima pengangkutan barang.

Jadi, secara umum istilah ekspedisi merujuk pada kegiatan pengiriman yang melibatkan proses pengemasan untuk menjaga barang tetap aman.

Kegiatan ini juga menggunakan beberapa jenis transportasi, mulai dari darat, udara, dan laut. Biaya pengiriman bergantung pada jenis transportasi yang kamu pilih serta jarak tempuh dari lokasi pengiriman menuju lokasi tujuan.

Pentingnya Keberadaan Ekspedisi dalam Sebuah Bisnis

Setelah mengetahui apa itu ekspedisi, selanjutnya yang perlu Titipers ketahui adalah pentingnya keberadaan jasa ekspedisi dalam sebuah bisnis.

Dalam industri bisnis, tidak semua perusahaan memiliki jasa pengiriman sendiri kepada para pelanggan. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan tersebut akan memilih jasa ekspedisi untuk mengirim barang kepada pelanggan dengan aman.

Di antara banyaknya bisnis yang bermunculan di Indonesia, e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia paling membutuhkan jasa ekspedisi untuk mengirim pesanan kepada pembeli.

Baca Juga: Apa Itu Importir? Intip Pengertian hingga Jenis-jenisnya!

Berkat keberadaan jasa pengiriman ini, para pelaku bisnis online pun bisa menjual dan mengirimkan pesanan ke mana saja. Bahkan, bisa sampai ke pelosok Indonesia dengan mudah.

Selain tarif pengiriman, jasa ekspedisi juga akan memberitahu estimasi waktu pengiriman. Pihak penjual atau pembeli bisa melacak keberadaan paket sesuai dengan resi pengiriman.

Keberadaan jasa pengiriman ini memang sangat penting, baik untuk pelaku usaha kecil, menengah, atau besar. Sebab, pengiriman menggunakan jasa ekspedisi lebih praktis daripada melakukannya sendiri.

5 Manfaat Menggunakan Jasa Ekspedisi

Merujuk pada pengertian apa itu ekspedisi, dapat diketahui bahwa manfaat utama dari jasa pengiriman ini adalah mempercepat proses pengiriman barang. Agar Titipers lebih paham, simak 5 manfaat berikut in!

1. Proses Pengiriman Lebih Mudah dan Cepat

Manfaat pertama menggunakan jasa ekspedisi adalah proses pengiriman lebih mudah dan cepat.

Pelaku usaha atau para pengirim barang hanya perlu mempercayakan sepenuhnya kegiatan pengiriman kepada perusahaan ekspedisi. Dalam hal ini, kamu tidak perlu repot mengurus dokumen pengiriman hingga mengantarkannya ke lokasi tujuan.

Seluruh kegiatan tersebut akan dilakukan oleh pihak jasa pengiriman barang. Sebab, jasa ini sudah memiliki struktur yang memadai untuk menjalankan kegiatan bisnisnya sebagai pengantar barang.

Berkat struktur dan cara kerja yang sudah tertata, maka proses pengiriman barang akan lebih mudah dan cepat. Manfaat inilah yang membuat keberadaan jasa ini banyak dipilih.

2. Hemat Waktu dan Biaya

Kedua adalah bantu menghemat waktu dan biaya. Jika kamu tidak menggunakan jasa ekspedisi, maka kamu membutuhkan banyak waktu untuk mengantarkan barang atau pesanan ke lokasi tujuan.

Meski masih dalam satu kota, pengiriman barang yang kamu lakukan dengan sendiri pasti akan menyita banyak waktu. Hal ini mengharuskan kamu untuk menunda pekerjaan lainnya demi mengirim barang tersebut.

Sedangkan dari segi biaya, kamu akan menghabiskan banyak biaya, mulai dari uang transportasi, uang makan, dan biaya tidak terduga lainnya di perjalanan. Jadi, selain waktu, kamu juga harus menyediakan biaya besar untuk mengirim barang atau pesanan.

Baca Juga: Jasa Pengiriman Kargo Terbaik Pengiriman Kecil Hingga Besar

Agar Titipers bisa melanjutkan pekerjaan dan menghemat biaya, kamu bisa menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirim barang atau pesanan ke lokasi tujuan. Kamu hanya perlu mengunjungi lokasi ekspedisi terdekat, mengisi data, menyerangkan barang, dan membayarnya.

Setelah itu, kamu hanya perlu memantau dan menunggu paket sampai di lokasi tujuan. Proses tersebut lebih efisien dan efektif, ketimbang melakukan pengiriman dengan sendiri.

3. Jangkauan Pengiriman yang Luas

Perusahaan pengiriman memiliki jangkauan lokasi yang luas. Selain di dalam kota, kamu juga bisa mengirim barang ke lokasi yang berada di luar kota, bahkan ke provinsi yang berbeda.

Hampir semua jasa ekspedisi bisa menjangkau wilayah hingga ke pelosok. Hal ini sangat menguntungkan para pelaku usaha, karena bisa menjangkau pelanggan hingga ke pelosok Indonesia.

Jika pelaku usaha melakukan proses pengiriman dengan sendiri, maka sulit untuk menerima pesanan dari pelanggan yang lokasinya jauh dari jangkauan. Hal ini dikarenakan terbatasnya waktu, biaya, dan sumber daya manusia.

Akibatnya, penjualan jadi kurang maksimal, karena jangkauan pelanggan yang terbatas. Maka, dampak buruknya adalah mengalami penurunan omset penjualan dan menimbulkan kerugian.

4. Keamanan Terjamin

Manfaat selanjutnya adalah adanya jaminan keamanan barang hingga sampai ke lokasi tujuan. Beberapa pihak ekspedisi memberikan garansi pengiriman, khususnya untuk barang-barang pecah belah dan elektronik.

Garansi bisa kamu klaim jika barang mengalami kerusakan di perjalanan. Selain kerusakan, Titipers juga bisa mengklaim garansi jika barang atau paket hilang dan tidak sampai ke lokasi tujuan.

Adanya jaminan keamanan ini akan membuat pengirim dan penerima merasa tenang dan sekaligus meningkatkan kepercayaan keduanya terhadap jasa ekspedisi.

5. Barang Bisa Dilacak

Manfaat terakhir menggunakan jasa ekspedisi adalah barang atau paket bisa kamu lacak di mana saja dan kapan saja melalui fitur tracking. Kamu bisa melacak paket sesuai dengan resi dari pihak ekspedisi.

Caranya pun cukup mudah, Titipers hanya perlu memasukkan nomor resi tersebut di kolom fitur tracking. Setelah itu, kamu akan melihat keberadaan paket secara detail, mulai dari waktu, lokasi, dan pengirim paket.

3 Cara Kerja Ekspedisi yang Perlu Diketahui

Selain harus mengetahui apa itu ekspedisi dan manfaatnya, Titipers juga harus tahu bagaimana cara kerja jasa pengiriman satu ini, agar lebih paham. Secara umum, cara kerja jasa ini meliputi 3 hal, yaitu:

1. Memeriksa Barang atau Paket

Pertama adalah memeriksa layak atau tidaknya barang yang akan mereka kirim. Biasanya pemeriksaan kelayakan ini mengacu pada ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

Barang yang tidak layak biasanya melanggar ketentuan hukum, di antaranya adalah pengiriman hewan langka atau berbahaya, barang ilegal, narkotika, dan jenis lainnya yang melanggar hukum.

Jika barang memenuhi kelayakan, maka barang tersebut diterima dan bisa mengikuti proses selanjutnya.

2. Pengemasan (Packing)

Proses kedua adalah pengemasan atau packing barang yang akan dikirim. Pengemasan ini juga harus menyesuaikan jenis barang tersebut demi keamanan.

Misalnya, untuk barang pecah belah harus dikemas dengan tambahan bubble wrap dan segel bertuliskan “Jangan Dibanting”. Begitu juga dengan paket jenis makanan yang lebih baik menggunakan kardus, agar tetap aman di perjalanan.

3. Mengurus Dokumen Administrasi

Terakhir adalah mengurus dokumen administrasi yang berkaitan dengan proses pengiriman. Dokumen akan disesuaikan dengan jenis transportasi yang digunakan, mulai dari udara, darat, atau laut.

Tertarik Menggunakan Jasa Ekspedisi?

logistik terbaik 2023

Jasa ekspedisi memiliki peran penting terhadap keberlangsungan bisnis. Dengan 5 manfaat yang dimiliki, maka tidak heran jika pelaku bisnis kecil hingga besar tertarik menggunakan jasa ini. Demikianlah penjelasan mengenai apa itu ekspedisi lengkap dengan manfaat dan cara kerjanya yang bisa menambah wawasan Titipers.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.