8 Baju Adat Tradisional China yang Menarik untuk Diketahui

8 Baju Adat Tradisional China yang Menarik untuk Diketahui

Setiap negara memiliki pakaian adat khas nya masing-masing. Pakaian inilah yang menjadi identitas budaya dari negara tersebut. Salah satu negara yang memiliki pakaian tradisional unik adalah China. Baju adat China banyak digunakan hingga ke luar negeri, karena keunikan dan pesonanya.

Warna nya yang cerah dan bentuknya yang unik, membuat banyak orang menyukai baju adat China. Ternyata, baju tradisional China ini terdiri dari berbagai macam jenis. Lalu, apa saja jenis baju tradisional yang berasal dari negeri China? 

Sejarah Baju Tradisional China

Baju adat China sendiri memiliki sejarah dan perkembangan yang sangat panjang. Jenis baju tradisional China mulai diproduksi sekitar 7000 tahun yang lalu. Bahkan, para arkeolog menemukan artefak peralatan jahit, seperti jarum jahit dari tulang hewan, manik-manik batu, dan kerang mutiara yang berusia 18.000 tahun.

Selanjutnya, baju adat China mulai berkembang ketika masa Dinasti Qin dan Han. Dalam era Dinasti Qin dan Han, mulai dikenal pakaian adat yang membedakan strata sosial. Pada era ini, teknologi pewarnaan benang, bordir, dan logam mulai berkembang, sehingga banyak terjadi perubahan kostum dan perhiasan.

Pada era kedinastian selanjutnya, yaitu Dinasti Wei, Jin, Selatan, dan Utara, perkembangan baju adat China semakin pesat. Hal ini dikarenakan terjadinya penyatuan budaya Tiongkok Utara dan Tiongkok Selatan. Baju adat yang berkembang menjadi lebih tertutup dan glamor hingga menyapu lantai.

Baca Juga: Baju Termahal di Dunia 2022, Ini Harga Fantastisnya!

Lalu, pada era Dinasti Tang, perkembangan pakaian mulai berjalan ke arah modern. Hal ini dikarenakan warga China mulai terbuka dengan dunia luar, sehingga pakaian yang awalnya tertutup, mulai dimodifikasi dengan potongan kain yang menarik dan lebih modis.

Perubahan selanjutnya terjadi pada era Dinasti Song, Yuan, dan Ming. Jenis pakaian berubah menjadi pakaian yang lebih sederhana, tapi tampak elegan. Bahkan, untuk kasta tinggi, tidak ada perhiasan dan ornamen khusus pada baju wanita penduduk China.

Nama Baju Adat Tradisional China

Dari beberapa perubahan trend baju adat China dari masa ke masa, terdapat beberapa jenis baju yang dikenal hingga saat ini. Baju tersebut menjadi identitas budaya tersendiri bagi negara china. Berikut ini adalah beberapa nama baju adat  China yang masih ada hingga saat ini:

1. Qipao

Baju China Qipao
Image Source: Pexels

Baju adat tradisional China yang pertama adalah qipao. Mungkin, sebagian dari titipers sekalian pasti mengenal atau setidaknya pernah melihat jenis baju ini. Qipao adalah baju tradisional China yang usianya sudah cukup tua. Hal ini menjadikan qipao adalah inspirasi dari terbitnya baju tradisional lain, yaitu cheongsam.

Qipao sendiri memiliki sejarah yang cukup unik. Pada zaman dahulu, para perempuan dari dinasti atau klan Han memakai baju yang bernama manchu. Namun, para perempuan ini dipaksa untuk mengganti pakaian mereka ke baju qipao, dan jika tidak, mereka akan dihukum mati.

Baju adat qipao memiliki desain yang elegan. Hal ini terlihat dari desainnya yang menutup ujung leher hingga ujung kaki dengan model baju yang menggantung serta press body. Bentuk rok bagian bawah qipao kecil pada bagian atas, namun melebar pada bagian bawah hingga ujung kaki.

Baju yang tertutup ini memiliki tujuan untuk menyamarkan usia orang yang menggunakan qipao. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, baju qipao memiliki beberapa modifikasi diantaranya adalah potongan ramping dan belahan rok bagian bawah hingga ke bagian betis atas.

2. Samfoo

Baju China Samfoo
Image Source: LingoAce

Samfoo adalah salah satu baju adat tradisional China yang banyak digunakan sehari-hari. Hal ini membuat samfoo memiliki perbedaan dibandingkan dengan baju adat lainnya yang cenderung banyak terdapat pada acara-acara khusus atau perayaan dan pesta.

Samfoo sendiri memiliki desain yang sederhana dan tidak dilengkapi dengan pernak pernik mewah ataupun corak tertentu. Wajar saja, karena penggunaan baju samfoo adalah untuk sehari-hari. Baju ini dibuat dari bahan satin yang mengkilap, namun juga dingin apabila berada di tubuh.

Jika wanita muda cocok dan banyak memakai baju adat lainnya, samfoo cocok dan banyak dikenakan oleh wanita paruh baya. Hal ini karena model baju samfoo yang longgar dan sederhana membuat wanita paruh baya nyaman untuk memakai baju samfoo ini.

Tak hanya itu, belakangan ini banyak baju samfoo dengan desain khusus laki-laki, dimana baju ini dilengkapi dengan lengan yang panjang menyerupai kemeja. Samfoo laki-laki dilengkapi dengan kancing rajut khas China seperti halnya baju adat China yang lainnya.

3. Hanfu

Baju China Hanfu
Image Source: Pexels

Hanfu merupakan salah satu baju adat China yang memiliki usia paling tua. Pakaian ini telah digunakan sejak 4000 tahun lalu. Hanfu sendiri berasal dari kata Han dan Fu, yang berarti pakaian orang era Dinasti Han. Ya, memang pakaian ini merupakan pakaian adat asli pada era Dinasti Han.

Hanfu sendiri terbuat dari bahan kain sutra yang halus dan jatuh, sehingga menampilkan kesan elegan. Baju adat hanfu dahulu hanya dikenakan oleh kalangan bangsawan dan orang terpandang. Namun, saat ini baju hanfu sudah banyak dikenakan secara umum oleh masyarakat.

Desain baju hanfu merupakan perpaduan budaya antara China dan Korea. Hanfu terkenal dengan hiasan jumpai yang menjuntai panjang, liontin giok yang terbuat dari batu atau pei, serta berbagai macam perhiasan yang mengikat pinggang. Hiasan tersebut membuat hanfu menampakkan kesan feminim dan elegan.

4. Cheongsam

Baju China Cheongsam
Image Source: Pexels

Baju tradisional China cheongsam adalah salah satu baju tradisional yang banyak dikenakan saat ini. Pada dasarnya, cheongsam adalah versi modern dari baju adat qipao. Cheongsam tidak memiliki banyak ornamen, sehingga menampakkan kesan minimalis dan elegan pada orang yang memakainya.

Hingga saat ini, cheongsam banyak digunakan oleh masyarakat China, bahkan masyarakat mancanegara disaat ada perayaan hari besar China seperti Imlek. Masyarakat dari berbagai kalangan pun, mulai dari yang tua hingga yang muda, atau yang kaya hingga yang miskin juga banyak menggunakan cheongsam.

Desain baju cheongsam sendiri memiliki bentuk press body namun tertutup. Baju ini tidak memiliki lengan panjang, umumnya sleeveless atau model lengan pendek. Satu hal yang membuat baju cheongsam unik adalah kerahnya. Hal ini karena, baju cheongsam memiliki kerah yang tinggi hingga menutup leher. 

Cheongsam seringkali menjadi seragam bagi para pekerja hotel di China dan Hongkong, mulai dari pelayan kamar hingga resepsionis. Jika titipers sekalian ingin menggunakan baju cheongsam, akan lebih baik untuk menggunakannya saat mengunjungi bangunan bersejarah di China seperti forbidden city di Beijing.

5. Jubah Labuh

Baju China Jubah Labuh
Image Source: Fenesia

Jubah labuh adalah baju adat China yang dikhususkan untuk kaum laki laki. Baju ini adalah baju khusus untuk perayaan tahun baru China. Sehingga, orang-orang akan banyak menggunakan baju ini setahun sekali. Oleh karena itu, jubah labuh termasuk ke dalam golongan baju spesial.

Pakaian tradisional China satu ini dibuat dengan bahan premium, yaitu kain sutra dan kain brokat yang indah. Tak hanya itu, baju jubah labuh dijahit khusus menggunakan benang emas yang indah. 

Sehingga, perpaduan bahan ini membuat baju jubah labuh memberi kesan mewah dan elegan pada seseorang yang memakainya.

Jubah labuh juga tidak dibuat dengan corak yang banyak seperti halnya baju adat China milik wanita. Corak yang ada di baju jubah labuh tergolong sederhana dan sedikit. Baju ini dibuat longgar agar nyaman dikenakan, serta menampilkan kesan yang gagah dan berkharisma bagi laki-laki yang memakainya.

6. Changshan

Baju China Changsan
Image Source: Gojek

Changshan merupakan baju adat China untuk kaum laki-laki. Pada dasarnya, changshan memiliki konsep yang sama dengan cheongsam milik kaum wanita. Changshan memiliki arti baju panjang atau baju formal yang penggunaannya hanya pada perayaan acara besar atau acara-acara tertentu saja. 

Pada zaman dahulu, orang yang bisa mengenakan changshan hanyalah orang dari kalangan atas saja, seperti orang kaya, saudagar, ataupun bangsawan. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, sejak abad ke 17 hingga abad ke 20, orang dari berbagai strata sosial mulai menggunakan changshan.

Bahkan, saat ini, changshan yang identik dengan China, banyak dimodifikasi menjadi lebih modern, dari desain hingga ornamennya. Baju changshan juga tidak lagi digunakan pada perayaan acara tertentu saja, melainkan bisa digunakan kapan saja, hingga bisa menjadi baju sehari-hari.

Salah satu ciri khas baju changshan adalah warnanya. Baju changshan identik dengan warna merah menyala khas China. Warna merah ini sangat identik dengan kemakmuran, kedamaian, dan kebahagiaan menurut pemahaman orang China.

7. Baju Shanghai 

Baju China Shanghai
Source: DHgate

Baju adat China selanjutnya adalah baju shanghai. Baju adat shanghai ini adalah salah satu baju adat China yang umumnya penggunanya kebanyakan adalah kaum wanita yang memiliki darah keturunan Tionghoa. Sehingga, tidak semua warga China biasa memakai jenis baju adat ini.

Meskipun begitu, baju shanghai adalah baju yang memiliki ciri khas China yang sangat kuat. Hal ini terlihat dari model kerah baju yang menutupi leher, serta model potongan kain menyilang yang terdapat pada bagian dada. Selain itu, ornamen kancing dan motif tertentu juga terlihat ada pada baju shanghai ini.

Saat ini, baju shanghai yang banyak beredar adalah baju shanghai yang telah mengalami modifikasi secara modern mengikuti perkembangan zaman. Misalnya saja, motif garis garis modern yang menggantikan motif floral khas China. Baju shanghai ini umumnya terdapat pada perayaan acara tertentu saja.

8. Tang Suit 

Baju China Tang Suit
Image Source: Orami

Pakaian tradisional China terakhir adalah Tang Suit yang merupakan jaket Tionghoa modern ketika berjayanya Dinasti Tang dan berasal dari kata Tangzhuang. Jaket tradisional ini juga perpaduan antara jaket barat dan jaket Manchu.

Pakaian ini juga menjadi busana formal nasional pria China sejak tahun 1929. Sehingga, tidak heran bila kamu sering melihatnya pada film-film kungfu maupun kerajaan.

Tips Beli Baju Adat Tradisional China

baju adat china

Baju adat China memang sangat menarik dipandang mata. Sehingga, tak heran banyak orang mancanegara yang bukan berasal dari China tertarik untuk membeli dan mencobanya. Berikut ini adalah tips membeli baju tradisional wanita China:

  • Perhatikan kualitas jahitan. Kualitas jahitan adalah indikator utama kualitas baju tradisional China. Pastikan jahitan baju  rapi dan tidak ada sedikitpun benang yang keluar. Benang yang keluar akan memungkinkan baju cepat mengalami kerusakan
  • Waspada terhadap harga KW. Titipers sekalian sebaiknya menghindari barang KW. Untuk mencegah adanya barang KW terbeli, kamu dapat melihat barcode yang tertera pada tag baju dan scan barcode tersebut, agar terlihat keasliannya.
  • Pilih model dan ukuran yang sesuai. Memilih model dan ukuran yang sesuai merupakan hal yang penting. Karena, baju adat China sebagian memiliki model oversize dan sebagian press body. Pastikan model tersebut cocok dengan bentuk tubuhmu.
  • Pilih warna yang cerah. Warna cerah merupakan ciri khas baju China. Apalagi untuk perayaan Imlek yang identik dengan warna merah menyala. Hindari warna putih, karena warna putih merupakan simbolis kabar duka di negeri China.
  • Selain itu, pilih aksesoris yang sesuai. Selain warna, baju khas China juga identik dengan berbagai macam aksesoris dan pernak-perniknya. Pilih aksesoris yang berwarna emas atau silver, agar terkesan mewah. Pilih juga aksesoris yang identik dengan shio hewan khas China.
  • Lalu, pilih bahan pakaian yang nyaman. Bahan pakaian yang nyaman juga indikator kualitas baju khas China. Memilih bahan pakaian yang dingin merupakan hal yang utama. Hal ini karena baju khas China cenderung pemaiakannnya berlapis-lapis dan banyak.

Cara Beli Baju Adat Tradisional China

Dari beberapa penjelasan dan tips di atas, apakah kamu tertarik untuk membeli baju adat China? Tidak usah bingung lagi, kini kamu dapat membelinya melalui Titipbeliin.com. Titip beliin melayani jasa pembelian baju import dari luar negeri ke Indonesia. 

Titip beliin merupakan website jasa pembelian dari luar negeri. Website ini telah terintegrasi langsung dengan toko luar negeri, sehingga titipers sekalian dapat membeli baju dari luar negeri tanpa kendala. Titipbeliin mengurus seluruh pengurusan bea cukai, ongkos kirim, dan custom clearance.

Selain pakaian adat China, kamu juga bisa membeli mobil listrik China, motor listrik China, suku cadang, dan produk impor lainnya. 

Berikut ini adalah cara untuk membeli baju adat tradisional China melalui website Titip Beliin:

  • Tahapan pertama adalah cari produk yang ingin kamu beli dari situs e-commerce luar negeri, seperti Amazon dan lain sebagainya.
  • Pastikan kamu sudah berada di laman individu produk tersebut, kemudian copy link produk yang ada.
  • Setelah itu, buka situs titipbeliin.com dan paste link url tersebut pada box yang tertera pada homepage. 
  • Tekan enter untuk melanjutkan, lalu pesananmu akan melalui proses ke tahapan selanjutnya.
  • Setelah itu, para titipers akan berada pada halaman keranjang. Pada laman ini terdapat rincian harga, termasuk biaya international shipping dan pajak. Pada laman ini, kamu juga akan mengisi data barang, seperti berat, deskripsi produk, dan lain sebagainya.
  • Setelah semua data terisi, kamu akan berada pada laman pembayaran. Pilih jasa pengiriman logistik dalam negeri yang kamu inginkan, kemudian klik kolom “Beliin”. Lalu, muncul kolom konfirmasi harga dan kamu dapat langsung membayar. 

Tidak perlu khawatir karena kesulitan untuk membayar, pada website Titipbeliin, kamu dapat membayar menggunakan mata uang rupiah. Tidak hanya itu, Titipbeliin juga menyediakan kemudahan pembayaran melalui m-banking, minimarket terdekat, hingga berbagai macam e-wallet. Mudah bukan? Yuk, segera gunakan Titipbeliin!

Tertarik untuk Beli Baju Adat Tradisional dari China?

Sekian penjelasan mengenai baju adat China, mulai dari sejarah, jenis-jenis baju, tips membeli baju, hingga cara membeli baju adat China. Baju China memiliki berbagai jenis model yang unik dan dengan pesona masing-masing. 

Tidak ada salahnya jika titipers sekalian mencoba membeli baju tradisional China langsung dari luar negeri, loh

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.