Dekorasi Lamaran Sederhana Buatan Sendiri

Dekorasi Lamaran Sederhana Buatan Sendiri, Murah Tapi Mewah!

Mau buat acara lamaran low budget? Buat dekorasi lamaran sederhana buatan sendiri saja, dari bahan-bahan murah tapi bisa jadi mewah. Pasalnya, kebutuhan lamaran juga tidak sebanyak acara pernikahan, sehingga dekorasinya bisa kamu tekan sesuai budget. 

Ada banyak konsep dan tema dekorasi lamaran sederhana buatan sendiri rumah, mulai dari tema rustic, white flowers, balon, hingga kain. Tidak hanya itu, pemilihan warna juga bisa kamu sesuaikan dengan warna kesukaan kamu dan calon pasangan. 

Bahan Utama untuk Buat Dekorasi Lamaran Sendiri

Apapun tema dan konsepnya, setidaknya kamu harus menyiapkan beberapa bahan utama yang wajib kamu beli. Peralatan ini, mungkin menjadi barang yang harganya lebih mahal dari kebutuhan lainnya. 

1. Backdrop Kayu 

Backdrop Kayu Lamaran
source: rumah.com

Bahan utama untuk dekorasi yang wajib kamu miliki atau beli adalah backdropnya. Nantinya, di backdrop ini kamu akan menghias dekorasi sesuai tema atau konsep yang sudah kamu pilih sebelumnya. Tapi dari mana kamu bisa mendapatkan atau beli backdrop tersebut?

Saat ini, sudah banyak pengrajin kayu yang menjual backdrop untuk acara lamaran. Mereka menjual berbagai jenis dan ukuran backdrop lamaran, dengan harga yang beragam. 

Baca Juga: Dekorasi Lamaran Sederhana dari Kain Banyak Variasi, Murah & Mewah

Backdrop berbahan kayu sendiri dijual mulai dari Rp150.000 hingga Rp2 jutaan, tergantung jenis dan ukuran. Untuk yang harga termurah, biasanya hanya berupa rangka kayu seperti gawang, untuk meletakan kain, lampu, dan hiasan lainnya. 

Harga termahal, biasanya ada pada pilihan backdrop full kayu, sehingga kamu hanya tinggal tempel hiasan tanpa terlihat kosong. Hal yang membuatnya mahal juga dikarenakan kayu yang digunakan tentunya lebih banyak dan tebal. 

Jika kamu berniat untuk dekorasi lamaran buatan sendiri di rumah, dan tidak akan digunakan lagi, kamu bisa pilih yang termurah. Kamu bisa request untuk ukuran kayu hingga tebal tipisnya kayu. 

2. Bahan Kain

Backdrop Kain Putih Lamaran
source: supercun.com

Selanjutnya ada kain yang menjadi bahan utama yang mesti kamu beli. Tidak hanya sebagai penghias, kain juga berguna untuk menutupi kekosongan backdrop. Terlebih, jika sisi tembok yang digunakan untuk meletakan dekorasi lamaran tidak bagus. 

Nah, kamu bisa menutupi sisi tembok yang jelek dengan kain. Untuk warna kainnya sendiri, bisa menggunakan warna umum seperti putih atau hitam. Karena, gunanya hanya untuk menutupi bagian sisi tembok yang jelek.  

Untuk jenis, ukuran dan harga kainnya sendiri, bisa menyesuaikan dengan ukuran sisi tembok, yakni sekitar 3 meter x 2.5 meter. Harga kainnya mulai dari Rp25.000 per meter dengan bahan satin. 

Bahan Pelengkap untuk Dekorasi Lamaran Sederhana 

Selain bahan utama tadi, kamu juga butuh bahan pelengkap sebagai hiasan agar dekorasi tampak lebih hidup. Bahan-bahan pelengkap tersebut juga bisa kamu pilih dengan harga termurah, dan bisa dibeli via online. Berikut beberapa rekomendasi bahan pelengkapnya:

Dekorasi Lamaran Pelengkap

1. Bunga Asli atau Palsu

Bahan pelengkap pertama yang dibutuhkan untuk dekorasi lamaran sederhana buatan sendiri adalah bunga. Selain menghidupkan backdrop, bunga juga bisa mempercantik dekorasi lamaran, dan penentu tema lamarannya. 

Jika kamu memiliki tema rustic, kamu bisa pilih bunga warna putih. Untuk tema soft, bisa pilih warna bunga warna pink, biru muda, hingga ungu muda. Begitupun, jika kamu ingin tema yang lebih ceria, maka bisa pilih warna kuning. 

Tidak hanya itu, jenis juga bisa mempengaruhi kecantikan dekorasi. Kamu bisa pilih beli bunga asli atau bunga segar yang memiliki bau natural, sedangkan jika pilih bunga palsu, kurang natural namun bunga akan awet selamanya.

Dari segi harga, bunga palsu dengan kualitas bagus, lebih mahal Daripada bunga asli. Jadi, jika hanya untuk digunakan sekali bisa menggunakan bunga asli saja.

Baca Juga: Biaya Tunangan Sederhana di Rumah Mulai dari Dekorasi hingga Katering

Umumnya, bunga asli memiliki rentang harga mulai Rp10.000 hingga Rp50.000 per ikat. Bunga yang sering digunakan untuk hiasan backdrop, diantaranya ada bunga pikok, krisan, seruni dan aster. 

2. Lampu Tumblr

Agar penerangan backdrop lebih cantik, kamu bisa tambahkan lampu tumblr dengan ukuran yang menyesuaikan. Biasanya, lampu tumblr kecil lebih murah yakni harganya sekitar Rp15.000 per 10 meter di toko online. 

3. Kain Dekorasi

Berbeda dengan kain untuk backdrop, kain yang satu ini gunakan untuk hiasan. Untuk jenis kainnya, bisa pilih satin juga, atau bahan tile yang lebih mewah. Kain hiasan ini nantinya bisa dililitkan di tiang kayu atau tergantung selera kamu. 

Harga kain tile juga tidak terlalu mahal, yakni mulai Rp15.000 per meternya. Untuk warna juga bisa menyesuaikan tema lamaran dan warna bunganya. 

4. Inisial Nama

Meski tidak terlalu penting, namun hiasan berbentuk inisial nama dari kayu ini bisa menambah keromantisan, karena para tamu bisa mengetahui nama dari calon pasangan kamu. Harganya juga cukup murah, yakni sekitar Rp20.000 per huruf, dengan ukuran 20 cm. 

Nah, itu dia beberapa kebutuhan untuk dekorasi lamaran sederhana buatan sendiri. Setelah bahan-bahan terkumpul, kamu tinggal merakit dan merangkai sendiri dengan mudah dan mayoritas tinggal pasang saja. 

Adapun, semua bahannya juga sangat mudah untuk ditemukan, terlebih di toko online. Bahkan, jika dihitung-hitung, budget yang dikeluarkan juga pastinya lebih murah, ketimbang kamu menggunakan jasa dekorasi lamaran. 

Pasalnya, kamu harus membayar sewa backdropnya, jasa dekor, sekaligus ongkos kirim mereka ke rumah atau lokasi lamaran kamu. Jadi, jika kamu buat sendiri pasti akan banyak budget yang bisa ditekan. 

Tekan Biaya Lamaran, Beli Peralatan Dekorasi via Titipbeliin.com!

Bagaimana? Jadi ingin cepat-cepat coba beli kebutuhannya dan dekorasi sendiri? Nah, kalau kamu mau beli kebutuhan dekorasi yang lebih murah, kamu bisa beli beberapa kebutuhan tersebut secara impor via Titipbeliin.com loh!

Kamu bisa beli beberapa peralatan penunjang dekorasi lamaran sederhana, seperti kain, lampu tumblr, bunga, hingga aksesoris lainnya, secara impor dari China via Titipbeliin.com.

Mengapa melalui Titipbeliin.com? Karena, pembelian produk impor via Titipbeliin.com akan memudahkan mu, dari segi proses pemesanan, bahasa, pembayaran, bahkan hingga pengiriman.

Selain itu, beli produk impor di Titipbeliin.com juga aman, legar, biaya transparan, sudah termasuk urus pajak, bisa bayar pakai rupiah, metode pembayaran beragam (virtual account, manual transfer bank, OVO, CC, hingga Alfamart), dan pengiriman tergolong cepat!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.