Jasa Import Barang Inggris

Mengenal Prosedur Jasa Import Barang Inggris Tercepat & Terbaik

Inggris menjadi negara yang lumayan sering sebagai sasaran barang import warga Indonesia. Karena mereka memiliki beberapa produk barang yang berkualitas tinggi dan dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Nah, untuk bisa mengirim barang dari Inggris, tentunya kamu membutuhkan jasa import bukan? 

Karena biasanya prosedur pengiriman barang import membutuhkan beberapa dokumen perizinan yang resmi. Supaya barang import kamu terhindar dari kemungkinan penyitaan dan pelarangan izin penjualan. Jika kamu ingin mengenal lebih jauh tentang jasa import, simak ulasannya berikut ini! 

Pengertian dan Tujuan Jasa Import Barang Inggris

Tujuan Jasa Import Barang Inggris

Import adalah kegiatan untuk mendatangkan barang dari luar negeri. Sedangkan jasa import barang Inggris adalah salah satu bentuk hubungan diplomatik antara negara Indonesia dan negara Inggris. Tujuan umum dari bisnis import, yaitu untuk memenuhi kebutuhan barang dalam negeri. 

Bisnis import juga memiliki tujuan lain selain tujuan utama tersebut, yakni membangun hubungan kerjasama ekonomi antara dua negara atau lebih. Kerjasama ekonomi ini merupakan bentuk pemenuhan barang dalam negeri karena suatu negara tidak mampu untuk memproduksi barang tersebut sendiri. 

Ketidakmampuan tersebut terjadi karena beberapa faktor, seperti kurangnya kemampuan dan skill dari tenaga kerja atau bahan baku yang tidak tersedia di negara tersebut.

Suatu negara biasanya lebih memilih untuk melakukan import barang dari luar negeri daripada harus memproduksi barang tersebut di dalam negeri. Hal ini karena produksi barang tersebut di dalam negeri membutuhkan biaya yang lebih besar, terutama jika negara tersebut tidak memiliki bahan baku dan tenaga profesional yang mumpuni. 

Oleh karena itu, jasa import merupakan salah satu solusi pemenuhan kebutuhan barang dalam negeri. Selain bertanggung jawab untuk mendatangkan barang dari luar negeri, para penyedia jasa import juga harus memenuhi persyaratan dan prosedur dalam kegiatan import. 

Hal ini penting untuk memastikan bahwa barang import tersebut layak dan telah memiliki izin untuk diperjual belikan di dalam negeri. 

Prosedur Jasa Import Barang Inggris

Prosedur Jasa Import Barang Inggris

Pelaku import atau importir biasanya harus memenuhi beberapa prosedur sebelum melakukan kegiatan import. Prosedur yang harus dilakukan oleh penyedia jasa import berbeda dengan penyedia jasa lainnya. Hal ini karena jasa import melibatkan hubungan antar negara. Berikut ini adalah beberapa prosedur import yang perlu kamu ketahui: 

1. Prosedur Perizinan

Pelaku import atau importir harus memiliki dokumen perizinan sebelum melakukan kegiatan import. Hal ini penting untuk mencegah kemungkinan adanya importir tidak resmi yang mendapatkan barang import secara ilegal.

Selain itu, dokumen perizinan juga penting untuk memastikan bahwa importir yang bersangkutan telah memiliki layanan jasa import yang resmi dan berlisensi.

Baca Juga: Pengiriman Paket dari London ke Indonesia Terlengkap 2022

Seorang importir harus memiliki Angka Pengenal Importir (API) sebagai syarat wajib sebelum melakukan usaha import barang. API merupakan tanda pengenal atau ijin usaha yang harus dimiliki oleh para pelaku import.

Importir yang tidak memiliki API juga bisa tetap melakukan kegiatan impor, namun mereka harus melakukan undername atau meminjam lisensi dari perusahaan importir resmi.

2. Prosedur Pengiriman Barang Import

Proses pengiriman barang import juga memerlukan penanganan yang khusus. Pengiriman barang import tidak sama dengan pengiriman barang menggunakan jasa ekspedisi yang biasa kamu gunakan. Pada proses pengiriman barang, importir dan eksportir memiliki tanggung jawab yang sama sesuai dengan incoterms yang berlaku.

Proses pengiriman barang import memerlukan kehati-hatian karena harus melintasi benua bahkan samudera. Pihak importir biasanya akan mengurus proses pengiriman barang import ketika menggunakan EXW atau FOB. 

Sedangkan pihak eksportir biasanya akan mengurus pengiriman barang ekspor ketika menggunakan CFR atau CIF.

3. Pengurusan Dokumen Import

Salah satu aspek terpenting dari kelancaran bisnis import adalah kelengkapan dokumen. Dokumen import merupakan salah satu bentuk pembuktian bahwa barang yang merupakan hasil import merupakan barang yang memiliki izin edar di negara tersebut. 

Dokumen import juga berfungsi untuk memastikan bahwa barang hasil dari kegiatan import bukan merupakan barang yang berbahaya. Beberapa dokumen yang penting dalam jasa import antara lain, dokumen SKA, Bill of Lading, Invoice, Packing List, dan lain sebagainya. 

Beberapa importir juga membutuhkan dokumen L/C atau Letter of Credit dari bank penerbit. Selain itu, beberapa dokumen yang terkait dengan kepabeanan import berdasarkan incoterms juga penting kamu urus dalam bisnis jasa import barang Inggris.

4. Pembayaran Tarif Bea

Setiap barang yang berasal dari kegiatan ekspor dan import di Indonesia memiliki ketentuan pembayaran bea sesuai dengan ketetapan BTKI. Pelaku impor dan ekspor wajib membayar bea masuk atau pungutan negara yang berlaku secara khusus untuk barang dan jasa hasil import dari luar negeri.

Ketentuan pembayaran tarif bea berbeda-beda bagi setiap barang import. Biasanya beberapa barang mewah memiliki ketentuan bea masuk khusus, kecuali jika nilai FOB kurang dari 75 USD.

5. Prosedur Pemeriksaan Barang Import

Selain harus melalui proses pembayaran yang sesuai ketentuan, setiap barang hasil import maupun ekspor juga akan melewati pemeriksaan fisik dan dokumen.

Pemeriksaan fisik biasanya berfungsi untuk mengecek apakah barang hasil import tersebut merupakan barang terlarang dan berbahaya yang tidak boleh diperjualbelikan di Indonesia. Sementara pemeriksaan dokumen berfungsi untuk memastikan bahwa barang hasil import merupakan barang yang resmi dan berlisensi.

Baca Juga: Cara Jastip atau Impor Sepeda Brompton langsung dari Inggris

Indonesia menerapkan beberapa jalur pemeriksaan, seperti jalur merah, kuning, hijau, dan MITA prioritas hingga non-prioritas. Jalur-jalur tersebut merupakan rangkaian sistem yang berfungsi dalam kegiatan pemeriksaan barang ekspor maupun import.

Pada jasa import biasanya para importir akan memastikan keamanan suatu barang sebelum barang tersebut dikirim dan diterima.

Yuk, Gunakan Jasa Import Barang Inggris Tercepat & Terbaik?

Jika kamu sedang mencari jasa import barang inggris yang tercepat dan terbaik, kamu bisa bergabung menjadi titipers di titipbeliin.com. Website Titipbeliin adalah salah satu website yang menyediakan jasa titip beli barang import terbaik di Indonesia. 

Titipers bisa mendapatkan barang import apapun dengan harga yang sangat murah dan kualitas terbaik di website tersebut.

Titipers juga tidak perlu khawatir, karena semua barang import yang ada di website tersebut terjamin orisinalitasnya. Selain dari Inggris, Titipers juga bisa mendapatkan berbagai macam barang import dari negara lain, seperti Amerika, China, Hongkong, dan Singapura.

Pengiriman yang Titipbeliin lakukan juga sangat aman. Jadi, Titipers tidak perlu merasa khawatir jika barang tidak sampai atau hilang di tengah perjalanan. Karena Titipbeliin sudah memiliki standar pengiriman barang import yang aman melalui berbagai jalur pengiriman, seperti laut dan udara.

Selain keunggulan tersebut, Titipbeliin juga memiliki keunggulan lain daripada jasa import barang Inggris lainnya, seperti harga yang kompetitif dan tenaga kerja yang berpengalaman. Pelayanan dalam prosedur pembayaran juga sangat mudah dan transparan, serta waktu pengiriman yang relatif lebih cepat daripada jasa import lainnya.

Jadi gimana Titipers, masih ragu buat beli barang import? Jika masih ragu, Titipers bisa mengunjungi website kami dan bertanya secara langsung kepada admin tentang hal-hal yang Titipers ingin ketahui. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.