7 Dekorasi Ruang Tamu Sederhana Tapi Menarik 2023

7 Dekorasi Ruang Tamu Sederhana Tapi Menarik 2023

Memiliki sedikit barang, nyatanya bisa mengurangi beban hidupmu. Kondisi ini terjadi karena kamu tidak harus memikirkan biaya perawatan hingga cara menatanya agar selalu rapi. Kamu bisa mulai hidup minimalis dengan menerapkan dekorasi ruang tamu yang sederhana tapi menarik.

Meski sederhana, kamu dapat memaksimalkan ruang, cahaya, serta material yang ada untuk menciptakan ruang tamu yang mampu menjadi tempat bersantai dan berkumpul bersama keluarga maupun teman. Nah, inilah 7 dekorasi ruang tamu yang bisa kamu aplikasikan di tahun 2023 untuk hidup yang lebih minimalis.

7 Dekorasi Ruang Tamu Sederhana Tapi Menarik 2023

Berikut ini 7 dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Gunakan Palet Monokrom

ruang tamu monokrom
Image Source: Pexels

Pertama, kamu bisa menggunakan palet monokrom untuk dekorasi ruang tamu yang sederhana. Pada dasarnya, warna  monokrom adalah degradasi warna dasar yang tidak tercampur dengan warna lainnya. Misalnya, hitam, putih, hijau, biru, dan merah.

Namun, dalam penerapannya banyak yang memilih menggunakan warna abu-abu. Sehingga, tidak sulit untuk menggunakan warna monokrom untuk dekorasi ruang tamu. Pasalnya, furniture dan dekorasi berwarna hitam atau putih sangat mudah ditemui.

Baca Juga: Harga Dekorasi Lamaran Sederhana di Rumah, Bisa Bikin Sendiri Juga!

Dengan memaksimalkan ruang kecil dan sentuhan warna monokrom, ruangan menjadi tidak terasa kaku. Sebaliknya, tampilan ruang tamu akan terlihat elegan dan stylish.

Di samping itu, kamu dapat menghidupkan ruangan menjadi berwarna dengan menambahkan tanaman hijau sebagai hiasan, seperti pada gambar di atas. Sehingga, ruang tamu menjadi lebih nyaman dan menyegarkan.

2. Pilih Furniture Sederhana

ruang tamu sederhana
Image Source: Pexels

Apabila kamu memiliki ruang tamu sempit dan ingin mendekorasinya, solusinya yaitu gunakan furniture mungil yang sederhana. Sofa mewah dengan perbedaan warna yang mencolok seperti di atas, sudah mampu memberikan keindahan.

Sedangkan, meja putih kecil di depan sofa cukup untuk meletakkan secangkir kopi atau teh serta sedikit kudapan untuk tamu. 

Baca Juga: 7 Ide Dapur dan Taman Belakang Rumah Minimalis 2023

Selain itu, penggunaan rak televisi minimalis multifungsi bisa kamu manfaatkan untuk meletakkan koleksi buku. 

Kamu bisa membeli rak televisi minimalis dari luar negeri yang unik untuk memperindah ruang tamu. Titipers bisa mendapatkannya di toko furniture maupun marketplace seperti Amazon.

Dengan dekorasi serta furniture yang sederhana, bukan berarti ruang tamu menjadi membosankan. Sebaliknya, penggunaan perabot yang tidak berlebihan akan memberikan kesan minimalis, namun tegas.

3. Hias Sudut Ruangan dan Dinding

deasin ruang tamu sederhana
Image Source: Pexels

Kamu bisa menyulap ruangan sempit dan sesak menjadi ruang tamu yang nyaman dengan sentuhan sederhana, yaitu menghias sudut serta dinding ruangan. 

Gunakan lukisan besar untuk menegaskan ruang, supaya lebih terkesan hidup. Selain lukisan ukuran besar, kamu juga bisa menjadikan dinding ruang tamu menjadi galeri mini dengan beberapa lukisan atau hasil fotografi. 

Sedangkan, pada contoh di atas terdapat ornamen berbentuk sepeda pada dinding bata merah. Kamu bisa memilih ornamen berbagai bentuk yang tidak tersedia di dalam negeri dengan mudah. Misalnya, dengan bantuan jasa titip dan jasa impor.

Sehingga, ruang tamu tetap menarik. Dengan dekorasi seperti pada contoh di atas, dapat memberikan kesan natural dan tradisional. Dekorasi ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai tema klasik khas pedesaan.

4. Eksperimen dengan Warna

desain ruang tamu menarik
Image Source: Pexels

Dekorasi untuk ruang tamu yang sederhana tapi menarik berikutnya adalah berani bereksperimen dengan warna. Supaya ide ini berhasil, pastikan dinding dan langit-langit rumah kamu berwarna putih cerah.

Tentu saja, kondisi tersebut harus kamu perhatikan, agar tidak terjadi tumpang tindih warna yang akan membuat sakit mata. Meski menggunakan beberapa warna, kamu harus memakai kombinasi warna yang cocok.

Misalnya, kamu mengkombinasikan sofa warna kuning dengan biru. Saat memilih perabotan, perhatikan juga warnanya. Seperti pada contoh di atas yang memanfaatkan vas bunga warna ungu.

Nah, kuning dan ungu merupakan warna komplementer. Penggunaan warna komplementer secara bersamaan akan menghasilkan warna yang kontras.

Sehingga, perpaduan warna tersebut mampu menghidupkan suasana dalam ruang tamu yang minimalis. Dengan demikian, ruang tamu kamu semakin menarik serta tidak membosankan.

5. Beri Sentuhan Kayu

desain ruang tamu klasik
Image Source: Pexels

Jika kamu ingin merubah ruang tamu yang sesak menjadi lebih menarik, cobalah beri sentuhan aksen kayu. Di tahun 2023 ini, furnitur kayu masih menjadi perabot rumah yang tidak membosankan jika dipandang.

Sofa empuk yang memiliki warna selaras dengan warna kayu, bagian dinding dengan batu bata, serta beberapa perabot kayu, mampu memberikan kehangatan. 

Di samping itu, satu karya seni yang menempel pada dinding berwarna putih dapat memperindah ruangan. Sehingga, tamu kamu bisa mengistirahatkan mata dengan memandang lukisan.

Bagi kamu yang menyukai desain interior bertema tradisional, maka dekorasi ini sangat cocok. Meski sederhana tanpa banyak ornamen, ruang tamu tetap menarik dan tidak monoton.

6. Tambahkan Tanaman Hijau

desain ruang tamu dengan tanaman hijau
Image Source: Pexels

Dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik bisa kamu peroleh dengan menambahkan tanaman hijau. Tidak sekadar tanaman hias imitasi, namun tanaman hidup yang subur.

Tanaman yang bisa kamu pilih diantaranya, yaitu kaktus, lidah mertua, palem, lilin paris,  monstera, rosemary, pakis pedang, dan lain sebagainya. 

Nah, kalau kamu ingin menggunakan tanaman langka, cobalah untuk mencarinya di pasar internasional. Jika sudah ditemukan, minta bantuan jasa impor dan jasa titip, supaya tanaman sampai ke kamu dengan aman.

Di samping bermanfaat untuk mempercantik ruang tamu, tanaman mampu memberikan kesan sejuk dan natural. Apalagi cuaca di Indonesia sering terasa panas, maka tanaman ini bisa menambah kesejukan di dalam rumah, khususnya ruang tamu.

Sehingga, walau furniture yang kamu gunakan sederhana dan tidak banyak menambahkan ornamen, ruang tamu tetap nyaman untuk tamu.

7. Pilih Barang dengan Bijak

ruang tamu artistik
Image Source: Pexels

Titipers, kamu hanya bisa mendekorasi ruang tamu yang sederhana jika bijak dalam memilih barang. Untuk dekorasi sederhana, setiap barang harus memberikan kontribusi yang kuat, tidak boleh hanya menempel saja tanpa peran penting.

Misalnya, kamu bisa menggunakan patung sebagai dekorasi ruang tamu untuk menambah nilai artistik dalam ruangan. Pilihlah patung yang dapat mencerminkan kepribadian kamu. Selain itu, bisa juga patung yang dapat meninggalkan kesan bagi tamu. 

Sebagai contoh, patung kuda mencerminkan keberanian. Berbeda dengan patung religi atau patung berbentuk souvenir yang tentu saja memiliki makna yang tidak sama.

Kamu bisa juga menambahkan lukisan, foto, barang antik, atau benda-benda unik dari luar negeri untuk mempercantik ruang tamu. 

Tanpa dekorasi yang berlebihan, hanya dengan sikap bijak dalam memilih barang yang tepat, kamu bisa miliki ruang tamu menarik untuk kumpul bersama keluarga atau teman di tahun 2023.

Ingin Dekorasi Ruang Tamu yang Sederhana Tapi Menarik?

dapur minimalis 2023

Itulah 7 dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik yang masih mengundang perhatian di tahun 2023. Meski tidak menggunakan dekorasi berlebihan, Titipers tetap bisa memiliki ruang tamu menarik dan tidak membosankan, cukup dengan memanfaatkan barang atau furniture sederhana yang bernilai.

Kamu tidak perlu pusing jika ingin membeli perabot dari luar negeri untuk dekorasi ruang tamu. Bersama Titipbeliin sebagai jasa impor dan titip, kamu bisa membeli barang dari luar negeri, seperti Amerika, China, Inggris, dan Singapura secara legal dan aman. 

Sekarang saatnya kamu menikmati belanja tanpa batas yang cepat, murah, dan transparan. Cukup copy paste link produk dari luar negeri yang diinginkan, lalu biarkan Titipbeliin bekerja. Nah, kamu tinggal menunggu produk sampai ke rumahmu dengan santai.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.