10 Merk Ban Mobil Terbaik Berdasarkan Reputasinya

10 Merk Ban Mobil Terbaik Berdasarkan Reputasinya

Ban adalah salah satu bagian penting dari sebuah mobil. Pasalnya, ban bukan hanya menjadi penghubung antara badan kendaraan dan tanah, namun juga menentukan performa mobil saat melaju. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak pemilik mobil yang cenderung memilih merk ban mobil terbaik untuk mobil mereka?

Namun, apa saja sebenarnya brand ban mobil terbaik saat ini? Simak ulasan spesifikasi lengkapnya di artikel ini!

Daftar Merk Ban Mobil Terbaik

Melansir dari sejumlah laman otomotif ternama, kami telah merangkum beberapa urutan merk ban mobil terbaik berdasarkan reputasinya, sebagai berikut.

1. Michelin

Ban mobil Michelin
Ban mobil Michelin | Sumber gambar: The Michelin Group

Michelin adalah perusahaan dan sekaligus merk ban asal Prancis yang didirikan pada tanggal 28 Mei 1889 oleh Michelin bersaudara, yaitu Edouard dan André Michelin. Satu abad setelah pendiriannya, Michelin berhasil sukses dan menjelma menjadi merk ban mobil terbaik dan terbesar kedua di dunia.

Michelin juga mendapatkan reputasi untuk kualitas bannya yang tidak hanya menawarkan performa, namun juga durabilitas. Bahkan, dua organisasi motorsports kelas dunia, Le Mans dan MotoGP menjadikan produk ban Michelin sebagai ban standar untuk event balap mereka.

Hingga hari ini, Michelin telah meluncurkan lebih dari 50 model ban mobil, mulai dari CrossClimate hingga Pilot Sports 4S. Bahkan, tidak sedikit model ban mereka mendapatkan penghargaan berkat performanya yang terverifikasi.

Baca Juga: Daftar Mobil Listrik China Murah serta Cara Belinya Lengkap

2. Pirelli

Ban mobil Pirelli
Ban mobil Pirelli | Sumber gambar: Trans Am Racing

Urutan ban mobil terbaik selanjutnya adalah merk Pirelli. Merk ban ini didirikan oleh Giovanni Battista di Milan pada tahun 1872. Menempati posisi sebagai produsen ban terbesar kelima di dunia, produk Pirelli dikenal dengan spesifikasinya yang dapat meningkatkan performa supercar. 

Namun, Pirelli sendiri tidak terbatas pada supercar. Mereka juga merilis produk ban berkualitas untuk sepeda motor, truk, dan mobil SUV (baik tipe on maupun off road). Hingga hari ini sendiri, Pirelli diketahui telah memproduksi 63 model ban performa tinggi untuk supercar, truk, hingga mobil SUV.

3. Cooper

Ban mobil Cooper
Ban mobil Cooper | Sumber gambar: Tire Review Magazine

Cooper adalah merk ban yang dikembangkan oleh Cooper Tire and Rubber Company sejak tahun 1914. Merk ban yang memiliki basis utama di Findlay, Ohio ini berfokus pada produksi produk ban untuk banyak jenis mobil.

Hingga hari ini, Copper telah memproduksi 21 model ban dengan performa baik untuk beberapa jenis mobil, khususnya jenis truk dan juga SUV.

Selain itu, merk ban tertua di Amerika ini juga telah memiliki sejumlah anak perusahaan yang fokus pada pembuatan produk roda dan ban mobil. Adapun beberapa contoh nama anak perusahaan tersebut seperti Avo Tires, Dean, Roadmaster, Starfire, dan masih banyak lagi.

4. Goodyear

Ban mobil Goodyear
Ban mobil Goodyear | Sumber gambar: Motor Racing Network

Goodyear juga termasuk dalam deretan merk ban mobil terbaik saat ini. Merk ini pertama kali didirikan oleh Frank Seiberling pada tahun 1898 dan berhasil sukses menjadi salah satu merk ban ternama di dunia hari ini.

Goodyear sendiri terkenal dengan kualitas dan juga performa produk bannya, namun dengan rate harga yang lebih terjangkau. Bahkan di Indonesia, Goodyear termasuk salah satu merk ban mobil yang paling senyap terbaik di indonesia (low noise).

Selain itu, merk ini juga menawarkan 85 model ban untuk berbagai tipe mobil, mulai dari supercars, sedan, truk, hingga SUV. 

Tidak hanya terbatas pada ban mobil, Goodyear juga memproduksi produk ban untuk sepeda motor.

5. Continental

Ban mobil Continental
Ban mobil Continental | Sumber gambar: Traction News

Continental adalah perusahaan manufaktur ban asal Jerman yang telah beroperasi selama lebih dari 150 tahun. Hingga hari ini, merk ban ini telah memproduksi 59 model ban yang didistribusikan di seluruh Amerika. Sebagian besar model ban yang Continental produksi sendiri adalah untuk mobil tipe truk medium-duty dan juga SUV. 

Selain produksi produk ban, perusahaan manufaktur bernilai jutaan dollar ini juga memproduksi produk otomotif lainnya, seperti brake system, komponen power train, tachograph, dan masih banyak lagi.

6. Dunlop

Ban mobil Dunlop
Ban mobil Dunlop | Sumber gambar: Full Mark

Beroperasi di bawah naungan Goodyear, Dunlop juga menjadi salah satu merk manufaktur yang dinobatkan sebagai merk ban mobil terbaik oleh banyak laman otomotif. 

Dunlop sendiri telah exist sejak tahun 1890 dan saat ini telah memproduksi ratusan model ban untuk berbagai jenis mobil, khususnya jenis SUV dan passenger cars (mobil penumpang).

Selain memproduksi ban mobil, Dunlop juga memproduksi produk ban motor. Bahkan, produk ban motor dari Dunlop mendapatkan reputasi baik di kalangan para pengguna sepeda motor bertenaga tinggi, berkat daya cengkramnya bannya yang luar biasa.

7. BFGoodrich

Ban mobil BFGoodrich
Ban mobil BFGoodrich | Sumber gambar: BFGoodrich Racing

Merk ban mobil terbaik selanjutnya adalah BFGoodrich. Merk ini telah berdiri sejak 1870 dan juga termasuk merk manufaktur tertua di Amerika. Di tahun 1990, merk manufaktur ini diakuisisi oleh perusahaan manufaktur Michelin dan terus berkembang hingga hari ini.

Bahkan, merk yang juga mendapatkan reputasi sebagai merk ban mobil yang paling senyap terbaik di Indonesia ini sempat menjadi supplier ban exclusive untuk World Rally Championship berturut-turut di tahun 2006-2007.

Hingga hari ini, BFGoodrich telah merilis 21 model ban berbeda dengan performa tinggi. Adapun kebanyakn jenis ban yang BFGoodrich produksi adalah tipe all-season tires, touring tires, all-terrain tires, high performance tires, dan juga mud terrain tires.

8. Bridgestone

Ban mobil Bridgestone
Ban mobil Bridgestone | Sumber gambar: Tire Review Magazine

Tidak banyak yang mengetahui bahwa, salah satu merk ban mobil yang paling senyap terbaik di Indonesia, yaitu Bridgestone adalah merk ban asal Jepang. Merk ban ini telah berdiri sejak tahun 1931 dan aktif memproduksi berbagai model ban.

Diketahui, Bridgestone hingga hari ini telah memproduksi 100 model ban berbeda untuk hampir semua jenis mobil. Salah satu model ban mobil produksi Bridgestone yang sangat terkenal adalah ECOPIA dan Turanza.

9. Yokohama

Ban mobil Yokohama
Ban mobil Yokohama | Sumber gambar: Tire Review Magazine

Terlihat dari namanya, Yokohama adalah merk ban yang juga berasal dari Negeri Sakura, Jepang, yang telah berdiri sejak tahun 1917.

Merk ban yang bernilai lebih dari 300 juta dollar ini terkenal dengan produk bannya yang ramah lingkungan dan berorientasi pada performa. Yokohama sendiri telah merilis 76 model ban mobil berbeda, yang sebagian besar adalah tipe ADVAN line performance tires dan all-season tires.

10. Hankook

Ban mobil Hankook
Ban mobil Hankook | Sumber gambar: Kontan.id

Di urutan ban mobil terbaik terakhir di daftar ini, terdapat merk ban bernama Hankook. Merk ban ini adalah merk ban mobil asal Korea Selatan, yang telah berdiri sejak tahun 1941. 

Sebelum menggunakan nama Hankook, merk ban ini awalnya muncul dengan nama Chosun. Namun, mereka melakukan rebranding di tahun 1968.

Hankook sendiri termasuk merk ban yang sangat terkenal dengan performanya. Hingga hari ini, merk ban mobil terbaik di dunia ini telah memproduksi lebih dari 42 model ban model.

Baca Juga: Top 15 Brand Amerika Fashion yang Mendunia, Wajib Punya!

Merk Ban Mobil Terbaik di Dunia Mana yang Anda Gunakan?

Jadi, daftar urutan ban mobil terbaik hingga hari ini masih dipegang oleh sejumlah merk manufaktur besar, seperti Michelin, Porelli, Cooper, hingga Hankook. Sejumlah merk ban mobil tersebut menawarkan kelebihan dan keunikannya tersendiri, dari segi performa dan harganya.

Mengingat beberapa merk ban mobil terbaik di atas belum masuk ke pasar Indonesia, para Titipers yang berminat untuk membeli produk ban dari merk di atas dapat melakukan pembelian melalui platform Titipbeliin.com.

Titipbeliin sendiri adalah solusi instan belanja produk impor dari Amerika, Inggris, Korea, China dan Singapore. Titipbeliin menyediakan akses pembelian produk luar negeri dengan cara yang simple dan mudah. 

Di sini, kamu hanya perlu memasukkan link produk luar negeri yang ingin kamu beli dan kemudian lengkapi detail pemesanan serta menyelesaikan pembayaran. Selanjutnya, pihak Titipbeliin akan mengurus semua hal berkaitan dengan pembelian produk dan mengirimkannya ke alamatmu. 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.