Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga di Bulan Ramadan

Hanya sekali dalam setahun, bulan ramadan menjadi momen yang banyak memberi kenangan sekaligus keuntungan, salah satunya untuk bangun usaha rumahan untuk ibu rumah tangga. 

Banyak ibu rumah tangga yang memanfaatkan momen ini, untuk mendapatkan penghasilan tambahan keuangan di dalam keluarga. Ada pula yang memang ingin memulai usaha di momen ini, karena dirasa tepat untuk memperkenalkan bisnis kepada pelanggan. 

Banyak Bidang Bisnis Cuan di Bulan Ramadan

Ada banyak jenis bisnis yang bisa dilakukan ibu rumah tangga, bahkan dengan modal minim sekalipun. Usaha rumahan untuk ibu rumah tangga, juga bisa di dalam banyak bidang seperti di bidang kuliner hingga fashion. 

Buat yang tidak mau repot produksi produk sendiri, ibu rumah tangga bisa gabung sebagai dropship atau reseller. Jika ingin beli produk sendiri langsung di supplier tangan pertama juga bisa, karena harganya akan lebih murah. 

Baca Juga: Tips Jadi Reseller Baju Import Tanpa Modal Untung Berlipat

Apalagi jika kamu beli produk di supplier tangan pertama yang ada di marketplace China. Di mana kamu bisa mendapatkan harga beli jauh lebih murah, dan bisa menjualnya kembali dengan harga berkali-kali lipat. 

Namun, balik lagi jenis usaha rumahan untuk ibu rumah tangga apa, yang akan kamu bangun. Jika masih bingung, lebih baik intip rekomendasi usaha rumahan untuk ibu rumah tangga berikut ini, yang cocok dilakukan saat bulan ramadan. 

Daftar Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga di Bulan Ramadan Paling Cuan

1. Usaha di Bidang Kuliner

Usaha Rumahan Bidang Kuliner

Usaha rumahan untuk ibu rumah tangga di bulan ramadan yang pertama adalah usaha kuliner. Di bulan ramadan sendiri, usaha kuliner menjadi jenis usaha yang paling populer, dan banyak diminati. 

Ada banyak pilihan usaha kuliner di bulan ramadan, yang bisa kamu coba. Bahkan, usaha ini bisa kamu buat di rumah, dan tidak perlu sewa tempat besar yang mahal. Berikut pilihannya:

  • Bisnis Takjil

Pertama ada bisnis takjil, yang tentunya sangat dicari-cari saat bulan ramadan. Kamu bisa jualan takjil seperti gorengan, es buah, bubur sumsum, mie glosor, lontong isi, kolak, dan masih banyak lagi. 

Bisnis takjil, juga tidak memerlukan banyak modal, dan bisa dilakukan di skala rumahan. Kamu bisa buka warung di halaman rumah, saat menjelang waktu berbuka puasa. 

  • Bisnis Kue Kering atau Kue Lebaran

Kedua, kamu bisa buka usaha kue kering atau kue lebaran, yang wajib ada saat momen ramadan. Ada banyak jenis kue kering yang bisa kamu buat, dan pastinya menjadi kue yang legendaris. 

Jenis kue kering yang bisa dijadikan usaha rumahan untuk ibu rumah tangga, biasanya mulai dari kue nastar, kue putri salju, kue kacang, kue sagu, kue cokelat, lidah kucing, kastengel, stick keju, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Jualan Makanan Ringan yang Laku Setiap Hari & Banyak Dicari!

Kamu bisa jual per toples, dengan harga mulai Rp50 ribuan untuk ukuran sekitar 300 gram. Kamu juga bisa jadikan kue kering tersebut menjadi hampers lebaran, yang dikemas dengan kardus atau tas transparan cantik dan dililit dengan pita.

  • Bisnis Katering

Usaha rumahan untuk ibu rumah tangga di bulan ramadan bidang kuliner selanjutnya adalah bisnis katering. Karena, tidak semua orang saat ramadan mempunyai banyak waktu untuk masak. Seperti anak kosan, pasangan baru, pekerja kantoran, dan lainnya.

Sehingga, mayoritas dari mereka memilih untuk membeli makanan saat berbuka dan sahur. Agar lebih murah juga, langganan katering bisa jadi solusinya. Nah, di sini ibu-ibu rumah tangga bisa memanfaatkan kesempatan, untuk bisnis katering. 

Kamu bisa buat berbagai macam varian menu katering, mulai dari menu sehat, menu low kalori, menu vegan, dan lain-lain. Agar punya pelanggan tetap, kamu bisa buka sistem langganan per bulan. 

Siapa tau, usahamu berlanjut sampai bulan berikutnya, di luar momen ramadan karena masakanmu enak, dan menunya variatif. Usaha ini juga bisa dilakukan sendiri di rumah bersama dengan anak, atau saudara. 

2. Usaha di Bidang Fashion

Usaha di Bidang Fashion

Tak kalah menarik dan cuan, usaha rumahan untuk ibu rumah tangga saat ramadan di bidang fashion, juga bisa jadi pilihan. Ada banyak jenis fashion yang bisa dijadikan jenis usaha yang tentunya membawa cuan. Berikut pilihan usaha rumahan untuk ibu rumah tangga di bidang fashion.

  • Bisnis Alat Solat

Pertama, ada bisnis alat solat yang sangat cuan jika dilakukan saat momen ramadan. Pasalnya, saat ramadan banyak orang yang ingin membeli alat solat baru untuk persiapan sambut ramadan. Ada juga yang membeli alat solat untuk diberikan ke orang terkasih sebagai hadiah.

Adapun jenis alat solat yang bisa kamu jual, mulai dari mukena kualitas tinggi, mukena travel, sajadah, peci, baju koko, sarung, tasbih, sorban, wewangian, dan lainnya. 

Kamu bisa jual alat solat tersebut, melalui toko online atau bisa juga offline, dengan membuka bazar di daerah ramai, saat menjelang berbuka puasa, hingga saat hari libur.

  • Bisnis Baju Lebaran

Tak bisa dipungkiri, bahwa saat lebaran banyak orang yang ingin menggunakan pakaian serba baru. Maka dari itu, jualan baju lebaran juga bisa dijadikan sebagai pilihan usaha rumahan untuk ibu rumah tangga di bulan ramadan. 

Kamu bisa jualan baju lebaran seperti gamis, hijab, baju koko anak, tunik, dan lainnya. Jangan lupa untuk jual baju lebaran dengan model terkini dan terupdate saat ini.

Baca Juga: Daftar Supplier Baju Impor China Terbaik, Murah Berkualitas

Baju lebaran yang kamu jual, bisa berasal dari produksi sendiri, pesan di pabrik konveksi, hingga dari supplier. Untuk sistem penjualannya juga bisa melalui online maupun offline, sehingga bisa kamu lakukan dengan mudah dari rumah. 

  • Sandal, Tas, Aksesoris 

Usaha rumahan untuk ibu rumah tangga di bulan ramadan berikutnya adalah bisnis aksesoris. Fashion sendiri tidak hanya seputar pakaian saja, tapi juga termasuk aksesorisnya seperti tas, sandal, sepatu, pernak-pernik dan lainnya. 

Jadi, jika kamu lebih suka jualan fashion selain pakaian, bisa buka bisnis jenis fashion lainnya. Saat ini, sudah banyak model fashion terupdate yang bisa kamu contek untuk ide bisnis kamu. 

Misalnya sandal gemuk, tas selempang material parasut, hijab printing, tunik model Korea, baju motif kotak-kotak, dan masih banyak lagi. 

3. Usaha Bidang Kecantikan & Kesehatan

Usaha Bidang Kecantikan & Kesehatan

Tak kalah menarik, usaha rumahan untuk ibu rumah tangga saat ramadan di bidang kesehatan dan kecantikan juga banyak cuannya. Bahkan, di luar momen ramadan, jenis bidang usaha ini juga pasti banyak yang membutuhkan. 

Pasalnya, menuju lebaran nanti pasti banyak orang yang ingin terlihat lebih bersih, cantik, wangi, tampan, dan sehat. Di sinilah kamu bisa memanfaatkan peluang untuk menjual produk-produk kecantikan dan kesehatan. 

  • Skin Care 

Saat ini, skin care menjadi senjata rutin untuk merawat kesehatan kulit wajah dan tubuh, baik wanita maupun pria. Sehingga, kebutuhan skin care pasti akan terus selalu ada, dan kamu bisa jadikan produk skin care menjadi peluang usaha rumahan. 

Untuk mendapatkan produk skin care berkualitas dan original, kamu bisa beli langsung dari supplier resmi atau impor langsung dari negara asalnya (untuk skin care dari luar negeri). 

Baca Juga: Skincare Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Adapun, merek skin care lokal dan yang saat ini sedang naik daun mulai dari Scarlett, Whitelab, N’Pure, Skin Dewi, Somethinc, Avoskin, dan masih banyak lagi. Sedangkan merek skin care luar yang populer di Indonesia (terutama Korea) saat ini adalah COSRX, Innisfree, Laneige, Nature Republic, Klairs, dan masih banyak lagi. 

  • Vitamin, Jamu, Pelangsing

Usaha rumahan untuk ibu rumah tangga di bidang kesehatan saat ramadan juga tak kalah banyak. Terlebih, saat ini masih pandemi sehingga produk kesehatan seperti vitamin masih banyak dicari.

Siapa yang tidak mau sehat dan bugar saat momen lebaran nanti? Apalagi tahun 2022 ini, mudik rencananya sudah mulai diperbolehkan, sehingga daya tahan tubuh harus tetap vit. 

Selain vitamin, produk kesehatan yang bisa kamu jual, juga bisa berupa jamu pelangsing, vitamin atau jamu untuk daya tahan, jenis-jenis minyak angin, penambah nafsu makan, susu kesehatan, masker dan lainnya. 

4. Usaha di Bidang Perlengkapan 

Usaha Rumahan Bidang Perlengkapan

Di tengah peluang usaha kuliner hingga fashion populer di momen ramadan, kamu juga bisa memanfaatkan peluang di dalam peluang populer tersebut. Jadi, jika orang lain sibuk jualan takjil, kue lebaran, hingga baju lebaran, kamu bisa jualan perlengkapan dari bisnis tersebut.

  • Cetakan Nastar 

Contoh bisnis perlengkapan yang pertama adalah cetakan nastar. Pasalnya, di saat orang sibuk jualan kue nastar, kamu bisa jualan cetakan nastarnya,. Pastinya juga, produk ini akan ada banyak yang membutuhkan oleh para pebisnis kue. 

  • Dispenser Minuman

Seperti yang kita ketahui, saat ramadan pasti banyak yang menjual beraneka macam minuman seperti es buah, jus, sop buah, sirup, dan lainnya. Nah, di sini kamu bisa coba jualan wadah dari berbagai jenis minuman tersebut, berupa dispenser minuman.

  • Tenda Booth 

Selain itu, kamu juga bisa jualan tenda booth untuk jualan. Pasalnya, jika orang sibuk jualan baju lebaran, kamu bisa jualan tenda booth untuk tempat jualannya. 

Beli Produk Perlengkapan Impor dari China via Titipbeliin Biar Murah!

Maka dari itu, kamu harus beli produk-produk perlengkapan tersebut di tempat yang sangat murah, sehingga kamu bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Nah, solusinya, kamu bisa beli produk tersebut secara impor dari China. Biar proses pembelian mudah dan praktis, kamu bisa beli melalui jasa titip seperti Titipbeliin.com. 

Produk China Murah, Lengkap, Berkualitas

Mengapa harus beli impor dari China? Karena, produk-produk China khususnya dari marketplace 1688.com, sangat murah dan lengkap. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan bisnis di Indonesia. 

Bahkan, kebanyakan pebisnis Indonesia juga membeli stok produk dari China karena selisih keuntungannya sangat besar. Maka tak heran, jika banyak yang membeli produk China langsung dalam skala besar. 

Pemula Bisa Impor Produk China via Titipbeliin

Nah, buat para pebisnis pemula seperti ibu rumah tangga, jangan khawatir jika belum memiliki pengalaman dalam membeli produk impor. Karena, kamu bisa membeli produk-produk China pilihanmu melalui Titipbeliin.com. 

Belanja produk China di Titipbeliin.com, dijamin aman, legal, biaya transparan, bisa bayar pakai rupiah, sudah termasuk biaya pajak, include biaya pengiriman, hingga metode pembayaran yang beragam (Virtual Account, OVO, manual transfer, hingga Alfamart). 

Simulasi Perhitungan Keuntungan Bisnis Perlengkapan dari Titipbeliin.com

Seberapa untung, jika kamu buka bisnis perlengkapan dari China, sebagai pilihan usaha rumahan untuk ibu rumah tangga? Apakah worth it? Yuk, simak simulasi perhitungannya berikut ini.

1. Simulasi Perhitungan Cetakan Nastar

Cetakan Kue Nastar
  • Harga 300 Pcs (0,1 CBM) Cetakan Nastar: Rp7.759.809
  • Estimasi per 0,1 CBM dari China-Jakarta: Rp500.000
  • Estimasi Ongkir Seller: Rp167.160 (Tidak semua seller menggunakan ongkir seller)

Rp7.759.809 + Rp500.000 + Rp167.160= Rp8.426.969

Rp8.426.969 : 300 Pcs= Rp28.089 (Harga per pcs sampai Indonesia)

Sedangkan, harga cetakan nastar ini di marketplace Indonesia (Tokopedia): Sekitar Rp85.000

Keuntungan:

Jika kamu menjualnya dengan harga yang sama seperti di Tokopedia (Rp85.000/Pcs), maka kira-kira segini keuntungan bersih yang akan kamu dapat:

Rp85.000 x 300 Pcs= Rp25.000.000

Modal beli Cetakan Nastar di China via Titipbeliin= Rp8.426.969

Rp25.000.000 – Rp8.426.969= Rp16.573.031

Keuntungan bersih kamu adalah Rp16.573.031

2. Simulasi Perhitungan Dispenser Minuman

Dispenser Minuman
  • Harga 5 Pcs (0,1 CBM) Dispenser Minuman: Rp667.071
  • Estimasi per 0,1 CBM dari China-Jakarta: Rp500.000
  • Estimasi Ongkir Seller:Rp83.850 (Tidak semua seller menggunakan ongkir seller)

Rp667.071 + Rp500.000 + Rp83.580= Rp1.250.651

Rp1.250.651 : 5 Pcs= Rp250.130 (Harga per pcs sampai Indonesia)

Sedangkan, harga Dispenser Minuman ini di marketplace Indonesia (Tokopedia): Sekitar Rp490.000/pcs

Keuntungan:

Jika kamu menjualnya dengan harga yang sama seperti di Tokopedia (Rp490.000/Pcs), maka kira-kira segini keuntungan bersih yang akan kamu dapat:

Rp490.000 x 5 Pcs= Rp2.450.000

Modal Beli Dispenser Minuman di China via Titipbeliin.com= Rp1.250.651

Rp2.450.000 – Rp1.250.651= Rp1.199.349

Keuntungan bersih kamu adalah Rp1.199.349

Ada Personal Shopper dari Titipbeliin untuk Para Importir/Pebisnis Pemula

Nah, itu dia informasi rekomendasi jenis usaha rumahan untuk ibu rumah tangga saat ramadan di berbagai bidang, sekaligus perhitungan keuntungan jika kamu menjual produk perlengkapan bisnis dari China via Titipbeliin.com. 

Namun, jika kamu masih bingung dengan cari barangnya, cara belinya, hitung ongkos kirim, cek harga sampai Indonesia, ukuran 0,1 CBM itu apa dan muat berapa buah, kamu bisa tanyakan langsung ke personal shopper Titipbeliin.com. 

Personal shopper Titipbeliin.com senantiasa akan membantu kamu, dalam proses pencarian, pembelian, pembayaran, hingga pengiriman sampai selesai. Intinya, kamu hanya tinggal terima beres saja sambil santai di rumah. 

Artikel Terkait

7 Model Baju Couple keluarga Modern Terbaik 2023

7 Model Baju Couple keluarga Modern Terbaik 2023

Untuk menghadiri acara tertentu, kamu pasti memerlukan model baju couple keluarga modern yang pas. Misalnya kamu ingin menghadiri acara wisuda, merayakan momen lebaran, Natal, menghadiri

Begini Cara Menghitung Harga Jual yang Benar

Begini Cara Menghitung Harga Jual yang Benar

Cara Menghitung Harga Jual – Supaya bisnis tetap bertumbuh, pebisnis wajib memiliki pendapatan dari bisnis yang mereka jalankan. Adapun cara memiliki pendapatan pada suatu bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.